Pelaksanaan Subsidi Pendidikan di Barito Timur

Pada tahun anggaran 2010 berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 4/Huk/VI/2010 Kabupaten BArito Timur melaksanakan Program Subsidi Pendidikan 12 Tahun yang mencakup tingkat SD — SMA. Program ini bertujuan untuk meringankan biaya pendidikan yang ditanggung oleh orang tua siswa, bahkan pemerintah menggratiskan biaya pendidikan bagi siswa miskin pada jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK.
Melalui Program Subsidi Pendidikan 12 tahun ini tentu warga sekolah harus lebih mengembangkan dan memperhatikan profesionalitas dan akuntabilitas. Selain itu subsidi ini harus menjadi sarana penting untuk meningkatkan pemberdayaan sekolah dalam rangka peningkatan akses, mutu dan manajemen sekolah.
Menurut petunjuk teknis pelaksanaan keuangan subsidi pendidikan tahun 2010 Kabupaten Barito Timur, sekolah sebagai pelaksana program memiliki beberapa tanggung jawab, diantaranya:
1. Mengelola dana subsidi pendidikan 12 tahun secara bertanggung jawab dan transparan
2. Membuat laporan sementara pengeluaran dana subsidi yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah, Bendahara danKetua Komite Sekolah.
3. Mengumumkan laporan bulanan pengeluaran dana subsidi tersebut di papan pengumuman setiap 6 bulan
4. Bertanggung jawab terhadap penyimpangan penggunaan dana di sekolah.
5. Melaporkan penggunaan dana subsidi kepada Tim Subsidi Kabupaten.

di tingkat kabupaten tim terdiri dari Bupati, Wakil BUpati, Setda, KaBapeda, Kadisdikmudora, sedangkan di tingkat sekolah diketuai oleh kepala sekolah dengan anggota bendahara serta seluruh dewan guru.

Sebagai Guru, sudahkah kita ikut berpartisipasi pada program penghamburan uang ini?

9 thoughts on “Pelaksanaan Subsidi Pendidikan di Barito Timur

  1. Pendidikan telah menjadi prioritas pembangunan nasional pada saat ini. Cukup besar dana yang dikucurkan untuk memajukan pendidikan di negeri ini. Program Wajib Belajar 12 Tahun menjadi prioritas daerah. Namun disisi lain banyak keluarga miskin yang tidak mampu menyekolahkan anaknya sehingga perlu disubsidi oleh Pemerintah. Tentunya dalam pengelolaannya harus tepat dan memenuhi sasaran. Dikelola secara transparan dan bertanggung jawab demi kemajuan pendidikan anak bangsa ini.

  2. Bartim memang memiliki niatan yang baik atas pemberian subsidi, namun belum sepenuhnya dipegang oleh manajemen dan pengawasan yang baik. Adakah orang yang vokal yang berani bersuara lantang tentang segala penyimpangan dan pemborosan?
    Saya tetap TWM (Tanpa Warna Merah).

  3. kalau semua menghawatirkan lalu siapa yang akan mengatur keuangan di sekolah maupun di instansi-instansi dalam negeri ini. kalau semua orang di indonesia ini sudah tidak bisa dipercaya lagi berarti kita harus bikin robot untuk menanganinya, salam rahayu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s