TEMU PEMBINA PRAMUKA

Kalau ada sumur di ladang…. tak usahlah langganan PDAM, lalu di akhiri dengan SALAM PRAMUKA” begitulah kalimat terakhir yang di sampaikan oleh salah satu perwakilan peserta pada acara penutupan Temu Pembina Pramuka se-Barito Timur yang ditutup pada tanggal 30 Maret 2008 pukul 17.00BBWI(Bagian Barat Waktu Indonesia).

Adalah Budi, salah satu perwakilan peserta tersebut yang suka usil dan beberapa kali berteriak “KATROK” jika mendengar ada telepon genggam dari salah satu peserta berbunyi, sementara sedang disampaikan materi oleh Instruktur. Menurutnya tidak etis dan kampungan kalau di ruangan rapat ada telepon genggam berbunyi. “Khan bisa di alih ke getar”, Katanya. Apalagi panitia sudah mengingatkan, “keep silent please your handphone“.

Menurut pengakuannya, kegiatan ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh pembina pramuka. Selama 17 tahun menjadi pembina pramuka, baru sekali ini ada dan mengikuti kegiatan pertemuan pembina tingkat kabupaten. Kegiatan ini dilukiskan sebagai kegiatan yang menyejukkan, menyegarkan dan memberikan suntikan motivasi untuk tetap bersemangat dalam membina pramuka.

Kegagumannya terhadap Kwartir Ranting Awang sebagai panitia penyelenggarapun tidak dapat ditutupinya. Hal ini terbukti dari beberapa kali dia memuji kesigapan, kekompakan, kecekatan, keuletan panitia dalam melaksanakan kegiatan ini. Bahkan sempat terucap dia akan meminjam proposal dan laporan kegiatan ini untuk dibawa pulang dan akan di terapkan di rantingnya tempat dia bertugas.

Kegiatan yang direncanakan ditutup tanggal 31 Maret ini dimajukan (menjadi hari ini) adalah atas desakan dari peserta karena beberapa peserta yang mengajar SMP pada tanggal 31 Maret sekolahnya mengadakan uji coba ujian nasional. Namun pemadatan kegiatan ini tidak mengurangi antusiasme para peserta untuk mengikuti kegiatan hingga malam hari.

salam Barito Timur, salam ranting Awang, salam JAJAKA, salam pramuka

12 thoughts on “TEMU PEMBINA PRAMUKA

  1. Slm pramuka
    Nama tjatoer kak.aq lulusan D2 PGSD UNESA,&Sekrng trnfr d UT ponorogo.
    Aq mau tanya bs g kakak2 krm rrp penggalang.coz aq msh bingung,y maklum kak,bru kale ne jd jd pembina pramuka.

  2. @Agus wahid: ketika Anda menulis pertanyaan ini, berarti Anda telah menjadi pramuka yang baik
    pramuka yang baik adalah kebersediaan bertanya dan memberi jawaban sejauh kita mampu.
    Oh ya Anda ngajar Siaga, Penggalang atau Penegak?
    banyak kok situs-situs yang mangajarkan bagaimana menjadi pembina
    salam pramuka

  3. salam pramuka…………
    kak saya mau tanya gyman sich cara jadi pembina yang baik dan benar karena saya baru ngajar pramuka…….??????

  4. salam pramuka

    aku eko Dewan Kerja Daerah Gerakan Pramuka Lampung, ikut pramuka dari SD sampai dengan waktu yang tidak ditentukan. keren nih guru sekaligus pembina pramuka, bisa komputer and pinter ngeblog, maen ya ke blog nya eko ya tapi baru belajar, sekarang aku sedang menyelesaikan studi di Universitas Lampung FKIP Bimbingan Konseling

    “siapa suka saya tepuk tangan….Prok….Prok….”

    plesetan yang sering eko ucapin klo ada kegiatan
    http://eko13.wordpress.com

  5. makasih telah mengunjungi rumah sederhana yang hanya berisi coretan-coretan tak berkualitas, Tapi saya berharap mendapat masukan-masukan dari senior.
    berikutnya sebuah ajakan kepada teman-teman guru untuk mulai berani membaca lantas menulis, walaupun diawali dari hal yang sederhana. seperti ini.
    Kalau membaca saja sulit, bagaimana bisa mulai menulis?

  6. Rame juga berita dan komentarnya, sayang terlalu sedikit yang mampir. Itu Muatan Lokal-nya perlu dipertajam dalam MGMP yang menyentuh mulai SD-SMP sampai SMA. Selamat berjuang terus eh ya nulis terus ! Sampai jumpa.

  7. nggih Pak.
    Saya terpaksa adakan perombakan struktur organisasi ditengah perjalanan, karena gak sesuai dengan yang barusan saya dapat. termasuk gimana mengadakan upacara latihan di siaga dan di penegak. makasih telah berkunjung di rumah sederhana ini.
    Kapan bikin blog juga? Kwarran Dusun Tengah dah bikin htt://kwarran150602.blogspot.com tapi masih kosong, maklum gak punya dana untuk akses dan yang lainnya karena belum ada komunitas pramuka online di Bartim

    salam pramuka

  8. Salam pramuka, hai teman-teman semua, Kalau kita-kita ataupun teman-teman semua mau ngadakan kegiatan di alam terbuka, seperti camping, berkemah, refreshing, gathering/ kumpul kumpul serta pendidikan dan pelatihan, tentukan memerlukan peralatan camping/ berkemah seperti : tenda, tenda dome, sleeping bag, matrsas spon, dll. Nah, untuk informasi tentang rental tenda/ tenda dome & alat-alat camping/berkemah seperti tenda pramuka, tenda dome, sleeping bag, ponco,dll, klik aja http://www.mrcamp.net atau http://www.tendaku.net. Oke.
    Thx ya.

  9. Salam Pramukan Pak Budi!!!
    Pak Agus : “SALAM”ternyata pak Agus pembina pramuka juga ya. Asyik kali ya.. kalau ada even perkemahan para pembina pramuka dari SD sampai SMA, atau perkemahan guru blogger. Saya pikir model-model pembelajaran yang dianjurkan di setiap pelatihan banyak yang sudah diterapkan di pramuka, karena setiap pelatihan kok hampir pasti yang aktif adalah para guru yang ikut membina pramuka di sekolahnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s