YANG BISA MENGAJAR, MENGAJARLAH

DSCF0021

Mengajar adalah sebuah pengabdian. Pengabdian itu terasa pengabdian jika tidak menggantungkan hidup dari mengajar. Selama lebih dari 18 tahun lebih saya mengajar, tetapi saya tidak pernah mengambil gajih. Apakah ini pengabdian? Ternyata tidak. Saya tidak pernah mengambil gajih karena yang selalu mengambil gajih isteri saya. Betul. Isteri saya juga mengajar di tempat saya mengajar.

Mengajar adalah belajar. Hasil dari proses belajar adalah suatu perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Pengajar adalah orang yang pekerjaannya mengajar. Jadi seseorang yang berpredikat pengajar tentu akan mengalami kedewasaan bertindak sejalan dengan usia yang semakin bertambah, karena selalu belajar. Seorang pengajar itu seharusnya menganut falsafah padi, makin tua makin menunduk.

Beberapa hari terakhir ini sehabis duduk dilantai saya tidak bisa langsung berdiri tegak, bukan berarti  saya telah mendalami ilmu padi, semakin tua semakin bungkuk tetapi luka memar yang pernah saya alami di bagian punggung kambuh. Sakit di bagian punggung ini mengingatkan kejadian tahun 1992 silam ketika roda depan vespa butut saya lepas dari as-nya.

Dulu kalau pingin nelpon keluarga harus pergi ke ibukota kota kabupaten, waktu itu masih ikut Buntok yang berjarak 51 km. ceritanya waktu itu saya berencana nelpon keluarga di Ngawi. Beberapa hari sebelumnya saya sudah kirim surat kawat, yang isinya jangan pergi keluar kota karena saya mau nelpon. Halah kok malah kesana-kemari….. kembali ke lap….t.op

YANG BISA MENGAJAR, MENGAJARLAH

KALAU TIDAK, BELAJARLAH

Tulisan ini saya dapat di halaman ruang micro teaching LPMP Kalimantan Tengah. Jika tulisan ini ditujukan kepada guru, berarti masih ada guru yang tidak bisa mengajar.

YANG BISA MENGAJAR, MENGAJARLAH

KALAU TIDAK, KURANG AJAR..!

Tulisan ini hanya Anda dapat di blog ini. Jika ditujukan kepada guru, berarti semua guru harus bisa mengajar, karena kalau tidak KURANG AJAR….!

4 thoughts on “YANG BISA MENGAJAR, MENGAJARLAH

Tinggalkan Balasan

