Beranda > pramuka > PELANTIKAN BANTARA

PELANTIKAN BANTARA

Setelah melakukan kegiatan ketahanan mars (Hanmars) dengan menempuh jarak sekitar 52 km, para anggota penegak laksana mengadakan pelantikan anggota Bantara tanggal 8 s/d 9 Agustus 2009. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin awal tahun pellajaran. Anggota penegak yang memenuhi persyaratan administrasi dilantik menjadi Penegak Bantara.

Acara dimulai pukul 20.00 wib sampai pagi, bertempat di balai benih Ampah. Berikut ini adalah sebagian foto-foto kegiatan pelantikan tersebut.

bantara1

Peserta diberi pengarahan dan doa bersama sebelum memulai dimulai

bantara2

Peserta dengan mata tertutup menuju lokasi

bantara3

Suasana dalam perjalanan yang dipandu senior

bantara4

Senior seolah-olah membuat rintangan

bantara5

Saat menjelang pelantikan

bantara6

Sebelum dilantik minum air kelapa…hmm seger

Bagi yang belum dilantik, nanti setelah apel penurunan Bendera 17 akan diadakan pelantikan jilid II, sekaligus pelantikan penerimaan tamu Penegak menjadi Penegak.

contoh dialog yang diambil dari pramukanet.org

Pada pelantikan anggota Pramuka Penegak/ Pandega, sering kita menyaksikan tata cara yang dlakukan seorang Pembina Penegak/ Pandega sebelum melaksanakan Pelantikan yakni melakukan suatu dialog atau tanya jawab. Kali ini yang akan dibahas tentang contoh materi dialog antara Seorang Pembina dengan Para Pendamping Calon Penegak ( Mis. Penegak Bantara ), yang disebut dengan Perantara Kanan dan Perantara kiri.

Perantara Kanan adalah seorang Penegak yang bertugas sebagai pendamping, bertanggungjawab atas penilaian terhadap segi kejiwaan dan kepribadian anggota Pramuka yang didampinginya.

Perantara Kiri adalah seorang Penegak yang bertugas sebagai pendamping, bertanggungjawab atas penilaian terhadap segi kecakapan dan aktifitas anggota Pramuka yang didampinginya.

Sebelum melakukan dialog, Pembina menugaskan Perantara Kanan/ Kiri untuk menjemput Calon Penegak untuk dihadapkan pada forum Dewan kehormatan untuk dilaksanakan pelantikan dan perintah penugasan itu diberikan setelah Calon Penegak tersebut melaksanakan renungan jiwa.

Perantara Kanan/ Kiri sebelum memasuki ruangan/ forum boleh mengetuk pintu terlebih dahulu :

Perantara Kanan/ Kiri : Tok….tok…..tok……

Kakak Pembina : Siapa diluar …?

Perantara Kanan/ Kiri : Kami Perantara Kanan/ Kiri akan menghadapkan seorang Pemuda Indonesia, di depan Dewan kehormatan ( dalam Rumah Adat ) untuk dilantik sebagai anggota Penegak Bantara ……….

Kakak Pembina : Silahkan masuk …!

Selanjutnya adalah dialog/ tanya jawab antara Kakak Pembina dengan Perantara kanan/ Kiri :

Perantara Kanan/ Kiri : Lapor…! Kami Perantara Kanan/ Kiri akan menghadapkan seorang Pemuda Indonesia, yang bernama Sdr. …………………….di depan Dewan kehormatan ( dalam Rumah Adat ) untuk dilantik sebagai anggota Penegak Bantara ………….

Kakak Pembina : Adik-adik Perantara, atas nama Saudara-saudaramu seperjuangan dan se ambalanmu, sebelum Kakak menerima dan melantik calon penegak yang kalian hadapkan, terlebih dahulu saya berkewajiban meminta pertanggung jawaban kepada adik- adik perantara, atas pengamatan dan penilaianmu mengenai perkembangan calon Penegak yaitu adik …………. ( sebut nama). dari segi kejiwaan dan kepribadian maupun segi kecakapan dan aktifitasnya sehari-hari,

berdasarkan pengetahuan dan pengalamanmu dalam pergaulan dengan calon penegak di masa lalu ?

Perantara Kanan : Saya menyatakan bahwa calon Penegak ini memiliki jiwa yang kuat dan tekad yang baik yang senantiasa menjunjung harkat dan harga dirinya serta martabatnya sebagai manusia Indonesia, insan Pancasila, kehomatan bangsa dan negaranya serta memiliki kemauan yang teguh dalam mengembangkan kualitas dirinya terhadap Tuhan, Negara dan pengabdiaanya kepada masyarakat dan lingkungannya.

Kakak Pembina : Terima kasih kepada adik perantara Kanan atas pertanggungjawabanmu. Selanjutnya kepadamu Adik perantara kiri berdasarkan pengetahuan dan pengalamanmu dari segi Kecakapan dan aktifitasnya ?

Perantara Kiri : Saya Menyatakan bahwa calon Penegak telah memiliki kecakapan dan kemampuan yang senantiasa berupaya menjunjung taraf kehidupannya, memiliki aktifitas dan perilaku yang baik, berguna bagi dirinya serta pengabdiannya bagi masyarakat dan lingkungannya.

Kakak Pembina : Terima Kasih Adik-adik Perantara Kanan dan kiri, yang telah memberikan pertangggungjawabanmu atas calon Penegak yang adik –adik hadapkan.

Selanjutnya Pertanyaan ini kami tujukan kepada adik calon Penegak, Adik………………….( sebut nama ), Setelah mendengarkan pertanggungjawaban perantaramu, apakah adik membenarkan seluruh pernyataan yang dikemukakan oleh kedua perantaramu dan mengakui kebenarannya untuk selalu memegang teguh dan tetap melaksanakan dalam kehidupanmu dengan nyata di masa yang akan datang ?

Calon Penegak : Dengan ketulusan hati. Saya ………………… ( nama Penegak ) menyatakan membenarkan seluruh pernyataan perantara kanan dan kiri.

Pembina Penegak : Terima kasih atas keberanian dan ketulusan adik calon penegak. Kakakmu tetap dan senantiasa mempercayai segala pernyatan yang telah adik adik kemukakan. Kemudian kepadamu, perantara kanan dan kiri untuk mundur satu langkah, agar calon penegak ini barhadapan sendiri di depan Dewan Kehormatan dan seluruh anggota ambalan untuk dilakukan pelantikan.

( Dilanjutkan dengan tanya jawab pelantikan antara Kakak Pembina dan Calon Penegak )

 

Catatan : Bahwa dialog diatas adalah sebagai salah satu contoh saja. Para pembina dapat mengembangkan kreatifitas bentuk dialog yang bisa lebih menyentuh nurani bagi calon Penegak/ Pandega, dengan tetap menggunakan perantara kanan/ kiri dan penilaian dari segi kejiwaan/ kepribadian maupun kecakapan si calon Penegak.

  1. nofri yenti
    2 Februari 2012 pukul 10:47 am | #1

    Salam Pramuka….

    saya pramuka dari sumatera barat
    kak saya ingin tahu susunan tata upacara untuk pelantikan Bantara

    • 2 Februari 2012 pukul 11:26 am | #2

      salam pramuka
      susunan/ tata upacara untuk pelantikan bersifat tradisi bukan sesuatu yang baku, sehingga antara ambalan satu dengan yang lainnya tidak harus sama
      Inti dari pelntikan ini adalah adanya dialog antara
      pendamping – pembina : pendamping melaporkan bahwa calon yang didamingi adalah ….
      calon yang dilantik – pembina : pembina menanyakan kesiapan ……
      pengucapan sumpah/janji saat pelantikan

  2. 27 November 2010 pukul 11:13 pm | #3

    kakak saya jg nnya,,,
    sbner nyaa pelantikan yg baik itu..1 hari apah 3 harii sii..
    krna saya bngung,,
    di sklah saya 1 hari..
    tp saya diajak di luar 3 harii…

    saya lbih mlih di luar k..
    krna di sklah..blum pnya ambalan…

  3. 4 November 2009 pukul 7:23 pm | #5

    dalam praktiknya, penggolongan tingkatan kepramukaan banyak didasarkan pada tingkatan sekolah,
    SD = siaga
    SMP = penggalang
    SMA = penegak, walaupun hal itu tiodak tepat betul
    selanjutnya kenaikan tingkat bukan didasarkan pada usia, melainkan pada pencapaian SKU, hal ini identik dengan keaktifan selama latihan

  4. NURDIN
    4 November 2009 pukul 9:21 am | #6

    kakak saya pramuka dari kalbar.saya mau bertanya sesuai dengan ad/art pramuka pd usia brp anggota prmka penegak boleh dilantik bantara dan laksana.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.602 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: