Beranda > parabola > MENCARI SATELIT TV cara SMS

MENCARI SATELIT TV cara SMS

Sebenarnya saya kok rada malu posting ginian, masak parabola kok diikat pake tali sling, beli rotator lak uwis. selesai. tapi berhubung saya ingin menunjukkan bahwa saya orang yang gak punya duit. ya udahlah. sedikit NARSO (narsis tapi ndeso).

postingan ini merupakan sambungan dari postingan melacak, mencari posisi satelit. karena ada beberapa yang nanya gimana sih mencari satelit? bahkan ada yang nelpon segala. ada yang dari arab, merauke, sabah malaysia, kudus, pontianak, halah…

baiklah, kita balik ke permasalahan pingin cari satelit dengan cara manual, (SMS = sari Satellite Manual System) persyaratannya tentu pemasangannya sudah bener, sesuai dengan petunjuk, halah…

parabola3bahan dan peralatan yang diperlukan adalah

1. per, saya gunakan per panjang yang biasa dipake tracksando, ayunan

2. tali baja/sling 10-20 meter (sesuai keperluan)

3, roda kecil, saya pake kerekan burung = 2 ( atau lebih)

4. kayu balokan, besarnya menyesuaikan

5. peralatan seperti palu, tali kecil pengikat, paku, kopi dan jajanan secukupnya

caranya:

1. per dipasang di sebelah barat, karena satelit banyak di bagian barat

2. sling dipasang di sebelah timur, roda dipasang di tempat tikungan. pada ujung tali di beri gantungan yang ada lobangnya. lubang tersebut digunakan untuk mencantolkannya di paku-paku. paku-pakau nanti merupakan cantolan tiap satelit. paku  pertama dibuat tingginya sekitar 1 meter.

3. setelah per diikat dan sling dipasang dicantolkan pada paku, maka kedua alat ini dapat menyangga gerakan parabola barat-timur. pastikan sudah pas. lepaskan besi penyangga barat-timur (seperti pada gbr).

4. ketika besi penyangga dilepas, kekuatan sinyal tidak berubah. selanjutnya siap melakukan SMS (satelite manual system)

5. siapkan daftar satelit dan daftar transponder (dapat didonlot disini)

6. buka receiver-tambah transponder. misalnya anda ingin cari satelit telkom, asukkan salah satu transponder misalnya JTV : freq=04096, symrate =03126, pol = H, kemudian lepas tali dari paku-jangan pencet tombol OK terlebih dulu

7. gerakkan/ulur-tarik pelan-pelan hinggga diperoleh sinyal. jika sinyal didapat berarti satelit telkomnya dapet. tandai dan beri paku. setelah itu bari tekan OK.

8. jika JTV dapet, bararti transponder lain di satelit tersebut dapat dicari

9. berikutya untuk nyari satelit lain, tinggal sama seperti langkah 6-8. jika langkah 6-7 gagal, berarti pemasangan parabola tidak pas.

10. bbrp receiver sudah dilengkapi daftar satelit dan transponder. kalau satelit dah dapat, masuk ke lacak satelit, maka tv yg FTA (free to air) langsung dapat semua di satelit tersebut

selamat mencoba

About these ads
  1. 22 Mei 2014 pukul 3:40 am

    I loved as much as you will receive carried
    out right here. The sketch is attractive, your authored subject
    matter stylish. nonetheless, you command get got an impatience
    over that you wish be delivering the following.
    unwell unquestionably come further formerly again since exactly the same
    nearly very often inside case you shield this increase.

  2. 10 Agustus 2013 pukul 3:34 am

    I do not know if it’s just me or if everybody else experiencing issues with your site. It appears as though some of the written text in your posts are running off the screen. Can somebody else please comment and let me know if this is happening to them as well? This could be a problem with my browser because I’ve had this happen before.
    Kudos

  3. 27 Mei 2013 pukul 10:39 pm

    There are quite a few options for snoring but it is encouraged
    that you simply very first try out organic techniques as they are free
    of charge and could possibly be very powerful. Several methods solutions are proffered in this article and it will be of excellent significance to you to note them down and try them out.

  4. 26 April 2013 pukul 4:42 pm

    Każdy z nas ma szansę na to, trener osobisty warszawa tak aby wić się różnego rodzaju ćwiczenia, oraz tym samym prace personalne.

    Są różne osoby, które absolutnie znają się na wykonywaniu ćwiczeń, kiedy zaś na
    prowadzeniu ich w gdy w najwyższym stopniu wydajny sposób.
    Często zdarza się, iż trener indywidualny,
    jest całkowicie ustawiony do tego, aby biec kurs w grupach.
    Ludzie, jacy starają się, iżby mieć własnego trenera, muszą czasem podkablować na niego całkiem duże pieniądze.
    Jest to wprawdzie warte uwagi, podczas gdy natomiast mało tego jeszcze efektów,
    będących w celu nas sposobem na pomnożenie swojej samooceny.

    Każdy wie, iż instruktor osobisty, jest kosztownym sposobem na komenderowanie własnej
    grupy. Najważniejsze jest to, żeby wymyślił nam dobry mapa działania, jak i
    platforma diety. Zastosowanie się aż do niego, jest w celu
    nas idealnym sposobem, abyśmy zmienili własny globalny
    tryb życia, na śmiałość lepszy. Klub fitness, dla osób, które znają się na
    prowadzeniu ćwiczeń, jest idealnym miejscem, ażeby mieć warunki w badania racjonalny,
    zjednywać odpowiedniej jakości wagę. Trener osobowy jest w ogóle osobą,
    która w każdym calu zna się na prowadzeniu diet, dopasowaniu naszej wagi aż do wzrostu, podczas gdy natomiast również do właściwej grupy wiekowej.
    Praca, kiedy tudzież ćwiczenia, są gwoli każdej osoby ważnym elementem pracy, oraz tym samym systemem, kto powinniśmy starać się każdego dnia
    całkiem opanowa. Im częściej zapatrujemy się na swoją
    sylwetkę, tym szybciej jesteśmy w stanie znaleźć w
    niej różnego rodzaju niedoskonałości, gdy a
    w odpowiednim czasie je poprawić. Grupy ćwiczeniowe, są organizowane na różne pory dnia, abyśmy mogli do nich dopasować pory
    ćwiczeń.

  5. 5 Juli 2012 pukul 5:03 am

    It’s very straightforward to find out any matter on net as compared to textbooks, as I found this piece of writing at this web page.

  6. 18 Juli 2011 pukul 10:47 pm

    krennnnnnnnnnnnn
    nambain2 otak gw yg blong
    n bocor dikit
    bisa ngerusak jg

  7. 1 April 2011 pukul 9:28 am

    bang saya mau nonton siaran tv malaysia kok tak bisa, saya sudah pakai reciver hansea digital lnbf c band matrix arah parabola sudah mengarah ke satelit maesat posisi 91.5`E signal tv3 ada bagus tapi gambar tidak ada dari kediri jawa timur mohon saran untuk dapat siaran tv malaysia TERIMA KASIH

    • 1 April 2011 pukul 4:55 pm

      wah bagus bisa mencari measat, soalnya itu dekat dengan st1
      hampir semua teve malaisia, bukan FTA, jadi kita tak bisa nangkap, karena yang bisa kita tangkap cuma yang FTA, sinyal memangbagus

  8. Airi
    11 Agustus 2009 pukul 5:33 pm

    Punya saya yg solid pak,yg 6 feet.sy agak ngeri kalo di bolongn.tkut rusak.hehe.makasih y pak.sya tunggu blesannya

  9. 6 Agustus 2009 pukul 5:34 am

    @Airil : wah..maaf, juli -agustus kegiatan luar padet banget, belum sempat. sampean belum mencantumkan ukuran disk yang digunakan, karena beda batuk beda pula obatnya…(lho kok gak sambung)rencana saya mau saya tambah foto disk 9 feet(mesh) dan disk 6 feet(solid).

  10. Airi
    5 Agustus 2009 pukul 12:41 am

    Pak budi,komen saya blum di jawab lho,sy penasaran cara gantung per dan tali di disc gmn cranya yg aman biar ga rusak.mksh pak

  11. 31 Juli 2009 pukul 9:15 pm

    @Henzrid: pada langkah 5,6,, 7 dan seterusnya tali yang diulur-tarik, diganti dengan melakukan gerakan pada positioner, sambil melihat pada receiver. jika ditemukan sinyal dapat langsung disimpan. kearah mana gerakan positioner tergantung satelit dan posisi kota anda

  12. 30 Juli 2009 pukul 9:12 am

    Saya mau tanya, bgmna cara mencari satelit baru dn bgmn cara mencari posisi satelit lewat positioner. Smg pertanyaan saya di jawab. Trm kasih byk atas infonya.

  13. Airi
    17 Juli 2009 pukul 6:44 am

    Pak budi salam kenal yo.bpk kreatif bner…mau tnya,gantung per dan tali slink di bgian parabola mananya y?apa hrus di bolongin piringannya?trus gambarnya boleh emailin k sy ga?sy ngenet pke hape jd ga jelas..mksh y pak

  14. 12 Mei 2009 pukul 4:55 pm

    wah iki baru sangar, itu parabola juga bisa buat antena wirless. hihihi buat yg ngerasa poor people kek gua. wes ah pokok’e pak budies top markotop maknyusss… xixixi lanjut pak
    .
    .
    @Gophal makasih yasebenarnya iya sih, tapi saya kesulitan tempatnya. tapi saya pernah pasang di rumah pak danramil 1012-07/ampah pakai parabola 12feet jan maknyus tenan. sinyale ekselen

  15. 24 April 2009 pukul 4:04 pm

    Aq moco kawit mau bolak balik ko’ ora ngerti jane kuwi lagi mbahas opo to? opo tenane aq katrok yo?
    .
    .
    @agung: hahahaha…aku yo ra mudheng

  16. andy
    24 April 2009 pukul 12:49 pm

    pak misale dish mesh, terus jaring2nya saya ganti pake plat alumunium kira2 menurut bapak gmn??? matur nuwun…

  17. andy
    23 April 2009 pukul 7:03 am

    almat ada di 76.5E, kalo asiasat 2-4 saya sdh dpt, tapi kalo apstar1a blm dpt, dan di catetan yg saya ambil dari satcodx koq ga ada, kira-kira almatnya di mana?
    .
    .
    @andy: lha yaitu, makanya nama satelit gak penting, yang penting alamatnya. apstar 1a di 134, apstar 1 di 138 trus agila2 di 146. di aglia ada tv indonesianya lho, tapi saya lupa

  18. 22 April 2009 pukul 11:22 pm

    @mas faturahman: ya besok-besok tak apdet gambarnya, itu cuma sket-nya orang gak bisa gambar.

    @mas Andy: wah hebat mas dapet telstar10, masalah jumlah chanel itu tergantung satelitnya berapa yang dipancarkan bebas (FTA). oh ya berapa alamat telstar 10, lagi males buka catetan. yang buanyak itu di asiasat, apstar 1a

  19. andy
    22 April 2009 pukul 5:21 pm

    maaf salah, maksud saya telstar10,

  20. andy
    22 April 2009 pukul 5:11 pm

    sampai saat ini saya ucapkan terima kasih atas semua infonya dari bapak,, dan skrng saya sdh sampai telstar18, tapi canel yang masuk cuma 4, apa cuma 6ft itu ya?? Matur nuwun..

  21. Faturahman
    22 April 2009 pukul 8:55 am

    Mohon minta gambar parabola dg tali sling agar diperbesar/bisa di download.kalau bisa kirim ke email saya. Terimakasih

  22. andy
    21 April 2009 pukul 12:55 pm

    pak receiver saya kalo di masuki freq diatas 10rb koq ga bisa kenapa?? apa harganya murah itu ya??
    terimakasih atas bantuanya..
    .
    .
    @Andy: selamat dulu ya atas keberhasilannya mencari satelit. berikutnya kemampuan receiver ya begitu, saya juga gak paham tentang itu. bukankarena murah. barangkali jenis LNB, khan ada C-band, Ku-Band. coba tanya pada yang ahli

  23. andy
    15 April 2009 pukul 10:57 am

    pak,, korea5 sama palapa koordinatnya kan sama,, bisa ga kita nangkap siaran dari satelit korea?? dan saya mau tanya kenapa rcti masih belum bisa ketngkap apa saya dalam pemasangan antena ada yang salah??
    parola saya dish mesh 6ft, lnb VENUS, receiver SHIBEI. matur nuwun,,,,
    .
    .
    @Andy: disk mesh 6 ft memang kurang peka kalau 6 ft solid lebih bagus. lnb yang saya pakai merk HANSEN, kelihatannya lebih bagus ini

  24. 11 April 2009 pukul 9:34 pm

    @mas ismail ; sampean baca artikel satu gelas berdua, atau bisa juga pararel dari receiver, cuma kalau yang ini polaritas harus sama, misale stasiun yang polaritasnya horisontal : tvone, metro, rcti, global, sctv dan…. terus yg horisontal :antv, indosiar.
    ketika receiver induk nyetel vertikal, maka anda hanya bisa nyetel yg vertikal juga. lha kalau pingin bebas pakai cara segelas berdua

  25. Ismail Sholeh
    11 April 2009 pukul 5:05 pm

    tolong mas kasi tahu ke saya adakah alat atau bagaimana caranya untuk memasang dua digital receiver secara bersamaan dengan satu antena parabola, maklumlah kami lagi bokek sejak krisis moneter ini jadi pengen hemat biaya, jadi tinggal numpang dengan antena tetangga saja. terima kasih atas bantuannya (mohon dibalas ke email saya)

  26. 6 April 2009 pukul 6:26 am

    ra nduwe tipi gawe nyoba. nice inpo gan!
    .
    .
    @sandiasa: sama-sama

  27. 5 April 2009 pukul 9:51 pm

    Terima kasih atas share ilmunya..
    Jadi pengen nyuba

  28. 5 April 2009 pukul 9:03 pm

    Mudah2an bermanfaat.
    Mudah2an pula bisa jadi inspirasi buat guru2 yang lain untuk bisa berkreasi.

  29. S.A
    5 April 2009 pukul 8:52 pm

    yoi banget apik pol!!!

  30. 1 April 2009 pukul 7:47 am

    Teorinya saya simpan, siapa tau bermanfaat dikemudian hari…..bagus om kreatip emang pak guru jaman skarang dituntut kreatip..dan wajib kreatip…salammm
    .
    .
    @@mrPall: eh…ternyata salamnya ada amplopnya……..makasih ya, lumayan untuk beli rokok

  31. 31 Maret 2009 pukul 9:39 am

    wih pak guru kreatif bener
    salut…
    tp nariknya jangan kenceng2 yo pak, kasihan tetangga kalo kejatuhan para bola sebesar gitu.
    .
    .
    @bendiel : kwakakakaka…wah ini termasuk NARKOBA = narik kolor barabola

  32. 31 Maret 2009 pukul 8:34 am

    Postinge bagus om..
    Tak liatin ama sodaraku yg baru pulang dari jambi,sueneng banget ne orange..
    Besok mau di coba di sono katane,bermanfaat beneran posting Om..ne…
    .
    .
    @sangbayang=sby: halah bilange kemaren mumet, memang betul mas ndik luar juawa itu kalo mau nuangkep siaran teve kudu pake pababola, soale yang namae transmisi tu cuman ndik kota-kota besar thok. mudahan wae bisa bantu

  33. 31 Maret 2009 pukul 6:16 am

    Teorinya saya simpan, siapa tau bermanfaat dikemudian hari

  1. 21 Juni 2010 pukul 1:23 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.736 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: