Salam JANAH

Salam JANAH sebuah kegiatan anak-anak pramuka Ambalan R. Susilo  yang dilaksanakan di dalam ruangan. Sebenarnya kegiatan ini semacam kegiatan persami, tapi dilaksanakan di dalam ruangan, dengan pertimbangan keamanan dan efektifitas. Kegiatan persami dengan mendirikan tenda sering mengalami gangguan dari pihak luar. Tanpa mengurangi makna dari perkemahan itu sendiri, maka kegiatan semacam ini dijadikan alternatuf paling baik saat ini.

Salam sendiri berasal dari kata Sabtu Malam, ya… memang kegiatan ini dimulai pada Sabtu malam dan berakhir pada keesokan harinya. Biasanya lewat tengah malam mereka baru beristirahat tidur, setelah sebelumnya diadakan acara renungan malam. Bahkan tak jarang kegiatan malam ini berakhir sampai dini hari.

Adapun JANAH mengambil dari penggalan kata Janji Amanah. Memang setiap kegiatan malam mereka selalu ada acara janji untuk berusaha menjadi seorang yang berjiwa pramuka sebagaimana termuat dalam Dasadarma Pramuka.

Kapten R. Susilo adalah nama seorang pahlawan yang gugur dalam mepertahankan kemerdekaan bersama pejuang-pejuang lainnya. Beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan BUmi Satria Ampah tidak jauh dari sekolah. Nama R. Susilo diabadikan menjadi nama Ambalan bagi gugusdepan 01-02 SMA Negeri 1 Dusun Tengah.

Hari ini, Sabtu 7 Agustus 2010, dalam rangka penerimaan anggota baru dari tamu penegak menjadi penegak, kembali diadakan acara Salam JANAH. Kegiatan ini akan diawali dengan pembacaan Sandi Ambalan, dilanjutkan materi kepramukaan. Sedangkan pada lewat tengah malamnya diadakan semacam acara renungan yang mengajak untuk bersungguh-sungguh menjadi seorang yang berjiwa pramuka.

Kepada narablog, kami mohon doa restunya, semoga acara ini berjalan dengan lancar, tanpa halangan suatu apapun

18 thoughts on “Salam JANAH

  1. Salam Pramuka, wah senangnya kalau ingat waktu masih aktif aktif nya dalam gerakan Pramuka jadul…..dan jika sekarang Pramuka di tempat saudaraku di Ampah masih aktif pasti ada seseorang yang memiliki jiwa Pramuka yang kental .Selamat ya semoga sucses…….dari jauh saya ikut bangga pada Pembinanya semoga diiktui oleh daerah-daerah lain,mengingat dalam gerakan Pramuka ini besar sekali pengaruhnya terhadap perkembangan jiwa bagi Tunas-Tunas Bangsa kita disamping menambah wawasan, belajar hidup yang lebih baik,mencintai alam dan yang lebih penting membuat kita semakin mencintai Allah SWT….dan ini modal untuk menjadi warganegara yang tidak hanya cerdas dalam berikir,terampil,ketulusan pada sesama sangat kita butuhkan pada saat -saat negara kita banyak mengalami encana seperti saat ini.

  2. Pasti acaranya menarik ya, Pak. Membangun karakter anak lewat kegiatan pramuka sangatlah efektif. Di antaranya, anak menjadi mandiri, bertanggung jawab, bergotong-royong, bekerja keras, dan kreatif.

    Salam kekerabatan.

  3. Nanti kalo ada acara pramuka lagi undang saya ya pak,mumpung blum ada kesibukan.saya sebagai alumni Pramuka sman 1 ampah dengan senang hati ikut membantu

  4. Sejenak tafakur dalam kehingan……..
    Memaknai arti hidup dalam seraingkaian khilaf dan dosa…..
    Lisan kadang tak terjaga,….
    Jannikadang terabaikan,……
    Hati kadang berprasangka,….
    Sikap kadang menyakitkan,…..
    Harapan ini akan menjadi indah…..
    Jika maaf & silahturrahim ada diantara kita.
    Selamat menempuh bulan suci Ramadhan 1431 Hijriah.
    Mohon maaf lahir dan batin.
    Semoga Allah selalu memberikan
    Taufiq, Hidayah, Maghfirah dan Ridho-Nya untuk kita semua.
    Amiiiii….n !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s