Stars in the universe is God’s creation

Pada postingan sebelumnya pak Sastro menyajikan gambar-gambar bintang, mulai Matahari, Sirius, Pollux, Acturus, Aldebaran, Rigel, Betelguese dan Antares. Urutan bintang tadi menunjukkan urutan yang semakin bersar. Setelah melihat beberapa gambar tadi kita menjadi tahu bahwa bumi yang kita anggap besar dan luas ternyata tak bisa dibandingkan dengan bintang Antares. Padahal Antares sendiri hanya sebagai debu jika dibandingkan alam raya ciptaan Allah.

Bintang Aldebaran adalah salah satu bintang yang paling terang pada zodiak Taurus. Pada Zodiak anda terdiri dari beberapa bintang,  diantaranya pasti ada yang paling terang. Tentu ada yang ingin tahu bintang apa saja yang menyusun zodiak kita. Untuk mengetahui bintang yang paling terang dan bintang yang menyusun zodiak, pak Sastro menggunakan sopwer Stellarium.

Sungguh sayang niat pak Sastro untuk mengaplod gagal ditengah jalan karena ukuran filenya sekitar 40MB. Tidak besar memang, tapi untuk takaran koneksi yang dimiliki pak Sastro sudah cukup merepotkan. Namun bagi yang menginginkan untuk menginstal dapat minta bantuan mbah gugel.

Perangkat lunak ini akan bekerja secara maksimal jika kita mengetahui letak astronomi dimana kita tinggal. Untuk mengetahui letak Astronomi kota kita dapat menggunakan perangkat lunak Google Earth. Menurut pak Sastro kedua perangkat lunak ini halal [baca freeware]. Stellarium versi linux-pun ada, tapi dia belum bisa menginstall stellarium di linuxnya. Halah ngono ae pamer…dul-dul…”Kamu itu guru, gak usah neko-neko ngomong planet segala…”

Manfaat perangkat lunak ini tentunya bukan hanya untuk melihat bitang yang menyusun zodiak. Banyak hal yang kita peroleh dari pelajaran planetarium ini, salah satunya meningkatkan keimanan kita, betapa Mahabesar Allah sang pencipta alam semesta. Inilah tampilan awal ketika stellarium telah di install.


donlot musik alfa zone http://www.ziddu.com/download/8166999/AmazingGrace2.mp3.html

agar sesuai dengan tempat kita, perlu pengaturan kota dan letak astronomi

Pilihan tampilan bisa disesuaikan

pilihan modus malam, bintang lebihjelas

bumi dilihat dari luar, dikitari rasi-rasi…Yuk kita dekatkan hati kita pada Sang pencipta

bufi s[nTos

54 thoughts on “Stars in the universe is God’s creation

  1. Subhanallahu, allahu akbar !!
    Ibarat nya kekuasaan Allah terhadap mahkluknya dari jaman Adam A.S sampai yaumil akhir adalah sebuah jarum dicelupkan di air laut dan jarum tersebut diangkat. Rejeki yang dperebutkan oleh semua mahkluknya adalah air laut yang menempel di ujung jarum tersebut😕
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tanah Lot

  2. 😆😆😆😆😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  3. kang bud, sebaiknya file .xml-nya displit jadi dua dengan masing-masing berukuran kurang dari 2MB. untuk windows bisa pakai sofware split file. utk ubuntu saya pakai cara manual seperti ini.

    buka file xml hasil eskpor lewat notepad (gedit) dengan melakukan klik kanan. lalu cari bagian yang bertulisan ‘‘ (tanpa tanda petik), blok dan copy semua file/text hingga seperempat atau separo halaman hingga ke bagian yang bertulisan ‘‘ (tanpa tanda petik).

    Buat file baru pada gedit dan paste/salin text yang di copy tadi. klik SAVE AS, dan berikan .xml dibelakang nama file baru tadi.
    Catatan: File xml baru tersebut harus berukuran kurang dari 1 MB.
    Lakukan cara yang sama untuk text yang belum dicopy selanjutnya.

    Terakhir, tinggal Upload dan Import file XML yang sudah di ‘pecah’ tadi ke Blog yang baru.

    semoga sukses dan lancar, kang bud.
    .
    .
    @pak sawali: terima kasih jurusnya, saya tadi ada kepikiran seperti itu, tapi ragu takut..wah langsung coba. nanti tanya lagi

  4. kang bud, utk proses impor file xml yang terlalu gede, sebaiknya file .xml-nya displit jadi dua dengan masing-masing berukuran kurang dari 2MB. untuk windows bisa pakai sofware split file. utk ubuntu saya pakai cara manual seperti ini.

    buka file xml hasil eskpor lewat notepad (gedit) dengan melakukan klik kanan. lalu cari bagian yang bertulisan ‘‘ (tanpa tanda petik), blok dan copy semua file/text hingga seperempat atau separo halaman hingga ke bagian yang bertulisan ‘‘ (tanpa tanda petik).

    Buat file baru pada gedit dan paste/salin text yang di copy tadi. klik SAVE AS, dan berikan .xml dibelakang nama file baru tadi.
    Catatan: File xml baru tersebut harus berukuran kurang dari 1 MB.
    Lakukan cara yang sama untuk text yang belum dicopy selanjutnya.

    Terakhir, tinggal Upload dan Import file XML yang sudah di ‘pecah’ tadi ke Blog yang baru.

    semoga sukses dan lancar, kang bud.

  5. wah pak budi yang kali ini mohon maaf lho pak. soalnya buat perbintangan benar-benar nol kosong. Sirius, Pollux, Acturus, Aldebaran, Rigel, Betelguese dan Antares semuanya masih sangat asing bagi saya. yang pasti saya sendiri belum bisa pake google earth, jadi ga’ ada yang namanya “oalah… dol2 gitu aja pamer”

  6. -좋은 주말 보내세요. ( joheun jumal bonaeseyo ) ” selamat akhir pekan”.
    Semoga bahagia selalu bersama keluarga tercinta.

    Salam hangat dengan cinta

    ruanghati.com
    .
    .
    @ruang hati : どおぞよろしく おねがいします (doozooroshiku onegaimashu) mohon bimbingan dan natuan

  7. Bisa kasih tahu saya Mas bagaimana kalau setiap saya berkunjung dan memberi komentar pada blog tapi alamat url saya bila panah menyentuh tapi tidak ada tanda tangan. Artinya ada yang salah pada blog saya atau memang kolom komentar blog yang saya kunjungi apa adanya.Ataukah saya perlu merubah setingan pada blog saya atau bagaimana ya? Anda bisa lihat sendiri bila saya habis berkomentar, tapi alamat url saya tidak bisa diklik. Bisa kasih solusi agar ke depannya setiap aku berkomentar bisa di klik balik alamat url oleh pemilik blog. Terima kasih salam…

  8. WALLAHUALAM,, bumi ini ga ada apa2nya dibandingkan alam jagad raya ciptaan gusti ALLAH, kun fayakun maka jadilah… bersyukur masih bisa diberi kenikmatan bisa tinggal di bumi tercinta di tempat yang dianggap debu di jagad raya..

  9. Kalo mau donlot besar kerumah Bejo aja pak … (alah pamer) gratis kok.
    .
    .
    @Pak Akhta jadawal bulutangkisnya hari apa? ntar kita sama-sama ketempat Bejo?

  10. Waduh, lagi2 sy KO, engga sanggup berkomentar. Ilmuku terlalu cetek untuk bicara soal ini.

    Namun satu hal: ternyata benar, perkembangan iptek memberikan banyak peluang kepada kita untuk memahami betapa besar kuasa Allah SWT. Ha, nyambung engga, Pak?

    Makasih udah komentari sinopsis novelku. Tapi, sy malah ragu Bapak akan sedia membaca sambungan ceritanya. Ya, terutama karena novel saya itu.. duh!

    Tpi, saya tetap berharap apresiasi dari Bapak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s