Kualifikasi Kepala Sekolah/Madrasah

Berawal dari pesan singkat yang disebarkan ke sesama guru di BArito Timur, tentang akan diadakannya seleksi calon kepala Sekolah, yang berbunyi :

Kepada seluruh Guru TK,SD. SMP, SMA se-Kabupaten BArito Timur. Akan diselenggarakan SELEKSI CALON KEPALA SEKOLAH DI KAB. BARTIM  bekerja samaDISIDIKPORA KAB BARTIM  dengan LPMP PROV KALTENG. Persyaratan sesuai Permendiknas No. 13/2007. Bagi guru yg berminat dan memenuhi persyaratan dimaksud agar menghubungi Bodang PNSP DISDIKPORA BARTIM. Pendaftaran tgl 17 s/d 22 Sept’10 pelaksanaan tgl 25/26 sept’10.

Adapun persyaratan sesuai Permendiknas no 13/2007 adalah sebagai berikut:

A. Kualifikasi Umum

  • Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV) kependidikan atau nonkependidikan pada perguruan tinggi yang terakreditasi dan diutamakan yang berpendidikan S2 kependidikan atau nonkependidikan yang relevan).
  • Berusia setinggi-tingginya 56 tahun atau 4 (empat) tahun sebelum mencapai batas usia pensiun.
  • Memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 5 (lima) menurut jenjang sekolah masing-masing, kecuali di TK/RA memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun di TK/RA.
  • Memiliki pangkat serendah-rendahnya III/c bagi PNS dan bagi non-PNS disetarakan dengan kepangkatan yang dikeluarkan oleh yayasan atau lembaga yang berwenang.

B. Kualifikasi Khusus

1. Kualifikasi untuk menjadi Kepala TK/RA

  • Berstatus sebagai guru TK/RA
  • Memiliki sertifikat pendidik TK/RA.
  • Memiliki sertifikat kepala TK/RA yang diterbitkan oleh LPTK atau lembaga lain yang terakreditasi.

2. Kualifikasi untuk menjadi Kepala SD/MI

  • Berstatus sebagai guru SD/MI
  • Memiliki sertifikat pendidik SD/MI.
  • Memiliki sertifikat kepala sekolah SD/MI yang diterbitkan oleh LPTK atau lembaga lain yang terakreditasi

3. Kualifikasi untuk menjadi Kepala SMP/MTs

  • Berstatus sebagai guru SMP/MTs
  • Memiliki sertifikat pendidik SMP/MTs.
  • Memiliki sertifikat kepala sekolah SMP/MTs yang diterbitkan oleh LPTK atau lembaga lain yang terakreditasi

4. Persyaratan untuk menjadi Kepala SMA/MA

  • Berstatus sebagai guru SMA/MA
  • Memiliki sertifikat pendidik SMA/MA.
  • Memiliki sertifikat kepala sekolah SMA/MA yang diterbitkan oleh LPTK atau lembaga lain yang terakreditasi

5. Persyaratan untuk menjadi Kepala SMK/MAK

  • Berstatus sebagai guru SMK/MAK
  • Memiliki sertifikat pendidik SMK/MAK.
  • Memiliki sertifikat kepala sekolah SMK/MAKyang diterbitkan oleh LPTK atau lembaga lain yang terakreditasi

6. Persyaratan untuk menjadi Kepala SDLB/SMPLB/SMALB

  • Berstatus sebagai guru pada satuan pendidikan SDLB/SMPLB/SMALB
  • Memiliki sertifikat pendidik SDLB/SMPLB/SMALB
  • Memiliki sertifikat kepala sekolah SLB/SDLB yang diterbitkan oleh LPTK atau lembaga lain yang terakreditasi
  • Persyaratan untuk menjadi Kepala Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN)
  • Memiliki pengalaman sebagai kepala sekolah berstandar nasional sekurang-kurangnya 3 tahun.
  • Memiliki sertifikat pendidik pada salah satu satuan pendidikan
  • Memiliki sertifikat kepala sekolah yang diterbitkan oleh LPTK atau lembaga lain yang terakreditasi.
  • Sumber : http://www.tendik.org/

12 thoughts on “Kualifikasi Kepala Sekolah/Madrasah

  1. pak saya bisa gak membantu saya,,,,
    saya butuh file laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) guru SD lengkap,,,,
    jawabannnya ditunggu,, hp saya : 0856-69296072,,,,,
    terima kasih ……….

  2. Saya masih bingung dengan persyaratan terakhir pada persyaratan khusus. Pingin jadi kepala sekolah kok harus memiliki sertifikat kepala sekolah. Gimana sih maksudnya? Dasar negara mbulet, bikin aturan saja kok mbulet. Saya ini pingin jadi kepala sekolah. Mbok ya di adakan fit and proper test aja, nggak usah syarat yang macem-macem. Nanti ujung-ujungnya harus taat UUD.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s