IBU KOTA PROVINSI

IBU KOTA PROVINSI

Adalah hal yang mudah bagi seorang guru untuk berkelit, menghindar dari pertanyaan siswa yang tidak diduga sebelumnya. Namun hal yang satu ini rasanya pantas untuk kita saling berbagi tertawa, merenung atau instrospeksi.

Kejadian ini berawal dari pertanyaan seorang siswa, ketika sedang membahas materi penulisan kata baku. ” Pak, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah itu apa?, tanya salah seorang siswa. Spontan sayapun membetulkan pertanyan yang saya anggap salah. “Pertanyaanmu kurang tepat. Jika menanyakan suatu tempat seharusnya pertanyaanmu, Pak di mana letak Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah?”

Murid : dengan agak takut-takut, dia mempertegas pertanyaannya, “Maksud saya, Ibu Kota Kalimantan Tengah itu PALANGKARAYA (penulisannya serangkai) atau PALANGKA RAYA (penulisannya terpisah)”

Guru : dengan berlagak sok tahu saya kembalikan pertanyaan itu ke siswa yang lain. “Bagaimana, yang lain ada yang tahu?”

Guru : ketika tidak ada yang menjawab, saya mulai kelincutan mencari akal bagaimana menyiasati kejadian ini. ” Ah, kalian ini keterlaluan. Masak nama Ibu Kota Provinsinya sendiri sampai tidak tahu bagaimana cara penulisan yang benar. Tidak mungkin keduanya benar, karena itu kalian jangan sampai salah. Bahwa nama ibu kota suatu daerah itu ada dalam keputusan Menteri Dalam Negeri”

Guru : mulai bersemangat, sok nasionalis. “Ketidaktahuan adalah bagian dari rendahnya kesadaran berbangsa dan rasa cinta serta bangga akan daerahnya. Kalau kalian sudah tidak cinta, tidak bangga akan daerah kalian serta budaya kalian, saya khawatir nanti ada negara tetangga yang mengklaim daerah, budaya, masakan menjadi milik mereka. Karena kita tidak cinta terhadap budaya dan daerah, masih ingatkah kalian lagu Rasa sayange, masakan Rendang, kesenian Reog, musik Angklung telah diklaim sebagai bagaian dari mereka?”

Bukan seorang guru kalau tidak pandai mencari alasan tidak bisa. Karena di dunia ini hanya ada dua profesi yaitu guru dan bukan guru. Akhirnya waktupun habis dan pertanyaanpun tidak terjawab.

Sampai di rumah saya berusaha mencari jawaban dari berbagai sumber, mulai dari teman sejawat, tetangga, arsip-arsip surat dari Dinas, Kalteng Pos hingga situs Universitas Palangka Raya semuanya belum memberikan jawaban yang pasti. Akan tetapi saya tetap yakin bahwa hanya satu nama yang benar. Tidak mungkin sama saja antara keduanya

jawaban dari kaltengpos online

Catatan Administrator:

Nama Palangka Raya berdasarkan Perda Tahun 1961 tentang Lambang Daerah Kalimantan Tengah dan UU Tahun 1957 ttg pendirian Provinsi Kalteng, tulisan nama Kota Palangka Raya (terpisah Palangka dan Raya); arti Palangka Raya, nama ini berasal dari bahasa Dayak kuno yang berarti tempat yang suci dan besar. Namun dalam perkembangan terjadi perubahan penulisan yang terkait dengan penyusunan data informasi geografi nasional yang memang belum melibatkan daerah.

Terima kasih atas perhatian warga kota “CANTIK” Palangka Raya.

Herson

Kabid Penyiapan dan Verifikasi Data, Badan Pengolahan Data dan Sistem Informasi Daerah Provinsi Kalimantan Tengah.

4 thoughts on “IBU KOTA PROVINSI

  1. sebaiknya penulisan kata palangka raya atau palangkaraya dikembalikan kepada dua opsi, yang pertama adalah ditinjau dari sudut sejarah yang tertulis di prasasti pendidirian provinsi kalimantan tengah yang ditandatangani oleh presiden soekarno dan yang kedua dilihat dari sudut surat keputusan gubernur atau mendagri. untuk menentukannya mana yang lebih kuat dari sisi hukumnya, maka opsi pertamakah atau opsi kedua yang dipergunakan. itulah yang harus dipakai dalam penulisan kata palangkaraya atau palangka raya.
    .
    @anda: terus yang bener yang mana? kan tidak mungkin keduanya bener

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s