DON’T BE SAD

Bukan tanpa alasan kenapa Pak Sastro bersedih, padahal telah membaca motivasi jangan pernah berhenti dan 11 cara menyikapi perbedaan. Tanpa mengurangi rasa hormat pada pimpinan, saya tulis ini supaya Pak Sastro tetap semangat dalam bekerja dan terus berkarya.

Berkut ini beberapa alasan mengapa dia bersedih.

1. Tadi pagi masuk sekolah, tiba-tiba di meja ada sebuah surat dari ITSF berkaitan dengan science education award yang diperolehnya. surat tersebut tanpa amplop dan sudah diberi komentar… ini suratnya

Pada bagian bawah surat itulah ada sebuah komentar/catatan yang membuatnya sedih, padahal satu hari sebelumnya tiket Jakarta- Ampah PP a.n.  Budi dan Siti (Isterinya..red) telah diterima dari Jabato ITSF.

Empat hari sebelumnya Pak Sastro telah menghadap secara lisan kepada Bupati dan dizinkan terus katanya akan diberi” sangu” dari pemda asalkan membuat permohonan tertulis.

“Rasanya wajar dan tidak berlebihan jika saya mengajak isteri untuk menyaksikan suaminya menerima penghargaan tertinggi dalam kancah science education award..” begitu katanya dengan nada rendah dengan sedikit penekanan. (isteri Pak Sastro juga berprofesi sebagai guru di tempat yang sama...red)

ditulis dalam TAG motivasi dan

sebuah pertanyaan “Apakah Anda bangga memiliki anak buah yang berprestasi?”

68 thoughts on “DON’T BE SAD

  1. This is really a smart blog. I mean it. You’ve so a lot understanding concerning this problem, and so a lot passion. You also know how to make people rally behind it, clearly in the responses. Youve got a design here thats not too flashy, but constitutes a statement as big as what youre saying. Fantastic job, indeed.

  2. Selamat dan sukses, pak Sastro. Apapun rintangan dan hambatan yang menghadang, bagi mereka yang berprestasi tak akan menghentikan langkahnya untuk terus berprestasi.
    .

    @HE: dorongan sahabat budies lah yang membuat pak sastro tetap maju

  3. itu biasa sudah pak,
    mungkin kali ini direlakan dahulu keberangkatan bersama istri
    mungkin ada maksud lain dari Nya mengenai penundaan berangkat bersama
    sebab Bapak supaya lebih bisa konsen di Jakarta saat presentasi nanti
    ulah oknum yang membuka surat seperti itu tanda iri hati dan biasalah karena kalah pamor, saya dulu sering juga dibuat demikian semacam intimidasilah,
    tapi akhirnya berhenti sendiri karena yang diintimidasi malah semakin maju dan semakin cerdik menghadapi situasi
    yang penting SELAMAT BERJUANG DULU sampai jumpa di Jakarta !

  4. Sing sabar mas bud. Emang watak bapake ngono. Aku wes ngerasake, pindah umah gara2 kui, de’e g suka, weslah. Budhal ae, r usah pduli, opo tak bantui ngbanned ip speedy rumahnya. Hehehe

  5. walah, ada2 saja nih, pak sastro. jangan2 catatan itu sudah tahu kalau pak sastro mau berangkat bersama istrinya. wah, kayak gini bukan tipe pimpinan yang layak dicontoh. justru harusnya bangga punya guru kayak pak sastro ini. kan tidak semua guru bisa berprestasi sehebat itu. payah!
    kalau saya tetap memutuskan berangkat bersama istri karena memang momen yang langka. ayo, maju terus, kang bud, bravo buat pak sastro!
    .
    .
    @lagian kami sudah menghadap bupati dan diizinkan untuk berangkat berdua

  6. kalau slonong boy kenapa pak
    cuma 1 minggu ijin buat sekolah itukan juga kebanggaan bagi sekolah dan mengharumkan nama sekolah
    masa tidak dapat ijin

    pak budi hebat

    ajari donk

  7. Untuk Pak Budhi: SELAMAT ATAS PRESTASI YANG DIRAIH, Semoga generasi yang akan datang bisa meniru tingkah polah seorang guru yang langka ini.

    Untuk Pak Kepala Sekolah: Jancok jancok Jancok !!!

  8. Mariska hanya ikut sedih pak merasakan hati bapak yang tentunya sedih nggak boleh datang sama istrinya. Andai Mariska guru, maka Mariska akan nekad pak, kalau entar diusut sampai atasan di kabupaten, Mariska yakin justru kepala sekolah bapak yang kena teguran. Jadi, datangi aja berdua pak, ijinnya langsung ke Dinas kabupaten aja.

  9. PErtama-tama saya ucapkan selamat Pak atas prestasi luar biasa ini,…. mengenai “catatan” itu, sebaiknya dibicarakan dengan si “penulis Pesan” itu… Manatahu ada keringanan sesuai dengan keinginan….. Salam

  10. kalau bisa dikomunkasikan kembali sebaiknya dikomunikasikan, kalau memang terlalu sering diperlakukan demikian pindah saja ke sekolah lain, yang lebih bisa memposisikan sebagaimana mestinya

  11. kudune Kepsek malah seneng, bangga.. terus ngomong : “..sisan yen bojomu melu tak ongkosi !” ngono malah kepenak to mas.. hee..heee..
    hadiah kanggo anak buah’e.. gituuu…😆

    Ya semoga aja nanti kalau pamit Pakbub disangoni pake dana taktis Pemda untuk bisa berangkat bersama Istri.
    Menurut saya sih.. malah Mas Sastro sekalian memberikan Undangan secara resmi ke Bupati yg intinya.. Akan menjadi suatu penghormatan yg luar biasa apabila beliau dan tentu saja beserta kepsek dan msg2 pasangan untuk sudi hadir dlm acara tsb .. add “serta disampaikan ucapan trm ksh apabila tdk ikut serta untuk sudi memberikan dukungan doa restu & tentu saja .. (Rp.) untuk (Mas Sastro dg Istri) dan (Kepsek dg Istrinya) juga.

    biar kepsek gak ngiri mas… hee..heee..

    semoga aja semua bisa diselesaikan dengan baik
    sampai pd acaranya nanti dengan Sukses.

    tak lupa sy sampaikan ucapan SELAMAT atas prestasinya , semoga menjadi panutan bagi anak didik dan penyemangat Mas Sastro dlm berjuang mencerdaskan Generasi Bangsa ini.

    Salam dan Hormat.

  12. Yang jelas kepsek mu tidak memiliki kompetensi Sosial:
    5. Kompetensi Sosial
    5.1 Bekerja sama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah/madrasah
    5.2 Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.
    5.3 Memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain.

  13. Berangkat aja berdua, rasanya aq ikut menikahkan kalian tapi DIA tidak. Jadi gak tahu penderitaan kalian berdua.
    Nanti Dia tak usulkan ama bupati supaya di MUTASI/ DIPECAT.
    Orang kok gak bisa melihat orang senang sekaligus menghargai anak buah yang sukses

  14. lama tak jumpa mas budi, walaupun kita baru bertemu sekali di media ini tapi rasanya kangen sekali,,, karena urusan di sana sini saya tidak sempat berkunjung dan bersilaturahmi semoga sampyan sehat selalu di kalteng…
    semoga istri anda adalah orang yang berjiwa besar dan dapat memaklumi kekeliruan ini, seharusnya seorang istri menemani suaminya disaat bahagia, tapi jika ini yang terbaik semoga mas dan mbak selalu di berkahi ALlah swt,, amin

  15. ehm…setelah saya baca ini tadi siang, dan kasih coment, merenung sampai sekarang, akhirnya saya temukan jawabannya….
    1. dipotong aja tu pak, surat yang bagian ada tulisannya, yang diijinkan hanya yang bersangkutan saja… jadi kan ilang tulisan itu
    2. “yang diijinkan hanya yang bersangkutan saja”, aha…pak budi ama bu budi kan bersangkutan , bersangkutan sebagai suami istri maksudnya, aha….jadi kan diijinkan pak
    😀

  16. Pak Dhe Sastro, Saya ucapkan selamat atas prestasinya, saya ikut berbahagia.

    Pak Dhe kalo gak salah Hotel Shangrila nya deket ama kosan bang Choi (Choiri Setyawan, Ngawi) temuin aja.

    Kepala sekolahnya ngiri kali pak, ama prestasi salah seorang gurunya, aha….punya blog atau fb gak dia?

  17. Kalau cuti mungkin nggak apa-apa pak…bukankah itu hak pekerja, tentu saja ada prasyaratnya:
    Sementara ada yang menggantikan tugasnya
    .
    .
    @GUru khan gak ada cuti Bun, yah..berharap berubah, setelah melihat kebijakan ini menuai protes

  18. Bertandang ke Lapak para Sahabat Nara Blog Tercinta, Ruanghati rasanya lama tidak jalan-jalan mengunjungi para Sahabat (Blogger) coz beberapa hari sangat sibuk sekali nih, Semoga para Sahabat selalu dalam keadaan baik dan bahagia selalu dalam rahmat serta kasih sayang Tuhan Yang Maha Kuasa, Amien. 2 hari terakhir ini juga Blog ruanghati keknya ada problem beberapa teman bilang ketika mau masuk ke blog kami ada semacam alert situs berbahaya, minta doanya semoga segera bisa normal kembali,

    Salam hangat

    Ruanghati

  19. waduh….gak bisa ngomong apa-apa nih, “orang yang tau dan mengerti” pasti bangga kalau dihargai dan diberikan penghargaan apalagi dihargai dan diberi penghargaan orang atau ‘badan’ yang sangat berkompeten semacam ITSF. Angin semilir begitu menyejukkan, ‘kentut’ angin juga, sama-sama berlalu. ketemu ‘kentut’ ya…tutup hidung (apa hubungannya?) nah lho…..semangat…semangat…semangat….

  20. SELAMAT !
    ATAS PRESTASI YANG MEMBANGGAKAN DAN TINGKATKAN TERUS PENGABDIANNYA.
    HADIRI UNDANGANNYA SESUAI KETERSEDIAAN TIKET YANG SUDAH ADA……..
    MOGA KELUARGANYA BISA IKUT MENYAKSIKAN PENGANUGERAHAN AWARD DIMAKSUD.
    SALAM UNTUK BAPAK KEPALA SEKOLAH
    HEBAT SMA NEGERI-1 DUSUN TENGAH AMPAH…………………………

  21. Yang bersangkutan… perasaan sangkutannya sampeyan banyak pak, anak ya sangkutan, istri ya sangkutan jadi diajak aja pak semuanya🙂

  22. Aduh bisanya pak kepsek begitu, sangat disayangkan kalau bapak menerima penghargaannya cuma seorang diri, padahalkan di surat pemberitahuan itu udah ada terang dan jelas nama Sekolah dan tentunya menjadi kebanggaan tersendiri, malahan seharusnya sekolah pun ngasih “sangu”, saya mengerti kok pak yang bapak rasakan, saya turut prihatin atas semuanya, menurut saya tetap bapak ajak aja Ibu Siti walaupun tanpa ijin pak kepsek, terus semangat pak walaupun dalam “kesesakan” saya dukung bapak

  23. terima kasih suportnya… gimana kalau ini diadain lomba tentang masalah seperti ini? supaya bos ngetop?
    1. diminta rapat sebagai pengurus komite di smp, pernah tidak diizinkan
    2. rapat dengan kadis malalah komite, tidak diizinkan
    3. saya mau adain peringatan hari kartini, dibatalkan sepihak
    4. saya bikin mading sendiri, tanpa biaya dari sekolah, ada karya anak dicoret

  24. Iya pak turut prihatin, tp sy sdh mendengar kabar kl beliau memang agak kurang suka sama sampean terutama prestasi sampean. Terlalu sastro gitu lho.
    Tp jangan kuatir pak saya bersedia mendampingi sampean menggantikan mama nohan. Gimana?????

  25. wah..berangkat aja pak sama ibunya jangan pedulikan masalah itu ,, kalau bapak kepala sekolahnya marah suruh aja nyusul ke Jakarta pada saat pemerian penghargaan suruh marah2 di gedungnya sana aja … kalau dianya berani haaaa…. biar nanti dari Jakarta saya kikuk..kikuk..aja.

  26. pusing-pusing saya nggak tau harus berbicara apa …. cuma saya hanya bisa menghayal bagai mana jika semua itu terjadi kepada saya, sedih rasa hati saya … mau marah , sama siapa , apa yg harus di marahkan (tetapi tenang pak saya ikut mendukung dari belakang)mungkin dari …. ada pendapat lain pak yg mungkin akan menjadi baik untuk semua,, semoga kejadian ini tidak terulang aja…
    semoga semuanya akan menjadi lebih baik pak …
    supaya banyak guru2 lain yg mendapat juara ITSF juga…

  27. bunda ikut sedih juga membaca note yg paling bawah, dan jadi banyak pertanyaan di kepala ini.
    – apa alasan keberatan mereka yg sebenarnya ?
    – tdk adakah rasa ikut bangga pada mereka ,bahwa ada salah seorang warganya yg berprestasi?
    -tidakkah mereka mengerti arti penghargaan ini bukan hanya bagi Pak Budi saja, namun juga bagi kota ampah terlebih lagi bagi Kalimantan ?
    -yang terakhir, kapan negeri ini bisa menghargai jasa dr salah seorang pahlawan tanpa tanda jasa yg berhasil mengharumkan nama daerahnya?
    tetap sabar ya Pak, hanya itu yg bunda bisa katakan.
    jangan hilang semangat Pak.
    tetap semangat.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s