KOREKSI ULANGAN PILIHAN GANDA DENGAN EXCEL

Berawal dari coba-coba akhirnya ketagihan maen-maen excel. Setelah ulangan selesai amplop menumpuk, ya kalau isinya duit, lha wong isinya lembaran jawaban siswa setelah ulangan umum semester 1. Ulangan kali ini menggunakan jenis soal pilihan ganda. Halah malah terpikir ganda kembang di kampung sebelah yang semlohe…(ck…,ck….,ck….,  clegug)

OK, balik ke permasalahan. Gini…intinya jawaban di tulis kembali di excel kemudian kunci jawaban juga ditulis, maka excel bisa mengoreksi dengan cepat dan mudah. JAdi gak perlu menulis ulang ketika nanti harus menyetor nilai ke wali kelas. Agar mudah input datanya jawaban siswa yang ABCDE diubah ke angka 12345. Artinya jika siswa menjawab A, maka diketik angka 1, jawaban B diketik angka 2 begitu seterusnya.

Njlimet….? Lho nggak! pasalnya begitu kita selesai membaca jawaban siswa(sambil input tentunya), maka nilai sudah langsung muncul.

Kenapa kudu diubah ke angka? GIni… kalau huruf ABCDE letak/posisinya pada papan ketik kan berjauhan, sementara kalau angka 12345 khan berdekatan. Agar lebih mudah lagi sel pada excel dibuat 5 jawaban-5 jawaban. Jadi setelah mengetik jawaban 1 s/d 5 tekan tombol TAB untuk membaca/menginputkan nomor 6 s/d 10.

Untuk lebih gamblangnya bisa diUNDUH disini contoh koreksi jawaban pilihan ganda dengan excel.

setelah di ketik setiap 5 soal, pada sel berikutnya adalah menggabungkan menjadi seluruh jawaban siswa menggunakan rumus =&. selanjutnya diadakan pemarkahan dengan membandingkan dengan kunci jawaban yang telah ditulis diatasnya. JIka benar diberi skor 1 dan jika salah diberi skor 0(nol). RUmusnya pakai fungsi logika = IF. Sebenarnya pekerjaan ini telah dikerjakan sebelum menginputkan data, sehingga ketika input data praktis langsung melihat hasilnya. Selesai baca, selesai koreksi, enak to?

Keuntungan excel apa sih? Dengan koreksi dengan excel nantinya mudah untuk dilakukan analisis butir soal, sehingga bisa diketahui soal-soal mana yang sahih dan tidak,

Kepada excel mania, mohon petunjuk kalau ada yang lebih praktis.

94 thoughts on “KOREKSI ULANGAN PILIHAN GANDA DENGAN EXCEL

  1. Hello would you mind letting me know which
    web host you’re working with? I’ve loaded your blog in
    3 different internet browsers
    and I must say this blog loads a lot faster
    then most.
    Can you recommend a good hosting provider at a fair price?

    Kudos, I appreciate it!

  2. However the issue that matters most is a range for temperature appraisal.
    This may or may not knock the wind out of them, but it will
    definitely bring you too close to them to allow them to punch you.
    The focal point of a sound and balanced personality is this ego.

  3. pak budi, analisis soale muantaap tenan. yang mau saya tanya, ttg validitas menggunakan person. kl ga salah rumuse gini “=PEARSON(BB3:BB62, jawab)”
    nah yang “jawab” itu mengacu ke mana yach.
    matur nuwun

  4. Alhamdulillah. Terima kasih Pak Budi, saya sdh ngunduh program analisis pakai exel. Persoalannya, kalau soal saya 50, bagaimana nambah kolomnya?

  5. untuk rumusnya sudah lumayan bagus, tapi untuk rumus hasil jawaban yang benar kenapa kok harus ditambah dengan 1?tolong dijelaskan, trims

  6. Sebenere enak juga pak, tapi yang membingung diakhir kolom kok ada DL3/0,4 itu maksudnya apa ya pak, kurang begitu jelas, tapi sedikit banyak dah agak dimengerti bari paling atas adalah kunci jawabannya, mohon pencerahan pak ?

  7. Bingung mas, aku coba berulang kali gagaaaaaaaaaal melulu. Tolong kasih contoh yg lebih jelas dong cara menerapkan rumusnya sekalian ….!

  8. […] Tugas ini dikerjakan di rumah. Jawaban dikirim melalui SMS ke nomor HP yang terpasang di modem. Format SMS yang dikirim adalah NIS*NAMA*KODE PAKET*JAWABAN* Keterangan : NIS : Nomor Induk Siswa NAMA : Nama Siswa KODE PAKET : diisi U1 untuk paket 1, dan diisi U2 untuk paket 2 JAWABAN : ditulis hurufnya saja TANPA ADA SPASI, dengan membatasi tanda * setiap 5 jawaban. Jadi untuk 40 soal jawabannya menjadi *ABCDE*ABCDE*ABCDE*ABCDE*ABCDE*ABCDE*ABCDE*ABCDE* Hasil jawaban yang dikirim siswa ini nanti diolah menggunakan EXCEL, seperti pada tulisan dahulu ( koreksi piihan ganda menggunakan excel) […]

  9. Mas coba pake formula array berikut: =SUM((E8:N8=E$5:N$5)*1)
    atau =count(if(kunci jawaban=jawaban siswa,1)), hasilnya g terlalu ramai kan???

  10. dan akhirnya cuma sekali itu saya coba…selanjutnya kembali ke cara lama…hitung skor secara manual baru diketik ke excel…lebih cepat untuk jumalh kelas lebih dari 10…

  11. Pada prakteknya yang telah saya lakukan, waktu yang saya butuhkan tenyata lebih lama daripada koreksi manual kemudian hasilnya (skor mentah) baru dimasukkan ke excel (bukan karna kecepatan ketik yang pelan, janganlah huruf latin, huruf arab pun saya mampu mengetik dengan cepat)… Kenapa? Karena jumlah kelas yang wajib saya koreksi setiap ulangan adalah 15 kelas… bayangkan bila cara di atas dilakukan (dan pernah saya lakukan) berarti jumlah karakter yang harus diketik= 15kelasX35siswaX5itemX30jumlah soal…..wow….

    • kalau banyak kelas memang terasa melelahkan, tapi ini sebernarnya lebih untuk analisis butir soal dan analisis hasil ulangan. tentu yang kita analisis adalah sampel dari sejumah kellas, adapun kelas yang hanya memerlukan analisis hasil ulangan, barangkali memang cepat manual.
      terima kasih pak, masukannya

  12. Maz,ada tmnq guru yg g pake 12345,pake abcde,malah lbh praktis hingga pd bntk analisis item. Maz bud coba lg dgn kombnasi formula lain. Ada yg lbh praktis kok!

  13. kalo dikoreksi beneran siswanya bnyak yg tidak lulus. paling ujung2nya ya dikoreksi dg perasaan. ha..ha..ha… sorry pak guru..?

  14. waa…..
    IF bersarang, excel lagi. tobat pak. aku gak bisa IF nya EXCEl. ajarin ya?
    .
    .
    @contohnya bisa didonlot untuk diutak-atik, saya juga masih banyak yang belum tahu, makanya saya posting supaya dapat masukan dari para excel mania

  15. sek sek sek…. tut…. ( Lagi loading mencerna sing diposting )



    Oooo… ya ya ya…. Mmmmm…. ( Bingung mode on )😦

  16. Menarik sekali Pak, kebetulan Bapak saya juga seorang Guru dan sayang sekali tidak memahami komputer. Betapa mudahnya dengan komputer ini.
    Terima kasih atas tutorialnya🙂

  17. kalo mau cepet meneh, gini pak, pas ulangan setiap lembar jawaban di beri lembar jawaban komputer, tinggal di OCR kan uenak, guru senang murid bahagia, piye, tapoi kemahalen

  18. Bagus. Salut. Meta tahun baru juga. Pakai anates yang gratis giman, Pak. Udah nyoba?

    Kalau perlu tetap digabungkan dengan excel, memang. Lebih mantab.
    .
    .
    @pernah sih pak pakai anates4…, tapi tampilan dan waktu edit agak ribet. selain itu ini memang diilhami dari anates tsb. lebih bisa dikustomasi

  19. kalau saya seneng mengerjakan jenis soal
    yg ada pilihan ganda kembangnya mas
    tinggal pencettt.. (A,B,C)… hee..hee..
    *bercanda
    .
    .
    @lha memang saia nulis juga sambil canda, supaya yang bukan guru bisa komen yang lucu-lucu

  20. Wah aku kudu belajar statisitik sosial lagi nih. Permutasi, kombinasi dan variasi sangat menyenangkan untuk dipelajari. Sayang aku sudah lama tidak kuliah dan sekolah jadi perlu membuka lagi bahan kuliah dulu.
    Salamm sehat menjelang akhir tahun semoga murid-murid semakin nurut sama Pak Guru dan Bu Guru.
    Mas pelajaran berhitung memakai sempoa diajarkan lagi di sekolah sini?
    .
    .
    @sempoa? wah tidak diajarkan karena gak ada yang bisa. isteri saya ngajar matematika, sebenarnya pingin bisa…
    ada Jalan?

  21. Wew…
    Enak ini.
    Nginputnya kan biso kongkonan to Pak.
    Sing hebat sing nduwe ide.

    Aku yo nggawe sing nggo ngolah nilai sampai muncul komentar.
    Outpute macam2, a.l Daftar Nilai (Buku), nilai nggo wali kelas, analisis.

    Kalau nggak salah sudah saya upload di blog saya yg marsudiyanto.blogspot.com.

    Nek masalah koreksi nggonaku wis nganggo opscan, dadi rada ngirit. Cuma tetep harus ntransver ke excel karena printout yg dari scaner ora bisa diotak-atik.
    Padahal nek mbiji murid mesti kudu dan wajib ditambah perasaan. Misale KKM 65 kok ono bocah wis entuk 64. Lha disinilah peran perasaan. Dan itu bisa diotak-atik memang salah satunya yo nganggo Excel.
    Sukses buat P. Budi!!!
    .
    .
    @terima kasih pak, saya dah donlot…untuk saya belajar posting analisis nanti

  22. Itu yang dimasukkan kan huruf ABCDE nya kan bisa pak, dari pada ngeling-eling konversinya. Jadi dibuat 3 tabel ya:
    1. Tabel jawaban asli (ABCDE)
    2. Tabel konversi (12345) = skor
    3. Tabel nilai
    Jimana pak, kayane penak iki😆
    .
    .
    @kurang lebihnya ya…tapi bukan itu maksudnya. 12345 itu pengganti ABCDE, supaya enak entri datae

  23. A poor teacher complaints, an average teacher explains, a good teacher teaches, a great teacher inspires.. It is great!
    .
    .
    @tengkyu…saya masuk mana ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s