Cita-cita IDAMAN 2010

guruSabtu malam, 23 Oktober 2010 bertempat di SMA N 1 Dusun Tengah, Pak Sastro menggelar dua acara sekaligus. 1. Cita-Cita IDAMAN 2010 dan 2. Kopdar anggota Forumborneo. Idaman adalah singkatan dari IPA dua Mantab yaitu nama kelas yang wali kelasnya adalah Pak Sastro.

Pada awal semester lalu dia menugaskan kepada siswanya untuk berani menuliskan impiannya pada sebuah buku yang selanjutnya diberi nama Buku Impian. Tepat pukul 00.00 masing-masing siswa secara bergantian membacakan dan menceritakan impiannya.

Pada saat memberikan tugas membuat buku impian dulu Pak Sastro berjanji akan mengadakan acara malam mingguan. Malam inilah saat yang dinantikan oleh siswa-siswa Pak Sastro. Kebetulan di ruang sebelah sedang ada pertemuan forumborneo. Untuk menunggu pukul 00.00 Pak Sastro menawarkan kepada teman-temannya yang sedang kopdar untuk memberikan materi motivasi. Tawaran ini di sambut dengan kesediaan Pak Luluk, Mas Resa, Pak Akhta. Mereka bertiga bersedia membagikan pengalamannya kepada siswa kelas XII IPA 2 tersebut.

Pukul 19.00 para siswa telah datang di sekolah untuk mempersiapkan ruangan. Meja disusun melingkar dengan tujuan agar tidak ada siswa yang duduk di belakang, semua di depan. Kursi yang biasanya menggunakan kursi dari kayu, kini digunakan kursi plastik. Malam ini memang teasar beda dari biasanya.

Giliran pertama yang memberikan motivasi adalah Pak Luluk Sumarsono. Guru yang pernah menjadi Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pamuka kecamatan Awang ini berhasil menyita perhatian siswa dengan aksinya yang benar-benar memecahkan suasana yang kaku menjdi hangat dan bersemangat.

Motivator yang tampil pada urutan kedua adalah Mas Resa. Setelah memperkenalkan dirinya kepada para peserta bahwa dia adalah penyiar pada salah satu radio swasta di Ampah, tampak banyak yang sudah mengenal. Kesempatan ini tidak disia-siakan. Dengan bahasa yang santai dan membumi layaknya sedang siaran radio, Mas resa memberikan contoh contoh kisah sukses dan bagaimana mereka mewujudkan impiannya. Banyak contoh kisah sukses yang dia paparkan dengan menarik.

Mas Resa, yang baru bergabung di Forumborneo ini dulu pernah mendirikan sebuah Tabloit Expresi. Sayang nampaknya Tabloit yang membidik pangsa pasar remaja ini seperti mati suri. Kini dia mulai menggilai dunia yang baru dikenalnya, yaitu blog. Virus ngeblog yang disebarkan Pak Sastro kelihatan telah menjangkitinya. Setiap mendapat panggilan kopi darat dia selalu hadir tepat waktu dan berapi-api.

Bejo yang mendapat giliran ketiga tidak kalah manarik. Peserta yang sebagian sudah kenal dengannya dimanfaatkannya sehingga keakraban menjadi semakin kental mewarnai atmosfer malam itu. Malam mulai merayap perlahan, Bejo yang nama sebenarnya adalah Akhta Sulasfian, S.S berhasil menyita perhatian peserta.

Pada masa SMA-nya, Bejo adalah Ketua OSIS se-Kota Surabaya. Kobaran-kobaran semangat tampak tersirat dari ekspresi wajah para pesertayang berbinar-binar. Bejo memang hebat, bisa memanfaatkan suasana. Kisah sukses penemu teori Relativitas E=mC2 disajikan dengan ringan dan memikat.

Tak terasa malam semakin larut, setelah beristirahat sejenak Pak Sastro tampil sebagai “gong” acara malam ini

36 thoughts on “Cita-cita IDAMAN 2010

  1. Aw, it was an extremely great post. Theoretically I want to write like this also – taking time and actual effort to create a good write-up… but exactly what do I only say… I procrastinate alot and by no means appear to obtain something carried out.

  2. asalamualaikum, salam kenal juga nih dari Samarinda pak Budi,kobarkan terus semangat daam dada jangan pernah bosan dalam mengembangkan ide-ide cemerlang untuk mencetak generasi penerus yang betul-betul sadar akan kewajiban dan tanggung jawabnya, agar menjadi Bangsa yang kuat baik jasmani maupun rohani …nih penting malu kita pada orang tua dan guru-guru kita yang telah rela mendidik kita dengan baik meskipun jadul beliau tidak pernah memikirkan materi ,apalagi sertifikasi toh banyak anak Bangsa yang bisa dibanggakan, percayalah masih banyak yang dapat kita lakukan dan Allah SWT

  3. Menarik benar Pak Bud, sebab “Buku Impian”, yang dulu artikelnya pernah saya baca, ditindaklanjuti, kini. Saya yakin bahwa kegiatan itu akan sangat membangun karakter anak-anak. Agaknya, perlu dicontoh oleh banyak kalangan pendidik, Pak.
    Salam kekerabatan.

  4. Selamat pagi Budisastro upaya mendidik dan mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu atau menjadi daya penggerak dari dalam subyek untuk melakukan aktifitas-aktifitas tertentu dan mencapai tujuan.sangatlah tepat, hal Ini merupakan sesuatu pengungkit yg baik maju terus pantang mundur……trims postingan yang bagus.

    Regards, agnes sekar

  5. wah…… top markotop muantap. ide pak sastro cemerlang, semoga siswa pak sastro konsisten dengan janji-janji yang diucapkan, sekali lagi saya ucapkan selamat bagi siswa idaman……………sukses selalu
    salam rahayu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s