UNAIR Persembahkan Sejuta Blog untuk Guru Indonesia

Memiliki blog dengan nama domain sendiri tentu menyenangkan, apalagi blog gratis. Tidak hanya itu pada bagian belakang masih ditambah dengan identitas profesi kita yaitu guru-indonesia.net. jika kita mendaftarkan diri untuk membuat blog maka nama domain lengkapnya menjadi namakita.guru-indonesia.net.

Bagi rekan guru yang ingin memiliki blog gratis dapat mendaftar melalui link ini. sangat disarakan menggunakan email yahoo, karena disediakan direktori sesama  guru yang online melalui YM. Wah pokoknya enak, kita bisa diskusi dengan sesama guru yang sedang online YM-nya. Selain itu juga disediakan pengumuman penting yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan. Walaupun saya sudah punya blog disana sini, tapi belum lengkap rasanya kalau belum bergabung di sini. budies.guru-indonesia.net.

Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Universitas Airlangga kembali mempertegas misinya guna mendharmabaktikan keahliannya kepada masyarakat. Jumat (20/5) kemarin, Universitas Airlangga meluncurkan program Sejuta Blog untuk Guru.

“Melalui program ini, Universitas Airlangga berharap mampu menyumbangkan peran bagi kemajuan dunia pendidikan Indonesia melalui pengembangan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” demikian ujar Wakil Rektor III Universitas Airlangga, Prof. Soetjipto, dr., MS,. Ph.D., saat meresmikan peluncuran program Sejuta Blog untuk Guru.

Hadir dalam peluncuran program tersebut, Wakil Rektor III, Prof. Soetjipto, dr., MS,. Ph.D., Wakil Rektor I, Prof. Dr. Achmad Syahrani, Apt., Direktur SI, Dr. Soegianto Soelistiono, Ir.,, M.Si., Ketua Ikatan Guru Indoensia (IGI), Drs. Satria Dharma, Kabid Humas dan Protokol, Dr. Mangestuti, Apt., perwakilan guru Surabaya, para Wakil Dekan III dan pejabat Universitas, serta beberapa awak media.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III UNAIR menyatakan, bahwa program ini diharapkan akan mampu memberi dampak luas bagi peningkatan komunikasi dan pemanfaatan media TIK sebagai sarana pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan. Para guru se-Indonesia akan terhubung dalam sebuah media TIK yang sanggup menyibak keterbatasan jarak dan komunikasi yang selama ini menjadi salah satu kendala bagi para guru yang mengabdi di daerah terpencil. Kekuatan TIK yang disajikan, akan mampu memberi ruang bagi para guru, agar dapat bergerak dinamis bagi kemajuan anak didiknya.

Dijelaskan oleh Direktur Sistem Informasi UNAIR, bahwa fasilitas yang ditawarkan untuk guru ini, bukan hanya sekedar Blog biasa. Melalui fitur yang disediakan, para guru se-Indonesia akan saling terhubung. “Dengan ini nanti, akan terjadi kolaborasi operasional antar guru se-Indonesia,” tandas Dr. Soegianto Soelistiono, Ir.,, M.Si., Direktur SI Universitas Airlangga.

Selain mudah cara mendaftarnya, jika sudah teregister, setiap guru akan dapat langsung menyapa guru lain yang terlihat online melalui direktori guru. Para guru juga akan dapat berdiskusi dengan guru di daerah lain, yang telah dikelompokkan dalam satu bidang ilmu. Tidak hanya itu, para guru juga akan dapat berkontribusi melalui bank soal, sekaligus melakukan download soal guna mendukung proses belajar mengajar di kelas.

Melalui media ini, para guru se-Indonesia akan dapat saling bertukar pengetahuan dan pengalaman dengan baik. Ke depan, program Sejuta Blog untuk Guru ini, diharapkan mampu mempersempit gap pengetahuan antara guru di daerah terpencil dengan para guru di daerah perkotaan. “Rekan guru di daerah terpencil, nantinya juga berpeluang untuk mengakses soal yang digunakan oleh para guru di perkotaan. Berikutnya, itu bisa dijadikan modal bagi guru tersebut untuk mengajar anak didiknya,” imbuh Dr. Soegianto.

Selaku Ketua IGI, Drs. Satria Dharma mengaku sempat kaget dan tidak menyangka, bahwa Web Blog yang diluncurkan UNAIR ini, hadir melebihi ekspektasinya. “Saya memberikan apresiasi kepada Universitas Airlangga yang telah membuat langkah maju bagi para guru. Sepengetahuan saya, belum ada Perguruan Tinggi yang kini mengerjakan apa yang telah diberikan oleh UNAIR ini,” demikian ungkap Drs. Satria Dharma.

Ketua IGI juga mengaku bahwa program Sejuta Blog untuk Guru yang diluncurkan UNAIR ini, sejalan dengan gerakan Guru Melek Internet (GMI) yang kini tengah dikerjakan olehnya. Drs. Satria Dharma berharap, agar Perguruan Tinggi juga bersedia memberikan workshop kepada para guru, khususnya yang berhubungan dengan keterampilan berbasis internet.

Dalam peluncuran tersebut, salah seorang guru yang hadir dipersilakan untuk mencoba beberapa fasilitas yang disediakan melalui http://www.guru-indonesia.net. Disaksikan hadirin yang lain, Drs. Suwoto terlihat berhasil melakukan registrasi dan mencoba beberapa fitur pada Blog barunya. Bahkan kala itu, juga berhasil dicoba melakukan komunikasi langsung dengan salah seorang guru yang terlihat online. Di penghujung acara, Direktur SI juga berjanji, bahwa pihaknya akan memberikan reward bagi guru yang terbukti aktif dalam memanfaatkan keberadaan Web Blog ini.

29 thoughts on “UNAIR Persembahkan Sejuta Blog untuk Guru Indonesia

  1. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Pak, di profil saya kan mengajar TIK tp di website tertulis Antropologi….. Ini web nya : didikjatmiko.guru-indonesia.net ( BISA DI RUBAH NDAK ? TERIMA KASIH )

  2. wow keren.. tapi jujur, masih banyak sekali guru yang belum begitu mengenal internet. jika ide ini mau diterapkan.. mungkin terlebih dahulu membuat para guru tidak gaptek dengan teknologi terutama internet.. hehehe
    salam kenal

  3. informasi yang menarik pak …
    mau ikutan juga ah … heee …
    padahal mengurusi 2 blog saja sudah lumayan susah .. tetapi bapak saya lihat memiliki puluhan blog … hebat … cara pengaturan waktu yang hebat pak …

  4. Sudah sewajarnya guru mempunyai wahana untuk menulis sebagai sarana mengembangkan potensi diri. Guru harus bisa menulis. Justru tidak wajar apabila ada guru yang belum memiliki blog.

  5. Assalamu ‘alaikum wr.wb… lama tak berkunjung ke blog jenengan. Ini saya Zainal Muttaqien, guru MAN Kotabaru Kalimantan Selatan. Kebetulan lagi ingin memperkenalkan blog pembelajaran qur’an hadits madrasah aliyah yg merupakan realisasi produk atau bagian kecil tesis saya di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kebetulan saya kan menulis tema tentang “Pemanfaatan Blog sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah”. Idenya simpel saja yakni bagaimana caranya agar para guru madrasah mampu memanfaatkan kecanggihan perkembangan teknologi informasi komunikasi saat ini utk kepentingan pengayaan pembelajaran di madrasah. Sekaligus agar para guru madrasah tidak dicap gaptek internet… begitu lo pak… hehehehehe! Nah hasilnya ialah berupa sampel blog sederhana dan masih sangat banyak kekurangan di sana sini. Untuk itu mohon masukan, kritik dan saran terkait pengembangan blog pembelajaran tsb.

    Terimakasih dan mohon maaf jika ada salah2 kata dlm penyampaian iklan blog ini🙂

  6. Saya berharap para guru bisa memaksimalkan fasilitas ini dengan baik agar guru di Indonesia tidak gaptek. Selain itu juga media ini bisa dijadikan sharing antara guru yang satu dengan guru yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s