Pengertian Domain dan Hosting

Ibarat membangun sebuah rumah, tentu kita berharap beberapa teman dan sanak saudara berkunjung ke rumah kita.  Ketika sahabat bertanya dimana rumah kita ? tentu sebuah alamat yang jelas dan menunjukkan rumah kita yang kita berikan ke sahabat kita. Di dalam dunia maya kita juga bisa membangun sebuah rumah(maya)  yang bisa dikunjungi oleh para sahabat, tamu dan handai taulan.

Ini adalah suatu analogi yang saya kaitkan antara pengertian domain dan hosting. Domain ibarat alamat rumah kita, sedangkan hosting adalah kapling tempat kita membangun rumah tersebut. DOMAIN adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi satu atau lebih nomer IP. Misalnya saja domain google.com mewakili (mempersimple) nomer ip 209.85.171.100. Bayangkan jika tidak ada nama domain, anda harus menghafal nomer-nomer ip seperti contoh tadi, mengingat google.com akan lebih mudah daripada mengingat 209.85.171.100.

Setiap nama domain memiliki sebuah akhiran yang menunjukkan top level domain (TLD). Ada banyak sekali nama domain yang bisa anda gunakan. Diantara nama domain yang populer dan banyak digunakan adalah :

* .COM Commercial

* .NET Network

* .ORG Organisation

* dan masih banyak lagi.

HOSTING Berasal dari kata host. Komputer yang terhubung dalam jaringan. Memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam suatu komputer yang terhubung dengan jaringan. Hosting menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Layanan internet untuk penempatan informasi-informasi baik untuk halaman-halaman web, peyimpanan email, database, dll. Untuk sederhananya, anggaplah layanan ini sebagai solusi untuk menempatkan halaman-halaman web anda agar selalu online. Dengan demikian, kita tidak perlu menyediakan satu komputer khusus yang selalu online di kantor atau di rumah anda, melainkan cukup dengan bekerjasama dengan penyedia jasa hosting ini. (sumber).

Jika Anda sedang mencari informasi tentang hosting, dapat menghubungi Jagoan Hosting. Costumer servicenya selalu online selama 24 jam nonstop. Sekedar mencoba, saya beberapa kali mencoba menghubungi pada jam-jam ekstrim, seperti pukul 02.00wib, 05.00wib. Alhamdulillah saya selalu mendapat layanan yang memuaskan. Itulah mengapa blog saya www.budies.info pindah ke Jagoan HOsting.

hosting

Tulisan ini diikutkan kontes menulis di JAGOAN HOSTING

16 thoughts on “Pengertian Domain dan Hosting

  1. I’ve been exploring for a little for any high-quality articles or weblog posts on this
    sort of space . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this website.
    Reading this info So i’m happy to show that I’ve an incredibly good uncanny feeling I found out exactly what I needed.
    I such a lot surely will make sure to don?t forget this web site and give it a glance regularly.

  2. Hey there just wanted to give you a quick heads up. The words in your post seem to be running off the screen in Internet explorer.
    I’m not sure if this is a format issue or something to do with browser compatibility but I thought I’d post to let you know.
    The design look great though! Hope you get the problem fixed soon.

    Cheers

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s