Membuat Form Online.

 

edu.budies

Bagi guru yang memiliki blog, Form online dapat kita gunakan untuk tempat siswa mengirimkan tugas-tugas yang kita berikan. Adalah http://www.emailmeform.com/ situs yang menyediakan pembuatan form secara gratis. Form ini dapat kita desain sendiri sesuai keperluan. Saya telah membuat dua macam form dari situs ini. Form pertama untuk pendaftaran blog di komunitas JANAH. Sedangkan form kedua saya adalah Form untuk mengirim artikel atau file apapun yang dikerjakan oleh siswa saya.  Jika Anda tertarik untuk membuatnya bisa langsung signup dari gambar di bawah ini.

 

Email Me Form is a free online form generator service that helps you create HTML forms for your website, with no programming required.

Ini adalah form kirim artikel yang saya pasang di www.budies.info/kirim

Kirim ArtikelAnda dapat mengirim artikel berupa file
Nama *
First Last
Email
Sekolah dan Kelas
Website
jika memiliki blog/situs
urain sedikit tentang isi kiriman <br />  

berikan gambaran secukupnya mengenai isi kiriman
lampirkan file dari komp
Alamat <br />
Powered byEMF Online Form Builder

Report Abuse
ini contoh yang blogspot
Form yang saya pasang di budies.info, untuk mengirim tugas yang dikerjakan siswa, form yang saya pasang di forumborneo untuk mengirim artikel, sedangkan form yang saya pasang di blogspot untuk mendaftarkan blognya di komunitas JANAH (jurnalis anak Ampah). Hanya pada tampilan gambar di wordpress kok form tidak muncul dengan sempurna. Ketika kode HTML kita kopi di blog wordpress.com, ternyata ada bagian yang hilang ketika di save.

Untuk membuat form seperti itu tidak terlalu sulit, ada tiga tahap, 1. mendaftar, 2 merancang form, 3. kopi kode HTML di blog kita. Yang membikin saya suka adalah form ini masuk ke email kita, TIDAK masuk di komentar yangbisa membuat diskspace cepat penuh

Form semacam ini sangat bermanfaat bagi kita untuk melatih anak murid kita atau siapapun yang ingin menulis tetapi masih belum memiliki blog, bahkan email sekalipun. Kegamangan angkernya redaktur pada sebuah majalah dapat teratasi dengan mengirim artikel melalui form ini.

File yang menjadi lampiran (dapat berupa word, excel, gambar )dan data isian form langsung terkirim ke email kita. Jadi kita cukup dimanjakan dengan adanya fasilitas ini. Sebenarnya saya ingin mencari pluggin yang bisa membuat form untuk dipasang di blog sendiri. Namun sampai sekarang saya masih belum menemukan pluggin yang saya maksud.

Narablog yang budiman, maupun budieser… bisakah membantu saya memberikan informasi plugin yang saya maksud?

28 thoughts on “Membuat Form Online.

  1. sore pak guru saya mau tanya apakah form ini dibatasi jumlahnya apakah bebas tidak ada batasan mau kirim sampe berapapun ??

  2. itu kan yang di http://www.emailmeform.com/ setelah ada yang mengisi form nya, terus ada lagi orang yang mau isi form, history nya kok masih muncul? jadi kalau ada orang yang mau ngisi form itu lagi, terus pencet tombol “bawah: itu akan muncul history nya. . Bagaimana cara menghilangkannya? Terima kasih

  3. Matur Nuwun Infonya Pak…
    Saya akan coba.
    NB:
    Biar di teks areanya nggak muncul br / bisa diatasi dengan menghapus spasi atau bisa pula ditarik keatas pas pada kemunculan itu Pak.
    Kalau ada br / kan keliatan ngganggu dan mengurangi kerapian😀

  4. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Yang seperti ini saja saya baru tahu, Pak. Aplagi yang plugin. Pernah tahu itu seperti kolom komentar tapi lupa penyedia layanannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s