Beranda > parabola > MENCARI,MELACAK POSISI SATELIT

MENCARI,MELACAK POSISI SATELIT

Untuk menangkap siaran suatu stasiun tv yang dipancarkan melalui satelit, kita mengarahkan parabola ke arah posisi satelit berada. Ada dua posisi yang harus kita ketahui yaitu posisi kita dan posisi satelit. Posisi kita adalah posisi letak astronomi kota kita, informasi letak astronomi dapat di tanyakan ke kantor pengadilan agama setempat. Suatu contoh letak kota saya adalah 1o 46’’ LS dan 115o08’’BT

Pada umumnya posisi satelit hanya ditunjukkan garis bujurnya, karena semua satelit berada pada garis nol katulistiwa. Sebagai contoh satelit Palapa c2 berada di 113oBT, Telkom 1 berada di 108o. informasi lengkap mengenai posisi satelit dan siaran TV-nya dapat diperoleh di http://www.lyngsat.com atau di http://www.satcodx.com

Peralatan yang diperlukan :

  1. kompas : untuk mencari arah Utara-Selatan
  2. busur : untuk mencari sudut elevasi
  3. kunci, 19, 14, 10, obeng dll : untuk menyetel baut-baut.
  4. tali sling, roda kerekan burung : jika hendak dipasang tali agar bisa naik turun dengan tali (seperti rotator)

1. Mengatur AS/poros pada posisi Utara-Selatan

Pada bagian bawah parabola terdapat bagian (1)AS yang harus mengarah ke Utara-Selatan, (2) baut pengatur kemiringan ke arah katulistiwa dan (3) baut panjang pengatur kemiringan ke arah satelit.

Untuk menentukan arah Utara Selatan harus menggunakan kompas, karena sedikit saja meleset tidak akan dihasilkan posisi satelit dengan pas. Kalau sudah pas dikencangin(gak diubah-ubah)

2. Mengatur sudut elevasi ke katulistiwa.

Alat yang digunakan untuk mengukur sudut elevasi dapat dibuat sendiri menggunakan busur derajat yang sering dipakai anak-anak sekolah. Pada busur tersebut diberi tali dan bandul pemberat untuk mengetahui sudut kemiringannya. Setelah poros Utara-Selatan tepat dan dikunci kuat,langkah berikutnya mengatur sudut elevasi letak kota kita terhadap katulistiwa :

busur yang telah diberi bandul, pada bagian rata busur ditempelkan pada besi datar bagian bawah parabola, untuk mengetahui berapa sudut kemiringannya cukup melihat posisi lintang letak kota kita (umumnya LS karena sebagian besar kita berada di selatan katulistiwa). Jadi kalau letak kita 1o30”LS maka samadengan 1,5 derajat kita miringkan parabola ke UTARA. Jika sudah pas ini juga dikencangin, karena nanti yg bebas gerak adalah Barat-Timur, setelah arah utara pas dan kemiringan ke katulistiwa pas.

Baut yang kita setel adalah baut (2) pada gambar 1. pada kedaan ini baut (3) kita pasang kira-kira saja yang penting parabola tidak goyang.

3. Mengatur LNB

Sebelum mencari posisi satelit, sudut LNB harus diatur untuk mementukan polaritas LNB. Agar mudah tempatkan tanda NOL pada bagian atas LNB pada posisi ke arah Barat (TEPAT). Pada pengaturan LNB, baut(3) penyangga Barat-Timur dilepas terlebih dahulu. Jangan lupa memasang tutup LNB setelah selesai mengatur sudut LNB.

4. Jika langkah 1,2, dan 3 sudah berjalan dengan benar, pada langkah 4 adalah langkah mencari posisi satelit (disini diasumsikan memasukkan parameter TV atau mengisi nomor transponder pada receiver digital sudah bisa). Baut (3) sebenarnya tempat untuk memasang rotator (jika menggunakan rotator). Pada pencarian satelit baut(3) masih dilepas. Sebagai contoh TVTL berada di satelit telkom 1 (108o) parameternya adalah Frekuansi 03776; symbolrate 08245 ;polarity Horizontal. Setelah parameter diinputkan pada receiver, sebelum menekan OK/SEARCH/CARI , kita perhatikan kekuatan signal. Kalau letak kota saya 115 dan satelit Telkom 108 ,berarti parabola saya miringkan ke barat (115-108) = 7 derajat. Pada posisi sekitar 7 derajat parabola digerakkan pelan-pelan sambil melihat kekuatan sinyal terbesar. YAK… sinyal terbesar dapat ditandai posisinya baru OK. Dapat deh lihat deh Euro.

Kalu sampai lebih 7 derajat gak dapat sinyal ada 3 kemungkinan, seperti pada langkah 1 – 3 .

Dengan memasang tali slink, saya dapat menangkap mulai dari satelit THICOM 2/3 (78,5o) sampai satelit APSAR 1 A (134 o) kalau dihitung Tvnya bisa 200 TV lebih satelit AGILA (146o) gak dapat karena terhalang rumah.. OH ya kalau posisi satelit derajatnya lebih kecil berarti miringnya parabola ke arah Timur. Mudahan berguna. Mudahan ada yang nambahin

RALAT : 14 Juni 2010: yang benar semakin kecil, makin miring ke arah Barat

Tambahan tentang BUSUR

(gbr. 1) gbr.2

gbr.1 busur dilobangi di titik pusat sudutnya trus diberi benang dan pemberat,pada gambar pemberat yang saya gunakan kunci no.9. kemudian 4 buah segitiga kecil disekitar busur tersebut adalah magnet gunanya untuk menempelkan busur pada bagian bawah disk yang rata. Busur itu saya potong karena yang dipakai hanya 1s/d 8 derajat saja

gbr.2 busur yang dijepit oleh magnet, agar dapat menempel pada disk dan kita gak usah megangi. Namun kalau tidak ada magnet tidak apa, asal mau memegang. dulu saya pernah ambil magnet dari speaker lalu saya lem pada busur tapi sudah hilang karena dipinjam kesana kemari.

satelit chinastar 6B untuk channel CCTV1

About these ads
  1. keong
    22 Juni 2014 pukul 2:01 pm

    budi sekarang gulung tikar…. jualan cobek sekarang

  2. najwa
    28 Mei 2014 pukul 10:32 pm

    mantap banget infonya

  3. 14 Mei 2014 pukul 10:14 pm

    gan mu nnya ni, q di kasih prabola 4 lnb sma bos di rmh bos bgus ,q psang di rmah ko cuman 1 satelit , palapa ada q pndah ke telkom sinyal hilang q geser sedikit bru dpat tp palapa g da sinyal, lo intensitas signal bgus 70 ke atas,tp kualitas sinyal g mau naik, kira2 apany y gan? Pliz bgt tlg blz

  4. 12 April 2014 pukul 3:28 pm

    Very nice post. I just stumbled upon your blog and wished to say
    that I’ve truly enjoyed browsing your blog posts.
    In any case I will be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

  5. 11 April 2014 pukul 7:09 pm

    Hi to all, as I am actually keen of reading this webpage’s post to be updated regularly.

    It includes nice information.

  6. ade massa
    19 Januari 2014 pukul 9:17 am

    makasih pak budi,, informasinya sdh banyak membantu saya..

  7. 2 Januari 2014 pukul 6:49 am

    I like the helpful info you provide in your articles. I’ll bookmark your blog and check again here frequently.
    I’m quite certain I’ll learn plenty of new stuff right here!
    Good luck for the next!

  8. peapaser
    29 Desember 2013 pukul 7:00 pm

    sip

  9. anas
    19 Desember 2013 pukul 11:55 pm

    mas, saya masang parabola fix dengan receiver cabai rawit dan semuanya lancar2 saja.
    saya dapat satelit 4 yaitu palapa, telkom, asiasat5 dan asiasat 3S. Ketika saya ganti receiver pake getmecom hd009, masalah muncul karena tidak ada saluran indonesia yang dapat padahal pake receiver sebelumnya lancar2 saja. Saya udah coba menggunakan petunjuk dalam manual booknya tapi tetap tidak dapat. mohon pencerahannya…

    • 20 Desember 2013 pukul 12:42 am

      Wah saya malah belum mengalami hal seperti ini… maaf gan

  10. 15 Desember 2013 pukul 10:27 pm

    I’ve been browsing online more than 4 hours today, yet I never found any interesting article like yours.
    It is pretty worth enough for me. In my opinion, if all web
    owners and bloggers made good content as you did, the net will be much more useful than
    ever before.

  11. aris
    28 Oktober 2013 pukul 11:02 pm

    mau tanya nih pak, sebelum keponakan saya mengutak atik remote parabola dirumah, siaran tv saya baik baik saja, anamun setelah itu, semua siaran tv yang ada hilang, untuk satelit palapa ku semua channel dapat, namun untuk satelit palapa D hanya dapat channel MNCTV, rx saya matrix prolink hdd new, mohon bantuannya pak, terima kasih.
    salam.

    • 30 Oktober 2013 pukul 8:33 am

      Bantu pak guru jawab ya… mas itu tandanya posisi arah antena ke satelit Palapa sudah bergeser, channel MNC TV itu signalnya gede di satelit Palapa jadi masih bisa didapat walaupun kwalitasnya signalnya menurun, coba atur dan gerakkan naik turun sedikit-sedikit antena parabolanya sambil melihat ke monitor tv kwalitas signalnya.

  12. pradipta
    3 Oktober 2013 pukul 8:05 pm

    mohon petunjuknya.saya tadi pointing satelit.dengan posisi lnb awal di palapa D,113bt.tapi ketika saya geser baut nomer3 (seperti pada gambar model) sedikit diturunkan,atau tambah condong ke arah barat..malah ketemu satelit chinasat 6 dengan posisi 125bt.berarti semakin condong ke arah barat dishnya semakin besar drajat posisi satelit yang didapat..saya mencoba mencari satelit thaicom.tapi belum dapat.mohon pencerahannya.

    • 17 Oktober 2013 pukul 12:26 am

      Salah. Makin condong ke barat makin ke il sudutnya. Thaicom sangat miring ke barat.

  13. ellya wibisono
    4 Agustus 2013 pukul 7:03 pm

    Terima kasih infonya broo..
    sangat berguna dan detail sekali

  14. Haris
    12 Juli 2013 pukul 11:06 am

    Sangat berguna blogx mas budies,bs utk nambah ilmu…

  15. 9 Juli 2013 pukul 11:18 pm

    You’ll give up If this has been growing over the past 5 years at least marketing while researching, testing and deploying the variety of hosting plans they offer. A blog is a very important topic. If you are interested in your enterprise. This Wednesday, join Jay as he reveals the ten steps to building and promoting law firm and professional services at affordable rates. Such marketing has been done then we can move on to sending newsletters.

  16. 31 Mei 2013 pukul 11:24 am

    hello there and thank you for your information – I have certainly picked up something
    new from right here. I did however expertise several technical points using this website,
    since I experienced to reload the web site lots of times previous to I could get it to load correctly.

    I had been wondering if your web host is OK? Not that I am complaining,
    but slow loading instances times will often affect your
    placement in google and could damage your quality score if ads and marketing with Adwords.
    Anyway I’m adding this RSS to my email and could look out for much more of your respective exciting content. Make sure you update this again soon.

  17. 27 Mei 2013 pukul 3:13 am

    com provides information on Fishing, Fly Fishing, Fishing Boats, Deep Sea Fishing and.
    Never dawned on me that they might want to
    try it, so I was surprised one day in the late-eighties when my son
    called and said they wanted to go fishing. The less
    there is between you and the ocean, the more intimate an experience you will have
    out at sea.

  18. IM_Alhisya
    22 Mei 2013 pukul 10:15 pm

    PAk Budi mau tanya nih…
    Ada 2 arah tentang arah Parabola yang lazim kita ketahui yakni Timur (ke arah matahari terbit) dan Barat (ke arah matahari terbenam). Pertanyaannya. Kenapa angka derjat pada setiap satelit yang ke arah Barat di belakangnya ada huruf °E(East) kenapa bukan W(west).
    posisi saya sekarang di Sumatra Barat. Tolong bantuan dan jawabnya Pak Budi. Terima Kasih. :)

    • 23 Mei 2013 pukul 5:14 am

      alamat satelit/posisi satelit yang bisa kita tangkap dengan disk 6feet sekitar 67 derajat BT sampai 146 derajat bujur timur, sehingga satelit yang menjadi perhatian kita semua belakangnya huruf E
      makasih

  19. 22 Mei 2013 pukul 8:30 pm

    If you desire to obtain a good deal from
    this article then you have to apply such techniques to your won webpage.

  20. 20 Mei 2013 pukul 10:02 pm

    Yes! Finally something about top anti-cellulite creams.

  21. 19 Mei 2013 pukul 3:38 am

    Epimedium, or Horny Goat Weed, is a Chinese herb meant to boost sexual libido and sensation.
    In addition, you will get a permanent enlargement in a
    few months of use. The best place to buy Vigrx Plus still remains its official online store.

  22. 13 Mei 2013 pukul 2:45 pm

    Your style is so unique compared to other
    folks I have read stuff from. I appreciate you for posting when you’ve got the opportunity, Guess I will just bookmark this site.

  23. 8 April 2013 pukul 4:40 pm

    Hello, I made a site about louisville too, not on line yet but you can already have
    a preview if you want. Be the first to see these results

  24. 1 April 2013 pukul 2:53 am

    Excellent post. I’m dealing with many of these issues as well..

  25. Wili
    14 Maret 2013 pukul 9:15 am

    Selamat Pagi Pak Budi,

    Salam Super untuk semua pengguna Parabola….
    Nama saya : Wili, Tinggal di Jakarta.
    Jenis Parabola : Venus 6 Feet dengan 1 Remote saja.

    Saya sudah pasang Parabola 2 Tahun yang lalu,
    Dan sudah 2 atau 3 kali minta orang setting….

    Semenjak banjir di Jan 2013 lalu, Parabola saya sama sekali tidak ada signal.
    Oleh karena itu, saya mengambil tindakan untuk setting sendiri. Jika gak bisa, maka akan minta orang untuk settingin lagi…. ( Nothing to lose ;-)) )
    Hasilnya saya dapat semua siaran. Tapi itu hanya bisa tahan 3 mingguan aja.
    Setelah itu semua siaran hilang lagi……….

    Dan minggu kemarin 9 Maret 2013 saya coba untuk menghapus semua satelit yang ada di program (receiver venus) dan di Add Ulang lagi…..

    Berikut langkah-langkah saya untuk ADD ULANG :
    1. saya tekan tombol MENU, pilih TAMBAH SATELITE.
    dengan nama default nya dari program yaitu NewSatelite1
    2. saya ke menu BUAT SALURAN.
    saya tambah TP dengan nilai
    satelit : NewSatelite1
    frequensi TP : 3929
    simbol : 8840
    polarintas : V
    ( ANHUI – CHINASAT 6B )
    3. saya ke edit satelite dengan nilai
    Satelit : NewSatelite1
    Jenis LNB : Standar
    Frequensi 1 : 5150Mhz
    Daya LNB : 13/18 V
    22K : Tidak Aktif
    DiSEqC : Tidak Aktif
    Penentu Posisi : Diseqc1.2 (Kemudian saya tekan Ok )
    Muncul Dialog lagi, dan disana saya setting
    continouse movement : kebarat dan ketimur
    sampai kualitas dan intentitas nya kurang lebih
    ada nilai nya
    Setelah itu saya ke No Posisi dan Simpan
    pilih posisi 1 ( Kemudian saya tekan Ok )
    4. saya ke menu MENCARI OTOMATIS
    saya tunggu KELUAR DEH siaran-siaran nya……
    HeBei, TianJin, JiangXi dan lain sebagainya

    Setelah itu saya coba TAMBAH SATELITE lagi…. ( dengan langkah langkah seperti diatas )
    ASIASAT 5 (http://www.lyngsat.com/AsiaSat-5.html)
    acaranya KUNGFU, MACAU, CSTV dan lain sebagainya
    INTELSAT 19 (http://www.lyngsat.com/Intelsat-19.html)
    acaranya TVBS, TVBS New, TVBS Good dan lain sebagainya

    Dari yang di atas ini saya dapat total 3 satelite.

    PERTANYAAN PERTAMA ::
    Apakah ada yang salah dalam hal penambahan satelit, TP, Penentu Posisi dan lain sebagainya…?

    PERTANYAAN KEDUA ::
    Jika Tidak ada masalah,
    Kenapa saya TAMBAH SATELITE dibawah ini,
    ASIASAT 3S (http://www.lyngsat.com/AsiaSat-3S.html)
    PALAPA D (http://www.lyngsat.com/Palapa-D.html)
    TELKOM 1 (http://www.lyngsat.com/Telkom-1.html)
    Tidak dapat terus Signal nya ???
    ( Padahal dengan langkah langkah seperti diatas tadi )

    PERTANYAAN KETIGA ::
    Setelah saya tidak dapat satelite ASIASAT 3S, PALAPA D dan TELKOM 1
    Kenapa yang saya tadi tambah itu bisa Hilang Signal nya???
    ( CHINASAT 6B, ASIASAT5 dan INTELSAT 19 )
    Langkah saya untuk munculin Satelit yang ada itu adalah sebagai berikut :
    01. Saya ke menu EDIT SATELITE, kemudian ke PENENTU POSISI ( saya tekan tombol Ok ).
    02. Saya ke Continouse Movement saya cari lagi ke barat dan timur, Sampai Intensitas dan Kulitas ada nilainya.
    03. Kemudian saya ke No Posisi dan Simpan ( tekan tombol Ok )
    04. Baru deh Signal nya gak hilang hilang….

    Sekian dari saya Pak Budi,
    Jika ada waktu, tolong dibalas yaaa…..
    Salam buat keluarga anda Pak Budi

    Terima Kasih
    Wili

    Catatan : Saya tidak pernah ke atas PARABOLA untuk menyeting PARABOLA nya

    • 23 Mei 2013 pukul 5:30 am

      waduh saya lambat lama gak buka blog, maklum kesibukan guru di maret-april mei cukup padat..
      informasi mengenai parabola kurang lengkap
      1. menggunakan LNB berapa?
      2. apa menggunakan positioner/penggerak disk?

      sebenarnya ketika kita menambah channel tv, yang kita tambah bukan satelit, tetapi ADD CHANNEL atau ADD TRANSPONDER, karena biasanya nama satelit tidak hilang
      lha transponder tersebut tinggal kita masukkan ke dalam daftar satelit yang sudah ada.
      22K off atao ON itu jika menggunakan lebih dari 1 LNB
      jadi satu LNB untuk satu satelit (jika tidak menggunakan positioner)
      mohon maaf kalau kurang pas dan terlambat

  26. 22 Februari 2013 pukul 8:40 am

    This is my first time go to see at here and i am actually impressed to read everthing at one
    place. by Ashli see my site Nannie

  27. 21 Januari 2013 pukul 7:04 pm

    Every weekend i used to visit this site, because i wish for
    enjoyment, as this this website conations actually
    nice funny material too.

  28. 9 Desember 2012 pukul 7:04 pm

    081331749157
    087759018257

    Salam kenal semua,,,sukses slalu.

  29. 21 Oktober 2012 pukul 2:03 am

    I loved as much as you will receive carried out right here.
    The sketch is attractive, your authored material stylish.

    nonetheless, you command get got an impatience over that you wish be
    delivering the following. unwell unquestionably come more formerly again as exactly the same nearly a lot often inside
    case you shield this increase.

  30. 20 Oktober 2012 pukul 8:01 pm

    An outstanding share! I’ve just forwarded this onto a co-worker who had been doing a little homework on this. And he in fact bought me lunch due to the fact that I stumbled upon it for him… lol. So allow me to reword this…. Thank YOU for the meal!! But yeah, thanx for spending some time to discuss this topic here on your internet site.

  31. sihono
    29 Juni 2012 pukul 1:24 am

    kenapa saat parabola saya ktmu sgnal chinasat,trus chanel tv dr satelit lain hilang ya pak?

    • 9 Desember 2012 pukul 3:39 pm

      walhasil,,stelah mula2 blajar dr site ini,,, bbrp uji coba ku soal dish,,dah ada hasil…
      Parabola yg kubikin dari talang,,berhasil jg,karna bahan terlalu kecil,,akhirnya cuma mampu untuk diameter 110cm saja,,dan cuma bisa di pasang 1 lnb saja dgn signal pas2an,, palapa, rcti sq 27% saja. Telkom , trans sq 25%…

    • 9 Desember 2012 pukul 4:46 pm

      masalah parabola,,,setelah kita mengerti caranya adalah swatu hal yg mudah,walau dlm bbrp kasus tetep menjumpai kendala ..
      Namun begitu,,asal kita mau belajar dan tlaten,mau meluangkan waktu tuk baca2 postingan kawan2 dan praktekkan,,maka kmahiran dlm pointing/tracking ( mencari signal) & setting (pengaturan2 rec) parabola, akan mudah di kuasai…
      Bnyak jg kawan2 yg mulanya awam,,toh akhirnya malah jadi teknisi..
      Keluarkan sdikit modal saja buat beli 1 set parabola, ”skadar gambaran harga 1set parbol 6ft jaring – 2lnb- 1 receiver- kabel 15mtr, cuma 575rb (di lokasiku – nganjuk) ”,
      setting sampai dol ulir2nya kalo perlu, sambil baca2 posting parabola,,jika anda teliti dan mau memahami,,, sbelum dol tuh ulir,,anda dah bisa dapatkan signal sat ini dan itu…
      Oke kawan,,, selamat bertempur….

    • 11 Desember 2012 pukul 5:20 am

      iya memang demikian, karena parabola itu pengumpulnya saja, sedangkan penangkap sinyal dari satelit adalah LNB ada

  32. 21 Juni 2012 pukul 9:17 am

    hai pak, saya ingin mengetahui urutan satelit dari barat sampai timur yg lengkap dari yang bisa di dapat di daerah kal-bar. setelah salah cek ada yg kurang lengkap????….

    • 22 Juni 2012 pukul 5:43 pm

      langsung di situs http://www.lyngsat.com saja, disana upadate terus, pilih frekuensi asia.. idealnya bisa ditangkap semua kalau memang pemasangannya bagus

  33. 20 Juni 2012 pukul 10:09 pm

    pak budi mau nanya ni, aku punya parabola 1 dan 2 lnb tpi aku mau pasang 3 tlevisi/resaiver. pake swit/pembagi, stelah kunyalakn secara bersamaan ada siaran yang ga muncul. solusinya gimana pak biar horisontal n vertikalx bisa bagus

  34. SamS
    13 Juni 2012 pukul 12:57 pm

    Selamat siang Pak Budi,,,,
    Salam Kenal.
    Maaf Mengganggu.
    saya mau tanya :
    Digital saya gak bisa dapat TransTv, Trans7, Antv yg ada pada Satelit TELKOM & bisa Dapat, namun bila dapat, tetapi tidak dapat yg pada Frek. PALAPA. seperti Rcti dll.
    Sudah saya cocokkan dgn semuanya Kode Frek’. yg ada saat ini, namun tdk bisa jga.
    Itu gimana ya Pak’ ??
    TERIMA KASIH BANYAK SEBELUMNYA PAK BUDI.

    • 15 Juni 2012 pukul 5:08 pm

      LNB yang dipasang berapa?

      • SamS
        17 Juni 2012 pukul 4:18 pm

        Salam P’Budi.
        Saya Pasang 2 LNB 1 Reciver Pak.
        Memang bisa dapat Trans (Sat. Telkom), namun gak mau 1 titik dgn Sat. Palapa Pak.
        Thanx Pak, ats bantuannya.

        • 18 Juni 2012 pukul 5:40 am

          @2LNB berati harus di pasang swicth, ada dua maca swicth
          -22 k swicth
          -diseqs swicth
          swicth yang dipilih mempengaruhi pengaturan satelit di receiver( receiver diatur dan diubahsuaikan berdasarkan swicth yang digunakan)
          barangkali lebih enak sebelum dipasang swicth tiap LNB dipasang kabel panjang untuk memastikan kedua LNB sudah mendapat satelit..
          oooh ya ukuran disk mempengaruhi jarak LNB
          -6 feet gunakan jarak minimal
          -9 feed gunakan jarak maksimal

        • mas kum
          10 November 2012 pukul 8:00 am

          ni ada cara yg standar,saya biasa pasang para bola ukuran 6- 8 ft,yg saya gunakan untuk mengukur jarak tiap lnb dengan ukuran jari telunjuk dan jari tengah untuk semua ukuran 6-8 ft nggak ada masalah cuma jarak naik turun lnb saja yg pemasangan saya bedakan,terima kaih semoga bs membantu

  35. aim
    10 Juni 2012 pukul 10:21 pm

    lau cctv1 saluran berapa ya?

    • 15 Juni 2012 pukul 5:06 pm

      CCTV1 sateltnya dimiringkan kebarat/timur sedikit, frekuensinya bisa lihat di lyngsat.com

  36. ilyas ruhyat
    29 Maret 2012 pukul 9:13 pm

    malam pak saya memasang parabola 2 lnb pada 6 feet, masalahnya antara telkom dan palapa tidak mau satu titik kalau di titik palapa bagus tetapi telkomnya tidak ada sinyal kalau di geser ke titk yang telkomnya bagus di palapa tidak ada sinyal dan titiknya ada selisih 2 cm bagaimana solusinya ?

  37. ares
    27 Maret 2012 pukul 9:57 pm

    kurang membantu caranya mas budi …
    gk ada cara laen emng nya mas budi…???

  38. 14 Maret 2012 pukul 6:03 pm

    udh brp hr ini saya blajr di blog bpak,sya mau tnya nih g mana cra nya mencri chanel Trans tv pak,pdahl satelit Telkom 1 sudh ad pak ini sya lamprkan geografs ltak kota saya: 0º19′-3º05′ LS dan
    108º42′-111º16′ BT dan Menggunakan GPS : 1 º50’25,5” S 109 º59’14,9” E
    Mohn pncerhan nya Pak…??
    Sya tnggu blasn nya kalo bisa kirm ke email aj pak,..

  39. 11 Maret 2012 pukul 7:57 pm

    salam hormat pak budi,,,
    saya mw nanya nih.saya lagi masang parabola 6 feed dan memakai 1 lnb.dan saya ingin mengambil satelit thaicom 5,krn susahnya nyari terpaksa saya mengarahkan ke satelit asiasat 3.bisa g satu arah dari satelit asiasat 3 ke thaicom 5???
    klw emank bisa pak budi,knp saya coba 1 arah jg g dapat satelit thaicom5 nya???
    salah dimnakah pak budi????monggo pak,ijin minta jawaban…

    • 12 Maret 2012 pukul 1:16 pm

      terima kasih berkunjung di blog ini
      1. satu arah disk/satu lnb untuk satu satelit
      2. bisa jadi satu arah disk dengan dipasang ebebrapa lnb dapat beberapa satelit

      jadi pada kasus Anda tidak bisa apalagi
      asiasat pada posisi 105,5
      thaicom5 pada pss 78.. jauh banget miring kebarat
      terima kasih menghubungi saya

      • 15 Maret 2012 pukul 3:35 pm

        maaf pak budi,,
        saya jadi bertanya tanya nih.apa bedanya di sumatera dgn di jawa???
        smentara,swaktu saya masih di sumatera.saya memasang parabola dgn 1 lnb,saya bisa mendapatkankan 4 satelite dgn arah timur sampai ke barat.antara lain:
        1,palapa
        2.telkom
        3.asiasat
        4.thaicom
        smentara di jawa ini harus 1lnb 1 satelit.salah dimana ya pak???monggo pak,ijin minta jawaban.

  40. Vanlila Puspoyo
    10 Maret 2012 pukul 10:44 pm

    MNC,Global TV knapa slalu di sensor tiap jdwal siaran bola?sy amat kcwa…

    • 11 Maret 2012 pukul 7:24 am

      harusnya memang demikian, sebenarnya kita melihat tayangan teve itu membayar, sedangkan di indonesia kita masih banyk yang fta

  41. 10 Maret 2012 pukul 6:53 pm

    numpang nanya nich pak budi …
    kalau cara mengatasi database penuh gimana ya pak … ??

    saat tambah siaran trus muncul peringatan database penuh …

    mohon pencerahannya …

    • 11 Maret 2012 pukul 7:22 am

      masuk ke setup, hapus beberapa transponder yang gak kepakai, seperti transponder satelit thaicom3 atau yang lainnya

      • alex
        17 September 2012 pukul 7:43 pm

        pak mau nanya meneruskan pertanyaan hairul chanel sudah dihapus tnggal 400 chanel tapi masih tetep memori full?? thaks sblm nya,

  42. indra
    25 Februari 2012 pukul 1:30 am

    mas saya ini teknisi telkomvision di bandung saya mungkin baru saya pengen bgt bisa rangkai parabola besar daengan resiver yang bagus … cara pencarian satelit serta mengunci untuk tetap berada pada posisi satelit itu biar terpasang saya aga bingung….masalahnya kalo saya pasang tuh ke timur ama selatan aja trus tinggal atur elevasi aja….signal 60 udah bagus nah untuk pemasangan para bola gede dengan mencari satelit itu sama halnya dengan masang parabola berbayar kaya telkomvision atau indovision kah mas?trima kasih sebelumnya munkin jika mas bisa berbagi besar harapan saya untuk bisa mengoprasikannya dan mungkin saya adalah orang yang mencari rezeki di bidang ini …mohon bantuannya mas hatur nuhun…:)

    • Tarigan
      10 Maret 2012 pukul 5:11 pm

      emang parameter pemasangan tuk tangkep siaran telkom vision gimana sih ????
      satelitnya apa, posisi bujur brp ,,,trus kalo pernah ukur pake meteren,brapa sih fokusnya ??

  43. hari
    23 Februari 2012 pukul 7:50 pm

    saya punya receiver starsat lengkap dgn LNB & plat-nya ukuran kecil…gmn cara menentukan posisinya ya pak?…

  44. rofick
    9 Februari 2012 pukul 12:11 pm

    buat tambah ilmu saya,,,,sangat bermanpaat banget,,,,

  45. lemon
    29 Januari 2012 pukul 5:26 pm

    gara2 forum kawan2 disini,jadi keterusan.dah kepalang tanggung,,,akhirnya aku bikin roll pipa dan hollow alumunium tuk bengkokkan jari2 parabola,,,,aku mau bikin sendiri parabola semau ukuranku….bagi temen2 yg sepertiku,,,,bisa share di sini,atw smsan ma aku ya….aku dah nemu beberapa formulanya….

    …..

    • 30 Januari 2012 pukul 11:38 pm

      intinya bagaimana menempatkan LNB di fokus dan penyangga disk agar bisa digerakkan bebas,
      mengenai menentukan fokus bisa search dengan kata kunci fokus “wajanbolik”
      selamat bereksperimen

      • lemon
        1 Februari 2012 pukul 7:44 pm

        untuk hal itu…aku dah nemu formulanya,,,,fokus lnb dari 0,32 – 0.50…dah kusiapkan hitungannya,dan tlah kubikin tabelnya,dari diameter 90 sampai 600cm dgn berbagai macam posisi Fokus LNB & berbagai macam kedalaman lengkungan,,,,
        yang paling gampang,,fokus LNB pada skala posisi 0,37 adalah pada kedalaman lengkungan 1/6 dari diameternya,,

        demikian kurang lebihnya….

        ###note:::roll pipaku hari ini baru kelar 65%.

    • joe hassman
      18 April 2012 pukul 1:37 pm

      Wach asyik juga nich ! Bro Lemon kalo dah jadi parabolanya tolong di email kesaya, saya baru niat mau bikin sendiri juga parbolanya. Biar kita bisa lanjut berkomunikasi. Salam Joe H

  46. lemon
    29 Januari 2012 pukul 5:18 pm

    titik fokus dish astro 90cm berapa ya…..ni aku nemu diloakan,sayang kalo dihancurkan ?????
    ada yang tau,,,,bantu donk…..!!!!
    thanx sbelumnya….

    kirim ke 081331749157 >> lemon

  47. ryanto
    21 Januari 2012 pukul 9:16 pm

    gmn cara mengaktifkan beberapa satelit yg diterima di receiver matrix????

    • 25 Januari 2012 pukul 8:00 pm

      jika yang dimaksud menangkap satelit yang sudah terdaftar di receiver, tentu disk mengarah ke satelit tersebut hingga posisi mendapat sinyal optimal

  48. wika
    18 Januari 2012 pukul 12:50 am

    permisi
    saya mau tanya, saya mengunakan parabola venus estilo 2 in 1
    satelit yang di tangkap palapa dan telkom, sedangkan saya ingin menambahkan sat thaicom 5, apa harus tambah lnb lagi / bagamana, tolon bantuanya. saya awam dalam dunia parabola… terimakasih

    • 18 Januari 2012 pukul 4:09 pm

      posisi thaicom 5 sangat jauh jaraknya dari palapa dan telkom, jadi untuk menangkapnya harus mengarahkan disk ke arah posisi thaicom 5 dengan cara
      1. memiringkan parabola/disk
      2. memasang posisioner/rotator

  49. Lemon
    12 Januari 2012 pukul 7:30 pm

    bagi temen2 yg pake solid dish 6ft,tuk koreksi penangkapan signal spy lebih baik,tak ada salahnya jika lobang di tengah2 dish dikasih kasa alumunium ,diameter 30cm saja.maka hasilnya signal yang kita peroleh kan bertambah 7% – 15%……lumayan to???
    ini…tlah kucoba pada sol-dish tanaka 185cm…….

    selamat mencoba…

    • 18 Januari 2012 pukul 4:31 pm

      sepertinya ini sangat masuk akal, karena disk jenis ini memang ada lobang ditengah

    • lemon
      29 Januari 2012 pukul 6:01 pm

      RALAT

      hal tsb hanya berlaku pada qwality signal dibawah 30%….
      jika kita dah dapat Q/S 50% keatas..hal ini tak berpengaruh banyak…..

  50. herioke
    11 Januari 2012 pukul 11:20 am

    mau nanya bisa ga decorder telkomvisin klw sofware nya di ganti ama sofware sky nindo
    trim minta pencerahan nya di kirim ke sumber_sr@yahoo.com

  51. 10 Januari 2012 pukul 7:29 am

    gimana crnya mengisi channel semua satelit di recever para bola. Sy menggunakan rotatol manual alias ditarik dr bwh pakai pengkait kawat

  52. errtyyyuuii
    3 Januari 2012 pukul 10:55 am

    mat siang ..
    tolong dong bantuanx…..
    saya punya parabola 6feed..tapi tidak bisa menangkap siaran antv.,sctv,trans7,trans tv….siaran yang bisa ditangkap hanya tpi,indosiar,tvone,tve,tvrikaltim…..tolong dong teman teman yang bisa membantu dikirim kee mail yosepsalurapa@yahoo.co.id
    terimakasih sebelumx

  53. Yuliasmoro
    22 Desember 2011 pukul 2:37 pm

    Pak Budi, saya mau tanya : gimana cara memperbesar sinyal siaran satelite untuk receiver merk Newmagix DVB yg ada slot smart card. Mohon bantuannya. Terima kasih.

    • 22 Desember 2011 pukul 7:25 pm

      untuk memperbesar sinyal tentu dengan membuat posisi pemasangan disk yang tepat, coba dengan sedikit merubah posisi disk, kalau posisi sulit, lebih banik terima saja

  54. LEMON
    20 Desember 2011 pukul 12:58 pm

    LNB Yg digunakan tuk Tv langganan apakah jg tipe C-band …?

    trims

    • 22 Desember 2011 pukul 7:28 pm

      yang membedakan teve berbayar adalah receiver/mesin penerimanya, dia lebih tepat disebut dekoder

  55. jionoke
    15 Desember 2011 pukul 12:50 pm

    Selamat siang pak budie,saya mau tanya chanel saya kok sering scrmbl ?padahal power dan kwalitas sinyal udah bagus 70% dan 67 % saya memakai disc 6 feet dan receiver dizipia DS3300IR.mohon bantunnya. trima kasih

    • Lemon
      2 Januari 2012 pukul 12:31 pm

      tergantung chanel mana yg $crumble ?!…terkadang posisi antena bergeser dikit…siaran yg kita tangkap cuman chnel2 scrumble,,,dikarenakan chanel2 scrumble signalnya gede2….
      coba atur ulang kedudukan antena terhadap satelit yg di7,,kemudian scan automatic ,option pencarian pilih free/bebas.maka anda khan mendapatkan chanel2 gratis…

      dmikian kurang lebihnya…

  56. Lemon
    13 Desember 2011 pukul 12:08 pm

    tuk panamsat…KU band , apa C Band Pak ????? bisa ga nganjuk dapat signalnya ?

    thanx…..

    • 13 Desember 2011 pukul 1:24 pm

      saya malah belum pernah dapat panamsat, kadang satelt memiliki nama berbeda

  57. Lemon
    13 Desember 2011 pukul 12:02 pm

    masalah kontruksi penyangga dl….bisa di atur toooo….

  58. GUGUN
    6 Desember 2011 pukul 8:14 pm

    Salam pak budi,,,,

    LEMON….kERTOSONO- NGANJUK

  59. GUGUN
    6 Desember 2011 pukul 8:10 pm

    bagaimana jika seng talang ku bentuk kerucut dgn diameter 180cm.kedalaman 30 cm,,,, bisakah , gainnya berapa yaaaa….?????

    Lemon….

    • 7 Desember 2011 pukul 1:24 pm

      teorinya bisa, tapi dalam praktik susah membaut kerangka penyangganya, baik untuk menyangga LNB maupun menyangga disk itu sendiri

      • Lemon
        2 Januari 2012 pukul 12:38 pm

        saya telah coba bikin sendiri seng talang berbentuk krucut tumpul,diameter 118cm,tinggi 18cm…….yg kudapatkan mula2 cuman scrumble chanel…..tp setelah kukoreksi bentuknya mendekati parabolik,,,,,chnl FTA bisa kudapatkan…walau cuma beberapa saja….

        memang rumit….tp puas….

        trims….

        • 2 Januari 2012 pukul 4:06 pm

          wah sesuatu yang membanggakan, saya suka sekali eksperimen, walau kadang lebih mahal dari beli jadi, seperti ketika saya mencoba wajan bolik
          selamat atas keberhasilannya

          • Lemon
            3 Januari 2012 pukul 7:42 pm

            talangbolichku masih coba kusempurnakan lagi….yg rumit memang pada bagian mountingnya…masih kurang presisi geraknya(tuk pengaturan barat timur,ktika dirubah posisinya)….ktika kupasang talangnya ternyata miring -/+2 derajat…….

            081331749157

  60. 30 November 2011 pukul 2:31 pm

    mohon bantuannya,, bagaimana rumus perhitungan untuk mengetahui letak satelit..

    • 1 Desember 2011 pukul 3:37 pm

      tinggal lihat di daftar satelit

  61. Adi
    27 November 2011 pukul 11:47 am

    gan, ane pake Manhattan 3000. :D

    apa yg harus ane lakukan agar dapat nonton pakai 2lnb ataupun 4lnb?
    terimakasih para agan.

  62. Adi
    27 November 2011 pukul 11:38 am

    gan, ane newbie nih.
    ane pengen nonton 4 satelit(ane punya quad LNB + diseq nya) tanpa naik-turunkan (repot :) )

    tapi koq ga bisa jg yah. dual lnbf jg ga bisa.
    Dimenu Seting antena hanya ada : Antenna 1 s.d 50 ; lnb type (single, single-s, wide, universal) ; 22khz, diseqC (1,2,3,4,miniA, miniB), 12V

    mohon bantuan agan sekalian.

  63. 12 November 2011 pukul 1:03 pm

    gan. saya punya parabola 2 LNB. sinyal Palapa C2 sma telkomnya ok. v knp lo LNB 1 dpt sinya pst LNB 2 gag dpt. Begitu juga sebaliknya.
    jd apa jarak antar LNBnya yg salah. atau ada kesalahan lain dlam pemasangan.??
    mohon pencerahannya…

  64. 12 November 2011 pukul 1:01 pm

    gan. saya punya parabola 2 LNB. sinyal Palapa C2 sma telkomnya ok. v knp lo LNB 1 dpt sinya pst LNB 2 gag dpt. Begitu juga sebaliknya.
    jd apa jarak antar LNBnya yg salah. atau ada kesalahan lain dlam pemasangan.??
    mohon pencerahannya…

    • 20 November 2011 pukul 10:16 am

      pada posisi disk tetap, coba dengan dua kabel LNB ke receiver
      1. kalau keduanya dapat, berarti permasalahan terletak pada switch atau pengaturan di receiver
      2. kalau tidak dapat berarti posisi lnb belum pas
      pada disk 6 feet jarak berdekatan
      pada disk 9 feet jarak maksimal berjauhan, perhatikan juga posisi NOL pada LNB

  65. 6 November 2011 pukul 4:18 pm

    lam kenal
    pa! minta frekuensi Global TV dan MMC TV yang tidak di sensor ketika acara bola, karena global dan MMC TV kalau acara sepak bola suka di sensor.
    terimakasih

    • 6 November 2011 pukul 9:56 pm

      wah saya gak bisa pak, kalau diacak ya cuma bisa mlongo

      • ari
        19 November 2011 pukul 4:17 pm

        pake antena biasa pasti nyangkut ok

  66. 6 November 2011 pukul 2:09 pm

    Jadi mas setelah sinyal dari satelit PALAPA udah pas berarti untuk siaran tv dari satelit TELKOM secara otomatis sudah bisa scan dan nampak? Saya baru saja memasang sepasang LNB namun yang dapat baru TRANS 7, TRANS TV, ANTV, TVRI, GLOBAL (TELKOM), sementara RCTI, MNC dst enggak dapat karena sinyal dari PALAPA sama sekali tidak ada. Apakah saya harus menyetel kembali posisi LNB saya agar dapat SINYAL satelit PALAPA sehingga nantinya siaran tv dari satelit TELKOM secara otomatis juga bisa hadir?

    • 6 November 2011 pukul 2:30 pm

      DISK yang di pakai yang 6 feet atau yang 9 feet, karena jarak LNB pada disk yang beda, beda juga.
      untuk 6 feet LNB berdekatan, untuk 9 feet jarak berjauhan (posisi maksmial)

  67. nur
    19 Oktober 2011 pukul 6:28 am

    saya memasang 2 lnb dalam satu antena.. Satelit telkom dan palapa. di satelit telkom kuat dan intensitas sinyal ok. Tapi di satelit palapa intensitas sinyal ok sedangkan kuat sinyal nol.. Kira2 knapa tolong bantuanya

    • 4 November 2011 pukul 11:30 am

      ikutan batu jawab ya…
      mas nur…itu tandanya posisi antena sudah mengalami pergeseran, coba setel lagi dengan cara tempatkan chanel di receiver pada ch RCTI di satelit Palapa D, carai sampai nongol signalnya kemudian cek ke ch Trans di satelit Telkom 1 biar bisa berbagi signalnya sampai gambarnya OK , tidak perlu memaksimalkkan salah satu ch yang jadi patokkan itu. pilihan jatuh ke 2 ch tadi itu karena saat ini chanelnya tergolong kecil signalnya di beberapa lokasi. Moga bisa membantu

  68. alvin
    10 September 2011 pukul 9:26 am

    salam Pak Budi, saya pengguna positioner VP-1100 Venus.. mungkin pertanyaan saya agak aneh, hehe.. jadi di belakang positioner itu ada tempat kabel untuk sensor (S1 dan S2) dan motor (M1 dan M2), serta kabel berwarna merah, hitam, biru dan putih… saya lupa tiap kabel masuk kemana…karena sempat dicopot dan tekhnisinya tdk berada ditempat… Apa Pak Budi tahu susunan kabelnya? trims sebelumnya

    • 14 September 2011 pukul 2:04 pm

      ikutan bantu pak budi…
      mas alvin…sebaiknya cek lagi posisi di motor penggeraknya biar nggak terbalik nantinya, cuman seting umumnya untuk kabel merah ke M1, kabel putih ke M2, kabel biru ke S1 dan putih ke S2 (sensor)

      • 14 September 2011 pukul 2:12 pm

        manadoparabola :

        ikutan bantu pak budi…
        mas alvin…sebaiknya cek lagi posisi di motor penggeraknya biar nggak terbalik nantinya, cuman seting umumnya untuk kabel merah ke M1, kabel putih ke M2, kabel biru ke S1 dan putih ke S2 (sensor)

        sorry ralat dikit…untuk S2 itu kabel hitam

        • 14 September 2011 pukul 7:06 pm

          terima kasih bersedia berbagi ilmu dan terima kasih telah memasang link blog saya

  69. hasbar
    7 Agustus 2011 pukul 3:33 pm

    ass.alkum..semoga puasanya lancar.sblimnya salma kenal dari saya yg kbtulan belokasi di pedalamn kab.enrekang prov sulawesi slatan..sya punya bbrp prtanyaan yg mudh2han mas budi bis mmbantu:
    1.ada nggak kemungkinan C_LNB dipasng 1 dish dngn KU_LNB (6feet jaring)
    2.mhon dikasi trik khsus buka chanel $crmbl (linknya di mana)
    3.sya sangt ksulitan menentukan posisi Utara dlm kndisi payung parabola terpasang di tiang,,apa ada cara yg lbh simpel..
    4.gimana cara merangkai 3 recivr dngn 1 lnb
    sekian dulu dari sya..sblumnya trima kasih banyak….

    • 8 Agustus 2011 pukul 10:33 pm

      saya akan coba jawab sebisa saya
      1. mungkin. hanya masalahnya receiver kita bis baca sinyal Ku-band apa enggak
      2.buka scrambled tidak bisa menggunakan receiver biasa. mungkin bisa menggunakan DVB card. saya baru beli tapi belum menemukan caranya
      3. untuk utara-selatan dengan disk seperti gambar di atas, dapat berpatokan dari as (gbr. 1)
      4. idealnya 1 lnb satu receiver, namun jika dipasang maka pada receiver 2, dan 3 akan hanya dapat menangkap satu jalur dengan receiver utama ( maksudnya satu jalur itu sesama vertikal atau sesama horisontal)
      maaf kalau kurang memuaskan

      • hasbar
        9 Agustus 2011 pukul 6:48 pm

        makasi banyak buat infonya,,saya masih ad atmbahan nih,,,
        1.apakah ada perbedaan antara jenis recivr yg bisa mmbaca KU-band dgn C-band
        2.saya pake unisat xentium plus..bisa nggak pake dvb card…

        • 9 Agustus 2011 pukul 9:58 pm

          sama-sama
          1. saya juga kurang menguasai. tapi perkiraan saya ya ada bedanya
          2. dvb card itu alat yang dipasang untuk komputer. dari parabola-dvb card- komputer. fungsinya sebagian besar sama dengan receiver. tapi ada fungsi tambahan grabbing. untuk grabbing saya masih belum dapat softwarenya

          • 10 Agustus 2011 pukul 8:39 am

            salam kenal sebelumnya mas budie….
            mantep untuk bagi-bagi ilmunya dan peduli ama teknologi seputar parabola, aku ingin berbagi dan mencoba bantu menjawab pertanyaan dari mas hasbar :
            1. LNB KU Band bisa di pasangkan di antena 6 ft jaring/ ram, cuman untuk mendapatkan hasil yang maksimal penempatannya harus pada posisi focus/ di tengah-tengah trus sebaiknya antena jaringnya memiliki jarak jaringnya yang mepet banget terus lagi anda masih masuk di beam satelitnya, kalo yang beredar di Indonesia pada umumnya tidak cocok untuk di pasangkan LNB KU Band, kalo mau cari merek mediastar biar OK.
            2. Untuk buka scramble bisa cuman harus di ketahui sebelumnya jenis scramble apa yang akan di buka, jenis BISS sering di temukan kuncinya lain dari jenis itu kayak aji mumpung aja karena pergantian kuncinya sangat cepat berganti.
            3. Untuk menentukan arah utara di antena, sebaiknya oprek parabolanya di sore hari menjelang matahari terbenam, patokannya kita berdiri di antena dan fokuskan arah depan antena ke arah matahari terbenam/ barat, pasti arah tangan kanan anda itulah arah utaranya.
            4. Untuk 1 antena 3 receiver coba pakai alat multiswitch.

            • 10 Agustus 2011 pukul 6:22 pm

              @manadoparabola: terima kasih, atas bantuannya

              saya bukan teknisi parabola. saya hanya pemakai dan mencoba pasang sendiri, kemudian saya bagi

            • hasbar
              10 Agustus 2011 pukul 6:45 pm

              makasi mas,,
              1.kira2 di tempat saya,(kab.enrekang sul-sel) sinyal agila sat ada nggak
              2.grabbing itu apa ya..?
              3, saya belum pernah mencoba menghubungkan komputer dngan recever..(sangat penasaran)perlu alat apa saja ut itu klaw bisa kasi demo gmbar caranya gimana
              4 cara mengetahui jenis scramble gimana..
              demikian dari saya mudhan bidsa dibantu,,sbelumnya trima ksih banyak….

              • 11 Agustus 2011 pukul 12:31 am

                mas hasbar kayaknya tau banyak juga soal parabola…
                1. signal agila yang C Band apa KU band ? kalo cuman C band pasti bisa, untuk KU band harus didukung peralatan yang bagus dan letak antenanya sangat berpengaruh dan butuh ketelitian dan kesabaran, apalagi daerah Sulsel agak jauh dari cakupan beamnya.
                2. grabing itu istilah lain dari internet satu arah atau internet cuman buat dapetin data nggak bisa kita mengirim data lewat antena parabola.
                3. untuk menghubungkan komputer ke reciver bisa lewat kabel RSS atau bisa juga lewat wifi bridge.
                4. Jenis scramble bagusnya di ketahui lewat DVB card kalo cek lewat receiver kadang nggak tepat baca jenis scramblenya.

                • hasbar
                  11 Agustus 2011 pukul 12:22 pm

                  bukan tw banyak mas,,tapi hobby,,ada lagi nih
                  1.kalw mw pake KU-band prlu ganti rcver nggak..
                  2.harga KU-band kira2 brapa ya..bisa nggak dgabung dngan c-band dlm satu dish

                  • 11 Agustus 2011 pukul 11:31 pm

                    1,ngga harus di ganti tinggal seting LO ke 9750 -10600
                    2,kisaran 200rb, bisa 1 dish

                    • hasbar
                      12 Agustus 2011 pukul 12:28 pm

                      wah kayaknya pertanyaan saya nggak berujung nih,,nggak ppa kan mas..?
                      1.mediastar itu solid atw mesh
                      2.saya juga sangat penasaran dngan cara upgrade software recvr lwt rs 323 ( rcver PC atw antara recivr yg softwarenya komptibel),,mas bisa bantu nggak caranya gimana soalnya di daerah saya teg,listriknya blm stabil jadi..banyak reciver yg nggak bisa boot (hilang data) karena penybab itu..

                      trima kasih…

                    • 18 Agustus 2011 pukul 4:46 pm

                      1. mediastar itu merek dish jaring buatan luar.
                      2. untuk jelasnya buat belajar cara upgrade sf lwt kabel rs PC ke receiver…coba bro gabung aja di forumsatelit…ntar sf yang mo di pake bakal nemu di sana….

  70. aditya
    28 Juli 2011 pukul 6:55 pm

    saya pakek matrik duo..maslahnya sinyal rcti dan sctv waktu pertama kali masang normal…tapi lama kelamaan malang gak terlacak ilang nosignal gto,gmn solusinya?

  71. herry agustinus
    28 Juli 2011 pukul 3:15 pm

    pak, saya lagi mencoba untuk memasang tv satelit, bisa minta tolong gak pak arah satelit telkom 1 menghadap ke barat – timur atau utara – selatan. Terima kasih.

  72. arfizam
    21 Juli 2011 pukul 3:54 pm

    salam kenal saya mau tanya apakah satelit nss11 bisa diterima di banjarmasin kalsel?,

    • 21 Juli 2011 pukul 6:43 pm

      pada dasarnya bisa. hanya jenis LNB yang digunakan bukan C-Band tetapi Ku-Band. saya sendiri belum pernah mencoba seperti apa LNB Ku Band itu

  73. 21 Juli 2011 pukul 2:24 am
    • 21 Juli 2011 pukul 6:40 pm

      Mas andika, sepertinya permaslahannya pada LNB, coba puter sedikit. soalnya dulu pernah ada kawan dari arab saudi berhasil nangkap palapa dan telkom sekaligus

  74. 21 Juli 2011 pukul 2:19 am

    mas Budi, tlng donk, krm ke email saya, andika.andre86yahoo.com, atau sms ke 00966592912199 atau ke 00966565751459, oke. Aku tunggu mas Budi.

  75. 21 Juli 2011 pukul 2:10 am

    halo kwan2 trtma mas budi YTH, bgni mas budi aku brda diarab saudi, smuanya yg ada disetelit palapa c2, keluar, tp indosiar sama tpi kok ngk bisa? Tlong dech suruh ganti aja frekuensinya? Pertama frekuesinya jngn diksih 4 klu bisa ksih 3 aja, biar sama dngn yg lainya, dan pula disetilt telkom1 sdh ngk bisa sama sekali sinyalnya, klu diarab saudi, ktnya telkom international? Baru diarab saudi msih dkat, sinyalnya sdh ngk ketrma, apa lagi dinegarg yg paling jauh? Udah dech satu aja bkin setelit, yg penting sinyalnya keluar semua, salam semuanya dari andre arab saudi, tlng sampaikan ini kpd pencifta setelit indonesia, WASSALAM.,

  76. Firman
    11 Juli 2011 pukul 4:46 pm

    Salam kenal Pak Budi, saya punya 1 parabola 4 LNB (Palapa, Telkom, Asiasat 3C, Asiasat 2). Yang jadi pertanyaan, saya mau pasang 5 receiver, disarankan banyak orang pake multiswitch, tapi multiswitchnya harus 9 ke 5, apakah ada multiwitch yang sederhana 1 ke 5 atau tidak menggunakan sistem Vertikal dan Horizontal sendiri-sendiri atau dalam arti otomatis. Dari masing-masing LNB dikonek ke Diseq 4 ke 1, output dari diseq 1 kabel langsung masuk ke Multiswitch untuk 5 receiver. Mohon penjelasannya

  77. 1 Juni 2011 pukul 9:40 am

    Siaran yang paling unggul.

  78. Sony
    20 Mei 2011 pukul 3:10 pm

    mas, bagaimana kita mencari signal yang polaritasnya L dan R trus pakai lnb yang bagaimana?? thnx.

  79. Pakde Edy
    11 Mei 2011 pukul 3:02 pm

    Met siang Mas Budi, mau tanya nich : saya masih awam ama parabola, mau beli paket parabola bingung milih, ni ada tawaran paket venus (dish venus mesh 7 feet, lnb-f venus, actuator/positioner venus/hansen, receiver venus) dan paket metrix (dish antarsat 6 feet, lnb-f, positioner & receivr matrix) pilih yang mana mas ? tolong jawab ya…. makasih.

    • 13 Mei 2011 pukul 2:53 pm

      maaf kalau lambat membalas, kebetulan st minggu ini ada giat ke luar kota, gak sempat buka blog.
      saya sepertinya milih yang paket kedua

  80. Hubert
    10 Mei 2011 pukul 6:11 pm

    Slmt sore mas Budi, sorry kl saya mengganggu. Saya ada pertanyaan nih:
    1. Gimana cara setting LNB agar dapat menerima siaran TV dari satelit NSS 11 dan Telkom 1, yang posisinya sama di 108*BT. Apakah LNB perlu ditambah? Saat ini saya menggunakan 2 LNB, yang menangkap siaran dari Palapa dan Telkom.
    2. Apa perbedaan DVB S dan DVB S MPEG-4.
    3. Apa jenis/merk digital receiver yang dapat mendukung atau menerima siaran TV berformat MPEG-4.
    Mohon pencerahannya dan Terima kasih sebelumnya.

    • 13 Mei 2011 pukul 2:56 pm

      wah saya ini bukan ahli teknologi, maaf ya gak bisa bantu, hanya saya suka otak atik nyari sinyal, lagian saya ini tinggall di kalimantan tengah, jadi masalah perkembangan teknologi kurang memahami

  81. hardiansyah
    9 Mei 2011 pukul 6:23 pm

    Hello Mas Budi,
    Sy baru saja beli 1 paket parabola Venus 6 feet dengan receiver venus estilo dan penggerak otomatis. Pertanyaan saya, berapa satelite dan benua mana saja yg sebenarnya yg bisa di tangkap, untuk sekarang kurang lebih ada 13 satelit yg bisa di tangkap oleh teknisi penjual. Sy pernah tambah satelite dengan mengutak katik letak posisi satelit, namun hasilnya semua channel yg ada hilang semuanya ( tidak ada signal ), lalu bagaimana caranya yg benar untuk menambah/mencari satelite yg lain dan tdk bermasalah dengan satelite yg sudah ada.
    Demikian, terima kasih.
    Salam, Hardi

    • 13 Mei 2011 pukul 2:59 pm

      ciri pemasangan disk yang bener adalah ketika kita geser/gerakkan ke arah barat-timur ketemu satelit barru, dan ketika dikembalikan akan ketemu satelit sebelumnya. jadi hanya satu arah barat – timur saja yang bermain

  82. parta juarsa
    4 Mei 2011 pukul 8:07 pm

    Mas Budi yang saya hormati, saat ini parabola saya dengan 2 LNB (dual output) menangkap siaran dari satelit telkom 1 dan palapa D, bisa nggak yah kalau palapa D nya saya ganti ke Asiasat 5, kalau bisa bagaimana cara settingnya. receiver yang saya pakai adalah Hansen K3 dan dizipia DS3300IR. terimakasih, salam

    • 4 Mei 2011 pukul 10:11 pm

      satu LNB mengarah ke satu satelit, sedangkan pada satu disk dapat dipasang 4 buah LNB karena 3 LNB lainnya mengambil sinyal imbas. sekitar 10 derajat dengan menggeser letak LNB secara berlawanan
      untuk kasus Anda jika ingin mengganti arah LNB dari palapa menuju ke Asiasat 5, pada dasarnya bisa, hanya perlu eksperimen. yang agak perlau kesabaran
      1. dengan menggeser posisi LNB palapa menjadi di sebelah timur telkom( disk tetap), saya asumsikan LNB 1 yang barat untuk palapa, LNB 2 yang timur untuk telkom, berarti diperlukan dudukan LNB
      2. menggeser disk(LNB tetap), dengan memiringkan disk ke arah barat, sebagai gambaran posisi palapa 113, telkom 108, asiasat 100,5
      untuk cara kedua harus posisi pemasangan disk bener utara-selatannya. atau jika sudah terpasang rotator, berarti sudah bener.
      maaf kalau kurang jelas

  83. Hubert
    1 Mei 2011 pukul 6:55 am

    Hallo mas Budi. Gw ada permasalahan nih.. Receiver matrix Lemon gw onar nih. Ga hidup lagi. Kalo tombol powernya dihidupkn, cuma lampu merah aja yang nyala terus. Tapi ga ada signalnya. Waktu gw coba buka, dsekitar travonya ad bunyi aneh yang panjang tidak seperti biasanya..!! Mohon bantuannya. Trima kasih.

    • 1 Mei 2011 pukul 8:55 am

      bunyi anhe tersebut kemungkinan berasal dari trafo
      coba periksa apakah ada solderan yang longgar, kalau tidak berarti trafonya minta ganti, selain itu coba cek juga kondensatornya secara fisik apakah gembung atau tidak. kalau masih bagus tampilannya, kemungkinan yang rusak trafonyan makin besar.
      saya hanya kira-kira karena tidak mahir elektro

  84. eko
    20 April 2011 pukul 12:00 am

    pak budi..antena sy mengarah ke stasiun telkom..tp untu tvri daerah kok sulit di tangkap siarannya..mksh…

    • 1 Mei 2011 pukul 8:57 am

      teve daerah onair biasanyahanya pada jam-jam tertentu saja, yang sering antara pukul 17-19. jadi kalau nyari sinyal ya kudu pas jam mereka siaran

  85. 27 Maret 2011 pukul 2:23 pm

    halo mas budie saya punya receiver hansen kalau dihidupkan lama mendapatkan signal taada gambar sekali nanti kalau mendapat signal dah medapakan gambar dan kalau dahpanas kira kira 3jam gambarnya kacao2x bergaris2xwarna kuning gimana solusinya dari kediri

    • 27 Maret 2011 pukul 8:37 pm

      kalau melihat cirinya kok seperti ada elco yang longgar atau gembung, coba buka saja receiver, pada blog powernya lht ada elco yang gembung atau enggak. bisa diganti sendiri kok

  86. Hubert
    27 Maret 2011 pukul 9:27 am

    Bagi sahabat Budies, khususnya pecinta Klub Sriwijaya FC.. Nih ada daftar saluran, yang khusus menyiarkan pertandingan team tersebut.
    Satelit Telkom.
    Trans freq: 4005
    Symbol rate: 6000
    Namanya Arnet Palembang. Tapi saluran ini mengudara hanya pada saat pertandingan saja..!!

    • 27 Maret 2011 pukul 8:34 pm

      wah ini pasti bermanfaat bagi sahabat budies yang hobi sepakbola. terima kasih share nya ya

  87. appas
    25 Maret 2011 pukul 9:47 pm

    lam kenal pa budi
    mau tanya saya punya parabola lnb 2 khususnya tidak ada siaran sama sekali adapun receiver saya yang baru /pertama uda rusak, sebelumnya itu dapt semua siarannya,, trus ada teman punya receivr merek venus vd 223 lama, ,sya pasang tidak dapat siaran untuk lnb 2 ,
    pertanyaan saya apa beda reciever lama sama yang baru, solusinya
    mohon pencerahannya

    • 26 Maret 2011 pukul 3:12 pm

      kalau posisi parabola tidak berubah, beratri siaran bisa didapat. adapaun setelah ganti receiver tidak mau nangkap bisa jadi disebabkan pengaturan diseq atau pengaturan 22k aktif/tidak aktif. parabolanya pakai 2 lnb kan?

  88. gunadi
    24 Maret 2011 pukul 5:49 pm

    hallo boss mau tanya, cara pasang 2 lnb solid disc 5 ft reciver matrix sdh coba di pasang tp hanya bisa tangkap sinyal dari 1 satelit saja, klu dapat sinyal dari sat palapa yg sat telkom hilang bgtu jg sebaliknya, mohon pencerahannya sblmnya terima kasih boss……

    • 26 Maret 2011 pukul 3:18 pm

      kalau dicoba satu-satu bisa nangkap, berarti tinggal masalah pengaturan port/diseq/22k. (tergantung fasiltas pada receiver dan jenis switch yang dibeli)
      misalanya pengaturan 22k
      jika untuk palapa dibukin 22k = ON
      maka untuk telkom diatur 33k= OFF

  89. Hubert
    23 Maret 2011 pukul 9:08 am

    Buat mereka2 yang kehilangan siaran TV ONE, Nih.. Gw baru aja mendapat frekuensi TV ONE terbaru, per 22 maret 2011 kemarin. Ternyata frekuensi TV ONE udah diganti menjadi
    Trans Frequency: 3786
    Symbol Rate: 5630
    Pol: H. Satelitnya tetap di Palapa C2..!!

    • 23 Maret 2011 pukul 4:28 pm

      makasih, sharingnya, saya baru buka dan bawa catatan kerta untuk menulis parameter tv one yang baru

      • nasrul
        25 Maret 2011 pukul 4:02 am

        makasih ya

    • ridha
      31 Maret 2011 pukul 9:40 am

      terima kasih infonya,saya jadi bsa nonton bola lg ni d tvone

    • SUGI
      1 April 2011 pukul 12:49 pm

      Terima kasih Shob infonya… pantesan aq cari2 ga ketemu ee…

    • 13 Juni 2012 pukul 5:26 pm

      boleh bagi2 trans freq,symbol rate,polaritasnya trans7 and antv gak ..

  90. susma
    12 Februari 2011 pukul 10:45 pm

    salam kenal pak Budi,,,saya mau tanya gm cara ngeset ulang parabola matrik soalnya chanel nya hilang semua e,,,tolong bantuan nya ,,,terima kasih

    • 13 Februari 2011 pukul 6:59 pm

      mungkin hal ini disebabkan salah pencet ke parameter pabrik, sehingga semua cannal hilang. untuk mengisi canel lagi bisa masuk ke pengaturan -pilih menu tambah transponder – yang diinputkan :
      frekuensi ( biasanya 4 digit, jika di receiver tersedia 5 digit, maka di depan angka nol)
      symbolrate dan polaritas (V?H)
      daftar transponder dapat dilihat di lyngsat.com untuk satelit palapa dalat diklik di http://www.lyngsat.com/palapad.html
      contoh untuk sctv : lihat pada kolom 1 (untuk frek dan pol)dan kolom 6(untuk symbol rate/SR) = pada kolom 1 disitu ada 3756H berarti frek = 03756 dan pol = H
      kemudian pada kolom 6 ada 6259-3/4 yang dipakai 6250 sbg SR-nya(06250)

  91. alek
    12 Desember 2010 pukul 8:16 pm

    salam kenal mas budi, saya mau nanya
    1.gimana menambah siaran tv yg angka frekuensinya 5 buah
    2.apa maksudnya polarisasi l dan r, knp di revesiter saya cuma ada v dan h aja, gimana caranya supaya ada
    maaf ya mas klo banyak nanya

    • 12 Desember 2010 pukul 9:38 pm

      polarisasi untuk LNB jenis C Band seperti kita punya hanya Horisontal dan vertikal, sedangkan polarisasi Left/Right itu untuk jenis LNB lain. jadi kita gak bisa nangkap

  92. alek
    12 Desember 2010 pukul 8:13 pm

    salam kenal mas budi, saya mau nanya
    1.gimana menambah siaran tv yg angka frekuensinya 5 buah
    2.apa maksudnya polarisasi l dan r, knp di revesiter saya cuma ada v dan h aja, gimana caranya supaya ada
    maaf ya mas klo banyak nanya maklum saya masih awam

  93. alek
    12 Desember 2010 pukul 8:05 pm

    salam kenal mas budi, saya mau nanya
    1.gimana menambah siaran tv yg angka frekuensinya 5 buah
    2.apa maksudnya polarisasi l dan r, knp di revesiter saya cuma ada v dan h aja, gimana caranya supaya ada
    3.gimana cara menangkap siaran acak
    maaf ya mas klo banyak nanya maklum masih awam

    • ramly
      20 April 2011 pukul 6:07 pm

      tekan aja menu, pengaturan program, pilih scan otomatis, nanti akan mencari sendiri….

  94. prima parabola
    2 Desember 2010 pukul 8:27 pm

    salam kenal bpk budi
    bapak saya mau tanya masalah indovision dan parabola
    1.bagaimana caranya 1 parabola indovision untuk 2 resiver
    2.mohon bantuan untuk daftar satelit dan channel parabola beserta tranfodernya parabola
    sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih Atas bantuannya
    dr prima parabola

    • 2 Desember 2010 pukul 9:13 pm

      salam kenal kembali
      pertama-tama saya menyatakan bahwa saya bukan profesional dalam hal ini, saya hanya suka otak-atik. jadi mohon maaf jika jawaban kurang berkenan
      1. satu parabola untuk dua receiver, itu dengan memasang LNB DUAL/duo,
      2. untuk stelit palapa saya lihat di http://www.lyngsat.com/palapad.html sedangkan untuk satelit telkom dapat dilihat di http://www.lyngsat.com/telkom1.html

      semoga bisa membantu, salam dari kalimantan tengah

  95. soemantri
    12 November 2010 pukul 4:45 pm

    Mas tolong tanya, Saya mau pasang parabola dengan 4 LNB untuk 3 Receiver. Apa saja yang saya butuhkan, (LNB duo nya berapa? diseq 4×1 berapa? diseq 22K berapa?) dan tolong tanya skema pemasangannya? Makasih sebelumnya Mas.

    • 13 November 2010 pukul 6:47 am

      Wah saya kok kesulitan memberikan jawaban, paling tidak harus ada gambaran.
      misalnya
      lnb 1 satelit A untuk rec 1
      lnb 2 satelit B untuk rec 1
      lnb 3 satelit C untuk rec 2
      lnb 4 satelit C untuk rec 3
      sedangkan LNB duo itu satu LNB untuk dua rec
      jika seperti diatas, hanya perlu 1 buah diseqc (yang 0/22k atau yang 4×1)
      Jika ini dimaksudkan untuk proyek TV Kabel, sepertinya memerlukan alat tambahan untuk mencampur/membagi channel
      saya pasang LNB duo sering bermasalah

  96. dirwan maulana
    18 Oktober 2010 pukul 12:53 pm

    Selamat siang Pak Budi,
    Mohon bantuannya, bagaimana membuka tuner atau pencari channel yang terkunci (locked)
    di Indovision, jawaban dikirim ke dirwan.maulana@gmail.com
    sekalian tutorialnya. terima kasih.

    • 13 November 2010 pukul 6:00 am

      saya kok tidak bisa membantu, maaf ya
      salam dari kalimantan tengah

  97. soni prawisnu
    20 September 2010 pukul 10:28 pm

    Mat mlam pak,sy menggunakan Telkom Vision DIZIPIA 3300IR.
    Dulu sblum sy kmbli keparameter pabrik,sy msh bisa nonton Trans7 tp stlahx sdh g bisa lgi.
    Sy minta tolong dikasi frekuensi transponder,symbol rate,polarity,PID PCR,PID Video,PID Audiox.Sekian dan terima kasih….

    • 22 September 2010 pukul 10:05 pm

      tran 7 yang anda masukkan hanya
      frek 3990
      sym 6000
      pol H
      sedangkan yang lainnya akan otomatis terisi ketika preses intalasi

  98. Hubert
    11 September 2010 pukul 9:40 pm

    Salam jumpa pak Budi. Saya ada 2 pertanyaan nih. Saya menggunakan parabola venus 6 feet dgn 2 LNB. Saya ingin menambah 2 LNB lagi menjadi 4 LNB. Biar bisa menerima siaran dari satelit Palapa C2, Telkom, Asiasat2 dan Asiasat3.
    Pertanyaan saya:
    1). Bagaimana menentukan arah polaritas dari ke 4 LNB tersebut?(saya cuma mengerti jika hanya menggunakan 2 LNB saja).
    2). Bagaimana menentukan 22K dan DisEqc untuk parabola dgn 4 LNB? Untuk diketahui saya berada di 121* 07′ BT dan 8* 11′ LS.
    Mohon pencerahannya.
    Terima kasih.

    • 13 November 2010 pukul 5:58 am

      pemasangan 4 LNB saya belum pernah mencoba.
      1. perkiraan saya pemasangan LNB Asiasat2 – Asiasat3 sama seperti Palapa-Telkom
      satelit Telkom sebagai senter/pusat, palapa ada di baratnya dan asiasat ada di sebelah timurnya
      2. ada beberapa jenis receiver yang mendukung 4 LNB, untuk menentukan posisi menggunakan diseqc dengan memiih port 1-4
      maaf jika jawaban kurang memuaskan. karena saya bukan ahli dalam hal ini. saya hanya suka otak-atik sendiri

    • mije
      28 Januari 2011 pukul 1:34 pm

      mau sharing nih :
      klo mau pasang 4 lnb, bisa beli 4 in 1 lnb (bracket+lnb) milik venus harganya sekitar 250 ribuan (plus cara pemasangannya)
      kita tinggal mengarahkan parabola ke satelit telkom, otomatis satelit lain akan muncul(jangan lupa setting diseqnya)

  99. David
    2 September 2010 pukul 3:49 pm

    Hello salam kenal Bang , sudah berulang kali saya baca cara mengharap satelit ke katulistiwa tapi masih bingun jg , kalo bs tolong jelas in. saya skrg didarwin berarti satelitnya hrs mengharap ke utara tp ngak tahu seberapa miring nya dan satu lagi cara mengharap lnb nya masih bingun jg , terima kasih , hope you can help me

    • 3 September 2010 pukul 4:25 pm

      ANda lihat dengan google earth latak kota darwin, kalau tidak salah 12,45 Der Lintang selatan dan 130.84 bujur timur , berarti disk miring ke utara 12,45 derajat

      • David
        8 September 2010 pukul 6:42 pm

        Hello Bang maaf ni masih kurang tau cara hitung kemiringan disk ke utara ,misalnya 12,45 derajat ke utara , cara hitungnya gimana kalo pake busur ? Terima kasih banyak sebelumnya

        • 8 September 2010 pukul 9:47 pm

          Anda lihat gambar tentang busur (maaf agak sedikit menyuruh)dan gambar pertama yang ada angka (1)
          1. busur itu ditempelkan di bawah disk yang telah terpasang (ditempel pada gbr pertama pada bag angka 1)
          2. pada posisi tegak-rata, tentu tali busur menunjukkan angka 90.
          yang disetel kemiringan ke utara adalah angka 2, BUKAN ANGKA 3, karena angka 3 untuk mengatur barat-timur
          3. jika disk dimiringkan maka tali pada busur akan bergerak sejauh kemiringan itu.
          4. dengan asumsi satu strip adalah satu derajat, maka jika dimiringkan 12 derajat berarti talli busur menunjuk ke angka 78 ( nol busur ada di utara)
          semoga membantu,
          kalau masih kurang jelas,dengan senang hati saya bersedia membantu lagi

          • david
            10 September 2010 pukul 6:58 pm

            terima kasih banyak bro ,atas infonya, akan saya coba dl,kalo ada mslh gue post lg ,mohon maklum, ini pertama kali pasang satelit,oh ya di lnb itu ada angka 17k and ada yg 25k itu apa artinya,bisa ngak saya pasang di satu disk dgn dua lnb yg berbeda,mohon penjelasannya,sekali lagi terima kasih banyak

          • david
            16 September 2010 pukul 7:16 pm

            hello pak budi langsung saja ya setalah saya coba,tapi hanya channel vertical aja yg dapat sedangkang yg horizontalnya ngak bisa,palapa cuma dpt sctv dan indosiar dan di asiasat 3 cuma indian channel yg vertical,mohon penjesannya pls, terima kasih sebelumnya.

  100. David
    2 September 2010 pukul 3:00 pm

    Thanks very much you r the best

    • david
      10 September 2010 pukul 7:03 pm

      this is the best web site ever

  101. zaenul
    27 Agustus 2010 pukul 4:19 pm

    salam kenal bang..
    1. saya sekarang pake parabola tanaka 6 feet, receiver merk hansen KD-2, pk rotator n bisa nyangkut krg lebih 450 channel FTA, apakah saya bisa lihat Ch tv berbayar yang lain dengan receiver tsb, Sebab pada saat saya coba2 di sat. telekom saya bisa nangkap chanel tersebut namun tertulis ENSCRYPTI n g bisa di tonton.
    2. dulu saya langganan top tv, sekarang udah berhenti, pertanyaanya, apakah receiver dengan merk HUMAX 2000 yang ada tempatku kartu nya bisa saya isi dengan kartu sembarang sehingga saya bisa menikmati pertunjukan layaknya tv berbayar sedangkan parabola kecil tersebut diatas rumah menghadap ke utara, mhn penjelasan, thanks//

    • 27 Agustus 2010 pukul 10:01 pm

      1. memang receiver kita hanya bisa yang FTA, saya sedang nyari info untuk membeli alat DVBCard, dia seperti receiver tetapi terkoneksi dengan komputer. menurut informasi keunggulan alat ini ada kemungkinan untuk membuka enscript dengan software seperto crack. tapi saya belum dapatkan alay itu
      2. untuk lebih jelasnya mungkin bisa ditanya ke penyedia jasa layanan yang akan dituju. saya hanya tukang otak-atik saja kok bukan ahli dalam hal ini

  102. Yudi
    17 Agustus 2010 pukul 2:01 pm

    Salam kenal Pak Budi dan Salam Merdeka….,

    Langsung saja pak Budi saya mau tanya bagai mana cara menambahkan channel TV di satelite Palapa yaitu untuk TV ONE, karena sebelumnya hilang begitu aja tidak ada gambarnya dan saya oprek gak bisa akhirnya saya delete tapi untuk nambah kesulitan.
    saya coba dengan parameter yang ada di lyngsat tetap gak bisa, coba blind scan alokasi frek/transponder TVONE dilewati saja ( parameter yg saya pakai X’pdr 04054, sym rate 5630, Pol H, Vpid 308, Apid 256 dan Pcr pid 8190)
    Adapun merk Rcv adalah Hansen KH3, mohon pencerahannya.

    terima kasih sebelumnya.
    salam
    Yudi

    • 17 Agustus 2010 pukul 10:17 pm

      saya kira jenids receiver tidak begitu berpengaruh, barangkali langkah input datanya yang kurang pas, coba masuknya pada bagian tambah transponder/channel
      parameter yang diminta biasanya hanya : Frek, Symb dan pol. sepertinya parameter sudah bener. jadi gak perlu menginputkan Videopid dan Audiopid-nya

  103. R4hmat
    17 Agustus 2010 pukul 11:08 am

    Saya sudah cari channel di Asia Sat3, tapi kok cuma dapat 6 channel, yg lain kemana ya? bisa bantu pak. Terimakasih

    • 17 Agustus 2010 pukul 2:00 pm

      setelah dapat satelitnya, beberapa receiver ada fasilitas search otomatis, coba hiat

  104. R4hmat
    15 Agustus 2010 pukul 7:42 pm

    Pa Budi, asia sat 3 saya kok nggak bisa dicari lagi siaran televisinya. Saya sudah mencoba searching tapi tetap saja nihil. Tidak ada satupun channel yang tertangkap. Apa ada masalah? Makasih

  105. Papa al
    13 Agustus 2010 pukul 2:14 pm

    slmt sore bos, saya di palu sulawesi tengah. saya mau tanya saya pake receiver sky SC 1107, kalau saya mau nambah siaran nga bisa yang ada di layar TV tertulis PERINGATAN DATA BASE FULL. karena lalu teman saya utak atik receiver saya mau carai piala dunia. yang mau saya tanyakan : BAGAIMANA CARA MENGOSONGKAN DATA BASE DI RECEIVER SAYA ? tolong bos jawabannya di kirim di email saya. Thaks bos, sukses untuk untuk anda.

    • 13 Agustus 2010 pukul 5:21 pm

      masuk ke MENU – seting- diantaranya cari yang ada pilihan hapus transponder, BUKAN hapus channel ya, kalau hapus channel tidak mengurangi ruang

  106. Sahatma
    6 Agustus 2010 pukul 1:13 pm

    aku bingung mengenai posisi satelit satmex 113W,ada yang bisa nolongin aku bro…
    .
    .
    @ya tinggal mengarahkan saja sesuai sudut/alamat derajatnya. permasalahannya menangkap satelit tersebut mau apa dulu dan perlu ditangkap apakai apa, karena setiap satelit itu memiliki karakteristik jenis transponder yang dipancarkan, misalnya sinyal tv, data atau yang yang lainnya

    • sahatma
      11 Agustus 2010 pukul 5:11 pm

      sudut dan almat pun ga tau,trus gimanaya?aku aku domisili di sumut, maunya sih lacak sampai ngerti,tolong kasi pencerahannya

      • 11 Agustus 2010 pukul 8:17 pm

        maksud saya, setelah ANda tahu bahwa posisi satelit berada di 113W, ANda mau nangkap siarang TVnya atau data-nya?
        sebagai gambaran kita di Indonesia jangkauan penangkapan bagus hanya pada 76E s/d 146 E. jika ingin mendapat sinyal dari 113 W TENTU DENGAN parabola khusus.
        113W BERARTI sateli ada di belahan barat bumi

  107. R4hmat
    30 Juli 2010 pukul 1:43 pm

    Saya browsing2 di internet kalau telkomvision menggunakan decoder jenis Dzipia Telkomvision. Apakah jenis ini bisa menunggung siara FTA yang saya tanyakan tadi. Kalau dengan rotator dapatkah menjangkau BAdr 4, 5 dan 6 yang berada di posisi 26,0 *E?
    Maaf banyak nanya, soalnya penasaran, dan saya ingin mengoptimalkan pemakaian parabolanya.

  108. R4hmat
    30 Juli 2010 pukul 1:39 pm

    Oh ya, parabola saya belum ada rotator. Tadi siaran Eropa yang saya maksud adalah saya ingin mengambil siara-siaran tv timur tengah, seperti Badr 4, 5, 6 yang posisinya ada di 26,0 derajat E kalau mengacu pada http://www.lyngsat.com. Apakah itu artinya saya miringkan parabola ke arah barat atat timur?

    Trus misalnya sehubungan dengan langganan telkom vision? apakah memungkinkan juga sepiring berdua? Maksudnya selain bisa menangkap siaran telkomvision, saya juga bisa mendapat FTA dari Midle east terutama badr 4 hingga 6?
    Perlu diketahui dish saya hanya 6 feet kayaknya.

    • 11 Agustus 2010 pukul 8:25 pm

      senang jika Anda ingin mengetahui lebih banyak, hanya kemampuan saya cuma segitu. sebagai bahan perimbangan:
      1. rotator tidak mampu jika terlalu miring. bisa lepas roda geriginya kalau terlalu miring
      2. jangkaian kita di indonesia antara 76 E s/.d 146 E, duliar itu harus menggunakan parabola khusus
      3, jangkauan yangsaya maksud pada no, 2 itupun harus pada kondisi paraboa yang sehat dan tidak terhalang
      4. sementara jawaban saya tidak bisa nangkap 26E.
      5. mengatus kemiringan kabarat atau ketimur tinggal melihat posisi kota anda, misalnya kota anda berada di 100E dan satelit yang anda tuju berada pada 90E berarti miring ke barat 10 derajat. begitupun sebaliknya jika lebih dari 100 berarti miring ke timur sebesar (posisi sateli – 100)
      semoga membantu

  109. R4hmat
    30 Juli 2010 pukul 7:05 am

    Perlu diketahui saat ini saya berada di Muntilan Magelang, yang setahu saya letak astonominya ada di 107 derajat BT

  110. R4hmat
    30 Juli 2010 pukul 7:02 am

    Pak budi, membaca postingan anda ini, saya ingin menanyakan beberapa hal. Perlu diketahui bahwa saya memiliki parabola jenis mesh dengan 4 LNB, yang saat ini hanya menerima siaran dari Satelit Palapa, Telkom, Asia Sat2 dan 3. Yang saya tanyakan adalah:
    1. Apakah dengan kondisi ini (parabola jenis mesh) dapat berlangganan telkom vision?
    2. Opsi lain, jika tidak bisa, bisakah parabola saya gunakan untuk menangkap siaran FTA dari wilayah Europe?.

    • 30 Juli 2010 pukul 11:12 am

      1. bisa, sangat bisa…saya pernah nyoba telkomvision bebrapa hari
      2. untuk menangkap siaran, bukan wilayahnya, namun satelitnya…ada beberapa begara di eropa menggunakan satelit yang posisinya dpat kita jangkau. logikanya satu lnb dalam satu posisi hanya menangkap satu stelit (beberapa tv).. untuk pertanyaan yang anda maksud tentu ingin menangkap satelit mana? kalau ternyata seperti itu maka posisi disk dimiringkan agar lnb dapat mengarah ke satelit tersebut..ada kok cara manual di blog ini . selain menggunakan posisioner/rotator

  111. Rian
    11 Juli 2010 pukul 2:48 pm

    tolong dong frekuensi, simbol rate, video pid, audio pid dan vcr pid untuk siaran TV5 Prancis. tolong juga dikirim ke email saya : rd_farhan@yahoo.co.id
    terima kasih banyak

  112. tri karyadi
    7 Juli 2010 pukul 7:12 pm

    ikut bantu ya untuk dapetin chanel china .
    berikut patokannya.
    parabola sebaiknya dipasang dibawah (maksimal 2 meter dari tanah)
    satu LNB akan memperoleh sinyal paling kuat dibanding 2,3 atau 4
    (ingat pelajaran fisika cermin cekung yaitu hanya 1 fokus)
    Dapatkan sinyal RCTI (palapa) sampai sinyal terkuat
    bisa dengan menaikan/menurunkan 1 strip lnb dan baut kemiringan utara – selatan

    PATOKAN URUTAN SATELIT (DARI BARAT KETIMUR)

    TELSTAR10 – THAICOM 2/5 -LNSAT 4A – LNSAT 2E -ST1 – MEASAT 3AT -
    LNSAT3A – ASIASAT 2C -ASIASAT 3S – TELCOM 1 – PALAPA C2 -CHINASAT 6B
    - THAICOM 1A – JCSAT 3 – MEASAT2 – INTELSAT8

    jadi bila posisi parabola anda sekarang di PALAPA C2
    dengan siaran RCTI , INDOSIAR dkk pada sudut 113.0E
    maka untuk dapet CHINASAT 6B 115,5 E lengan panjang parabola tinggal dimiringkan ketimur sebesar 2,5 derajat.

    KALAU mau siaran ke india (ASIASAT 3s 105,5 ) dari posisi PALAPA c2 113,0E maka lengan panjang tinggal dimiringkan kebarat dengan tahapan
    melalui TELCOM 1 dulu baru dimiringkan lagi total sejauh 7,5 derajat
    kebarat.

    Kegagalan disebabkan karena posisi 0 derajat pada LNB dengan PIVOT piringan parabola (tidak tepat benar segaris dengan timur barat barat). so Bisa jadi saat di PALAPA benar , tapi begitu dimiringkan jadi melenceng. ini banyak dialami pada pemasangan dengan lengan
    otomatis.

    • 8 Juli 2010 pukul 6:02 am

      makasih telah berbagi

    • nikop3
      12 Januari 2011 pukul 10:31 am

      Kalo satelit ASIASAT 5 apa masih keterima di Jakarta… Saya pakai Dizipia 3300 IR + Tanaka, kalau mau tambah satelit baru ke daftar list satelit yg sudah ada gimana caranya? bisa bantu gak bro? mungkin tahu juga ada link nya postingannya? Thanks.

  113. Febri Ramadhan Dinata
    28 Juni 2010 pukul 3:11 am

    Pak, gimana caranya mendapatkan siaran cina, tapi lnbnya 2…dan siaran indonesianya tidak hilang…

  114. 24 Juni 2010 pukul 4:41 am

    liat piala dunia lewat http://www.iraqgoals.tv
    selamat mencoba

  115. eza
    14 Juni 2010 pukul 1:33 am

    Salam kenal pak, saya mengunakan parabola 4 lnb dan dah 2 hari ini ngutak ngatik parabola saya nyari sat Thaicom 2, tapi blom berhasil. jadi mhn pencerahannya pak…..

    btw klo 4 lnb saya perhatikan arah polarisasi lnbnya kok beda- beda :
    2 lnb utara dan 2 lnb lagi arah selatan apa settingannya memang seperti itu pak ?

    • 14 Juni 2010 pukul 6:14 am

      arah polarisasi memang seperti itu
      1. 4 lnb yang terpasang sudah dapat satelit semua (palapa, telkom, asiasat2, asiasat3)
      2. posisi sumbu utama(As besar)(Gbr. no1) mengarah utara-selatan, sesuai kompas.
      3. kalau no.2 bener. berarti baut panjang penyangga (Gbr. no.3) berada pada posisi barat-timur
      4. lepas baut panjang (gbr.3)yang nempel di parabola (no.1) dan no.2 gak boleh berubah dulu.
      5. isikan parameter satelit yang berdekatan dulu, misalnya indiasat (pilih saja salah satu transponder. lalu gerakkan parabola secara pelan ke barat.
      6. jika dapat sinyal, baru dilanjut ke satelit berikutnya secara berurutan.
      7. jika tidak dapat, ada yang tidak pas pada posisi gbr 1 dan gbr 2 mungkin utara-selatannya yang tidak pas (gbr.1) atau kemiringan ke utara yang tidak pas (gbr2)
      8. untuk membetulkan gbr.1 dan/atau gbr 2. kembalikan parabola pada posisi semula, baut penyanggga juga kembali dipasang kuat, ubah sedikit gbr.1(gunakan kompas, atau kira-kira ketepatan utara-selatan), perhatikan bahwa semua chanel yang telah didapat gak boleh ilang, coba cek semua chanel yang telah didapat tadi ilang apa gak
      5. kalau langkah ke8 ini mantab, baru ulangi langkah ke5 lagi, begitu seterusnya
      slamat mencoba, semoga membantu
      sekali lagi saya bukan ahli, tapi hanya berdasarkan coba-coba

  116. ikky
    10 Juni 2010 pukul 11:55 am

    infonya mantap tapi saya blom ngerti benar karna masih awam…
    aku punya parabola matrix soccer, apa ada caranya tuk nampilin chanel yg d acak….
    makasih sebelumnya…!!!

    • 10 Juni 2010 pukul 6:12 pm

      secara standar ya tidak bisa, tapi kalau gigih mencari info, bukan tidak mungkin. syaratnya kudu memiliki kabel rss232 untuk menghubungkan antara PC dengan receiver

  117. Hubert
    9 Juni 2010 pukul 6:23 pm

    Salam kenal Pak. Saya Hubert d Flores. Saya mau nanya, apakah kita bisa menonton piala dunia 2010 secara gratis lewat TV luar negri, selain stasiun TV Indonesia? Mohon informasinya. Trima kasih.

    • 9 Juni 2010 pukul 7:24 pm

      ikuti saja pak perkembangan blog ini, saya juga sedang mencari informasi berkaitan dengan hal tersebut. saya juga tinggal di di wilayah yang harus menonton dengan parabola. kalau piala dunia lalu nonton di tv luar negeri juga…doain ya kita bisa nonton.
      nanti kalau dapat pasti saya posting lagi

  118. 9 Juni 2010 pukul 7:18 am

    Informasi yang sangat bermanfaat sekali..terima kasih pak

  119. 8 Juni 2010 pukul 3:45 pm

    TLG KIRIM INFO INI KE BLOG SAYA

    • 9 Juni 2010 pukul 8:23 am

      kopi saja langsung

  120. 12 Mei 2010 pukul 11:43 am

    salam sejahtera pak…
    saya mau tanya
    saya pakai parabola yang memakai rotator, posisi saya di blitar jawa timur, saya ingin mencari satelit sekaligus channel tv fta, tapi saya tidak bisa.
    mohon bimbingan bapak.

    untuk jawaban bisa dikirim ke alamat email marvell_novel@yahoo.com
    saya ucapkan terimakasih banyak sebelumnya

  121. mije
    11 Mei 2010 pukul 9:09 pm

    jumpa lagi nih pak….
    mau tanya nih pak!, kalau kita ingin liat siaran satelit NSS 11 gmana? kan posisinya sama dengan satelit TELKOM 1…apanya yang perlu kita rubah?

    • 11 Mei 2010 pukul 11:04 pm

      satelit NSS 11 bertipe KU Band,saya belum pernah mencari transponder yang ada pada setelit tersebut, karena kita harus pasang LNB tipe KU, sedangkan pada umumnya TV menggunakan tipe C-band. dan LNB tipe C lah yang terpasang di parabola kita

  122. adi
    4 Mei 2010 pukul 1:18 pm

    tolong donk siaran asiiast2 am frekuens dan simbol rate tve spanyol pokok na siaran2 asiast2
    tolong kbr b\na y

  123. 14 April 2010 pukul 11:50 am

    @Nunu :itu hampir sama seperti licensi jadi untuk mengubahnya juga mirip crack, tentu kelas kracker yang tahu ini, saya tidak paham hal itu

  124. Nunu
    14 April 2010 pukul 10:44 am

    kalo Program rahasia tu gmn pak?

  125. 11 April 2010 pukul 5:46 pm

    Melihat ceritanya, kemungknan besar adalah parabolanya terubah, bisa karena angin atau pergeseran lainnya. perubahan sedikit saja bisa menyebabkan sinyal hilang semua. COba sambil meihat TV, parabola digerakkan pelan-pelan tanpa mengendorkan bautnya.caranya dengan mendorong/ bagian payung. Kalau dah dapat sinyal, bau dikencngi.
    kalau cara initidak diperoleh sinyal sama sekali, sementara ANda yakin parabola tidak bergeser, kemungkinan kedua adalah LNB mati.kemungkinan kedua ini dapat dicek dengan menekan tombol info pada remote…biaanya ditunjukkan dua kekuatan sinyal, yangpertama sinyal LNB, yang kedua sinyal transponder.
    kalau yang kedua ini juga lnb masih baik(ada sinyal) berarti anda bisa melukukan seting ulang, dengan memebaca pelan-pelan postingan ini

  126. 11 April 2010 pukul 6:43 am

    Salam kenal mas budi. mas, saya punya TV parabola dan sudah 2 bulan tak bisa menangkap siaran apapun (sebelumnya lengkap banget, kemudian tinggal 2 siaran yakni TPI dan INDOSIAR, trus hilang total)gimana cara settingnya ya mas, saya berada di Tanjungpinang – Kepulauan Riau. terimakasih

  127. 3 April 2010 pukul 9:12 pm

    @edi:daftar transponder yang baru lebih pas dilihat ke lyngsat.com-pilih asia-pilih frekuensi-pilih satelit yang kita cari. disitu kita bisa dapat channal baru

  128. fajar
    3 April 2010 pukul 7:23 pm

    pak boleh minta brapa frekuensi, symbolrate siaran tv3 dan anteve….
    yang baru…
    sebab skrang lge gx bisa di tonton…
    please pak cpt….venus

  129. fajar
    3 April 2010 pukul 7:22 pm

    pak boleh minta brapa frekuensi, symbolrate siaran tv3 dan anteve….
    yang baru…
    sebab skrang lge gx bisa di tonton…
    please pak cpt….

  130. 3 April 2010 pukul 6:03 pm

    hebat ilmunya dari guru saya ini………

  131. edi
    31 Maret 2010 pukul 6:56 pm

    Salam kenal..
    nama saya edi
    saya pakai venus 1 lnb dengan motor penggerak..
    yang saya mau tanyakan
    berapa frequensi terbaru dari CETV(china entertainment TV)
    karena pada bulan yang lalu sering ditayangkan atau diinformasikan ttg perubahan frekuensi atau apa lah gt..

  132. Nanang
    28 Maret 2010 pukul 2:16 pm

    permisi pak mau nanya …. saya pakai venus 2 lnb (beli paket cari yg murah). denger2 untuk piala dunia 2010 bisa diliat di DD Sport intelsat10. cara nyarinya gimana ya ? saya sangat awam dengan per-parabola-an, ini juga pertama beli (terpaksa beli). dulu di jawa pake uhf aja uda bisa liat tv, sekarang hidup di di desa (kintap-pleihari-kalsel) klo ga pake parabola ampun deh. tolong ya pak, makasih sebelumnya

  133. 22 Maret 2010 pukul 5:37 am

    berarti langkahnya sudah bener, hanya belum match
    1. cek kembali arah utara-selatan ( pakai kompas atau cara ini)
    2. kemiringan ke utara ( pakai busur yang diberi pendulu)
    3. cek posisi nol pada lnb, tepat ke arah barat
    memang tpi dan indosiar sinyalnya paling besar, sebaiknya pada saat menyetel Anda melihat televisi chanel TPI, lalu pada remote dipencet info ( untuk mengetahui kekuatan sinyal) ubah sedikit demi sedikit untuk menghasilkan sinyal terbesar ( paling tidak di atas 50%). setelah itu baru dicoba tv lain
    pokoknya pas nyari (ubah-ubah parabola) posisi pada TPI saja.
    setengan putaran baut saja sangat berarti
    semoga bermanfaat

  134. 21 Maret 2010 pukul 9:38 pm

    selamat malam pa budy yang budiman saya ahmad di cilegon banten saya mau minta petunjuk pa saya sudah menset parabola sesui ptunjuk bapa tapi kenapa sewaktu saya coba hanya ada tv tpi dan indosiar saja padahal saya sudah mengarahkan pada satelit palapa dan itu juga sinyal nya lemah mohon petunjuknya ya pak ! soalnya bsok pagi saya akan coba kembali menset parabola digital dua lnb

  135. 19 Maret 2010 pukul 8:59 am

    @wawan: bisa, tapi kalau pasang disknya tinggi agak susah mengatur posisi lnb, saya lebih suka pasang satu lnb tapi dibuat gerakan barat-timurnya bebas, jadi lebih banyak dapat setelit

  136. wawan
    18 Maret 2010 pukul 9:10 pm

    bisa gak 1 parabola di pasang 4 LNB,
    maklum saya tinggal di pelosok kepulauan yang ada di indonesia

  137. riza_occu
    15 Maret 2010 pukul 3:30 pm

    Bertemu kembali pak:

    Yang dimaksuk switch 22k iku apa settingngan di receiver saja, atau itu nama alat? untuk posisi pekanbaru 101 14″ BT dan 0 25″ LU untuk setting dua LNB bagaimana prosedurnya?

    thank you

  138. 12 Maret 2010 pukul 10:31 pm

    @Joko : belum ada info tentanghal itu.maaf ya

  139. joko
    12 Maret 2010 pukul 8:32 pm

    nonton piala dunia 2010 gratis bulan juni lewat tv luar negeri,apa nama chanelnya bos?gimana caranya………ditunggu.matur suwun

  140. 1 Maret 2010 pukul 6:59 pm

    @Ade: posisi satelit dapat dilihat di http://www.lyngsat.com dan posisi garut dapat menggunakan google earth
    selisih antara keduanya adalah kemiringan parabola yang diminta

  141. ade
    1 Maret 2010 pukul 12:49 pm

    kalau buat posisiyamal di daerah garut gimana yah ?

  142. 17 Februari 2010 pukul 10:47 am

    @ryemas: wah gak terlalu mahal juga kok sekitar 400rb

  143. ryemas
    17 Februari 2010 pukul 10:12 am

    teman-teman d mana ya.. parabola d jual murah… pasti yang baru dong….

  144. 16 Februari 2010 pukul 12:05 pm

    @Prayit: sama sama mas, saya bukan bisa tapi pernah mencoba gitu saja,dan ketika saya coba googling ternyata ada beberapa situs lain yang mengopi paste tulisan saya ini… tapi gak masalah, saya sudah niatkan sodaqoh

  145. Prayit
    16 Februari 2010 pukul 8:01 am

    Terimakasih bayak pak Budi… penjelasan pak budi gampang diterima oleh saya yang msh sangat hijau soal satelit…

    Salam

  146. 14 Februari 2010 pukul 6:15 pm

    @Prayit:sepertinya yang Anda lakukan sudah luar biasa, pasang 4 LNB dapat 4 satelit pada satu posisi disk.Saya malah belum pernah masang4 LNB
    Untuk dapat sateli yamal (90der BT) pada posisi disk Anda sekarang tidak mungkin, meskipun ditambah LNB, satu satunya jalan adalah memiringkan disk ke arah barat
    Hal yang harus diperhatikan untk memiringkan ke barat-timur adalah
    1. As/sumbu utama mengarah utara-selatan (Tepat)
    2. Disk dapat bergerak ke arah timur barat dengan leluasa(tanpa penghalang)
    Untuk membuat gerakan barat-timur
    1. dapat membeli rotator disk (400-900 ribu)
    2. manual seperti pada postingan disini juga ada
    kalau saya pasang 1 disk tapi saya bikin rotator/positioner manual, sehingga dapat banyak satelit (dulu sebelum terhalang bangunan rumah tetangga)
    Intinya satu posisi disk (satu LNB) hanya dapat satu satelit
    selamat mencoba
    salamkreatif dari kalimantan tengah

  147. prayit
    14 Februari 2010 pukul 2:34 pm

    Pak budi salam kenal,
    Gini pak, saya baru pasang Parabola dgn 4 lnb merk hansen, recievernya jg merk hansen tp sama orang yang masang cmn dpt 4 satelit aja (Palapa C2, Telkom, Asiasat 2, Asiasat 3S) Terus gmana caranya agar bs dapat banyak satelit (apalagi kalo bisa dapat Yamal…). Oya posisi saya di borobudur, Magelang. Mohon pencerahan pak, maklum saya gak tau blas sama yang namanya satelit. maturnuwun..

  148. putu setiawan
    14 Februari 2010 pukul 5:39 am

    mohon bantuannya : saya berada 8*35′10.31″S 115*09″26.79″E dps bali.
    saya awan & ingin experimen seperti mas budi “seneng utak atik”
    dzipia telkomvision + disk solid 6 feet !! saya masih bingung milih LBNF double 2 apa 4 in 1, krn saya ingin nonton telkomvision dan FTA (bayak gratisan).
    pertanyaanya :
    1 untuk satelit telkom (telkomvision), parabolanya di miringkan kemana ?
    2 LBNF apa yg cocok biar ga mubazir, satu titik telkomvision & satelit lainnya ? (praktis, biar ga ke atap muter2 disk)

    @ada pertanyaan saya dulu :
    1.Anda telah berlangganan telkomvision?
    2.Anda pingin nonton tv dari satelit palapa(rcti,indosiar dll)?
    3. receiver yang terhubung ke disk ada berapa?
    4. sekarang berapa LNB yang terpasang di disk?

    jawab :

    1. blm, tp alat receiver & disk sudah tersedia kecuali LNB
    2. saya pengen nonton (langganan dg voucer) telkom vision + FTA (siaran luar indonesia)
    3. cm satu receiver saja (dzipia telkomvision)
    4. LNB belum ada & blm terpasang, maunya biar byk nangkap FTA !!! cocoknya pakai LNB double 2.. 4 in 1 atau cocok pakai apa…

    makasi mas budies…
    @ini bukan jawaban mutlak, karena saya bukan ahli tapi hanya suka coba-coba
    Kalau recana hanya satu receiver, dan Anda bisa nonton Telkomvision, FTA di satelit telkom dan FTA di satelit Palapa. Saya menyarankan pakai istilah SEPIRING BERDUA, SATU DISK DUA LNB,
    1. peralatan yang dibeli (Biasanya sudah satu set) dua LNB, Piringan tempat dua LNB, dua kabel pendek, dan switch. Saya suka LNB Merk Hansen
    2. Pemasangannya Anda bisa baca postingan yang berkaitan dengan ini, (kalau tidak salah di komentar dan jawaban postingan ini juga ada membahas tentang cara pemasangan 2 LNB untuk palapa dan telkom)
    3. posisi disk Anda miring ke Utara sebesar derajat LS (8,5 der) dan miring ke Barat 2 derajat
    selamat mencoba, salam kreatif dari kalimantan,
    artikel/postingan yang sama saya post ulang di http://www.budies.info

  149. dede darma
    13 Februari 2010 pukul 3:27 pm

    pak saya mohon bapak dapat memberikan skema switch 22k yang bisa dibuat sendiri.atas perhatian bapak terima kasih.

  150. putu setiawan
    13 Februari 2010 pukul 10:05 am

    lam kenal bli budies.. (panggilan org bali)
    mohon bantuannya : saya berada 8*35’10.31″S 115*09″26.79″E dps bali.
    saya awan & ingin experimen seperti mas budi “seneng utak atik”
    dzipia telkomvision + disk solid 6 feet !! saya masih bingung milih LBNF double 2 apa 4 in 1, krn saya ingin nonton telkomvision dan FTA (bayak gratisan).
    pertanyaanya :
    1 untuk satelit telkom (telkomvision), parabolanya di miringkan kemana ?
    2 LBNF apa yg cocok biar ga mubazir, satu titik telkomvision & satelit lainnya ? (praktis, biar ga ke atap muter2 disk)
    bantuan mas budies sangat saya harapkan.. makasi
    :
    @ada pertanyaan saya dulu :
    1.Anda telah berlangganan telkomvision?
    2.Anda pingin nonton tv dari satelit palapa(rcti,indosiar dll)?
    3. receiver yang terhubung ke disk ada berapa?
    4. sekarang berapa LNB yang terpasang di disk?

  151. 10 Februari 2010 pukul 11:00 pm

    @restu: frekuensi lnb yang kita pakai sama untuk semua satelit 5150, jangan diubah
    @tahmid: baru denger, coba saja cari di http://www.lyngsat.com
    @aryo:wah saya malah belum pernah ngeflash, maklum saya di kampung mas. maaf ya gak bisa bantu

  152. aryo kumoro
    10 Februari 2010 pukul 8:50 am

    pagi bos…….
    mohon bantuan dimana saya bisa beli kabel jtag utuk ngflash reciever
    hansen k2s,dan tlong dimana bisa download sofwarenya?……butuh banget mas………matur suwun.

  153. Tahmid
    8 Februari 2010 pukul 6:03 pm

    Saya di mamuju udah dapat telkom, palapa, asiasat yg saya cari viva prime posisix dimana saya menggunakan disk 6 feed matrix apple 4 lmb tapi digunakan 1 pakai tongkat mohoN infox

  154. Restu Andika
    7 Februari 2010 pukul 10:42 am

    Salam Kenal Pak..

    Sama mau tanya Frekuensi untuk Satelit Telkom1 berapa ya…Soalnya kemarin Frekuensinya terganti ama saya…

    Trim’s Sebelumnya…

  155. 4 Februari 2010 pukul 9:54 pm

    @Toto: untuk lebih mudahnya mengetahui letak astronomi, enak menggunakan google earth, ketik saja nama kabupaten, nanti akan muncul kecamatan dimana kita tinggal dengan cara zoom. pada bagian bawah muncul letak astronomi. semoga bermanfaat

  156. toto
    4 Februari 2010 pukul 8:50 pm

    Nanya pak budi,letak astronomi kota purwokerto,jawa tengah berapa ya?
    saya pemula tt parabola & mau nyoba pasang parabola sendiri
    Thx sebelumnya

  157. 3 Februari 2010 pukul 9:06 pm

    @Hevi:
    1.setahu saya yang menentukan adalah LNB-nya, satu LNB satu satelit, namun ada LNB yang colokan output ke receiver dua output
    2. receiver induk memang ada. tapi istilahnya bukan receiver induk. melainkan dia bertugas membagi chanel yang telah diterima oleh sejumlah receiver

    @wiwin: sperti pada postingan, pertama kudu tahu letak astronomi, dst…

  158. wiwin
    3 Februari 2010 pukul 4:16 pm

    maaf pak budi mo ngreptin
    cara pengaturan untuk tanaka yes tv gmn ya pak dari kmr saya nyeting ga dapat2 sinyal je..
    nuwun

  159. Hevi Army
    30 Januari 2010 pukul 7:37 pm

    mo tanya mas,
    1. Biasanya satu payung parabola dipakai dengan 1 receiver…andaikan satu payung tersebut saya pakai dengan 5 receiver dg tujuan agar masing2 TV dapat menentukan acara secara sendiri…apakah bisa ????

    2. Ada yang bilang, ada “receiver induk” yang mampu membagi siaran sehingga kita bisa mencari siaran hanya menggunakan remote TV, spt di hotel…apakah benar mas ????

  160. Islam
    26 Januari 2010 pukul 1:46 pm

    Pak Budi aku pake rotator, dulu semua channel bisa mencari satelitnya sendiri, sekarang yang bisa mencari hanya channel-channel di 4 satelit, terprogram dengan LNB 1, LNB 2, LNB 3 dab LNB 4. Bagaimana cara nyetelnya agar bisa kembali seperti dulu ? atas jawabannya TRim
    .
    .
    @LNB yang terpasang satu?… kemudian untuk mengatur rotator sbaiknya baca buku manualnya, karena tiap merek beda cara menyimpan atau mengaturnya.
    secara sederhana dapat di lakuakn dengan cara mengetahui dan mengelompokkannya beberapa tv kedalam satelit tertentu,misalnya PALAPA=rcti, tpi, sctv, tvri dst, TELKOM = jtv, tran7 dst, ASIASAT = tv…dst. setelah itu dilakukan pemindaian manual pada salah satu Tv yang mewakili satelit,.
    misalnya kalau dapat rcti simpan sebagai P1 (satelit posisi 1) lalu pindai lagi dapat tv7 simpan sebagai P2 begitu seterusnya.
    untuk mengelompokkan tv ke dalam satelit dan mengetahui posisi satelit dapat menuju ke http://www.lyngsat.com
    semoga bisa membantu

  161. 25 Januari 2010 pukul 11:19 pm

    @luqman :daftar bisa dilihat di http://www.lyngsat.com
    lalu pilih asia
    disana lengkap posisi satelit dan parameter transpondernya
    silakan di coba

  162. luqman
    25 Januari 2010 pukul 3:49 pm

    mas saya mau minta informasi tentang daftar tv fta beserta lnb, frekuensi, simbol rate dan sudut pemasangangnya, atas perhatianyya saya ucapkan terima kasih

  163. alexs
    25 Januari 2010 pukul 12:36 am

    pengalaman saya bergelut dibidang parabola dari wkt dulu ampe skrng pakai recifer digital pemasangan dan pencarian canel sih mudah2 saja, tp mengatasi kerusakan pd reciver yg eror mpegnya blm pernah jadi.jguntuk meng upgrid lg gagal2 terus?trus recifer yg tipenyakaya matrik revolution yg ad dua tuner yg 1 buat data yg1 lg buat cari gmbr apaskrng msh ada yaaaa????? karena skrng yg kayak MR dipakai udh gak bisa lg????

  164. alexs
    25 Januari 2010 pukul 12:26 am

    recifer&lnb ok

  165. andrian
    8 Januari 2010 pukul 9:52 pm

    ada tdk freq baru untuksatelit yamal 202

  166. 5 Januari 2010 pukul 7:47 am

    @Arif: sinyal yang diacak, secara defailt tidak bisa/tidak boleh dibuka, karena jenis itu buka FTA (free to Air).
    kadang ada juga sih yang punya program “CRACK” untuk buka, tapi saya gak mencari yang sepeerti itu

  167. 5 Januari 2010 pukul 6:34 am

    bagaimana untuk membuka sinyal acak di receiber humax saya. trm

  168. febriansyah
    27 Desember 2009 pukul 6:02 pm

    Mang … bantu gua donk. saya baru pindah rumah makanya parabola gua pindahin merk venus 1 lnb. kian sayang ditinggalkan. tapi gua gaptek ama parabola waktu gua pasang semua no signal bantu donk m,ang
    .
    .
    ikuti petunjuk dan tanya jawab di blog ini

  169. 25 Desember 2009 pukul 6:52 pm

    Sy cm m’nax Pk,lw fre,n SR. Utk agila brp Pk.. trs di satelit it ad brp bxk siaranx.. Mhn di cfrm..
    .
    .
    @wah tentang agila itukhan satelit, jadi data satelit itu adalah lokasi bjurnya bkn sr. kalu sr itu dat utk trf..lho bingung to kalau disingkat-singkat

    • akrom
      26 Juni 2010 pukul 11:20 am

      Agila 2 sekarang bernama ABS 5 di 146.0°E
      ada 95 siaran FTA dan 51 siaran yang diacak
      untuk frekuensi & symbol rate nya, lihat di
      http://www.lyngsat.com/abs5.html

  170. smaduta
    21 Desember 2009 pukul 5:47 am

    @Benny:bonjour
    seneng rasanya kalau bisa membantu yang lain, gini pak… untuk menentukan kemiringan tinggal mencari selisih letak bujur jadi 115-76,5 = X derajat. X derajat tersebut kemiringan ke arah barat.jika menggunakan alat positioner hampir tidak mungkin dapat satelit ini karena alat tersebut tidakkuat sampai miring sekali. saya dulu pernah dapat satelit tersebut dengan melepas positioner kemiringannya hampir tegak. betul itu ada tv perancis, saya pernahlihat tv madagaskar
    bonne chance

  171. 21 Desember 2009 pukul 12:23 am

    Yth. Bpk. Budi,
    Sorry mengganggu lagi dengan pertanyaan. Direceiver saya ada tertulis satelite Apstar 2R di 76,5 derajat. Jadi untuk menangkap satelite itu berdasarkan posisi saya (8º S 115º E)bagaimana ya pak? Trims lho atas tanggapannya.

    • akrom
      26 Juni 2010 pukul 11:25 am

      caranya:
      1.Naikkan AS/poros pada posisi Utara-Selatan ke arah utara sebanyak 8º (pakai busur derajat)
      2.Arahkan baut panjang pengatur kemiringan ke arah satelit apstar 2R (apabila sekarang parabola mengarah ke PAlapa D di 113,0º maka miringkan parabola ke arah barat sebanyak 113,0º-76,5 )

  172. mije
    20 Desember 2009 pukul 6:43 am

    oh ya pak..ternyata settingan receivernya blom saya ubah…sekarang udah maknyus….terima kasih atas resepnya….
    .
    .
    @mije: sama-sama pak, semoga keberhasilan bapak juga bisa ditularkan ke yang lain, semoga amal bapak tercatat sebagai sodaqoh ilmu

  173. 19 Desember 2009 pukul 10:17 pm

    @mije: sepertinya sudah bener cara masangnya, mungkin seting:
    1. letak LNB (kalau Utama palapa berarti ada di barat, trus telkomnya ada di timur)
    2. switch LNB ( biasanya ada kode 12K)
    3. pengaturan di receiver-pada pengaturan satelit -satu LNB 12K=on, satu LNB 12K=off

    @Benny: kalau tidak salah satelit yang anda tangkap adalah Asiasat
    setahu saya TV perancis yang dipancarkan ke wilayah asia pakai nama TV5, adapun TV perancis yang lainnya saya kurang mengikuti..lhawong bahasanya gak ngerti (maklum pak sebenarnya say bukan tukang parabola, hanya suka otak-atik) mohon maaf kalau kurang berkenan)
    sepuntene [kata orang rusia]

  174. 19 Desember 2009 pukul 7:14 pm

    Salam Kenal Pak, kata orang prancis Bonjour…

    Singkat aja, saya dibali (8º S 115º E) parabola saya 6 feet Matrix. Saya tidak tahu satelite apa yang saya dapat hanya TV5 dan beberapa RusiaTv, DWTv, aljazeraTv. Saya ingin dapat TV prancis lainnya, namun apakah mungkin itu dan Posisi satelite berapa? Kalo bisa Bapak terangkan sekaligus arah kemiringan parabola dan setting di receiver mendetail. Saya udah lihat link bapak sarankan tapi saya tidak mengerti. Mohon penerangannya maklum PLN saya redup he he he becanda. Atas bantuannya saya ucapkan Thanks kata orang prancis Merci…

    • akrom
      26 Juni 2010 pukul 11:34 am

      lihat
      http://www.lyngsat.com/asia5.html
      http://www.lyngsat.com/asia3s.html

      1.Miringkan sumbu utama 8º ke utara
      2.Asia 3S (105.5°E) dan asia 5 (100.5°E) terdapat di sebalah barat palapa D (113.0°E), kalau sekaranh parabolanya mengarah ke palapa D, untuk mencari asia 3S tinggal miringkan parabola ke arah barat sebanyak 113.0-105.5
      3.kalo sinyalnya dah dpat, masukkan Fr,SR, n polar, trus lacak secara otomatis

  175. mije
    18 Desember 2009 pukul 2:13 pm

    slam kenal pak,
    saya tinggal di jember, jawa timur. saya pasang parabola 6 feet dg 2 lnb..saya sdh ikuti petunjuk bpk dan berhasil dapat sinyal stelit palapa, tapi untuk stelit telkomnya gak bisa gmana ya pak?..tapi kalo parabola saya arahkan ke telkom,sinyal telkom dapat tapi palapa hilang..untuk posisi dan kedalaman lnb nya berapa?trima kasih.

    • akrom
      26 Juni 2010 pukul 11:42 am

      Pake berapa LNB pak?, kalo cma 1 ya dpatya cma 1 satellite, kecuali ada actuator n positioner

  176. 14 Desember 2009 pukul 4:13 pm

    nuwun ilmunya pak guru… salam saking gunungkidul!

  177. 1 Desember 2009 pukul 11:38 pm

    @Abadi Rahman :salam kenal kembali
    As utama (yang besar) harus utara – selatan
    miring ke selatan 26 der
    miring ke timur (113-50)der
    posisi nol LNB berada di barat
    rasanya ada juga sodara kita yang tinggal disaudi berhasil menangkap satelit palapa mengikuti petunjuk ini
    itilah azimuth dan elevasi gak perlu terlalu dipikirkan
    untuk menentukan besar kemiringan bisa dibantu dengan mistar busur yang diberi pendulu/pemberat

  178. abadi rachman
    1 Desember 2009 pukul 6:44 pm

    salam kenal pak
    saya abadi dan bertempat tinggal di saudi tepatnya dikota dammam
    26 LU dan 50 BT,saya ingin menangkap sinyal palapa c2/d yg posisinya di 113 E, yang saya bingung untuk antena parabola say model solid dengan diameter skitar 2,5 mtr hanya ada 2 poros yaitu
    di poros utama/ tiang antena dan kemiringan antena, bagaimana cara menyetelnya dan apa yang di maksud sudut azimuth dan elevatiaon thanks sebelumnya

  179. 30 November 2009 pukul 4:25 pm

    @faris: pada prinspnya semua tempat ada signal, asalkan tidak ada penghalang ke arah satelit. kalau belum dapat signal bararti belum pas/match pengaturan kemiringannya

  180. faris
    30 November 2009 pukul 12:43 pm

    saya ingin pasang tetapi saya x tahu macam mana nak letakkan di tempat yang ada signal letak di semua tempat tapi tak ada signal bagaimana yer

  181. Soeprapto
    25 November 2009 pukul 8:52 pm

    ini benar nggak pak, soalnya venus punya saya kalau kena agin sering bergeser.
    tolong kasih solusinya ya.Pak
    .
    .
    @Soeprapto: benar bisa jadi. kemungkinan bisa diatasi dengan tiang penyangga yang kokoh dan baut-bautnya dikencangi. kalau semuanya kencang biar hujan badai gambar tetap bersih

  182. david
    22 September 2009 pukul 11:44 am

    pak budi selamat lebaran ya .ini saya mau tanya saya tinggal di sydney australia dan saya punya parabola ukuran 1.8 m, saya mau mencari siaran dari telkom bisa ngga? tolong dikasi tau perincian cara pemasangannya dong sebelumnya terimakasih banyak

  183. doel
    20 September 2009 pukul 4:24 pm

    pak budi met lebaran kebetulan saya lagi lebaran di kota nabire papua.saya mau nanya,saya posisi dinabire gimana sih caranya mencari siaran tv di telkomvision recifer DIZIPIA DS-3300IR.kemarin tanpa sengaja data terhapus mohon bantuanya.frekuensi berapa atau langkah2 apa yg harus saya lakukan untuk penjelasanya saya ucapkan terima kasih

  184. Agus
    20 September 2009 pukul 1:43 am

    Pak Budi, ini pemula banget nih yang awam soal parabola… ada pertanyaan yang bodoh banget…
    Saya udah cek ke web lyngsat, disana memang bisa saya liat parameter2nya. Pertanyaan saya, apakah yang dimaksud dengan angka 122.2 derajat timur [AsiaSat4] brarti angka yang sama 122 di tampilan lcd motor penggerak parabola (merek matrix)?

    Thanks

  185. fery
    17 September 2009 pukul 11:52 pm

    pak budi saya mau tanya cara mencari posisi satelit dengan motor gmn ya.? mohon bantuan sebelum di update saya dapat 15 satelit tp skrg cuma dapet 4 satelit, maesat 3 asiasat 3 palapa dan telkom 1.mohon bantuan pak budi biar saya bisa mengatur satelit yg lain lg. untuk spesifikasi prebola saya, VENUS 8 feet pake motor dan kordinat daerah 0,57 LS dan 100,21 BT sumatra barat (padang) makasi sblmnya pak atas bantuanya.

  186. andi haris
    12 September 2009 pukul 1:44 pm

    siang pa

    sy andi di pekebunan sawit antara sampit-pangkalan bun.

    saya ada masalah u/ pasang 4 lnb di 1 parabola.

    sy udah susun timur ke barat, tapi belum sempurna hasilnya.

    bisa bantu dengan gambar/skema dari bapa soal pemasangan 4 lnb dalam 1 parabola dengan parabola 6 feet solid.

    trimakasih

    salam

    andi

  187. BUDHI ALFA
    1 September 2009 pukul 4:29 am

    salam kenal mas…
    langsung poin ya mas…saya kmrn memasang ant Parabola dngn 2LMB,posisi masing2 di satlt PalapaC2 dan Telkom1,dan smua siaran dr 2 satlt tsb uda bagus .Tapi napa kok RCTI aja yg nda bs bagus low signal..penyebabnya apa ya mas….tlng penjelasannya.Trim’s
    .
    .
    @budhi:salam kenal balik, RCTI akhir-akhirini memang paling susah, saya pernah berhasil dapat dengan cara menaik-turunkan LNB yang mengarah ke palapa…tapi susah juga saya sampai beberapa hari baru dapat

  188. 22 Agustus 2009 pukul 2:21 pm

    Selain lyngsat dan satcodx, bisa juga ke flysat.com atau ke tracksat.com

  189. 21 Agustus 2009 pukul 12:12 am

    @bah jambrong: salam kenal balik. pertanyaannya masih kurang menjurus
    1.tambah transponder, berarti satelit dah ketangkep. tambah transpponder berarti hanya tambah chane saja.
    2. tambah satelit, berarti disk harus bergerak atau tambah LNB, karena satu LNB untuk satu satelit. sekarang dah bisa nangkap satu satelit belum menjamin pemasangan disk dah bener. karena kalau pemasangandisk bener, ketika disk digerakkan ke barat-timur dengan memasukkan parameter transponder akan didapat satelit yang dimaksud.
    lho kalo gitu yang bener gimna? coba baca sekali lagi postingan di atas dan baca juga postingan mencari satelit cara sms. ntar kita bisa ngobrl lagi
    salam

  190. mbah jambrong
    20 Agustus 2009 pukul 1:02 am

    salam kenal semua….
    mohon bantuan bro…
    bagaimana cara tambah satelit di receiver venus estilo?
    yang spesifik ya, soalnya dah tak masukin frek sr n transpondernya tapi gak bisa lock.

  191. kemas irham
    11 Agustus 2009 pukul 3:33 pm

    apa nomor satelite sctv atur program digital venus

  192. 29 Juli 2009 pukul 12:13 am

    Mohon bantuan Pak. Posisi saya berdasarkan Google Earth adalah 7°6′ 0″ South, 113° 40′ 0″ East. Saya memakai dua LNB 6 feet. Saya mo arahkan ke palapa 2 dan telkom 1. Bagaimana pengaturannya? Mohon bantuan..

    Terima kasih

  193. gatho
    28 Juli 2009 pukul 9:22 pm

    met siang pak budi….mohon bantuan…kalo posisi saya di sabang 5.82′LU 95.28′BT ke satelit palapa berapa? trims n salam kenal.

  194. gatho
    28 Juli 2009 pukul 9:15 pm

    permisi

  195. 28 Juli 2009 pukul 1:11 am

    slmt pagi. sy pernah dengar lnbf disekat dg plat(semacamnya) agar dp sinyal yang katanya filmnya bagus sekai FBO.sateli 80-60 E` tp sy ntdk tau lnb sekat nya seperti apa. mohon penjelasan.

  196. Petruz
    21 Juli 2009 pukul 2:02 am

    Selamat Pagi pak Budi Yang Baik Hati…
    Saya mau tanya,bagaimana mengatasi interveren Terhadap sinyal Telkom 3620 &3580…?
    Sebab klo saya instal di kota2 besar seperti jakarta pusat & Kebon jeruk,sinyal tersebut agak rentan dg BTS & wireless internet..!karna klo sinyal di antara kedua tdk dpt,dgn terpaksa saya CANCEL….
    saya sudah coba dg kawat Mess,Almunium Voil masih saja tdk bs teratasi.
    kebetulan saya instaler telkomvision di Jakarta.
    Akhir kata,saya ucapkan banyak terima kasih.

  197. 12 Juli 2009 pukul 8:40 am

    @sugeng: kemungkinan besar bisa. seperti JTV surabaya, tvri aceh, trans tv, tv7, tve, parameternya dapat didonlot di http://www.lyngsat.com/telkom1.html

  198. sugeng
    12 Juli 2009 pukul 12:06 am

    Pak,mo tanya nih….!saya kan punya parabola mini dish telkom vision,apakah bs tambah siaran free to air[FTA] Selain yg berlangganan….?

  199. Ricky
    24 Juni 2009 pukul 10:40 am

    Salam kenal pak Budi,

    sy mau tanya cara mengarahkan LNB yg tidak ada tulisan derajat nya ( -30 0 +30 nya ) itu bagai mana ya pak.saya hanya liat ada tanda segitiga ( apakah itu yg menghadap ke barat )

    tanya satu lagi pak,
    apakah kalo pasang LNB sembarang arah tetep bisa menerima signal..?

    terima kasih pak sebelumnya

  200. Jimmy
    23 Juni 2009 pukul 8:45 pm

    Selamat malam Pak Budi dan teman-teman lain,
    Baru-baru ini RTM1 menghilang dari FTA, cuma tersisa suara saja. Padahal katanya RTM1 rajin menyiarkan pertandingan olah raga, seperti bulu tangkis yang baru saja berakhir.
    Sayang ya………
    .
    .
    @jimmy: mungkin diacak, atau video pid-nya ganti. coba search ulang

  201. 18 Juni 2009 pukul 8:02 pm

    @Juli: disk 6 feet solid dapat dopasang 4 lnb, tapi saya belum pernah mencobanya. makasih ya dah komen, pokoknya coba sajadeh

  202. juli d
    18 Juni 2009 pukul 8:29 am

    mas budi yg baik hati.hehehe klo antena yg 6feet bsa ga d pke untuk 4lnb. mhon info jraknya ya..

  203. juli d
    18 Juni 2009 pukul 8:27 am

    halo pak budi sya dari bali ne, sy juli male 20thn,sya pnya mslh klo lg msng anten solid ada rahasianya yg bgus ga, sya pke merek venus.

  204. Jimmy
    8 Juni 2009 pukul 1:39 pm

    Selamat siang Pak Budi,

    Apa kabar? Semoga selalu baik.
    Saya kecele Pak. Ternyata setelah diamati dengan cermat, saya belum berhasil mendapat siaran dari Thaicom 1A. Mohon sarannya Pak. Jadi persoalan intinya begini:
    a) Positioner maupun receiver saya belum diset sama sekali untuk Thaicom 1A (120E). Kalau positioner digerakkan (pakai motor), positioner selalu bergerak dari satelit sebelah barat langsung ke sebelah timurnya 120E, atau sebaliknya (jadi positioner tidak diam pada 120E).
    b) Ada menu “set satelit” untuk mengisi data nama, posisi, frekuensi lokal dari satelit. Namun itu semua tidak membuat positioner berhenti di 120E (mungkin karena tidak ada fasilitas untuk memasukkan data transponder). Data transponder tambahan hanya bisa diakses kalau mau menambahkan program pada satelit yang sudah ada programnya, misalnya mau menambahkan program RCTI ke Palapa C2 yang sudah ada TVRI dapat dilakukan dengan mudah.
    c) Kalau positioner saya gerakan per klik pakai remote (dengan harapan mencapai posisi 120E), maka setelah sekitar 10 klik positioner bergerak sendiri maju dan kemudian mundur kembali ke posisi satelit yang sudah ada. Jadi dengan cara ini pun posisi 120E tidak dapat dicapai. Sementara menggerakan piring parabola secara manual, belum berani saya lakukan.
    Begitu Pak Budi, laporan kegagalan saya. Mohon sarannya ya Pak.
    Terima kasih sebelumnya.
    Salam,
    Jimmy

  205. ribud
    7 Juni 2009 pukul 10:41 pm

    Mas Budi. Ketemu lagi nih. Masih ingat kan. Ni mau nanya. Siaran2 terresterial di telkomvision rumah saya koq diacak ya, padahal saya kan udah beli voucher kombo-nya. Apakah memang begitu adanya? Atau ada setting2 tertentu? Mohon penjelasannya.

  206. achmad
    31 Mei 2009 pukul 11:25 am

    pak saya mau tanya mau pasang kabel kabel Receiver Rotator Parabola warna apa ya yang ke merah dan hitam dll

  207. Jimmy
    30 Mei 2009 pukul 3:58 pm

    Selamat sore Pak Budi,

    Saya ada problem lain tentang siaran lewat antena parabola ini Pak. Mohon berbagi pengalamannya.
    Ada channel yang kemarin-kemarin ok, tapi hari ini penerimaannya tidak bagus (muncul mozaik beberapa baris horisontal, dan terkadang gambar diam sejenak dan suara menjadi terputus-putus). Tapi channel lain dari satelit yang sama sih tetap ok.
    Terima kasih Pak Budi sebelumnya.

    Salam,
    Jimmy

  208. Jimmy
    28 Mei 2009 pukul 8:45 am

    Selamat pagi Pak Budi,

    Terima kasih atas sarannya. Berikut laporannya:
    a) Saya coba input dengan mengikuti saran Pak Budi. Ada satu yang terbalik Pak (atau saya yang salah mengartikan ya), yaitu frekuensi lokal = 5150 (jadi tidak saya utik-utik), sedangkan frekuensi bawah saya coba dengan angka freq yang harus kita input berbasis masing-masing program tv, lalu simbol, lalu polarisasi. Hasilnya saya dapat satu program (dari satu satelit baru: Thaicom 1A). Lalu saya lakukan blind scan secara rinci, hasilnya dapat 80-an program (tapi koq aneh ga ada Thailandnya ya).
    b) Saya pernah juga coba, geser posisi parabola dengan menggunakan remote dari positioner, ternyata hanya bisa beberapa ‘klik’, setelah itu positioner jalan sendiri (lanjut) dan balik (reverse) ke posisi semula.
    c) Satu pertanyaan lagi Pak, kemiringan maksimum yang Bapak sarankan berapa derajat Pak, agar tidak merusak positioner?
    Saya baru tahu bahwa Bapak ada di Kalteng, saya belum pernah kesana Pak, paling baru ke Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Bontang, dan Long Iram (semua di Kaltim).
    Baik Pak Budi, terima kasih dan salam,
    Jimmy

  209. lim
    27 Mei 2009 pukul 12:06 pm

    Selamat siang Pak Budi,

    a).Saya dengar dari teman, katanya pemasangan mounthing dengan behring, hasilnya lebih maksimal (SQ kuat)dan waktu jatuh piringnya tidak pernah meleset siarannya, apakah betul Pak Budi?
    Saya saat ini pakai mounthing tanpa behring.
    b).Receiver punya Tiongkok yang MPEG 4 ada Pak Budi? kira2 berapa harganya?

    Terima kasih atas perhatiannya,

    Salam,

    Lim

  210. 27 Mei 2009 pukul 7:02 am

    @jimmy: pertama-tama saya ucapkan terima kasih, bersedia silahturahmi dan komen di blog saya ini.
    a. kalau posisioner bisa menjangkau 88-166, artinya jika anda ingin menangkap satelit di 120, bisa. cara sederhananya inputkan parameter salah satu transponder di satelit 120 dai menu search ato add transponder. lantas pelan-pelan gerakkan posisioner ke sekitar alamat dimaksud. jika sinyal muncul, berarti dapat tu… tinggal dikunci dan disimpan.
    b. kalau menangkap terlalu miring, ada kemungkinan posisionernya gak kuat mengembalikan ke posisi semula. itu kelemahan pakai posisioner. saya pakai manual!
    c. frekuansi bawah (LNB ?) gak perlu diubah (nilainya 5150). sedangkan 22k digunakan kalau menggunakan 2 buah LNB. jika satu LNB tidak perlu diubah/diatur.
    semoga bisa membantu
    salam dari kalimantan tengah

  211. Jimmy
    26 Mei 2009 pukul 11:18 am

    Selamat siang Pak Budi,

    Saya baru beli parabola merek Venus 1.8 m, receivernya juga Venus. Oleh pemasangnya diinstalasikan 14 satelit mulai dari Intelsat 8 (166 E) s.d. ST-1 (88 E). Posisi saya di BSD. Pertanyaan saya:
    a. Apakah ini berarti saya bisa menangkap Thaicom 1A (120 E)? Bagaimana caranya (apakah dengan menggeser pakai remote pada positionernya)?
    b. Mungkin saya tidak bisa menangkap Insat 4A (83 E), atau Thaicom 2/5 (78.5 E) karena di luar batas gerak parabola ya?
    c. Saya pernah mau coba tambah siaran, pada menu ada pertanyaan “frekuensi bawah” dan “22K”. Bagaimana cara saya mengisi atau memilihnya?

    Terima kasih banyak sebelumnya Pak Budi.
    Salam,
    Jimmy

  212. Kiki
    21 Mei 2009 pukul 3:06 pm

    Hatur nuhun mas Budi,
    jadi maksudnya acara-acara yang saya sebut itu memang harus berlangganan ya mas…?ya sudah kalo begitu mah ….sekali lagi hatur nuhun ya mas….!ngomong-ngomong selain tentang satelit bisa nanya yang lainnya kan mas…?

  213. Kiki
    20 Mei 2009 pukul 10:33 am

    Mas Budi yang terhormat.
    Punten Mas mau nanya.saya baru beli dan saya orang awam untuk parabol jadi masih harus nanya-nanya kepad yang sudah ahli.saya tinggal di bandung dan pakai Matrix tapi saat mencari channel hanya tv lokal saja yang dapat tapi untuk channel luar sperti HBO,ESPN,AXN dll tidak bisa hanya tertulis dilayar ituprogram rahasia tapi ada juga beberapa tv luar yang dapat.mohon penjelasannya.

    Hatur Nuhun.
    Kiki
    .
    @kiki:wah.. saya juga masih belajar kok. ( jadi malu saya) gini mas
    1. apakah sampean menggunakan motor penggerak disk?
    2. jika ya, maka satu posisi adalah satu satelit. setiap satelit terdapat beberapa transponder (satu transpomder bisa bbrp TV), ada yang FTA (free to air) berarti kita bisa bebas akses, ada yang scrambled = teracak berarti kita kudu langganan, seperti pakai indovision, telkomvision dll.
    3. jika tidak bisa pakai manual seperti postingan saya melacak satelit cara SMS
    4. daftar tv yang sampean tulis itu sepertinya termasuk canal scrambled
    lha daftar satelit dan transpondernya dapat dilihat di http://www.lyngsat.com
    semoga jawaban inni sedikit mencerahkan
    Hatur nuhun balik atas silahturahminya

  214. 11 Mei 2009 pukul 4:48 pm

    oh ya pak, kalo malam acara sinetron (17+ :) tv eropa bagus bagus2 yaw. dulu dikosan aku pernah langganan tv satelit. tp cuman bentar, coz gag kuat mbayar. huff..
    .
    .
    @ghopal: o,…’o..kamu ketahuan….

  215. 11 Mei 2009 pukul 4:44 pm

    bagus pak, lanjut eksperimen….

  216. wahyu
    22 April 2009 pukul 9:54 am

    Pak saat ini saya bisa menangkap satelit paling timur PAS8 166E dan paling barat Insat 2E 83E. Saya ingin sekali bisa menangkap lebih ke barat lagi tapi muncul error di positioner venus saya. apakah ada cara supaya parabola bisa diarahkan lebih ke barat sehingga bisa menangkap satelit thaicom2/5, telstar 10 atau syukur2 bisa yamal 202. posisi depok selatan jakarta. terima kasih.
    .
    .
    @wahyu: ini berkaitan dengan kemampuan positioner Anda dan pemasangan letak positionernya. karena thaicom2/3 itu pada 78E, jadi disk-nya “nDeglak” banget, kalau dipaksa malahan bisa rusak positionernya

  217. lim
    20 April 2009 pukul 11:04 am

    Selamat siang Pak Budi,
    1. Saya mau tanya kalo parabola kita, diarahkan kemiringan ke utara dan selatan apa ada satelitnya? untuk nangkap siaran TV.
    2. Saya lihat ada parabola yang memakai Actuator sejajar dengan bumi/tanah apa kegunaannya dan dapat satelit apa aja? (kalo actuator miring sudah umum).
    3. Apakah ada alat untuk melihat sinyal paling kuat/lemah ketika kita sedang utak-utak piringnya (kita diatas atap rumah) sedang tv ada dibawah? apa nama alatnya?
    4. Pada Receiver saya, layar tv tidak ada cantuman nama satelit, yang ada cuma nama LNB1 atau LNB2 atau LNB3 atau LNB4,jadi kita tidak tahu siaran ini satelitnya apa? apakah ada alat untuk mentransfer data nama2 satelit lengkap? kalo ada mungkin softwere, jika software bisa apa nama softwerenya?
    Terima kasih atas pencerahannya,
    Salam
    Lim
    .
    .
    @lim
    1. semua satelit terletak di nol derajat katulistiwa, berjejer dari barat ke timur,. itulah maka alamat satelit hanya ditunjukkan ..0 esat
    2.saya kurang paham
    3. parabola saya terletak di belakan rumah dan tidak tinggi, saya lihat dari indikator yang ada di receiver dan kadang bunyi tv saya nyaringkan
    4.sebenarnya tidak masalah. misalnya anda pingin nangkap tv china, masukkan saja parameter transponder, miringkan sesuai alamat satelit. kalau sinyal dapat baru OK.
    kalau jawaban saya kurang pas, saya memang bukan ahli parabola, cuma sukakutak-kutik.
    selamat berkutak-kutik

  218. 18 April 2009 pukul 11:36 am

    ooooo. kalau gitu saya yang salah, menulis nama OKKY, oki deh kalau gicu, makasaih koreksinya

  219. zoel
    18 April 2009 pukul 8:49 am

    salam pak, begini pada comment tanggal 16 april 2009 yang ada tulisan “dangdut…dangdut..itu pak…” kan saya gak nulis gitu terus avatarnya dan status komentarnya oleh saya, selanjutnya bapak kasih comment @OKKY…. sepertinya salah komentar atau bagai mana gitu pak..:-)…karena seolah2 saya nulis dangdut2an…he3x

  220. zoel
    18 April 2009 pukul 8:49 am

    salam pak, begini pada comment tanggal 17 april 2009 yang ada tulisan “dangdut…dangdut..itu pak…” kan saya gak nulis gitu terus avatarnya dan status komentarnya oleh saya, selanjutnya bapak kasih comment @OKKY…. sepertinya salah komentar atau bagai mana gitu pak..:-)…karena seolah2 saya nulis dangdut2an…he3x

  221. zoel
    17 April 2009 pukul 9:57 pm

    salam pak! pertanyaan saya kemaren di edit? kalau memang kurang berkenan dihapus saja pak, karena saya merasa tidak menulis seperti itu. Terima kasih
    .
    .
    @zoel: nggak tu..ya secara umum saya menerima apapun komentar pembaca

  222. 16 April 2009 pukul 3:15 am

    ndang dut ndang dut ndang dut ndang dut ndang dut ndang dut ndang dut ndang dut ndang dut ndang dut ndang dut ndang dut. maksudnya ngerti gak ??? hehehehe
    .
    .
    @OKKY:makasih dangdutnya. goyang yuk…

  223. Priyo
    15 April 2009 pukul 10:31 am

    Pak, akhirnya saya jadi juga beli parabola tapi yg 2nd. tapi saya bingung masang LNB nya, soalnya di LNB saya tidak tertera tanda 0,40 – sampai brp da thu. jadi LNB saya polos gitu aja. adanya tanda 30,0,30 yg di atas. gimana nentu’in nya pak

    makasih

  224. agung noerwana
    6 April 2009 pukul 8:53 am

    klu sinyalnya turun ska ad tau ktangkp gmbarnya ga di sni snyalnya ga ad sma skli!
    .
    .
    @agung: berarti pointingnya kurang pas, gak match! bisa juga receivernya kurang peka. ditempatku saya pakai dua receiver, satu magep-,magep satu masih bisa

  225. 6 April 2009 pukul 8:53 am

    sukses selalu!
    .
    .
    @vincent: makasih pak, mohon dikoreksi kalau ada yg salah

  226. agung noerwana
    5 April 2009 pukul 7:00 pm

    pa mo nanya dlm 2 hri ini knpa signal rcti ga ada..pindah atu gmn?klau pndah frekwensinya mta yg bru. sbelmnya pk frekwensi 3774 rate 6520.
    .
    @agung: loh nggak kok, cuman sinyalnya saja yang turun, kebanjiran kali

  227. 5 April 2009 pukul 10:03 am

    tulisanya bagus tapi yang benar ini ditulis oleh? kok ada di situs http://satriaonline.wordpress.com/ dan ditulis oleh naruto? ;-)
    .
    .
    @zoel : lho ya saya dong, liat saja tanggal penayangannya, saya dua bulan lebih awal, cuma sayangnya kok gak dicantumkan sumbernya. saya sih menganut aliran boleh kopi paste……

  228. 1 April 2009 pukul 10:21 pm

    Salam…

    Terima kasih pak Lim, saya mau tau lagi pasal siaran WWE ini, hari berapa siaranya dilangsungkan?…

    Selain asiasat, apa lagi satelit yang boleh menerima chanel WWE live ini?..

    Terima kasih.

  229. salim
    1 April 2009 pukul 5:54 pm

    Selamat sore Pak Budi,

    Saya lihat banyak parabola, ada yang LNB nya pakai ember untuk tutup ada yang LNB nya terbuka,
    Mana lebih baik terbuka atau tertutup pakai ember, mohon pencerahannya kelebihan dan kekurangan masing2??
    Terima kasih atas perhatiannya,

    salam
    Lim
    .
    .
    @salim: secara teori tentu bagus yang tertutup, terbuka berpeluang terjadinya perkaratan pada konektor. tapi LNB ku bugil, karena sering kunaik-turunkan

  230. lim
    30 Maret 2009 pukul 5:20 pm

    Selamat sore Pak Budi,
    Saya coba jawab dari Pak oddye, kalo channel wresling, siarannya kadang ada kadang tidak ada, saya kebetulan dapat dari asiasat 3s (satu satelit dengan blomberg lalu di scan otomatis) namanya: Fi02wsht: 4071/v/6660/0512/4112/8190, biasanya muncul lebih banyak scrambled, tapi sesekali ada muncul.

    Saya tanya dengan Pak Budi, diReceiver matrix Matahari saya, pada list layar, kolom kiri daftar nama siaran dan kolom kanan siaran TV nya, dibagian bawahnya saya lihat tidak ada nama satelit, yang ada cuma keterangan LNB1, LNB2,LNB3 dan LNB4 padahal saya cuma pasang satu LNB saja, bisakah diatur nama LNB tersebut diganti dengan nama Satelit, atau mungkin dari pabriknya begitu? mohon pencerahannya?
    Untuk cari satelit baru seperti Telstar, Measat,dll (diluar Palapa C2,Telkom, Asiasat, Panamsat 2 &8, Insat, Chinasat 6B,Thaicom 2/3, Apstar) bagaimana, mohon dipetunjuknya?
    Terima kasih
    Lim
    .
    .
    @lim : jawaban tak jawab berupa postingan. makasih sharing ilmunya

  231. 30 Maret 2009 pukul 4:08 pm

    Selamat siang pak,

    Terima kasi atas pertolongan kalian. Sekarang saya sudah bisa ketemu channel TPI, Indo Siar, Global TV…. Yaaa bagus bangat siaranya..

    Mohon dari siapa-siapa yang tahu chanel WWE (wresling)… atau GUSTI.. Apa chanelnya dan apa satelitnya.

    Salam, dari saya.
    .
    .
    @oddy: wa’alaikum salam…alhamdulillah berhasil, dah dijawab mas lim

  232. Priyo
    28 Maret 2009 pukul 8:39 am

    salam Kenal Pak Budi, saya mau tanya nich. saya kan kemaren beli LNB Goldstat yg single dan Receiver Wingsat. Rencananya saya ama temen saya kan ingin merakit parabola sendiri dan memasangnya sendiri. Yang saya tanyakan kalo pake wajan untuk parabolanya bisa tidak ? Terus klo seng apa tidak apa-apa kok di komentar itu Bapak menyebutkan bahwa pakai bahan seng biasa tidak apa-apa. apa ntar dapet signalnya. Klo dapet aku minta gambar design parabolanya donk. Oh iya, kelupaan waktu saya coba pake wajan itu Signal Intensity nya tinggi sekitar 80% tetapi signal Qualitynya 0-1% alias gak dapet-dapet itu kenapa pak ? Mohon bantuannya.
    .
    .
    @priyo: signal imtensiti itu hanya sinyal lnb, yang artinya lnb gak rusak. bikin parabola sendiri itu susah mas, soale ngatur kerangkanya itulho. karena untuk nangkap sinyal dari satelit ya meurut saya paling tidak diameter diatas 1 meter. untuk melihat perbandingan fokus dan diameter bisa di donlot di kotak boxnet (wajan fokus) adapaun bikin sendiri itu untuk nangkap sinyal akses point. ni saya lagi nyoba parabola dari kertas dg diameter 40 cm fokus 25 cm kedalaman 4 cm. baca juga wajan bolik dan kertas bolik. tapi itu jua untuk nangkap sinyal akses point

  233. george
    26 Maret 2009 pukul 10:50 am

    selamat siang pak,
    satelit venus kok tak ada nama satelit sinosat 3 dan chinasat 6B? bagaimana tambah nama satelit ke dalam receiver saya?
    .
    .
    @george: gak masalah, misale parameter tv di sinosat cari di palapa juga gak papa tapi rasanya sinosat gak ada tv yang nya(yang baik)

  234. andy
    21 Maret 2009 pukul 8:14 pm

    pak, misale bikin parabola sndiri, ukuran perbandinganya berapa? misal D= 130cm dan T nya harus berapa?? terus misal pake plat seng biasa bisa apa ga?? terima kasih.
    .
    .
    @andy: kalau buwat sendiri, D dan T bisa kita tentukan, semangkin lengkung semangkin dekat fokusnya. bahan daripada sengpun bisa, cuman mangsalahnya kalo kegedean fokus akan terlalu puanas, untuk mengatasi ini senge dilapisi cet yang ngedofp perbandingan D-T dapat ditanyaken pada om google atawa donlot ndik kotak boxnet saia, yang judule fokus wajan bolik (lik gak salah)

  235. 20 Maret 2009 pukul 2:01 pm

    waah andal ki, bisa bagus tangkapanya lho

  236. andy nur widodo
    19 Maret 2009 pukul 11:25 am

    selamat siang pak…
    ini saya mau tanya, apa bisa rangka payung di buat parabola?? kira-kira LNB / RECEIVER merek apa yang bisa di pakek, harganya kira-kira berapa?
    untuk jawabanya saya ucapkan terima kasih. andy TIRTOYUDO.
    .
    .
    @Andy: kayaknya kok gak bisa, karena bentuknya gak parabolik. Anda bisa coba baca postingan kertasbolik kalau ingin buat parabola sendiri

  237. andy nurwidodo
    18 Maret 2009 pukul 12:16 pm

    selamat siang pak..
    pak saya masih belum pernah otak atik parabola, jdi di tempat saya 13’46S berarti sudut kemiringan ke garis katulistiwa berapa.??
    atas jaabanya saya ucapkan terima kasih.

  238. andy nuridodo
    18 Maret 2009 pukul 12:13 pm

    pak kalo letak saya 8’13S berarti kemiringan ke garis katulistia berapa??
    .
    .
    @andy : miring ke utara ya sebesar sudut lintangnya= 8,13 derajat

  239. salim
    16 Maret 2009 pukul 11:23 am

    Selamat siang Pak budi,

    Saya tidak paham ada yang jual LNB single, 2 in 1,3 in 1 dan 4 in 1 apa perbedaannya? kalo 3 in 1 dan 4 in 1 satelit apa aja bisa ditangkap?
    Kemarin ada yang nawarin saya YES TV (grup Telkomvision/bayar bulanan),katanya harus beli dish/antena solid tanaka dan LNB nya termasuk decoder yes TV, pertanyaan saya,apakah bisa pakai dish/antena sendiri dilengkapi positioner saya digabungkan decoder yes TV + card?
    Sebab kalo beli ini dan itu (boros biaya),jadi hanya beli decoder yes TV aja,apakah bisa?
    Cara memasang LNB 4 in 1 bagaimana?

    Salam,
    LIM
    .
    .
    @salim: 2 in 1, artinya satu LNB untuk 2 receiver, dan seterusnya. satelit yang ditangkap dan cara pemasangannya ya sama saja dengan 1 lnb biasa. tentang yes, sebaiknya tanyakan langsung dengan agen terdekat. sebab aturan main bisa beda-beda. seperti telkom vision bisa pakai parabola kita, tapi indovision arus satu set dari mereka

  240. Fuad
    15 Maret 2009 pukul 5:55 pm

    Salam pak budi…
    dari pengetahuan dan pengalaman pak budi,
    kira2 klu sy bw decoder astro sama kartunya dari malaysia
    dan saya pasang ama dish astro sy di indonesia
    bisa gak nangkap siaran astro malaysia??
    .
    .
    @fuad: makasih kunjungannya…w wah saya belum pengalaman lho. tapi kira-kira kok bisa. salam kenal

  241. 13 Maret 2009 pukul 9:20 pm

    @salim : kalau posisi parabola dah bener, anda gak perlu seting parabola lagi, cukup masukkan parameter TV yang akan dicari-lalu miringkan sesuai alamat bujur satelit tersebut. rasanya sinosat gak ada tv yang abgus.

    @indra : pertama ketika anda inputkan parameter tve, arah parabola ke satelit telkom, atatau anda memasanag 2 lnb. dan udah bener.
    kedua, ubtuk TVe yidak onair 24 jam, mungkin anda pas input, tve lagi tutup
    makasih ya…dah kunjung ke suini

  242. Indra Prasetya
    13 Maret 2009 pukul 5:09 pm

    Salam Pak Budi, Saya Indra di Singaraja Bali seorang mahasisiwa keguruan di universitas pendidikan ganesha singaraja, saya mau nanya perihal Frekuensi TV Edukasi Saluran 1, kemarin saya sempat mendownload Frekuensi dan atrinut siaran TV Edukasi Saluran1 1 pada website lyngsat.com stelah saya input frekunsinyasinya kok tidak ada sinyalnya ya?? rincian nya sebagai berikut
    Satrellite: Telkom 1
    Frekuensi: 3785H
    Symbol Rate: 4000
    Bisa Beritahu ya update yang benernya

    Terima Kasih

    • akrom
      26 Juni 2010 pukul 11:55 am

      Fr n SR nya kyknya dah bner mungkin polaritasnya yang salah , kalo polaritasnya dh bner , brarti arah parabolanya yang perlu diperbaiki

  243. salim
    13 Maret 2009 pukul 11:11 am

    satu lagi Pak Budi, untuk mengatur posisi satelit pada receiver matrix matahari misalnya cari satelit sinosat 1 (110,5e), dibagian panduan satelit (receiver)yang bisa diutak-atik cuma 3 item yaitu: garis bujur lokal, garis lintang lokal dan garis bujur satelit,kalo ketiga-tiganya diisi angka2, di azimuth dan orientasi akan muncul angka2, bagaimana langkah2nya untuk mendapatkan satelit sinosat 1?

    Terima kasih atas bimbingannya,

    Lim

  244. salim
    13 Maret 2009 pukul 10:52 am

    Selamat siang Pak budi,

    Saya tidak paham ada yang jual LNB single, 2 in 1,3 in 1 dan 4 in 1 apa perbedaannya? kalo 3 in 1 dan 4 in 1 satelit apa aja bisa ditangkap?
    Kemarin ada yang nawarin saya YES TV (grup Telkomvision/bayar bulanan),katanya harus beli dish/antena solid tanaka dan LNB nya termasuk decoder yes TV, pertanyaan saya,apakah bisa pakai dish/antena sendiri dilengkapi positioner saya digabungkan decoder yes TV + card?
    Sebab kalo beli ini dan itu (boros biaya),jadi hanya beli decoder yes TV aja,apakah bisa?

    Salam,
    LIM

  245. Fuad
    13 Maret 2009 pukul 9:40 am

    Salam pak budi…
    saya mau nanya…
    kira2 klu parabola itu pkai listrik nya banyak gak??
    klu pkai hidrolik, hidroliknya itu pkai listrik gak??
    dan satu lg klu jarak parabola ama decodernya 100m bisa gak??

  246. salim
    11 Maret 2009 pukul 3:06 pm

    Selamat sore Pak Budi,

    Saya mau tanya Receiver Matrix Reloaded II,katanya bisa untuk masukkin kartu untuk cari siaran yang diacak,maksudnya bagaimana? apakah dengan kartu tersebut kita tidak perlu biaya perbulan?

    Terima kasih atas bimbingannya,

    Salam,

    Lim.
    .
    @Salim: Ya..betul, untuk lebih jelasnya bisa ditanya di agennya. Gini.. kartu tadi seperti voucher, ada paket-paket pilihan seperti sport, movie dll dan setiap voucher tadi ada tarif/harga dan masa berlakunya, Ya kurang lebih seperti pulsa lah. disitu nanti ada petunjuk aktivasinya…
    eh ngomong-ngomong kita ni seperti dah kenal saja ya, akrab

  247. 10 Maret 2009 pukul 7:38 pm

    Terima kasih pak,

    Saya sudah berjaya mencari sinyal Agil 2.. pertanyaa saya, adakah sinyal palapa c2 itu pada arah kemiringan barat dan timur piring parabola saya …

    harap difahami solan saya.. terima kasih.
    .
    .
    @oddye:saya masih belum bisa menjawab pertanyaan ini, sebelumnya satelit apa saja yang berjaya? selain agila 2. sebenarnya kalau posisi pemasangan disk sudah betul, anda tinggal memasukkan parameter suatu transponder lalu gerakkan parabola/disk ke arah barat-timur. anda bisa donlot di kotak boxnet file excel “parabola2″

  248. salim
    10 Maret 2009 pukul 1:14 pm

    Selamat siang Pak Budi,

    Direceiver matrix matahari saya, ada nama satelit: Palapa C2, Telkom, Asiasat 2, Asiasat 3S, Panamsat 8, Panamsat 2, Thaicom-2-3, Pas 7-10, Apstar-2R, Insat 1, Chinasat 6B, Apstar 1A, Agila 2-C dan 5 New Satelit.

    Yang ingin saya tanyakan, di Web.Lyngsat maupun Satcodx.com tidak ada daftar satelit Panamsat 2, panamsat 8, Pas 7-10, Apstar-2R, Apstar 1A, dan Thaicom-2-3? apakah sudah ganti nama satelit? jika ganti berapa derajat untuk penangkapannya?

    Terima kasih atas bimbingannya,

    Salam,

    Lim


    @salim: ada kumungkinan hanya namanya beda, seperti thaicom2/3 di receiver, dibaca oleh lyngsat thaicom2. sebagai gambaran anda mencari, saya hanya berhasil menangkap untuk arah barat maksimal satelit satu satelit setelah thaicom2/3 sedang ke timur satu satelit setelah agila2. misal anda ingin mencari tv di thaicom2/3, masukkan parameter salah satu transponder di sat. tsb lantas miringkan ke barat pelan-pelan sambil melihat sinyal di receiver

  249. 6 Maret 2009 pukul 1:11 pm

    @oddye
    1. lihat cara pasang LNB= sudut nol dan kedalaman
    2. arah utara-selatan poros
    3. kemiringan keselatan-utara pakai pembaris lengkung/busur

  250. 6 Maret 2009 pukul 1:07 pm

    bisa..
    sudah dibuat tabulasi seperti omentar diatas, lalu bandingkan dg tabel excel pada kotak boxnet sisi kanan blog ini
    misalkan urutan satelit berdasarkan posisinya A,B,C, D, E,F,G, H, I ,J,K
    misal pada receiver anda sudah nangkap satelit B,E,H,J, berarti satelit yg berada diantara itu bisa ditangkap
    untuk menagkap satelit K, lihat posisi disk ketika receiver mengarah ke satelit J. kalau sudah miring sekali ya,,,gak bisa
    kemungkinan lain adalah satelit dapat ditangkap tetapi siaran tv-nya kosong (tidak ada yang FTA) seperti 3 satelit terakhir itu sepertinya gak ada tv FTA-nya (kira-kira)

  251. salim
    6 Maret 2009 pukul 11:03 am

    Selamat siang Pak Budi,

    Untuk menangkap satelit lain seperti Measat, JCSAT, SINOSAT, BSAT,dll apakah gunakan 1 LNB bisa dapatin? (saya punya Receiver Matrix Matahari, Positioner Venus Vp 1100) caranya bagaimana?

    Terima kasih atas bimbingannya,

    Salam,

    Lim

    • akrom
      26 Juni 2010 pukul 11:59 am

      bisa:measat 3 , JCSAT 3A, sinosat 1
      slain itu kyknya jangkauannya g nympe indonesia

  252. 5 Maret 2009 pukul 11:15 pm

    Mengira kemiringan piring parabola…

    Selamat pak..
    Saya ingin tahu bagaimana mengira kemiringan pring parabola..
    contohnya:-

    saya mau cari sinyal PALAPA C2 (113.0E)
    dan saya berada di 516Œ07.20 N 116*23Œ59.24 E

    Apa fomulanya untuk mengira kemiringan parabola…?

    terima kasi, bapak…

  253. 5 Maret 2009 pukul 4:21 pm

    melihat uraian anda, sepertinya pemasangan parabola dah bener. setiap satu “P” adalah satu satelit yang terdiri dari beberapa transponder. idealnya memang disk tidak terhalang oleh bangunan atau sesuatu apapun.
    coba anda buat tabel sendiri, kolomnya no-posisi “P”- nama satelit – posisi satelit (…BT atau ….East) – jumlah TV
    untuk posisi satelit dapat dilihat “parabola2.xls” di boxnet (kotakbiru di kolom sisi kanan blog ini)
    baca juga postingan SEGELAS BERDUA, SATU LNB UNTUK DUA RECEIVER.
    Sebagai gambaran untuk menangkap satelit thaicom 2, kemiringan disk hampir tegak,dan ini berisiko jika posisioner/rotatornya kecil, karena gak kuat ngangkat kembali, bahkan bisa berisiko rusaknya rotator.
    memang yang direceiver ada banyak sekali tapi yang dapat ditangkap oleh receiver kita tergantung pada lebar disk dan kekuatan rotator

  254. salim
    5 Maret 2009 pukul 11:41 am

    Selamat siang Pak Budi,

    Saya tinggal diPontianak kota,saya pakai 8 feet,Recevier Matrix Matahari dan Positioner Venus VP 1100, sebetul saya betul2 tidak paham parabola, hanya karna tahun 2008, ada program OLympiade Beijing saya beli,saya mintakan pilih yang terbaik, baru2 ini saya coba utak atik receiver dan positoner, kalo piringnya saya tidak berani utak atik,

    Direceiver saya ada palapa c2, telkom, asiasat 2, asiasat 3s, panamsat 8, panamsat 2, thaicom-2-3, pas 7-10, Apstar-2R, Insat 1, Chinasat 6B, Apstar 1A, Agila 2-C, New Satelit 1s/d 5, apakah efektif 1 LNB pakai semua satelit tersebut diatas?

    setelah saya baca pencerahan Pak Budi tersebut diatas ternyata LNB saya only one, bisa dapat 10 posisi (p01 -p10) p01 = 490 (INDO,MQTV,NHK), p02 =520 (INDO,RADIO TELEVISAO), p03= 539 (HKG,DW,SAHARA), P04= 563 (RTR,RAI,ARAB), P05= 471 (CHINA), P06= 387 (TAIWAN), P07 =365 (VIETNAM), P08 = 613 (MALAYSIA), P09= (TAIWAN) dan terakhir p10 = 600 (india,bangladesh,afganistan),

    Saya udah coba jalan2 dari ujung sampai ke ujung angka 270 s/d 711 pada angka receiver, kalo saya turunkan angka jadi 269 atau naikkan 712 dilayar positoner muncul Erorr, Kenapa ya Pak Budi? apa karna sudah maksimal atau kena penyangga (kaki Parabola), apakah masih bisa ditingkatkan/diturunkan?

    Hanya 10 posisi saya dapat padahal saya jalan2 dari ujung sampai keujung dengan 1 LNB, untuk cari satelit lain seperti Measat, insat 3E, JCSAT, OPTUS C1, SUPERBIRD B2, BSAT, SINOSAT 3, dll bagaimana caranya? apakah perlu pakai 4 LNB?

    Saya cari di P04 (563), disitu ada siaran Globecast (bagus acaranya) kadang muncul dan kadang menghilang, kenapa ya Pak Budi? apakah tidak terkunci signalnya? dan cara kuncinya bagaimana?

    Pada panduan satelit disitu ada garis bujur lokal, garis lintang lokal dan garis bujur satelit, kalo saya ada di 108.16E, untuk capai Measat 3 (contoh)apa yang harus saya ubah dan enter?

    Terima kasih atas bimbingannya,

    Salam,

    Lim

  255. 4 Maret 2009 pukul 10:41 pm

    jika anda melihat LNB dari atas, maka akan ditemukan tulisan/gambar 30 || 0 || 30, posisi nol berada di barat. jika anda menggunakan dua LNB maka yang satunya berada di timur posisi nol
    jika anda menggunakan dua receiver, baca postingan saya bertajuk SEGELAS BERDUA

  256. 4 Maret 2009 pukul 3:45 pm

    Selamat siang…

    Pada LNB mana satu kita panggilnya NOL. Saya nga bisa ketemu..
    Bagaimana menentukan NOL itu berada di barat, dong..
    Harap diketemu jawapan..

  257. salim
    4 Maret 2009 pukul 10:59 am

    Selamat siang Pak Budi,

    Saya mau tanya apa itu FEC 3/4?, SID?, VPID?, ONID?, TID?
    dan bagaimana menggunakannya?

    Terima kasih atas bimbingannya,

    Salam,

    LIM
    .
    @salim: parameter yang kita pakai hanya frekuensi, simbol rate dan polaritas. pada lyngsat untuk modernine tertulis freq: 3888 H artinya polaritasnya horizontal, frekuensinya 03888. terus pada kolom SR-FEC tertulis 15625-3/4 artinya simbol ratenya 15625, untuk 3/4 itu tidak kita pakai.
    saya juga kurang paham dengan istilah lainnya. mohon maaf.
    anda belum memberikan gambaran satelit apa saja yang sudah berhasil di tangkap. karena thaicom2 sangat miring

  258. nohara11
    3 Maret 2009 pukul 11:15 pm

    @xpolx:
    1. pemasangan LBN sudut nol berada di barat
    2.poros no2 tepat arah utara-selatan (kompas)
    3.poros no 2 miring ke selatan 5 darjah lebih 16/60 (pada pembaris angka 95)
    4. karena menggunakan motor, gerakkan motor perlahan untuk mencari signal palapa dengan posisi chanel TV indosiar(misalnya), maka kemiringan ke barat sebesar 3 darjah lebih dikit. jika sampai 4 darjah tidak mendapat sinyal coba periksa lagi mulai nomor 1,2,3 di atas

    @salim:
    kalau posisi disk sudah mengarah tepat ke asiasat 3(coba tv lain pada satelit itu), masukkan parameter tv yang dicari(freq, symb, pol)
    jika ada signal tapi gambar gak keluar berarti saluran tersebut scrambled/diacak
    polaritas L/R saya kurang paham, mungkin ada jenis LNB dengan polaritas R/L, saya pikir itu gak perlu, karena sedikit sekali saluran TV yang r/l

    @Fuad: ah gak mahal kok
    maaf ini pakai ID nohara(anak sy)

  259. Fuad
    3 Maret 2009 pukul 9:23 pm

    thanx ya mas….
    ada toko nawarin parabola matriks plus pemasangan dan katanya hidrolik….
    harganya 1,75 juta…
    kira bagus gak harganya??
    atau mahal??

  260. 3 Maret 2009 pukul 5:27 pm

    Salam untuk semua…

    Kepada kawan-kawan yang mempunyai pengalaman memasang dan mencari signal satelit secara manual untuk PARABOLA…

    Saya baru saja memasang PARABOLA di rumah. Sudah beberapa hari saya mencari signal untuk PALAPA C2 (113.0E) namun tidak berhasil juga. Untuk pengetahuan saya berada di kedudukan 516Œ07.20 N 116*23Œ59.24 E pada kordinat google earth.

    Gambar di bawah menunjukkan parabola yang saya pasang di halaman rumah.

    GAMBAR

    Petunjuk:-

    1 Pembaris Separuh Bulatan

    2 Dasar Kemiringan Parabola

    3 Kunci Penetapan Keseimbangan

    4 Motor

    Persoalan saya, bagaimanakah saya dapat menentukan arah signal satelit ke arah PALAPA C2. Apakah yang perlu saya ubah pada posisi Piring Parabola saya itu?

    Untuk Ketetapan pada ketika parabola itu diambil gambar, kedudukan nombor 1 110 darjah ke arah Barat. Petunjuk no. 2 menghala ke Utara-Selatan.

    Apakah silapnya pemasangan PARABOLA ini untuk mencari Signal PALAPA C2.

  261. salim
    3 Maret 2009 pukul 5:14 pm

    Selamat sore Bapak,

    Berdasarkan data saya (109,16BT, 0 L) dan posisi lokal 108,16, 0 N/W.
    seperti data dikirim oleh Bapak, pertanyaan saya:
    1. Untuk mencari siaran Eye TV (contoh) berdasarkan data Lyngsat.com di ASIASAT 3S 105,5e, ada di 4129 H 13600 bisa dapat Pak? atau mau nambah Audio dan Videonya?

    2.Apa itu FEC 3/4?, SID? VPID? ONID? TID?
    3.Untuk mengubah arah dari Horizon/Vertikal ke L/R (kiri atau Kanan) bagaimana caranya? mohon jelaskan.

    Terima kasih atas bimbingannya,

    salam,

    Lim

    • akrom
      26 Juni 2010 pukul 12:09 pm

      1.langsung ja masukkan datanya trus scan otomatis
      2.FEC=Forward Error Correction, forward error koreksi (FEC) adalah suatu sistem dari kontrol kesalahan untuk transmisi data
      nilai FEC beragam mulai dari 1/2, 3/4, 5/6 dan yang terbaru 9/10
      untuk lebih lengkapnya baca majalah tele satellite
      3.menambahkan sekat di fedhorn LNBF

  262. Fuad
    3 Maret 2009 pukul 3:24 pm

    salam…
    mas mau nanya..
    sy mau pasang parabola…
    rata2 harganya skarang brapa ya??
    mau nanya takut ditipu nanti..
    .
    .
    @fuad: wah relatif., tapi satu set (disk solid 6”, LNBF, receiver) antara 750 – 1,3jt

  263. salim
    2 Maret 2009 pukul 3:43 pm

    Selamat siang Bapak,
    Saya pemakai positoner venus vp1100, matrix parabola 8 feet
    saya mau nanya, kalo kita udah menangkap RCTI, SCTV, Global, TV ONE posisi kita ada dibarat atau timur (posisi satelit)?

    Saya berapa diPontianak, saya jelaskan posisi positioner dan receiver
    p01 = 490 (INDO,MQTV,NHK), p02 =520 (INDO,RADIO TELEVISAO), p03= 539 (HKG,DW,SAHARA), P04= 563 (RTR,RAI,ARAB), P05= 471 (CHINA), P06= 387 (TAIWAN), P07 =365 (VIETNAM), P08 = 613 (MALAYSIA), P09= (TAIWAN) dan terakhir p10 = 600 (india,bangladesh,afganistan), pertanyaan saya:
    1. untuk menangkap siaran hasil pabrikkan (yang kita klik default service itu ada 337 program dari TV ONE (1) s/d QTV(337))seperti siaran program: RTB AVN, NTSC/NHK, BBC WORD, FASHION MAN, ASIA AUSTRALIA, CNN HKG 1, MTV CHN, HZ, NET-25, GEM-TV, TVBSG, UTILITY, TVBSN, YTN, HOPE CHANNEL, BBC WORLD,IQRAA, AUSTRALIA NETWORK, ETV ENCB,SAMA DUBAI, BOM, ZOOM, ,DSPT, LLBN, STV EROPA, ABN INT’L, KURDSAT, TCT, UNIV TV, THE WORLD NET, KTN, TGN, VIBE, MANMIN-TV, MVTV VARIETY, WIN TV, JAIN, HAI TV, YUNNAN, XINJIANG, TVS, NBN PHILIPINES, VIVA PRIME, PBO LOKAL, IBC 13, TOP CHINA cara mencarinya bagaimana? tolong berikan contohnya?

    2. Saat ini yang ada satelit: palapa c2, telkom, asiasat 2, asiasat 3s, panamsat 8, panamsat 2, thaicom-2-3, pas 7-10, Apstar-2R, Insat 1, Chinasat 6B, Apstar 1A, Agila 2-C, New Satelit 1s/d 5, bagaimana kita bisa tahu agar efektif pencarian program?

    3. Dilayar TV parabola, bagaimana kita bisa baca posisi satelit, misalnya palapa c2 terletak 113 e?

    4. Pada panduan satelit, disitu ada garis bujur lokal, garis lintang lokal,garis bujur satelit, konfirmasi, orientasi dan elevasi, mohon jelaskan cara mencarinya?

    Terima kasih atas bimbingannya

    @Salim: ANda di Pontianak, untuk melihat letak lintang dapat digunakan google earth (109,16 BT, 0 L) berarti dibanding palapa 113 BT posisi Anda ada di sebelah barat. coba saja ketika posisi p01 palapa pasti anntena anda akan sedikit miring ke timur (4 derajat)
    1. setiap chanel Tv/radio pasti ada parameter transponder (freq, sym,pol) dan letak satelitnya. satelit ini Tv nya ini-ini dst
    2. untuk mengetahui tv ini berada di satelit itu klik disini atau http://www.lyngsat.com/asia.html
    3. dilayar memang tidak ada
    4. posisi lokal 108,16 E, 0 N/W seperti pada awal
    kalau kurang jelas mohon maaf karena saya bukan ahlinya

  264. salim
    2 Maret 2009 pukul 3:07 pm

    Selamat siang Bapak,
    Saya pemakai positoner venus vp1100, matrix parabola 8 feet
    saya mau nanya, kalo kita udah menangkap RCTI, SCTV, Global, TV ONE posisi kita ada dibarat atau timur (posisi satelit)?

    Saya berapa diPontianak, saya jelaskan posisi positioner dan receiver
    p01 = 490 (INDO,MQTV,NHK), p02 =520 (INDO,RADIO TELEVISAO), p03= 539 (HKG,DW,SAHARA), P04= 563 (RTR,RAI,ARAB), P05= 471 (CHINA), P06= 387 (TAIWAN), P07 =365 (VIETNAM), P08 = 613 (MALAYSIA), P09= (TAIWAN) dan terakhir p10 = 600 (india,bangladesh,afganistan), pertanyaan saya:
    1. untuk menangkap siaran hasil pabrikkan (yang kita klik default service itu ada 337 program dari TV ONE (1) s/d QTV(337))seperti siaran program: RTB AVN, NTSC/NHK, BBC WORD, FASHION MAN, ASIA AUSTRALIA, CNN HKG 1, MTV CHN, HZ, NET-25, GEM-TV, TVBSG, UTILITY, TVBSN, YTN, HOPE CHANNEL, BBC WORLD,IQRAA, AUSTRALIA NETWORK, ETV ENCB,SAMA DUBAI, BOM, ZOOM, ,DSPT, LLBN, STV EROPA, ABN INT’L, KURDSAT, TCT, UNIV TV, THE WORLD NET, KTN, TGN, VIBE, MANMIN-TV, MVTV VARIETY, WIN TV, JAIN, HAI TV, YUNNAN, XINJIANG, TVS, NBN PHILIPINES, VIVA PRIME, PBO LOKAL, IBC 13, TOP CHINA


    @salim : pada dasarnya setiap satu ..p adalah satu satelit

  265. smaduta
    24 Februari 2009 pukul 9:36 pm

    @xpolx: tentang kemiringan. saya gunakan alat sederhana berupa busur derajat (lihat gambar 1 dan gbr. 2 di postingan)yang biasa dipakai anak sekolah

    gbr.1 busur dilobangi di titik pusat sudutnya trus diberi benang dan pemberat,pada gambar pemberat yang saya gunakan kunci no.9. kemudian 4 buah segitiga kecil disekitar busur tersebut adalah magnet gunanya untuk menempelkan busur pada bagian bawah disk yang rata. Busur itu saya potong karena yang dipakai hanya 1s/d 8 derajat saja

    gbr.2 busur yang dijepit oleh magnet, agar dapat menempel pada disk dan kita gak usah megangi. Namun kalau tidak ada magnet tidak apa, asal mau memegang. dulu saya pernah ambil magnet dari speaker lalu saya lem pada busur tapi sudah hilang karena dipinjam kesana kemari.

    benang yang digantung tadi akan menunjukkan kemiringan. ketika tepat tegak lurus, maka benang pada posisi angka 90. pada saat busur dimiringkan, maka benang juga akan bergeser sesuai kemiringannya.demikian seterusnya.

    semoga bahasa saya bisa dipahami. salam juga untuk orang-orang di sini

  266. 24 Februari 2009 pukul 12:55 pm

    salam perkenalan, yaa saya memang dari sabah. Ramai orang dai jakarta pergi kerja di sini. Jadi saya perlu memasang parabola untuk mereka juga.

    Terima kasih atas tunjuk ajar setting parabola sebelum ini. Satu lagi pertanyaan saya, bagaimana cara mudah untuk menentukan darjah kemiringan parabola?…. saya masih kabur mengenai penggunaan busur itu?… terima kasih.

  267. 23 Februari 2009 pukul 9:55 pm

    Hello…

    Saya baru memiliki parabola, saya sudah dua minggu mencari sinyal namun cuma JCSAT dan AMOS sahaja dapat menerima siaran.

    Untuk pengetahuan, saya berada di 5″16’07.20″ N 116*23’59.24 E
    mengikut kordinat pada google earth.

    Pada arah mana kemiringan parabola saya untuk mendapat sinyal PALPAC2, MEASAT, ?

    Bantuan sih, pakar parabola diperlukan..
    .
    .
    @xpolx:saudara dari Sabah? measat3 (chanal TV3) berada di 91,5E berarti kemiringan kebarat sekitar 25 derajat sedangkan miring ke selatan sebesar 5’16”derajat. sedangkan palapa 113 E cukup miring kebarat3,5 derajat saja , kemiringan arah selatan jangan berubah. terima kasih anda telh berkunjung di sini

  268. Fajroel
    22 Februari 2009 pukul 9:09 am

    Tolong posisi derajat kota saya mas
    di Aceh tepatnya kab. aceh barat daya kec. manggeng
    .
    .
    @Fajroel: kota anda sekitar 95,.. derajat BT dan 5,5der lintang utara. terima kasih telah berkunjung dan meningggalkan komentar

  269. 17 Februari 2009 pukul 1:02 pm

    @dayat : LNB itu lho alat yang dipasang di fokus parabola/disk. fungsinya menangkap sinyal dari satelit lalu oleh receiver di ubah ke sinyal tv. kalau dipanjangkan LNB itu El…En…Beeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    @hendra:mungkin ada yang bisa bantu…hayo’

    • akrom
      26 Juni 2010 pukul 12:11 pm

      LNB=Low Noise Block
      skarang populer dengan nama LNBF=Low Noise Block Fedhorn

  270. Hendr@
    16 Februari 2009 pukul 11:02 pm

    Ada yg tau gak,utk fta apa masih ada chanel luar yg nayngin EPL & Serie A italia.mohon infonya?

  271. Alfian Asrin
    9 Februari 2009 pukul 11:24 pm

    Mas mau nanya, LNB itu opo?

    Atur nuhun.

  272. Dayat
    8 Februari 2009 pukul 9:09 pm

    Salam kenal buat smuanya ya.., tolongin dong, knpa trans7 ngacak2 gitu gambarnya tiap kali tampilan gambarnya dekat, pdhl untuk siaran yg lainnya tdk ada masalah, n gmana buka siaran yg discrambled. sbgai informasi saya pake rec HYUNDAI HSS-710, thank’s.
    .
    @dayat:siaran diacak berkaitan dengan hak siar yang dibeli oleh sebuah stasiun tv. jika tv7 hanya membeli hak siar nasional, maka gak boleh dipancarkan via satelit. karena jika dipancarkan melalui satelit maka hampir seluruh asia bisa menangkap siaran tersebut. kan rugi panitia…hehehe. tentang scambled, saya masih belum ngerti

  273. wiwied v
    3 Februari 2009 pukul 2:09 am

    Salaam Pak…
    Saya lagi bingung nie Pak…, mohon bantuannya yah…, gara2 mau ngerubah frekuensi SCTV baru, siaran2 dari antenna Telkom1 pada ilang semua yah. Sekarang SCTV-nya dapet (plus channel2 dari PalapaC2-C), tapi yang dari Telkom malah nggak dapet sama sekali. Padahal saya udah masukin setting-an frekuensi sesuai dengan yang ada di http://www.lyngsat.com/telkom1.html, tapi selalu “no signal”. Kenapa ya Pak? Mohon bantuannya ya Pak. Maturnuwun bangeeeet…

    PS: merk receiver saya STARSAT SR-2001

    salam,
    wiwied v
    .
    .@wiwied:kalau disk tidak dikutak-katik, maka kemungkinan besar ketika anda menambah/mengedit transponder masuknya ke pangaturan satelit. coba masuk lagi ke pengturan satellit, rasanya disana ada 22k(ON/OFF). jika palapa ON maka telkom OFF… coba aja ya….salam

  274. rio
    31 Januari 2009 pukul 3:01 pm

    apa betul bos semua frekuensi tv pindah semua soalnya gue udah coba frek semua satelit frek’ simbol rate kosong semua capek dech apa bangkrut semua ya yang punya stasiun tv
    .
    .
    @rio: rasanya tidak… mungkin ketika geser-geser disk posisinya berubah, atau karena disebabkan pemasangan disk kurang pas. hal ini menyebabkan parameter yang dimasukkan ditak muncul sinyal….

  275. rio
    31 Januari 2009 pukul 2:57 pm

    tolong bantu acara tv mana aja yg bs dilihat gambarnya simbol rate, frek dan satelit mana? please si hebat nt yg bs bantu gue

  276. zul akrial
    29 Januari 2009 pukul 8:17 am

    aduh terima kasih banyak pak atas informasinya, saya akan coba nanti nyetelnya di rumah

  277. zul akrial
    28 Januari 2009 pukul 9:49 am

    saya mau nanya. di rumah saya sekarang ada parabola merk venus, yang hanya dapat adalah chanel (?) P01 sampai dengan P05. isi dari P01 adalah SCTV, ANTV, INdosiar, TPI, RCTI, TVRI, TN ONE, METRO TV, Global TV, Spacetoon, Bali TV, NHK TV sedangkan P02 berisikan Trans 7 dan Trans TV, kemudian P03 berisikan sebagaian besar adalah chanel china, TV 5 dsb pertanayaan saya
    1. bagaimana cara mengatur untuk p06, P07 dan seterusnya, berapa Symbol rate-nya, frekuensinya, polarisasinya dan sebagainya.
    2. karena sudah hilang dari peredaran beberapa bulan yang lalu, karena salah pencet, mohon dibantu berapa syombol-rate dan frekuensi untuk SCTV dan Tarns 7
    terima kasih atas bantuannya.
    .
    .
    @zul:pakai rotator ya…
    1. setiap satu “p” untuk satu satelit p01 posisi untuk palapa 113, p02 untuk satelit telkom 108, p03 mungkin satelit asiasat3 105,5, untuk mencari “p” seterusnya, Anda bisa donlot di kotak boxnet di samping dengan judul parabola2. tapi itu catatan saya th 2005, mungkin sudah banyak frekuensi yg berubah. untuk update langsung aja di http://www.lyngsat.com.
    2. sctv f:03758, sym:04470, pol H; trans 7 f: 03990, sym:6000, pol : h; tran tv f: 04084, sym : 6000, pol : H
    semoga membantu.

  278. alec
    24 Januari 2009 pukul 11:02 am

    bro ne frec tve; 3909 simred 4000 h

  279. Bayu
    13 Januari 2009 pukul 11:41 pm

    Salam kenal nih…
    Saya di desa sarudu, kec sarudu, mamuju utara, sulawesi barat.
    Parabola sy tpasang 2 LNB, cm palapa c2 n telkom. Sampai saat ini blm pernah dicoba u tracking satelit lain krn pernah ada yg blg kalo diubh posisi dish, LNB bs rusak. Apa ini benar atau cm mitos? Kalo salah, sy mau cari satelit2 lain yg ada spt yg didapat pak budi. Mohon penjelasannya. Trims y :-)
    .
    .
    @bayu:oh tidak, tidak. coba lihat posisi gerakan disk, kalau digerakkan dia kearah barat-timur(kompas), berarti gak masalah. kalau takut ya dikasih tanda saja. kuncinya asal pemasangannya bener gak masalah hingga “ndeglag” di miringkan

  280. Hendr@
    13 Januari 2009 pukul 6:08 pm

    Mau nanya ni,sy menggunakan rx matrix alpa link 4 lnb dng disk mesh.skr parabola udah tak fix di palapa,telkom,asiasat 3&2.kalo posisi disk digeser apa bisa mnangkap 4 satelit yg laen?misalnya thaicom 1a,measat dll.mohon pencerahannya.
    .
    .
    @hendra:Kalau bilang teman saya yg pernah pasang 2 lnb, bisa dapat 2 satelit lain ketika di miringkan. namun untuk 4 lnb kemungkinan kok kecil untuk dapat 4 satelit lain sekaligus, mengingat jarak satelit dah berubah lagi. tapi gak ada ssalahnya dicoba,

  281. 12 Januari 2009 pukul 8:59 am

    Helo boz..wah bnyak bgt info yg saya dapat dr site anda, saya pk parabola venus dg 2 LNB, mhn ijin boz, apa ada trick2 bt nyari stasiun or chanel yg rahasia, spt ESPN OR STAR SPORT, mhn djwb, ato email ke saya, trimakasih boz
    .
    .
    @sudar:untuk chanel dimaksud memang scrambled kalau tidak pakai dekoder. jadi gak bisa di tangkap pakai parabola biasa. salam kenal

  282. Trisno
    27 Desember 2008 pukul 6:28 am

    Mau nanya nih, direciever saya udah 2 minggu ini siaran TVE ( televisi edukasi) kok tiba2 hilang. Apa pindah frekwensi? Ada yg tahu gak? Mohon bantuan infonya!

  283. 24 Desember 2008 pukul 9:40 pm

    eh salah, ngarahnya ke satelit telkom,BUKAN PALAPA trus ketika belum ngisi voucher dan mendapat nomor pelanggan dia akan seperti receiver biasa. Rasanya harga voucher sekitar 60rb

  284. ribud
    23 Desember 2008 pukul 8:32 pm

    Mey Lebaran juga Mas. Mohon Maaf Lahir & Batin. Ngarahnya ke Palapa C2 ya??? Kalo masalah nomor visionnya tuh, apakah ketika beli dekoder langsung dapat, atau harus daftar sana daftar sini dulu? Belum beli sih Mas, tapi udah ada rencana. Dari pada minta pasangkan orang, kan lebih baik pasang sendiri yaaa.

  285. 8 Desember 2008 pukul 6:20 pm

    he..he.. ketemu lagi. met lebaran dulu ya
    tinggal pasang aja, kalau dah dapat nomor pelanggan visionnya baru fungsi. kalu belum ya kaya receiver biasa ja. tapi jangan lupa satelitnya mengarah ke pALAPA. pasang LNB dua pun gak masalah. wah kaya tukang parabola beneran. padahal cuma cobak sana coba sini

  286. ribud
    8 Desember 2008 pukul 5:55 pm

    Mas Budi, ketemu lagi nih. Masih kenal ndak Mas? Mau nanya ni. Kalau kita udah beli dekoder Telkomvision dan udah punya parabola beserta LNB-nya, apakah dekoder tersebut tinggal dipasang saja, ataukah harus ganti LNB khusus Telkomvision lagi?

  287. Trisno
    2 Desember 2008 pukul 7:58 pm

    Salam jumpa pak budi. Saya Mau tanya nih, gimana caranya nangkep siaran tv3 malaysia? Receiver uda tk search pada satelit measat-1 tp yg ada cuma Rtm1 dan Rtm2. Untuk tv3 gak tampil, apa siaran untuk tv3 malaysia sudah diacak? Dan ada gak cara membuka siaranya. Trimakasih.
    .
    .
    kalau ada sinyal, tapi gak keluar gambar, kemungkinan terbesar ya di acak. memang tv3 sering diacak. buka siaran?? halah lha wong buka rumah saja kadang nyuruh anak2 kok. heheheh

  288. 21 November 2008 pukul 11:44 pm

    terima kasih mas Agus,
    1. Kalau kasus pertama saya kudu tahu ukuran disk-nya , kalau 12 feet gunakan jarak renggang maksimal, sedangkan kalau 6 feet gunakan jarak paling dekat antara dua LNB. bahkan kadang jenis disk tertentu menghendaki posisi LNB sekunder agak sedikit dimiringkan (mengarah ke pusat )
    2. LNB yang ada kabel tiga itu fungsinya untuk menggerakkan polarity yang ada di dalam LNB. Biasanya LNB itu digunakan untuk receiver analog (bukan digital) namun jika hanya satu LNB bisa juga dipasang pada receiver digital tapi kabel 3 tersebut harus dicolok pada receiver di bagian polarity (0= hitam, +5V=merah, pulse= putih).
    Pada jenis LNBF, polarity-nya diatur secara digital.
    terima kasih kunjungannya, semoga bisa membantu

  289. AGUS
    21 November 2008 pukul 9:35 pm

    MAU TANYA LAGI PAK BUDI. SETELAH SAYA PASANG 2 LNBF MATRIK, LNBF SAYA YANG LAMA MERK HANSEN NGGAK KEPAKEK, LNBF YANG LAMA ITU ADA KABEL KECIL 3, KATA TMN SY NAMANYA SERVO, TOLONG JELASKAN APA MAKSUT SERVO ITU DAN FUNGSINYA UNTUK APA?, DAN LEBIH BAGUS MANA MATRIK SAMA HANSEN ITU KARENA KELIHATANNYA YANG HANSEN ITU MODEL LAMA DAN KUAT, DAN BENTUKNYA AGAK LEBIH BESAR. TRIMS.

  290. AGUS
    21 November 2008 pukul 9:31 pm

    PAK BUDI TRIM’S. SUDAH HAMPIR SATU TAHUN SAYA OTAK ATIK PARABOLA SAYA,HASILNYA BELUM MEMUASKAN,SETELAH SAYA MAMPIR KE SINI,TERNYATA BERHASIL.SAYA PAKEK 2 LNBF MERK MATRIX,UNTUK PALAPA DAN TELKOM,HANYA BELUM MAKS.SINYALNYA, KARENA BILA DIMAKSIMALKAN YANG TELKOM, PALAPANYA KALAH, BEGITU SEBALIKNYA, MOHON TIPS LAGI SUPAYA BISA MAKSIMAL.SEKALI LAGI,THANK’S.

  291. 20 November 2008 pukul 6:54 am

    mungkin maksud Anda antara 0,51 s/d 0,59 derajat lintang utara. saya ambil contoh posisi kota anda di sekitar(0,56der) atau 1 der LU dan 104,30BT, berarti untuk memangkap satelit palapa miring ke selatan 1 derajat dan miring ke timur (113-104)=9derajat.
    jangan lupa pengaturan LNBnya

  292. tugiyanto
    20 November 2008 pukul 5:57 am

    pak budi sy mau tanya untuk pemasangan parabola di tanjung pinang bagaimana cara stel arah parabolanya? sy berada di 51-59 derajat LU dan 104,24-104,34 BT.terima kasih bantuanya.

  293. 18 November 2008 pukul 9:31 pm

    untuk mengetahui macam dan posisi satelit dapat dilihat di http://www.lyngsat.com , dulu saya dapat banyak satelit cuma pakai tali yang digabung dengan roda-roda kecil, sehingga bisa ditarik-ulur dari dalam rumah.
    tempat gak masalah asal di arah barat dan timur tidak terhalang. salam untuk teman-teman di tuban

  294. mario
    18 November 2008 pukul 6:49 pm

    ada ga link khusus frekuensi siaran TV utk PALAPA C2 dan TELKOM selain di http://www.lyngsat.com atau di http://www.satcodx.com yg terbaru? soalnya saya pake receiver merk venus dgn parabola 6feet beli paket (cari yg termurah). pada awalnya beberapa tv bisa diterima tp sekarang tinggal TPI, Indosiar dan TransTV saja yg bisa diterima. apa yg terjadi? mau ngeset ulang tapi ga ngerti frekuensi dan settingan lainnya.

    thx
    .
    .
    @Mario: sebenarnya ndik situ dah lengkap, sing sampean liat cukup frekuensi, trus huruf di bawah angka frekuensi (H/V) yang menunjukkan polaritasnya vertikal atawa horisontal, trus angka symbolrate nya. atao sampean donlot ae di kotak boxnet yang ada ndik samping postingan saya itu(judule parabola2.xls), cuman itu sebagian dah pada kedaluwarsa karena itu catatan saya th 2005. tentang saluran banyak yang ilang, kemungkinan terbesar disebabkan oleh posisi disk gak tepak. coba sampean kutak-kutik lagi

  295. Trisno
    18 November 2008 pukul 3:12 pm

    Mau tanya nih pak. Parabolaku uda tk tambahi alat penggerak, uda tk coba tak search dari barat sampe ke timur. Dapetnya satelit st1, measat, asiasat2&3, telkom, palapac2, cnbsat,jcsat,vinasat, apstar&agila. Apakah cuma satelit2 tersebut aja yg bisa ditangkp dari parabolaku (6feet)? perlu diketahui posisi saya berada dikota Tuban Jawa timur. Trimakasih…

  296. bambang
    13 November 2008 pukul 12:51 pm

    Mas saya sdh pasang parabola venus 6 ft, penerimanya juga venus, satelit palapa sdh ditemukan tapi kenapa RCTI, TVRI, TV Bali , kok gak bisa keluar..? saya berada di kota mojokerto koord 7,29 S dan 112,25 T tolong mas untuk kemiringan ke utara kira2 berapa derajat? saya menggunakan 2 LNB venus, apakah benar dengan 2 LNB, dan menggunakan penggerak akan sulit menemukan satelit / signal ….. trim


    @bambang:Kemiringan ke arah utara 7,29 derajat, memang benar kalau menggunakan rotator lebih sulit menemukan sinyal yang bagus, tetapi juga masih dipengaruhi jenis kemulusan rotator pada rotator yang bagus tentu beda dalam menggerakkan. apalagi untuk stasiun RCTI, TVRI dan TV Bali dan beberapa stasiun dengan polaritas Horisontal, beberapa bulan terakhir ini menunjukkan sinyal yang sangat kecil, bahkah di daerah saya banyak yang gak dapat nangkap RCTI walaupun pake disk 12 feet.
    Satu lagi bahwa saya hanya berdasarkan coba-coba, bukan ahli. jadi mohon maaf kalau masih membingungkan

  297. Trisno
    24 Oktober 2008 pukul 4:57 pm

    Salam buat p.Budi. Oh ya pak saya mau tanya sedikit nih. Untuk signal RCTI kenapa kok susah/lemah sekali, paling tinggi prosentasenya 27-29%. padahal untuk tv-tv yang lain signalnya bagus. Rata2 diatas 30%. Apakah ada bagian-bagian dari antena atau receiver yang perlu dibenahi? Ataukah ada penambahan perangkat lagi?. Terimakasih sebelumnya.

    @Trisno : memang rcti dan tvone sedang tidak bagus. dirumah saya, satu parabola saya pasang untuk 2 receiver. receiver satunya mau. coba LNB diganti merk HANSEN

  298. Trisno
    23 Oktober 2008 pukul 6:20 pm

    Saya ucapkan terimakasih pada pak Budi atas smua saran dan informasinya. Stelah switch tak tukar dengan yang baru ternyata gambar dari satelit palapa dan telkom langsung nongol di layar tv. Saking senangnya saya sampai kegirangan. Informasi dari bapak benar2 bermanfaat buat saya yg baru pertamakali utak atik parabola. Sekali lagi saya ucapkan banyak2 terimakasih..
    .
    .
    @trisno: ya… ikut senang lah.Bilang uztad.. orang yang baik itu orang yg bisa memberi manfaat bagi orang lain. selamat ber TV ria. jangan lupa sering-sering mampir di blog yang sederhana ini.

  299. Trisno
    22 Oktober 2008 pukul 8:49 pm

    Skali lagi mau tanya sama pak Budi, kalau memang switch bemasalah, itu bagaimana cara untuk mengetes switch tersebut. Adakah alat2 tertentu untuk mengetesnya, terus apakah ditoko-toko switch dijual terpisah? Mohon ma’af banyak nanya soalnya baru punya parabola dan belajar utak atik sendiri.

    @Trisno:mas, saya juga belajar dari utak-atik sendiri. justru saya minta maaf sekira informasi yg saya berikan membingungkan. Switch ada kok dijual terpisah, seandainya gak ada bisa pakai switch manual dengan memanjangkan kabel LNB hingga dekat receiver. jika pakai switch manual agak ribet di kabelnya tapi tidak perlu seting di receivernya. Minta tolong tukang memang praktis, tapi saya setuju dengan sampean bahwa kalau bisa sendiri lebih memuaskan, walaupun kadang biaya justru lebih banyak. kalau mau kontak offline, ada kok nomor hape saya di halaman “kontak saya” (di bawah “aboutme”). Selmat mencoba lagiGak dicoba langsung nyari palapa c2?

  300. Trisno
    22 Oktober 2008 pukul 8:46 pm

    Skali lagi mau tanya sama pak Budi, kalau memang switch bemasalah, itu bagaimana cara untuk mengetes switch. Adakah alat2 tertentu, terus apakah ditoko-toko switch dijual terpisah? Mohon ma’af banyak nanya soalnya baru punya parabola dan belajar utak atik sendiri.

  301. 21 Oktober 2008 pukul 10:33 pm

    saya agak kesulitan menyampaikan secara kalimat(mohon maaf)
    cara sederhana adalah dengan mencoba satu-persatu LNB yang dipasang, sebelum disambung dg switch (kadang masalah ada di switch)
    Oh ya untuk disk 6 feet posisi LNB berdekatan/nempel. Jika satu persatu bisa diperoleh sinyal, berarti masalah di switch

  302. Trisno
    21 Oktober 2008 pukul 8:07 pm

    Pak budi q punya problem ni soal parabola. Parabolaku solid disk 6feet dg 2 lnb, tk pasang & tk utak-atik sndiri. Uda bisa nangkep siaran2 tv cuma hnya dari 1 satelit(palapaC2). Pdahal saya pake 2 lnb, setingan direciever jg uda tk set sperti petunjuk di forum ini, tp blum bisa nangkep siaran 2 satelit skaligus. Kira2 problemnya dimana ya?. Mohon petunjuk. Trim’s.

  303. 16 Oktober 2008 pukul 5:54 pm

    salam knal buat mas budi yang baik hati & smua penghuni blog ini, saya yodi mhon maaf saya mo nanya. saya sudah pernah mencari sat agila tapi lum dpt2 jg 1 ch pun maklum org awam.nyarinya juga pake kira2 aja mas gak pake itung,…hehe. untuk info posisi saya lum bsa berikan karna saya blum gerti gmana cara mudah ngitung kedalam “derajat” posisi saya thdap satelit agila tsb. mhon pencerahan kpd saya yg awam ini mas budi. Trims ats perhatiannya mhon maaf ats kekurangan saya, wass.

    @yodi: salam kenal balik, sebelumnya terima kasih atas kunjungannya. ada cara sederhana tanpa mengetahui berapa derajat harus dimiringkan, yaitu dengan memasukkan parameter salah satu transponder. misalnya Tv DA ai JAKARTA, frekuansi 03791 symbol rate =03100 polaritas = H. setelah dimasukkan parameter(sambil melihat receiver) miringkan parabola ke arah timur pelan-pelan(agak miring sekali). kalau sudah diperoleh sinyal berarti itu sudah dapat satelit agila 2. tinggal nyari transponder lainnya.
    catatan : sebelum dimiringkan posisi pemasangan sudah benar, yaitu ketika dikembalikan ke barat kembali pada posisi palapa c2. untuk mengetahui posisi kota anda dapat donlot software google arth. atau anda bisa komen balik dengan memberi tahu dimana kota anda, saya akan coba carikan. mudahan membantu

  304. 12 Oktober 2008 pukul 10:48 pm

    saya belum pernah mencoba pasang 4 LNB, tapi perkiraan saya: ada beberapa jenis receiver saja yang mendukung/terdapat fasilitas 4 LNB(yang saya tahu matrix), terus swicth nya juga ada yang jual untuk 4 LNB, posisi LNB utama mengarah ke satelit telkom jadi LNB untuk satelit palapa berada di sebelah barat, terus 2 LNB lainnya berturut-turut untuk satelit asiasat 3s dan untuk asiasat 2 berada di sebelah timur. dicoba saja yang penting berai eksperimen

  305. ras
    12 Oktober 2008 pukul 9:43 pm

    saya liat tetangga ada yg pake 4 LNB,kalo masang 4 LNB gimana mas?urutan & jarak antar LNB nya dan penggunan switch nya gimana?detil ya mas….
    Tq berat…

  306. Yus
    29 September 2008 pukul 12:21 pm

    mo nanya kalo masang parabola di papua (tepatnya di Wamena) gimana?
    Parameter yang di pulau lain bisa berfungsi di Papua?
    Bisa dapat info untuk sekat LNB?

    Trims
    pertama kudu tahu letak kota wamena, kalao dilihat dengan google earth posisinya 139 BT dan 4 LS
    berarti jika ingin menangkap siaran dari satelit palapa c2 (113 BT) maka kemiringan kebarat (139 -113) = 26 derajat dan miring ke utara 4 derajat. untuk mengetahui kemiringannya dapat digunakan busur yang diberi pemberat seperti pada postingan saya itu. Kemudian tinggal mengatur receivernya. kalau yang dimaksud parameter dari sebuah transponder, maka sama saja.
    saya masih kurang mengerti apa yang dimaksud sekat LNB

  307. 12 September 2008 pukul 5:03 pm

    untuk mas Reza, pertama Anda harus tahu posisi kota Indramayu, bisa lihat pake googleEarth atawa tanya saja ma pengadilan agama pasti tahu letak astronomi suatu kota. trus data satelit bisa dilihat di satcodx.com . setiap anambah satelit posisi kemiringan disk pasti berubah sesuai alamat satelit. setiap satelit menyediakan beberapa kanal TV. sebagai gambaran dulu saya pernah dapat nangkat 17 satelit dan siaran TV lebih dari 200 kanal

  308. reza
    10 September 2008 pukul 4:54 pm

    mas mo nanya kalo posisi di indramayu dkt cirebon berapa ya?
    kalo mau set up nambah sarelit gmn?
    punya ku pake 9 feet

  309. pawartalamat
    8 September 2008 pukul 11:41 pm

    Oh.. mungkin kurang pas saja, lha wong satelit palapa C2 dapat ditangkap seluruh Asean sampai Stroli

  310. ogi
    8 September 2008 pukul 4:16 pm

    didaerah kami kok sulit mendapatkan sinyal satelit

  311. 2 September 2008 pukul 11:57 pm

    ya paling tidak ada yang dibaca-baca. lha sing nulis iku sopo

  312. sasmito
    2 September 2008 pukul 11:53 pm

    Sory Pak Budi,anne ga paham soal satelit, klw ente suka bisa kasih tau ma anne. q wait your report.

  313. 29 Agustus 2008 pukul 12:22 am

    itu barangkali yang disebut di scrambled. untuk menonton acara tersebut harus bayar atau pakai indovision atau telkomvision atau sejenis.
    untuk TV eropa miring ke barat pada posisi 100,5 dan 105. lha berapa derajat miringnya ke barat tinggal dikurangi posisi kota anda. posisi kota anda dapat dilihat pake google earth

  314. komang
    28 Agustus 2008 pukul 4:40 am

    mas mau tanya, knp siaran espn sama star sport ga ada gambar, tp kwalitas signal sama kekuatan signal bagus. dan klo mau nyari siaran eropa antena parabola hrus di miringkan kemana?. dr komang di bali,,,makasi.

  315. santoso
    2 Juli 2008 pukul 12:09 pm

    maaf pak masih kurang jelas….
    terus untuk sudut 0 pada LNB yang dual apa diarahkan ke barat semua….? kalau bisa tolong kasih nomor yang bisa dihubungi kirim ke e-mail??? sesudahnya terima kasih banget…

  316. 1 Juli 2008 pukul 5:05 pm

    @santoso:terimaksasih mau gabung, saya dulu 1984-1987 pernah tinggal di daerah Gotri , Pendosawalan (antara jepara -Kudus)
    saya asumsikan palapa (113derajat BT) sebagai satelit utama dan posisi Anda saya anggap 110,5der BT 7der LS berarti arah parabola adalah
    1. miring ke utara 7 derajat( dianggap NOl pada posisi tegak lurus)
    2. miring ke timur 2,5 derajat (NOL pada posisi tegak lurus)
    3. LNB 1 (palapa) NOL pada arah barat(posisi lnb di barat)
    4. LNB 2 (telkom) NOL pada arah timur(posisi lnb di timur)
    5. Jarak antar-LNB, jika pakai 5-6feet(soliddisk) rapat. Namun Jika pakai disk yang 9-12 feet RENGGANG (ambil posisi maksimal lubang LNB)
    6. selanjutnya pengaturan pada receriver, masing-masing receiver beda, tapi cari saja pengaturan LNB satu ON (palapa) satu OFF (telkom) pada 22K
    7. pada pemasangan 2 lnb yang menggunakan switch, jangan sampai terbalik
    8. coba aja, jangan takut gagal, saya juga dari coba-coba. tapi sudah banyak sih yang saya pasang

  317. santoso
    1 Juli 2008 pukul 2:50 pm

    pak budi gimana cara pasang untuk parabola yang dual LNB dan tolong kasih tutorial. saya di KUDUS letak geografis 110″36 – 110″50 BT dan 6″51 – 7″16 LS terus gimana arah parabolanya untuk kemiringan ke utara berapa? dan kemiringan ke barat atau timur berapa? terus untuk sudut pada LNB titik 0 apa diarahkan ke barat semua… tolong mendadak nih disuruh masang tetangga rumah… sebelumnya trima kasih…

  318. 29 Juni 2008 pukul 10:48 pm

    untuk DURI : 1 der 15 menit N, berarti posisinya di utara katulistiwa, miringkan keselatan sekitar 1 seperempat derajat. terus posisi bujur Anda tidak masuk akal, mungkin 111,8′(coba cek lagi) berarti miring ke barat (111,8′ – 76,30′). usahakan barat-timur pas, posisi LNB juga pas. Maaf saya terlambat buka karena sedang ada acara ke Kalimantan Selatan(banjarbaru).
    walaupun terlambat paling tidak untuk persiapan nanti piala dunia

  319. jol
    28 Juni 2008 pukul 9:35 am

    lokoij moki njuo fu tu

  320. riza_occu
    25 Juni 2008 pukul 12:39 pm

    Pak Budi saya sudah 2 hari Praktekkan petunjuk dari Pak Budi tapi kok ngak Dapat dapat 2 siaran Thaicom 2/3 nya, saya lagi cari MODERNINE karena untuk kota DURI Riau yang dapat Nyiarin Euro 2008 hannya TV tsb, info saja kalau saya lihat di Google Earth posisi terdekat rumah Saya 1 derajat 15′ 50″ N 101 derajat 11’8″ dengan posisi tersebut kemiringan/ elevasi para bola berapa ? miring ke selatan atau ke Timur? saya tunggu bantuannya karena besok pagi Jerman VS Turki…Terima kasih.

  321. 24 Juni 2008 pukul 12:03 pm

    buat rekan Rifki : itu sudah saya tambahi keterangan, jangan putus asa kalau ternyata agak susah, tapi sebenarnya mudah, asalkan disk masih bagus dan tiang panyangga gak goyang. saya dapat menangkap siaran dari sateli telstar 10(76 derajat BT) sampai Agila (148 derajat BT). ya lebih 200 channal TV

  322. rifki
    24 Juni 2008 pukul 8:23 am

    Mas Budies, gimana cara membuat busur dengan pemberat untuk mengukur sudut elevasi,dan bahan untuk pemberat dibuat dari apa ? tolong dijelasin lagi yang lebih detil, soalnya akau pengen mempraktekan caranya.( kalo bisa di upload pic-nya ) thanks.

  323. ribud
    22 Juni 2008 pukul 10:13 pm

    Thnx mas budi ya atas infonya. Tadi udah dicoba-coba dengan nasehat2 yang diberikan, eh ternyata berhasil ketemu juga saluran2 tv di palapac2 dan telkom sekaligus. Thnx berat neh!

  324. 22 Juni 2008 pukul 7:00 am

    untuk mas ribud: pemasangan LNB ganda (misalnya menangkap dua satelit PALAPA dan TELKOM) pada prinsipnya salah satu LNB mengambil pantulan liar/lepas SATU LNB-SATU SATELIT. jika palapa sebagai satelit utama, maka telkom yang dianggap satelit kedua/imbas. kemudian posisi lnb adalah kebalikan dari posisi satelit. maksudnya alamat satelit kalau diurut dari arah Barat Telkom (108) dan Palapa (115), berarti satelit Telkom ada di bagian barat dari satelit Palapa, pemasangan LNBnya dibalik urutannya yaitu LNB utama untuk menangkap palapa (barat) LNB kedua untuk Telkom (Timur. Jarak LNB untuk solid-disk : rapat posisinya, untuk disk yang 9feet pada posisi maksimal lobang yang disediakan.
    selain pengaturan LNB perlu dibelikan switch untuk memilih satelit, kemudian pada receiver pengaturan DiSEqC-nya juga diaktifkan. pengaturan DiSEqC pada receiver gak ada, gunakan pengaturan 22K pada pilhan ON/OFF.
    Memang agak susah kalau belum pernah

  325. ribud
    22 Juni 2008 pukul 3:26 am

    Mas, kalau yang pake LNB ganda alias yang pake LNB 2 buah sekaligus gimana cara masangnya? Koq jadi susah sepertinya. Nih tetangga saya dari kemaren belum ktemu-ktemu juga siaran tv nya.

  326. 21 Juni 2008 pukul 1:00 am

    Walah gak ngerti yang model ginian, taunya nontonnya doang

    @memang ini ajang orang-orang usil, suka jahil pada alat elektronik

  327. 14 Juni 2008 pukul 11:14 pm

    ha..ha..
    belum dapat juga tunjangan yang ditunggu, keburu final euro bisa gak sempat nonton langsung ke sana kalau tunjangan belum keluar-keluar. gimana palangka?
    hasil kelulusannya.? kalau tempat saya mah, biar standar kelulusan 8,5 ya tetap yang lulus dibikin 80-90 %

  328. 14 Juni 2008 pukul 2:18 pm

    langganan indovision,
    arahkan antena ke menara RCTI menteng :lol:

    salam pak Budi selamat berkreasi dengan para boliknya

    sudah terima tunjangan pak ?

    budi: boro-boro tunjangan Pak, lha wong NUPTK saja belum punya, gara-gara teman-teman pada gak mau ngisi NUPTK

  329. 13 Juni 2008 pukul 7:12 pm

    untung saya dibandung, siaran TV 19 chanel aja ga ketonton semua. salam kenal.

  330. 13 Juni 2008 pukul 9:12 am

    pian bedua ni kaya badangsanak haja. balum suah batamuan tapi pina akrab banar. Kada papalah bahasa Banjar, biar nang lain kenal bahasa Banjar.

  331. suhadinet
    13 Juni 2008 pukul 7:16 am

    Wew…ternyata Pak Budi lihai ngobrak-abrik parabol digital. Kalau saya, harus panggil tukangnya.

  332. 13 Juni 2008 pukul 12:06 am

    daftar satelit dan transponder sebagian ada di kotak boxnet, tapi lama gak diapdet. terkadang nama di http://www.lyngsat.com beda dengan di http://www.satcodx.com

  1. 23 Maret 2011 pukul 4:50 pm
  2. 21 Juni 2010 pukul 1:14 pm
  3. 14 April 2010 pukul 10:34 am
  4. 17 Maret 2010 pukul 2:29 pm
  5. 17 Maret 2010 pukul 5:10 am
  6. 2 Januari 2010 pukul 5:38 pm
  7. 30 Maret 2009 pukul 8:27 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.709 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: