nasionalisme guru

apa benarya bahwa nasionalisame guru mulai menurun… saya rasa tidak

tidak bisa serta merta kalo guru sedikit yang mengikuti kegiatan 17-an lantas dicap nggak nasionalis. Buktinya aku.. bahwa selama 16 tahun menjadi guru selalu mengikuti 17-an, mulai renungan suci, apel pagi, aubade juga nggak merasa lebih nasionalis daripada teman-teman yang tidak pernah ikut apel. malahan setiap kesempatan teman-teman yang jarang ikut apel lebih berpeluang mendapat “jatah”. mulai penataran, woksop, pelatihan dan lain-lain.

lantas enaknya gimanaya… apa saya harus ikut-ikutan masa bodoh dengan pahlawan-pahlawan yang telah mengusir penjajah? salah sendiri pahlawan hidup di masa pergolakan, mengapa mereka gak hidup di zaman enak seperti sekarang.

kalo saja saya pahlawan paling sudah mati, atau jadi veteran dengan penghargaan ekonomi yang jauh lebih rendah dibanding buruh bangunan.

apa iya.. guru itu pahlawan? wah pasti jawabannya iya. sebab guru harus berkorban dan menjadi korban. korban keganasan zaman, korban kebijakan politik dari orang-orang yang notabene dipinterkan oleh guru

guru memang layak menjadi kambing hitam, karena kenyataannya sedikit sekali guru di negeri ini yang berkulit putih.

oh guru.. hitam nasibmu sehitam kambingmu kawan…

One thought on “nasionalisme guru

  1. Assalamu’alaikum
    Memang penghargaan itu bukan dilihat berdasarkan pengabdian atau ketekunan seseorang terhadap suatu instansi, tetapi seberapa dekta kita terhadap the spesial one or head teacher or men behind the scene yakni pejabat yang terkait. Bukti itu merupakan suatu kemunduran bagi dunia pendidikan. Nah mas budi, ayo kita canangkan Gerakan berantas KKN, tingkatkan mutu dan pengabdian.
    Wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s