UAN tersangka utama raibnya PAIKEM

(antarané=kira-kira-red) Paikem, begitulah kalangan guru menyebut gadis belia asli kelahiran Indonesia yang mempunyai nama panjang Maria Paikem Ozawa. Dia adalah sosok gadis yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan masih ditambah lagi bodinya yang semox dan semlohe. Gadis lincah yang sering menghiasi suasana kelas akhir-akhir ini dikabarkan raib.

Komblebespol Sastro ketika dihubungi menyatakan bahwa, Raibnya Paikem akhir-akhir ini diduga kuat ada kaitannya dengan seseorang berinisial UAN (Uan Ampunono Nggeladrah -red). Lebih lanjut Sastro menjelaskan bahwa semenjak Beenespe melahirkan Uan, dunia pendidikan banyak yang memprotes kelahirannya. Bahkan banyak sekali siswa dan para orangtua murid mengalami Syndromme Pecah nDase, semacam penyakit espede, ketika bertemu dengan seseorang yang bernama Uan. Permasalahan yang diberatkan kalangan guru adalah bahwa Uan telah menjadi tujuan, bukan alat untuk mengukur keberhasilan dan mutu pendidikan.

Pembelajaran yang Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenengkan (PAIKEM) bukan lagi menjadi kebiasaan guru dalam menyajikan pembelajaran. Hal ini terjadi karena guru dikejar target bahwa siswa harus bisa menjawab soal-soal UAN dengan baik cepat dan banyak benar. Akhirnya Paikempun raib dari atmosfer kelas. yang ada dril soal dan tambahan pelajaran untuk menjawab soal-soal. Yang penting siswa lulus. yang penting dapat nilai tinggi, demi gensi sekolah.

“Kami sedang mengadakan penyidikan, kalau memang dia (Uan-red) menjadi tersangka utama maka kami akan segera menyerahkan berkas ke kantor kejaksaan. Tolong hal ini jangan dibesar-besarkan terlebih dahulu”. Kita harus biisa mengembalikan Paikem ke tengah-tengah siswa. Jangan sampai siswa kehilangan gairah belajarnya gara-gara ketidakhadiran Paikem dalam suasana belajar.

ditulis dalam keprihatinan merebaknya wabah syndromme pecah ndase

21 thoughts on “UAN tersangka utama raibnya PAIKEM

  1. paikem memang mengasyikan, tapi baru keluar jika pengawas datang ke sekolah. kalo pengawas nanyain baru paikem keluar. jadi hanya buat ngejemput sang kekasihnya saja, yaitu pa pengawas. he he he

  2. paikem memang mengasyikan, tapi baru keluar jika pengawas datang ke sekolah. kalo pengawas nayain baru paikem keluar. jadi hanya buat ngejemput sang kekasihnya saja, yaitu pa pengawas. he he he

  3. Hehehe……….jelas sudah kemana rimbanya PAIKEM Pak Budi. Memang postingan saya mungkin terlambat.Tetapi terlambat lebih baik dari pada tidak sama sekali.Saya tetap memakai istilah PAKEM ( yang pertama kali) daripada kedua istilah lainnya. Bukan apa-apa, cuma sreg saja.

  4. katanya paikem tuh mantep banget ya pak guru, aku belum pernah make total sih…! uan barusan dijaga ketat lho, jadi nggak bisa kemana-mana (ini bukan rahasia, tapi jangan bilang-bilang ya…)
    .
    .
    @wuaku:wah ya iyalah..namanya juga paikem, dia naik daun gara-gara sertifikasi. malah kalau menurut ki sastro dia itu SEMOX, SEMLOHE

  5. Ngakak pol2an iki Maria Paikem Ozawa, wehehehe
    .
    .
    @nOVI: wah Pak, wong barang salah kok malah ketawa, ya seharusnya saya dimarahi, kwekwekekekek

  6. Haha tulisan yang menarik😀

    Sumpah, kalau boleh jujur. LUCUUU… !
    UN kemarin susye amet bang!

    Well― salam kenal😀
    .
    .
    @irma: wah bisa daftar pelawak ni….

  7. Hayah..hayah..
    Kumat maning iki Paikeme..ehehehe..
    Tenang Om..,beda pendapat hal wajar,gak ada perbedaan gak bakalan ada pilihan.
    Kalo..semua sama apanya yg mo d pilih..???
    Kalo ane seh tetep milih sing semoxxx..kuwi..Om..ehehehehe..

  8. Selain menyebabkan Syndromme Pecah nDase UAN juga mendorong terjadinya acara “kecurangan berjama’ah”.Lah kalau sholat berjama’ah pahalanya dilipatkan 27 kali. Berarti kecurangan berjama’ah saat UAN juga dilipatkan 27 kali…. dosannya.
    UAN….kamu harus tanggung jawab!!
    .
    .
    @gusfud: hus…jangan bilang-bilang kalau ada kecurangan lho. ntar diinvestigasi oleh komblebespol Sastro. saya saja gak bilang-bilang kalau ditempatku ada kecurangan. saya cuman bilang bahwa pirus uan telah menyebarkan SPD, baca juga “guru itu SPD”

  9. Maria “Paikem” Ozawa telah melarikan diri ke dunia Miyabi pak xixixixixixi.
    Banyak praktisi pendidikan mengkritik Sistem UAN yg hanya menjadi satu2 nya filter untuk lulus.sehingga 6 / 3 tahun disekolah ditentukan 3 hari. ah semoga saja ada pencerahan dalam sistem ini.semoga.

  10. Memahamkan tiap orang memang nggak gampang. Saya pribadi justru suka dengan apa yang Mas Budi tulis itu.
    Saya salut-lut…
    Orang memang boleh beda pendapat, tapi itulah pendapat saya.
    Ini pendapat saya, saya tidak membawa nama institusi saya, meskipun saya juga punya “KARTU ANGGOTA” resmi dan legal.
    Paikem, Pakem atau apalah istilahnya, telah terobrak-abrik oleh UAN, UN atau apapun singkatannya.
    Saya sendiri bingung, mana yang harus “diugemi”. (karena saya bukan redaksi atau red atau apapun kita menyebutnya, maka saya tak harus menjelaskan apa makna diugemi).
    Maju terus pantang mundur buat Mas Budi, saya dukung penyidikan yg dilakukan.

  11. PAIKEM sekarang tambah GEMBROT (Gembira & Berbobot), jadi PAIKEM GEMBROT. Ah….embuh!! Setelah nilai UN utk menentukan kelulusan, ternyata banyak yg lulus dengan nilai pitu (7). Bahkan tidak sedikit yg dpt pitu setengah (7,5)alias nilai pitulungan setengah mekso. Yg nolong siapa? Embuh!!? Yg jelas di sekolah sdh dijaga dan diawasi secara ketat.

  12. hahahaha saya suka istilah ini… semox dan semlohe… kedengarannya sih lucu. artinya apaan ya?
    .
    .
    @wyd: wah ini rahasia bahasa jawatimuran/suroboyoan

  13. sebelumnya minta maaf sekali…
    sekedar saran(namanya saran, diterima dipake, gak diterima buang aja ke laut…)
    Salam hormat buat Bapak GURU (yang notabennya diGUGU lan DITIRU)!!!
    Anda sebagai guru (Apalagi Guru Bahasa Indonesia), apa tidak ada bahasa yang lebih halus untuk dikemukakan ke kalayak umum??? khawatirnya kalo banyak siswa yang membaca, secara hampir 60% pengguna internet adalah kalangan pelajar.
    Kita semua ingin memajukan Bangsa, tapi kalo dari yang diGugu lan DitiRU bahasanya agak senonoh, maaf, apa kate dunia???

    sekali lagi saya minta maaf, jika kata – kata saya di atas mengandung unsur kesalahan, di shift+delete ajah.
    jika diterima, semuanya hanya dari ALLAH SWT.

    thanks…
    best regards.
    .
    .
    @Angga: saya gak delete komen Anda, karena itulah indahnya perbedaan, apalagi dibagian akhir komen Anda senang rasanya….

Tinggalkan Balasan

