Katakan dengan Gambar

Akun facebook? pasti sebagian besar sudah punya. Kalau belum mengerti cara membuat akun facebook dapat dibaca di FORUM BORNEO. Pemanfaatan jejaring ini untuk pembelajaran tentu akan lebih baik. Melihat beberapa status anak didik yang isinya tidak pas, jadi ikut kepikiran. Penulisan status yang seronok dan jorok tak jarang merugikan diri sendiri, bahkan bisa merembet ke orang tua.

Pada semester ini, kelas XII mendapat materi menggambar menggunakan corel draw. Walaupun jauh dari harapan untuk menghasilkan pelukis/penggambar yang ulung, paling tidak siswa dapat mengungkapkan statusnya melalui gambar.

Berkaitan dengan hal diatas, saya menugaskan kepada siswa kelas XII yang sedang belajar corel agar mengungkapkan statusnya dengan gambar.  Selain gambar yang mengekspresikan status, boleh juga gambar gambar lain yang disukai. Yang penting belajar menggambar dengan corel dan unggah ke dinding. Tugas ini bersifat imbauan, bukan keharusan. Tugas ini diharapkan dapat mengurangi menulis status yang tidak mendidik. Agar gambar corel dapat diunggah dengan mudah, perlu diekspor menjadi gambar dengan format JPG.

Cara menghasilkan gambar JGP dari corel adalah sebagai berikut.

1. setelah gambar jadi klik menu File – export

2. Muncul pengaturan lokasi penyimpanan, nama file, dan format gambar

3. Selanjutnya mengatur ukuran gambar, sebaiknya ukurannya antara 600-1000 pixel, agar tidak terlalu berat saat mengunggah dan membukanya.

4. Sebelum menekan tombol OK, perhatikan tampilan hasil ekspor

Sekarang telah dihasilkan gambar dengan format JPG yang siap diunggah

14 thoughts on “Katakan dengan Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s