KTSP riwayatmu kini

Ingatan kita lalu tertuju pada lagu Bengawan Solo ciptaan mbah Gesang yang sempat diprotes Jepang karena dianggap menjiplak sebuah lagu dalam bahasa Jepang. Tapi masa bodoh tentang itu yang penting kita masih bisa nyanyi KTSP (Kurikulum TerSerah Pian) sambil bertanya kepada rumput yang bergoyang.

seperti yang diharap para pengambil keputusan bahwa tahun 2007 semua sekolah harus sudah melaksanakan KTSP. Hal ini berarti sekolah membuat KTSP. Membuat ….?? Ah yang bener!!!. Boro-boro membuat, paham tentang itu saja masih jauh. Lantas siapa yang seharusnya paham tentang KTSP? kalau menurut saya harus diurut dari atas. Mulai dari Menteri, dinasProvinsi, dinas Kab, Pengawas, Kepsek, Guru-guru, Komite dan stake holder school.

Berikut ini contoh kasus-kasus tentang ketidakmengertian KTSP:

1. Sekolahku sudah mendatangkan orang LPMP untuk sosialisasi, beberapa bulan berikutnya 14 guru ikut workshop tentang KTSP di Palangkaraya. Suatu hari pada rapat sekolah ada seorang guru menanyakan tentang KTSP. salah satu guru yg ikut workshop KTSP menjawab “gak ada aku di palangka bikin KTSP”, lantas ditanggapi guru lain “kita harus bikin silabus sebelum bikin KTSP”. Kenyataannya sampai sekarang sekolahku belum punya lagu yg disebut dengan KTSP tapi melaksanakan KTSP.

2. Saya lalu ke SD sebelah tanya KTSP katanya gak berani bikin karena belum dapat instruksi dari pengawas dan belum bisa. saya menawarkan diri untuk membantu namun tetap ditolak karena takut disalahkan.

3. dari dinasKabupaten menetapkan libur awal Puasa. Hal ini berarti bentuk ketidakpahaman KTSP bahwa libur dan hari efektif yang menentukan sekolah dan diketahui dinas.

Lantas kita mesti instrospeksi bersama atau cukup nyanyi bersama KTSP riwayatmu kini…..

2 thoughts on “KTSP riwayatmu kini

  1. biar KTSP atau katesape Bartim telah terbukti mempunyai predikat baik tentang hasil UAN 2007.
    ini berarti
    Guru-guru Bartim berkualitas
    murid-murid Bartim berkualitas
    banyak kejuaraan tingkat nasional yang di tonton
    iptek di Bartim maju
    gak perlu bantuan, gak perlu iri luu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s