REWARD DENGAN JEMPOL

21102009013Rabu, 21 Oktober pada jam pelajaran sejarah, gurunya tidak hadir, lantas para siswa kelas 12 IPS 2 minta latihan upacara. “hm….semangat..sekali anak-anak ini.” gumamku dalam hati. Di Ampah pukul 10 pagi terik matahari begitu menyengat kulit, tapi para siswa semangat untuk latihan.

Kebetulan hari ini  tidak ada jam mengajar, sehingga saya menyempatkan waktu untuk menunggui mereka latihan. Sesekali saya mengacungkan dua  ibujari, tanda bahwa mereka menampilkan dengan sungguh-sungguh. Merekapun bangga mendapat acungan jempol.

Tiba-tiba mereka bersorak kegirangan, seperti melihat pengumuman kelulusan. Dua siswa menghampiriku dengan agak malu dan ragu. Namun setelah saya memberi selembar uang lima puluh ribu rupiah kedua anak yang menghampiriku tadi meloncat kegirangan ditambah tepuk tangan teman-teman yang lain.

Suasana latihan terhenti sejenak. Dua anak tadi berlarian mengitari teman-temannya sambil mengacung-acungkan selembar uang yang baru diperolehnya.

“Kita beli minum yuk…” terdengar ada salah satu siswa menyela kegembiraan yang sedang mereka rasakan.

Aku malah terdiam, bengong. Mereka begitu tulus mengungkapkan kegembiraannya. semangat mereka jadi membara lebih giat lagi latihan. lebih serius, suara lebih lantang, pengibar lebih tegap melangkah. Berkali-kali mereka mengulangi latihan. Hingga tulisan ini saya posting mereka masih berpanas-panas.

Sebegitukah dahsyatnya sebuah acungan jempol. .? ternyata memberi tidak harus menunggu  kaya. Rp 50.000 sudah membuat siswa bersemangat.

10 thoughts on “REWARD DENGAN JEMPOL

  1. Saya merasa banga atas prestasi yang kami dapat sampai2 masuk iternet trima kasih guru q jasa mu begitu besar bagi kami…….

  2. Njenengan bener sekali, pak Bud. Reward acungan jempol juga sering saya lakukan pada siswa saya. Bahkan sayapun pernah nempel uang 5000-an di papan tulis di sebelah soal yang saya buat. Yang bisa dengan sempurna mengerjakan soal berhak untuk mendapatkan uang itu, dan para siswa sangt antusias untuk berlomba dapat mengerjkan soal yang saya buat. Entah cra itu benar atau tidak, yang penting saya berhasil menciptakan suasana yang lain dari biasanya.

Tinggalkan Balasan

