SERTIFIKASI GURU BARITO TIMUR

Sertifikasi di Barito Timur mulai awal hingga kini tidak habis-habisnya menjadi bahan pembicaraan. Pada Awal mulai sertifikasi dulu (2007) Bartimlah yang meloloskan peserta masih berstatus CPNS untuk mengikuti diklat PLPG. Tahun 2009 bulan Juni pernah seluruh penerima sertifikasi diminta untuk mengumpulkan berkas, ternyata setelah dikonfirmasi ke LPMP Kalteng, tidak ada perintah dari LPMP.

Kesemrawutan semakin nyata semenjak penyaluran dana tunjangan sertifikasi diserahkan ke daerah. Pada periode Januari – Juni 2010 baru dibayarkan setelah seorang guru menanyakan perihal ini kepada ketua DPRD Bartim. Periode Juli – Desember 2010 pun hingga tulisan ini diposting belum juga dicairkan. Alasan yang dibuat pun macam-macam. Guru-guru di sekolahku mulai resah mengajak untuk demo, tetapi saya lebih memilih jalur diplomatis ( halah…)…Ya rencana besok (8 Feb..red) mau menghadap ketua dewan. minta ditemanin kidalangwowos.

Belum habis membicarakan dana tunjangan periode Juli-Desember 2010, tiba-tiba ada SMS mengenai sertifikasi kuota 2011. Saya melihat sebagai SMS yang mengandung ancaman kepada calon peserta.. lihat saja bunyi SMS ini…

Kepada 085752373015 / Guru Se-Kab. BARTIM. Menanggapi SMS Pembaca KALTENG POS ttg PUNGLI SERTIFIKASI GURU DI BARTIM, maka kami mengundang Bpk/Ibu/Sdr./Sdri Calon Peserta SERGUR 2011 utk melakukan konfirmasi sikap keberatan / atau tidak keberatan atas biaya UP-DATING DATA BASE NUPTK CALON PESERTA SERGUR KUOTA 2011 yg dibebankan sebesar Rp. 110 ribu. Kami akan segera membatalkan up-dating data bagi yg keberatan dan uang tsb akan dikembalikan, dan data Bpk/Ibu/Sdr./Sdri. akan apa adanya tanpa pembaharuan data. Harap maklum. Dari Operator NUPTK BARTIM a.n MAPRIYATNO, S.Kom

Ya, sudahlah ini sekedar SMS, bukan surat yang ditandatangani oleh pejabat yang berkekuatan hukum. Jika berupa surat penyalahgunaan jabatan, kita bisa mengadu ke KPK. Bagaimana suatu pengaduan bisa ditindaklanjuti? beriktu ini ketentuan yang saya kopas dari situs KPK.

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana KPK bisa menangkap tangan praktk suap/pemerasan, atau dari mana KPK bisa mengendus korupsi ketka belum terjadi. Apakah KPK punya ribuan kamera yang memantau seluruh pejabat di negeri ini setiap hari? Atau, ada jutaan mikrofon yang menguping percakapan setap proses pengadaan di seluruh daerah?

Keberhasilan KPK dalam menangkap koruptor ternyata merupakan hasil dari peran serta dan kepedulian masyarakat dalam melaporkan kasus korupsi. KPK sangat mengharapkan peran serta masyarakat untuk memberikan akses informasi ataupun laporan adanya dugaan tndak pidana korupsi (TPK) yang terjadi di sekitarnya. Informasi yang valid disertai bukti pendukung yang kuat akan sangat membantu KPK dalam menuntaskan sebuah perkara korupsi.

BENTUK-BENTUK KORUPSI

  • Perbuatan melawan hukum, memperkaya diri orang/badan lain yang merugikan keuangan/perekonomian negara
  • Menyalahgunakan kewenangan karena jabatan/kedudukan yang dapat merugikan keuangan/perekonomian negara
  • Penggelapan dalam jabatan
  • Pemerasan dalam jabatan
  • Tindak pidana yang berkaitan dengan pemborongan
  • Delik gratifikasi


TPK YANG DAPAT DITANGANI KPK

  • Melibatkan aparat penegak hukum, penyelenggara negara, dan orang lain yang ada kaitannya dengan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh aparat penegak hukum atau penyelenggara negara;
  • Mendapat perhatian yang meresahkan masyarakat; dan/atau
  • Menyangkut kerugian keuangan negara paling sedikit Rp1.000.000.000 (satu miliar rupiah).


LAYANAN PENGADUAN KPK
Masyarakat dapat menyampaikan pengaduan kepada  KPK melalui surat, datang langsung, telepon, faksimile,  SMS, atau KPK Whistleblower’s System (KWS). Tindak  lanjut penanganan laporan tersebut sangat bergantung  pada kualitas laporan yang disampaikan.

KPK WHISTLEBLOWER’S SYSTEM (KWS)
Selain melalui melalui surat, datang langsung, telepon, faksimile, dan SMS, masyarakat juga bisa menyampaikan laporan dugaan TPK secara online, yakni melalui KPK Whistleblower’s System (KWS).

Melalui fasilitas ini, kerahasiaan pelapor dijamin dari kemungkinan terungkapnya identitas kepada publik. Selain itu, melalui fasilitas ini pelapor juga dapat secara aktif berperan serta memantau perkembangan laporan yang disampaikan dengan membuka kotak komunikasi rahasia tanpa perlu merasa khawatir identitasnya akan diketahui orang lain.

Caranya cukup dengan mengunjungi website KPK: www.kpk.go.id, lalu pilih menu “KPK Whistleblower’s System”, atau langsung mengaksesnya melalui: http://kws.kpk.go.id.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan laporan ke KPK, yakni meliputi persyaratan dan kelengkapan atas pelaporan tersebut. Sebab, laporan yang lengkap akan mempermudah KPK dalam memproses tindak lanjutnya.

FORMAT LAPORAN/PENGADUAN YANG BAIK

  • Pengaduan disampaikan secara tertulis
  • Dilengkapi identitas pelapor yang terdiri atas: nama, alamat lengkap, pekerjaan, nomor telepon, fotokopi KTP, dll
  • Kronologi dugaan tindak pidana korupsi
  • Dilengkapi dengan bukti-bukti permulaan yang sesuai
  • Nilai kerugian dan jenis korupsinya: merugikan keuangan negara/penyuapan/pemerasan/penggelapan
  • Sumber informasi untuk pendalaman
  • Informasi jika kasus tersebut sudah ditangani oleh penegak hukum
  • Laporan/pengaduan tidak dipublikasikan


BUKTI PERMULAAN PENDUKUNG LAPORAN
Bukti permulaan pendukung yang perlu disampaikan antara lain:

  • Bukti transfer, cek, bukt penyetoran, dan rekening koran bank
  • Laporan hasil audit investigasi
  • Dokumen dan/atau rekaman terkait permintaan dana
  • Kontrak, berita acara pemeriksaan, dan bukti pembayaran
  • Foto dokumentasi
  • Surat, disposisi perintah
  • Bukti kepemilikan
  • Identitas sumber informasi


PERLINDUNGAN BAGI PELAPOR

Jika memiliki informasi maupun buktI-bukti terjadinya korupsi, jangan ragu untuk melaporkannya ke KPK. Kerahasiaan identitas pelapor dijamin selama pelapor tdak mempublikasikan sendiri perihal laporan tersebut. Jika perlindungan kerahasiaan tersebut masih dirasa kurang, KPK juga dapat memberikan pengamanan fisik sesuai dengan permintaan pelapor.

PENGADUAN MASYARAKAT KPK
Jl.HR. Rasuna Said Kav. C-1
Jakarta Selatan 12920
P.O. Box     : 575 Jakarta 10120
Telp         : (021)2557 8389
Faks         : (021) 5289 2454
SMS         : 0855 9 575 575, 0811 959 575
E-mail         : pengaduan@kpk.go.id.
KWS         : http://kws.kpk.go.id

 

PENGADUAN MASYARAKAT.

Tanya jawab masalah sertifikasi bisa ke sertifikasi.org

isi surat pembaca di kaltengpost online

+6285752373015
Pungli Sertifikasi Guru Kepada Yth pegawai Diknas Bartim. Mohon dijelaskan pungli sertifikasi guru. Mendaftar 10 ribu, update data NUPTK 100-200 ribu kali 500 pendaftar jumlahnya besar. Pemungut bahkan masih CPNS. Apakah pembayaran tersebut bisa menjamin kelulusan. Apakah ada aturan seperti itu. Jika ini modus �GAYUS� mohon agar ditindak.

17 thoughts on “SERTIFIKASI GURU BARITO TIMUR

  1. SEMOGA BARITO TIMUR MAU BELAJAR DENGAN DAERAH LAIN YANG TELAH SUKSES MEMBANGUN, DAN JUGA BELAJAR UNTUK MAJU BERMARTABAT

  2. YANG BAIK GAK USAH IKUT SERTIFIKASI GURU………..BAIK CARI SAMBILAN KERJA DILUAR YG TIDAK PERLU MELIBATKA BIROKRASI YG BOBROK….. KAN HASILNYA SAMA SAJA…. KALAU MEMANG TUJUAN AKHIR ADALAH DUIT……BETUUUUUUULLLL GA ?

  3. Blom sertifikasi nie dan kyanya msh lama jadi tak bisa ikut komentar panjang2 krn blom mengalami situasi itu. Klo memang ada pungli sudah saatnya langsung kita laporkan saja, buat apa di diamkan karena hanya akan membuat si pungliers merasa bhw yg dilakukannya sah-sah saja, tuch tak ada yg marah.😀

  4. Barangkali karena saya belum tercalonkan peserta sertifikasi guru (sertigur), saya agak mengabaikan berita tentang sertigur itu. Sekalipun begitu, telinga saya mendengar kabar ini kabar itu tentang sertigur, yang lebih banyak menimbulkan “keresahan” di kalangan pendidikan dan umum karena banyak di antara yang tersertifikasi kurang menunjukkan profesional dalam berperan sebagai pendidik.Semoga di Bartim, tidak seperti yang saya dengar di daerah saya, Pak.
    Salam kekerabatan.

  5. (Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!
    ternyata di mana-mana Tunjangan Fungsuonal ini menyisakan kesemrawutan. Indonesia emang suka sama yang semrawut-semrawut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s