Salam GAGAH

SALAM GAGAH,.. SAbtu maLAM GAbung dengan Guru-guru AmpaH. Kegiatan kumpul-kumpul ini sempat terhenti beberapa bulan disebabkan koneksi internet schoolnet mandeg. Tadi ketika masuk ruang komputer dan mengutak-atik pengaturan modem ternyata internet bisa nyambung. Semoga ini kabar baik bagi rekan-rekan guru yang merindukan untuk kumpul bersama dan berbagi.

Banyak yang bisa dilakukan dari acara sekedar kumpul-kumpul ini, mulai dari masalah perangkat keras, menggunakan aplikasi perkantoran, hingga masalah internet. Tidak ada yang ahli sih memang, tapi dengan berbagi pengalaman semua bisa diatasi. Dari kumpul-kumpul ini pula telah lahir Komunitas JANAH ( Jurnalis Anak Ampah). blogger muda yang terdiri dari siswa SMP dan SMA di Ampah. Sedangkan untuk para seniornya membentuk sebuah organisasi yang diberi nama FORUMBORNEO.

Adalah Pak Budi, Pak Akhta, Pak Yusman, Pak Bayu, Pak Wowos yang membidani lahirnya kegiatan SALAM GAGAH ini. Mereka semua adalah blogger dari Ampah, sebuah kota kecil di daerah terpencil.

Ampah..,,? Ya jangankan Ampah yang hanya sebuah kota kecamatan di pedalaman Kalimantan Tengah, lha Barito Timur kabupatennya saja nyaris tak terdengar di kancah prestasi. Memang, Barito Timur adalah sebuah kabupaten pemekaran dari kabupaten induknya Barito Selatan.Namun kami bertekad untuk memopulerkan Barito Timur yang memiliki sempboyan Jaya Selama-lamanya.

Kata Barito pasti sudah akrab di telinga kita. Barito adalah sebuah sungai yang dulu menjadi tulang punggung transportasi yang menghubungkan kota Purukcahu, Muara Teweh, Buntok, Mangkatip, Jenamas, Marabahan hingga Barito Kuala. Kapal-kapal tongkang bisa melalui sungai ini, karena cukup besar dan dalam.

Selain digunakan sebagai sarana transportasi sungai-sungai di wilayah kalimantan juga digunakan untuk keperluan kehidupan sehari-hari, seperti memasak, dan MCK. Kini sungai Barito sudah mulai mendangkal dan sangat tercemar. Tumpahan bahan bakar minyak dari kapal-kapal yang lalu lalang telah menyebabkan sungai ini tidak layak untuk memasak. Bukan hanya itu yang lebih berbahaya lagi adalah kandungan merkuri di sungai ini sudah melebihi ambang batas yang diperbolehkan. Sisa-sisa merkuri (raksa) ini dihasilkan dari limbah tambang emas di sepanjang daerah aliran sungai. hmmm kapan ada peringatan dari yang berwajib bahwa sungai ini sudah berbahaya?

18 thoughts on “Salam GAGAH

  1. sungguh keberuntungan punya komunitas tersendiri, sehingga kita dapat saling berbagi tentunya, saya juga pernah menkoordinir teman2 sekabupaten lewat BLOOM (blognya orang-orang Majang)

  2. biasanya berawal dari kumpul-kumpulnya orang yang satu visi dan memiliki satu minat akan muncul karya-karya besar. Semoga Salam Gagah memberikan kemanfaatan bagi dunia pendidikan di Barito Timur.
    Salam renyah bak kripik tempe dari Ngawi

  3. Cukup banyak tulisan para guru yang sudah masuk dalam web guru-indonesia.net ( bisa dilihat dalam link berikut http://guru-indonesia.net/direktori_guru3.html ).
    Dipersilahkan para guru yang belum register untuk bergabung, dan yang sdh teregister bisa menambah karyanya. Karena untuk karya yang banyak dan berbobot akan ada hadiah menarik dari irektorat System Informasi Unair.

    Terimaksih

  4. Salam Borneo,
    “BANGUN LAGI, dari Kasur Empuknya…” Kiranya, kegiatan semacam ini dapat terlaksana kembali dengan baik dan sesuai prosedur, ya memang dari keterbatasan yang dimiliki jauh untuk segera memanjukan kab. jangankan hal tersebut daerah sendiripn masih blum. “Semoga saja dari perkumpulan semacam ini lambat-laun membawa hasil’ yang berMultifungsi. bagi golongan2 tertentu maupun perindividu yang ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s