Ngomong Sendiri

Ya… begitulah. yang dilakukan Pak Budi dan Pak Sastro, guru yang wagu dan kurus. Yang dibicarakan bukan masalah usulan Pak Sastro  tentang sosok seorang yang layak jadi Mendiknas. Dia memang pernah bercerita kepada saya bahwa syarat menjadi mendiknas itu harus pernah menjadi guru di daerah terpencil, karena memang bukan hanya cerita atau novel. Daerah terpencil memang ada dan masih banyak. Okelah, kita anggap saja daerah terpencil itu tidak ada, dan Indonesia itu sudah maju, sehingga layak mengikuti kurikulum dari negara-negara yang terkemuka pendidikannya. 

Ngomong sendiri kadang terasa asyik, karena semua bisa diumpamakan, dibikin ideal layaknya persamaan gas ideal  yang sebenarnya tidak pernah ideal. Tadi sempat saya memperhatikan  Pak Sastro ngomong sendiri dengan gaya narsis. Dia membicarakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan(PKB), yaitu pengembangan kompetensi Guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan dan dapat meningkatkan profesionalitasnya. PKB ini telah menjadi persyaratan guru untuk naik pangkat, sebagamana tertuang pada Permenpan no 16 tahun 2009 dan peraturan bersama antara Mendiknas dan BKN no 14 tahun 2010 tentang petunjuk pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.

Pak Sastro lalu bercerita tentang IGI Kalteng yang belum genap setahun terbentuk, namun telah melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi guru. Salah satu tujuan terbentuknya IGI Kalteng adalah untuk bersama-sama meningkatkan kompetensi guru, bukan untuk menandingi organisasi profesi guru yang sudah mapan. Setelah beberapa saat lalu mengadakan pelatihan pembuatan blog kini IGI KALTENG mengadakan Lomba Blog Guru. Menurutnya blog adalah sarana yang mudah, murah untuk mengembangkan keprofesionalan seorang guru. Setidaknya dia sendiri telah merasakan kemajuan setelah tiga tahun lebih dia ngeblog.

Idealnya,…. halah kok ideal terus. Seorang guru yang pekerjaan hari-harinya selalu berkaitan dengan tulis-menulis, seharusnya bisa menghasilkan karya tulis. Tapi…. kalau kita lihat di media, berapa persen artikel kiriman dari guru? Sedih ya…? Padahal sering memberi tugas siswa untuk menulis. Lho… puisi, cerpen, catatan kejadian, petunjuk praktik, diktat, modul  kalau ditulis kan ya termasuk karya tulis.

Jika permasalahan yang dialami guru untuk menulis adalah kegamangan akan angkernya redaktur dari suatu media, maka blog adalah jalan keluar terbaik. Bagi yang masih belajar (seperti saya..red), maka blog dapat dijadikan sarana untuk berlatih menulis. Bagi yang sudah bisa seperti pak Rudy dan Pak Urip, blog dapat dijadikan sarana berbagi pengalaman. Lantas blog yang baik itu seperti apa……………………..?

Nah.. ini yang mau diceritakan Pak Sastro , bahwa menilai blog itu susah. Blog itu layaknya sebuah makanan, menurut  orang baik,belum tentu menurut kita baik. Namun jika diibaratkan makanan, setidaknya blog itu selalu ada yang baru (update) ,menarik, ajeg, halal dan tidak beracun. Lho kok blog bisa beracun? Ya iyalah, kalau tulisan guru itu plagiat, salah konsep (seperti saya ), provokatif tidak proaktif dapat meracuni siswa.

8 thoughts on “Ngomong Sendiri

  1. Di banding cuap2, ngomong lewat tulisan lebih enak. Hehe. Ngomongin ngomong, kok postingan ku juga tentang ngomong,pak. Hehe,Nggak nyontek,kok pak.

  2. ngeblog itu menurut saya untuk hiburan dan menyalurkan isi pikiran yang terpendam, syukur-syukur nambah kenalan, semoga para guru bisa menghiasi dunia maya dengan perihal yang positif

  3. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://entrydatabase.blogspot.com/

  4. yah memang blog begitulah adanya, kita semua, semua blogger, yg suka onani otak lewat tulisan. Tak ada kata henti belajar menulis. Yg sudah bisa hanyalah mereka yg sudah didekap dewan redaksi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s