BIKIN AQUARIUM SENDIRI

Seseorang menjadi mau melakukan sesuatu jika terpaksa oleh keadaan. Bisa saja keadaan itu berasal dari dirinya sendiri atau lingkungan. Namun saya sependapat dengan kalimat-kalimat positif dari berpikir positif. Jadi keadaan dapat kita ciptakan sehingga kita mau melakukan sesuatu. 

Bagi yang banyak duit, tentunya keadaan dapat dibeli. Ngapain susah-susah bro…kan banyak yang jual aqurium jadi. Demikian komentar salah seorang tetangga ketika saya mencoba membuat aquarium. Lagi-lagi muncul keraguan tentang profesinalisme, lho guru kimia kok bikin aquarium sendiri. Seharusnya guru kimia ya membuat alat peraga kimia, atau setidaknya seluruh waktunya dicurahkan untuk kimia. Jangan yang lain.

Aquarium yang saya buat ini memiliki keistimewaan, yaitu sistem penyaringan air terletak di bagian belakang gambar latar. Sehingga kesemrawutan tdak tampak mengganggu pemandangan

Peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan adalah

  1. gambar perencanaan
  2. lem kaca ukuran sedang 3 botol
  3. lakban atau isolasi
  4. batu asah atau kikir
  5. styrofoam, untuk alas kalau sudah jadi
  6. perlengkapan tambahan seperti : pompa, aerator, gambar latar serta pernak pernik

 

langkah pengerjaannya adalah:

  1. membawa gambar ukuran ke toko kaca untuk minta dipotongkan sebanyak ukuran yang telah kita siapkan.
  2. alas kita letakkan di lantai yang rata dengan diberi ganjal styrofoam, setiap sudut dolesi lem secara merata(sisi kiri kanan masuk). Sebelum pemasangan sekat penyaring, sebaiknya dari dalam diolesi lem lagi.
  3. pemasangan sekat lebih mudah jika aquarium dimiringkan
  4. setelah semua kaca terpasang, selanjutnya memasang lis secara keliling. Selain untuk memperindah, lis ini juga berfungfi untuk memperkuat kaca dari tekanan air.
  5. pengisian air dilakukan setelah 24 jam. Pengisiannyapun dilakukan secara bertahap, misalnya 10 liter dibiarkan dulu beberapa saat. Hal ini untuk mengecek adanya kebocoran dan menghindari perubahan suhu secara ekstrim yang dialami kaca.

 

Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang tidak profesional

 aquarium-1

 

 

 

 

 

gambar potongan kaca

aquarium12

aquarium13

 

aquarium141

aquarium11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

aquariumku yang sudah jadi… sekarang sumber su dekat, beta tidak terlambat lagi

27 thoughts on “BIKIN AQUARIUM SENDIRI

  1. Maaf saya kurang mengerti soal membuat saringanya hanya melihat gambar yg ada saya msh kurang mengerti, bila berkenan saya minta foto tahapan pembuatan filternya.
    Kebetulan saya jg mau membuat aquarium berukuran
    P1M
    L50CM kemungkinan di tambah bila saya membuat filter seperti bpk pnya
    T70CM
    Mohon bantuannya pak
    Sblmnya trimakasih

    • ketarangan gambar
      1. gambar kedua bagian kiri adalah tampak belakang yang di bagian belakan ada tiga ruang (dibagi 3) bagian tengah tempat pompa air yang akan menaikkan kembali air ke dalam bak aquarium utama.
      2. bak tengah ini mendapatkan air yang telah tersaring dari dari bawah dari bak yang berada di kiri kanan setelah melalui filter gabus
      3. gambar kedua sebelah kanan kanan adalah gambar tampak samping yang menunjukkan arah aliran air. air akan mengalir masuk kedalam bak kiri-kanan kalau permukaan air di dalam bak utama telah melampaui sekat : air dari dasar bak besar mengalir melali sekat lalu masuk ke dalam bak kiri-kanan dari bagian atas
      4. hiasan dan yang lain menyesuakan anggaran

  2. It’s appropriate time to make some plans for the future and it’s time to
    be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things or suggestions.
    Perhaps you could write next articles referring to
    this article. I desire to read even more things about it!

  3. It’s appropriate time to make some plans for the future and it’s time to be happy.

    I have read this post and if I could I want to suggest you few interesting
    things or advice. Maybe you could write next articles referring to this article.
    I desire to read more things about it!

    • pak aquarium saya sudah berkali kali di lem tetep aja bocor (lemnya sobek) gimana nihhhhhh?berapasih ketebalan lem dan berapa lama harus dibiarkan sampai benar benar kering?ukuran aquariumnya:lebar 130,panjag 40,tinggi 80.

  4. Pa guru kalo bikin Aquarium dengan dua sudut pandang(alam Atas dan Bawah Air )itu namanya apa ya pa???pernah dengar tapi lupa lagi>?>????????terima kaasih atas jawabanya//!!!!

  5. ujar urang makasar “MANTAP MENTONG” aquariumnya
    mas budi, saya masih diampah, tinggalnya “nomaden” kadang2 di kantor kadang2 di mess ya gitu deh, orang pengasingan dari janah. hwheheheeh. wong parabola, tv aja masih di bapak gandung. piye lomba opo “ITF” kapan neh tandingnya?

  6. koq bentuk’e eplek eplek edhung,,,mejone yo tidak mendukung…untuk ukuran segitu,beli jadi lebih murah dan rapi…daripada buat sendiri lebih njlimet,gak rapi,resiko bocor,banyak perkakas yang dipakai karena tidak produksi massal,dan yang utama lebih MAHAL…

  7. mo pesen boleh banget pa..mo gratis jg boleh heheh…
    ak setuju pak guru qt mang harus kreatif,kalo qt bisa bikin knp harus beli lumayan nambah ilmu da jg sapa tau qt bisa buka lapangan kerja bwt orang skliling qt yang mbutuhkan..pasti smua akan positif dengan brusaha ya ga pak…mksh dah berkunjung di blog ku…
    .
    .
    @nenden: setuju, acung dua jari……

  8. terima kasih banget info dan share-nya nih, pak. salut banget, ternyata pak budi tak hanya piawai dalam mengajar dan mendidik, tapi juga bikin aquarium. perlu saya coba juga nih.
    .
    .
    @sawali: halah pak, jangan coba-coba, itu hanya untuk orang yang gak punya kerjaan

  9. Waw..
    Kreatif abis pak guru budi…
    Emang buat orang yang ga bunya duit banyak kayak aku ini ilmu kayak gini perlu ditiru ee salah diterapin n praktekin…
    Hehehe..
    salam knal..
    .
    .
    @trinil: sekitar tahun 78-an saya pernah ke museum trinil, sekarang seperti apa ya. salam kenal balik

  10. PAgi Pak…
    Maaf baru Berkunjung lagi…
    Pak, Foto dan Link udah di ADD nih…
    Di Link balik ya Pak….:)
    Terima KAsih….
    .
    .
    @sekolah pramugari: ya sudah,saya juga telah tempel pengumuman tentang sekolah ini di mading

  11. Wakakakakak..
    Pak guru ne..orang kreatif banget..,pantes kalo di gugu dan di tiru,ada aja idenya ne..
    Tapi yang jadi kendala saya waktu buat AQUARIUM sendiri tu pernak-perniknya,nyari rumput air yang hidup itu agak susah..mesti ke solo je..,soale di ngawi adane cuma rumput laut itupun udah di bikin ES..ehehehehe..ES..rumput laut maksudte..eehehehehehe..
    Kaborrrrrrrrr..wakxkxxkkxkxkxkxkxkxkx..
    .
    .
    @ sangbayang: pake saja rumput tetangga…. khan rumput tetangga lebih subur…ngaciiiiiirrrrrrrrrrrr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s