Beranda > Ide-ide > BIKIN AQUARIUM SENDIRI

BIKIN AQUARIUM SENDIRI

Seseorang menjadi mau melakukan sesuatu jika terpaksa oleh keadaan. Bisa saja keadaan itu berasal dari dirinya sendiri atau lingkungan. Namun saya sependapat dengan kalimat-kalimat positif dari berpikir positif. Jadi keadaan dapat kita ciptakan sehingga kita mau melakukan sesuatu. 

Bagi yang banyak duit, tentunya keadaan dapat dibeli. Ngapain susah-susah bro…kan banyak yang jual aqurium jadi. Demikian komentar salah seorang tetangga ketika saya mencoba membuat aquarium. Lagi-lagi muncul keraguan tentang profesinalisme, lho guru kimia kok bikin aquarium sendiri. Seharusnya guru kimia ya membuat alat peraga kimia, atau setidaknya seluruh waktunya dicurahkan untuk kimia. Jangan yang lain.

Aquarium yang saya buat ini memiliki keistimewaan, yaitu sistem penyaringan air terletak di bagian belakang gambar latar. Sehingga kesemrawutan tdak tampak mengganggu pemandangan

Peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan adalah

  1. gambar perencanaan
  2. lem kaca ukuran sedang 3 botol
  3. lakban atau isolasi
  4. batu asah atau kikir
  5. styrofoam, untuk alas kalau sudah jadi
  6. perlengkapan tambahan seperti : pompa, aerator, gambar latar serta pernak pernik

 

langkah pengerjaannya adalah:

  1. membawa gambar ukuran ke toko kaca untuk minta dipotongkan sebanyak ukuran yang telah kita siapkan.
  2. alas kita letakkan di lantai yang rata dengan diberi ganjal styrofoam, setiap sudut dolesi lem secara merata(sisi kiri kanan masuk). Sebelum pemasangan sekat penyaring, sebaiknya dari dalam diolesi lem lagi.
  3. pemasangan sekat lebih mudah jika aquarium dimiringkan
  4. setelah semua kaca terpasang, selanjutnya memasang lis secara keliling. Selain untuk memperindah, lis ini juga berfungfi untuk memperkuat kaca dari tekanan air.
  5. pengisian air dilakukan setelah 24 jam. Pengisiannyapun dilakukan secara bertahap, misalnya 10 liter dibiarkan dulu beberapa saat. Hal ini untuk mengecek adanya kebocoran dan menghindari perubahan suhu secara ekstrim yang dialami kaca.

 

Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang tidak profesional

 aquarium-1

 

 

 

 

 

gambar potongan kaca

aquarium12

aquarium13

 

aquarium141

aquarium11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

aquariumku yang sudah jadi… sekarang sumber su dekat, beta tidak terlambat lagi

About these ads
  1. 11 Januari 2014 pukul 12:59 am

    Coba lagi bikin akuarium, ah..
    Kok gagal lagi (bocor terus)..

  2. 17 Agustus 2013 pukul 10:21 pm

    It’s appropriate time to make some plans for the future and it’s time to
    be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things or suggestions.
    Perhaps you could write next articles referring to
    this article. I desire to read even more things about it!

  3. 24 Juli 2013 pukul 10:42 pm

    It’s appropriate time to make some plans for the future and it’s time to be happy.

    I have read this post and if I could I want to suggest you few interesting
    things or advice. Maybe you could write next articles referring to this article.
    I desire to read more things about it!

  4. 5 Juli 2013 pukul 7:23 pm

    If you are going for most excellent contents
    like I do, only pay a visit this site every day since it gives quality
    contents, thanks

  5. 18 April 2012 pukul 10:20 am

    Wah kebetulan ini aku juga lg pngin buat aquarium,thanks gan.

  6. 29 Januari 2011 pukul 4:23 pm

    wah pak patut di coba tuh………………………
    tolong buat lagi karangan aquarium kayak gini lagi yah…………….!!!!!

    • 21 Oktober 2011 pukul 9:24 am

      pak aquarium saya sudah berkali kali di lem tetep aja bocor (lemnya sobek) gimana nihhhhhh?berapasih ketebalan lem dan berapa lama harus dibiarkan sampai benar benar kering?ukuran aquariumnya:lebar 130,panjag 40,tinggi 80.

  7. 16 November 2010 pukul 7:23 am

    alo salam kenal pak :)
    ini lagi mau beli aquarium baru, tapi setelah ngeliat artikel ini jadi pingin buat sendiri :D
    btw tukeran link yuk :D
    ditunggu kabar baiknya ya :)

  8. 21 September 2010 pukul 10:46 pm

    kira2 harganya berapa ya pak? lebih praktis mana acrylic atau kaca? saya mau bikin akuarium nih pak..mohon penjelasannya:)

  9. 11 Maret 2010 pukul 11:26 am

    Pa guru kalo bikin Aquarium dengan dua sudut pandang(alam Atas dan Bawah Air )itu namanya apa ya pa???pernah dengar tapi lupa lagi>?>????????terima kaasih atas jawabanya//!!!!

  10. 11 Maret 2010 pukul 11:17 am

    Terima kasih atas informasinya pa guru,,semoga sukses selalu,,mampir di blog say ya pa guru..

  11. 23 November 2009 pukul 1:43 pm

    ujar urang makasar “MANTAP MENTONG” aquariumnya
    mas budi, saya masih diampah, tinggalnya “nomaden” kadang2 di kantor kadang2 di mess ya gitu deh, orang pengasingan dari janah. hwheheheeh. wong parabola, tv aja masih di bapak gandung. piye lomba opo “ITF” kapan neh tandingnya?

  12. raihanfz
    23 November 2009 pukul 10:30 am

    salam kenal sesama pecinta pendidikan !

  13. andy_begok
    24 Mei 2009 pukul 4:19 pm

    koq bentuk’e eplek eplek edhung,,,mejone yo tidak mendukung…untuk ukuran segitu,beli jadi lebih murah dan rapi…daripada buat sendiri lebih njlimet,gak rapi,resiko bocor,banyak perkakas yang dipakai karena tidak produksi massal,dan yang utama lebih MAHAL…

  14. 15 April 2009 pukul 9:15 pm

    OSN Kab tgl 18 April 2009, 1 jurusan 1 orng/sekolah

  15. 15 April 2009 pukul 1:12 pm

    Siang Pak…..
    Bisa di SMS-kan alamat sekolahnya pak…?
    ke no ini aja pak… 0852.4756.8888
    Mudah-2 an brosur sekolahnya bisa bermanfaat pak…

    Terima Kasih ya pak…

  16. 11 April 2009 pukul 4:23 pm

    wah keren sekali pak, sy juga mau coba

  17. 11 April 2009 pukul 9:30 am

    mo pesen boleh banget pa..mo gratis jg boleh heheh…
    ak setuju pak guru qt mang harus kreatif,kalo qt bisa bikin knp harus beli lumayan nambah ilmu da jg sapa tau qt bisa buka lapangan kerja bwt orang skliling qt yang mbutuhkan..pasti smua akan positif dengan brusaha ya ga pak…mksh dah berkunjung di blog ku…
    .
    .
    @nenden: setuju, acung dua jari……

  18. 11 April 2009 pukul 7:19 am

    hmmmm bikin aquarium jlimet loh mas….
    .
    .
    @mr: tapi jadi lho mister, walo cuma gitu

  19. 10 April 2009 pukul 10:47 pm

    terima kasih banget info dan share-nya nih, pak. salut banget, ternyata pak budi tak hanya piawai dalam mengajar dan mendidik, tapi juga bikin aquarium. perlu saya coba juga nih.
    .
    .
    @sawali: halah pak, jangan coba-coba, itu hanya untuk orang yang gak punya kerjaan

  20. 10 April 2009 pukul 5:47 pm

    Waw..
    Kreatif abis pak guru budi…
    Emang buat orang yang ga bunya duit banyak kayak aku ini ilmu kayak gini perlu ditiru ee salah diterapin n praktekin…
    Hehehe..
    salam knal..
    .
    .
    @trinil: sekitar tahun 78-an saya pernah ke museum trinil, sekarang seperti apa ya. salam kenal balik

  21. 10 April 2009 pukul 10:19 am

    PAgi Pak…
    Maaf baru Berkunjung lagi…
    Pak, Foto dan Link udah di ADD nih…
    Di Link balik ya Pak…. :)
    Terima KAsih….
    .
    .
    @sekolah pramugari: ya sudah,saya juga telah tempel pengumuman tentang sekolah ini di mading

  22. 10 April 2009 pukul 1:16 am

    Wakakakakak..
    Pak guru ne..orang kreatif banget..,pantes kalo di gugu dan di tiru,ada aja idenya ne..
    Tapi yang jadi kendala saya waktu buat AQUARIUM sendiri tu pernak-perniknya,nyari rumput air yang hidup itu agak susah..mesti ke solo je..,soale di ngawi adane cuma rumput laut itupun udah di bikin ES..ehehehehe..ES..rumput laut maksudte..eehehehehehe..
    Kaborrrrrrrrr..wakxkxxkkxkxkxkxkxkxkx..
    .
    .
    @ sangbayang: pake saja rumput tetangga…. khan rumput tetangga lebih subur…ngaciiiiiirrrrrrrrrrrr

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.737 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: