About Me

Blog bertagline “pendidikan itu mahal”  bukan sekedar dilihat dari biaya. Jika selama ini yang terpikir bahwa pendidikan dapat mengurangi kenakalan remaja, maka sebenarnya kenakalan orang tua jauh lebih dahsyat…. Korptor, pejabat yang lalai, petugas yang sewenang-wenang, mereka semuanya dihasilkan dari proses pendidikan yang timpang. Pendidikan yang mengedepankan nilai berupa angka-angka akademik ternyata telah melupakan karakter dan keteladanan.

TK, SD, SMP di Ngawi

SMA di Pecangaan Jepara (84-87)

D3 di Univ Airlangga (87-90) terus 97/98 penyetraraan s1 di IKIP Malang

91 sampe sekarang di Ampah kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah jadi Guru Kimia selain itu juga ngajar Bahasa Indonesia dan TIK, dulu juga pernah ngajar fisika, kesenian, keterampilan, matematika, dan bahasa inggris. bukan karena bisa tapi karena kekurangan guru…. anggap aja ban serep

tahun 2009 mendapat penghargaan Science Education Award dari Indonesia Toray Science Foundation yang diberikan pada awal tahun 2010

tahun 2011 tercatat sebagai mahasiswa pascasarjana jurusan pendidikan kimia di Universitas Palangka Raya

Memiliki beberapa blog diantaranya http://www.budies.info, budies.blogdetik.com, budies.guru-indonesia.net, budies.edublog.org, ictbartim.wordpress.com dan mendirikan  forumborneo sebagai ajang berbagi infomasi kepada sesama guru
Upaya budies …..
1. http://www.bloggerbojonegoro.com/juara-1-menulis-surat-untukmu-guruku.html
2. https://budies.wordpress.com/2010/05/19/science-education-award-2010/
3. Juri lomba blog guru Kalteng
4.Pemenang M-edukasi 2011M-edukasi Awards 2011
5. http://ictbartim.wordpress.com/2011/12/03/blog-guru-bartim-masuk-16-besar/
Click to view my Personality Profile page

246 thoughts on “About Me

  1. We stumbled over here from a different web address and thought
    I may as well check things out. I like what I see so i am just following
    you. Look forward to going over your web page for a second
    time.

  2. About Me Tentang GURU I was recommended this blog by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my problem. You’re amazing! Thanks! your article about About Me Tentang GURU Best Regards Cassetta Veronica

  3. ass…slam knl pak…saya kepingin mengajar menggunakan leptop tp materi pelajaran itu yang tidak bisa sy buat di leptop pak…tolong di krim pak.materi pelajaran IPA, MATEMATIKA, BHASA, PKN, IPS, SD kls 5..mks.

  4. Guru sudah semangat memajukan pendidikan, salah satunya dengan media blog tetapi “kebanyakan” tidak diikuti oleh niatan siswa dalam peran serta memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Adakah saran agar siswa kita juga turut berperan aktif?

  5. sbg sesama guru di dinas pendidikan saya mrasa bngga dgn bapak…. Sehingga bartim tdk hanya d cap sbgai wdah korupsi,tp tmpat guru berpreSTAsi seperti bapak.. Sukses pak,di bumi jari janang

  6. mas boed…
    kalo boleh saya minta di kirimi software aplikasi entry nilai untuk SMP biar TU bisa latihan dulu. terima kasih sebelumya.

  7. salam kenal. If Better is Possible GOOD is not Enough. sy kebetulan juga guru , kimia kadang fisika , kadang TIK kadang Matem kadang Sosiologi , kadang ekonomi kadang geografi kadang biologi. bukan sebagai ban serep tapi jadi “serep ban” ….
    kunjungi sy di agusisdiyanto.wordpress.com

  8. setiap kali mampir ke sini, saya selalu tersenyum melihat foto bapak di samping kanan. jujur, fotonya lucu, pak. ga kebayang deh gimana reaksi saya kalau ketemu langsung🙂
    mudah2an ada kesempatan satu kali nanti ya pak… entah di seminar atau workshop atau kesempatan lain.

  9. salam pak bud..

    klo boleh nanya pendapat Bapak..

    apa yang Bapak maksud dengan…

    “JIKA ANDA PIKIR PENDIDIKAN ITU MAHAL, COBALAH KEBODOHAN”

    apa mungkin maksudnya…

    “PANTASLAH GURU DI BAYAR MAHAL” ..??

    karena maaf.. susah bagi saya untuk melupakan tabiat >80% guru yang saya kenal…

    “Oknum Guru”, mungkin lebih tepat di sebut begitu..

    mereka suka…

    1. Mengumpulkanuang Sukarela Wajib (pembangunan) tiap tahun dengan alasan membangun pagar sekolah.. (padahal semenjak tahun 1977 sampai 2007.. pagar pun akhirnya dibangun dengan menggunakan DAK – ini aseli terjadi di daerah saya..)

    2. Seorang guru golongan IV/a “melarikan” muridnya..
    dihukum dengan men-strukturalkan-nya.. parkir 2 bulan di BKD.. trus jadi kepala Dinas dah akhirnya.. (melarikan=tau kan maksudnya?)

    3. Ngajar sambil mabuk abis minum2 dan judi dengan temennya..

    4. memberi anak nya Nilai lebih pada pelajaran yang di ajarnya..

    5. Libur yang amat banyak, sesuai dengan libur murid.. ingat2 juga pegawai lain yang libur sangat sedikit…

    6. jam kerja yang bisa di atur, ada guru yang ke sekolah cuma 2 hari seminggu.. libur lagi..

    7. demo menuntut tunjangan ini dan itu.. WOW…

    8. dll dll dll….

    Maaf.. ini pengamatan aseli.. dan berlaku buat “Oknum Guru” yang saya maksud..

    Gimana Menurut Bapak Bud …

    ( no offense.. ini demi kebaikan kita bersama juga… )

    • saya lebih suka menyebutnya sistem pendidikan sistem pemerintahan kita yang amburadul. saya tidak tersinggung jika Anda menyebutkan banyak guru yang tidak “selayaknya guru” karena memang demikian adanya (menurut saya). saya juga setuju kalau angka 80% itu bukan lagi oknum melainkan sistem. sistem kita memang buruk yang ikut menciptakan guru buruk. bayangkan di tempat saya, dari seratus guru belum tentu ada 20 guru yang melek teknologi.
      oh, ya mengenai TAGLINE yang saya gunakan bahwa jika anda berpikir pendidikan itu “mahal maka cobalah kebodohan”
      kata “mahal” lebih saya artikan pada suatu perjuangan BUKAN biaya
      untuk meluruskan pendidikan ini kembali ke esensinya sungguh memerlukan suatu pengorbanan yang luar biasa… kalau tidak kita akan terperangkapp terus dalam kebodohan.

      sekedar cerita mengenai sistem negeri ini yang amburadul : dari sebuah tender alat peraga pendidikan dimenangkan si A, karena tidak menguasai A minta tolong B, anehnya B pun juga tidak paham akhirnya C (teman saya ) menghubungi saya untuk mencarikan info tentang alat pendidikan. Dari angggaran 50jt, saya berhasil mendapatkan info barang dengan kualitas sesuai spec seharga 30jt.
      tapi apa kata teman saya… nanti saya(C) dapat berapa? si B dapat berapa, si A dapat berapa? belum lagi anggota dewan, kepala dinas….
      bingung saya… dalam hati,”kita ini mau bagi duit atu memajukan pendidikan?”
      hal seperti itu perlu perjuangan yang mahal
      terima kasih segala masukan dan infonya, semoga bangsa kita lebih bermartabat

  10. Salam kenal pak budi, maaf baru sempat berkunjung..🙂. Saya baru nyadar kenapa blog saya sepi pengunjung. disamping tulisan saya yang tidak berkualitas. ternyata saya tidak pernah melakukan kunjungan balik ke sahabat blogger yang pernah berkunjung ke blog saya. hehehe..

  11. salam kenal, pak Budi. wah, banyak pengalaman bertualang ke daerah2, asyik dong…

    sampe sekarang di Ampah kabupaten Barito Timur

    klo saya pernah ke (jalan) Barito, (jalan) Nias, dsb, hehehe. eh, ndak.., bukan. ke wilayah Kaltim (Balikpapan dsk).

    gmn keadaan di sana pak, ramai kah?

  12. Jika Anda pikir pendidikan itu mahal, cobalah kebodohan…
    Jadi ingat kata teman yg ngutip Iwan Fals, kalo negara gak bisa ngasih pendidikan dan kesehatan gratis…BUBARKAN SAJA!!!🙂

    Terima kasih Mas Budi sdh mampir diblog saya! Tetap berpikir positif dan lihat apa yg terjadi…Salam SUPER!😉

    • mahal bukan berarti biaya semata, belajar sungguh-sungguh, mengajar sesuai aturan, melaksanakan kurikulum, memberikan kesemppatan berprestasi itu mahal…bukan datang secara gratis

  13. Banyak sekali yang sudah komen.. saya bingung mau komen apa karena sudah ada semua🙂 . Ok pak.. Blog yang luar biasa pak, tlong terus tularkan virus ngeblog ini kepada para guru yang lain, Semangat..

  14. Persiapkan kemungkinan Anda akan Pensiun, Kemungkinan Anda PHK, kemungkinan Usaha Konvensional Anda bangkrut.
    Ciptakan Passive Income sebagai Warisan bagi keluarga yang sangat Anda sayangi.

  15. Beta ucapkan trimakasih atas kunjungan pak guru ke blog beta… Baru kali ini guru mengunjungi muridnya…

    Oh iya pak…klo gak bisa donlot ubuntu..mendingan pesen lewat shipit.ubuntu.com aja…gratis kok

  16. salam kenal utk semuanya, saya dr penerbit buku rajagrafindo jakarta. Kami juga menyediakan buku2 tentang pendidikan, spt : Guru profesiona, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, Manajemen Kurikulum, Dll.

  17. Salam jumpa Pak Budi,
    Perkenalkan nama Saya Agus Yulianto
    Saat ini mengajar di SMA Kolese De Britto Yogyakarta
    Sekolah khusus cowok yang menempati lahan di Jalan Laksda adisucipto 161 Yogyakarta 55281
    Salam Kenal dan terima kasih kunjungannya di Chemistry161.blogspot.com
    mari saling berbagi untuk kemajuan pengajaran kita

    salam
    .
    .
    @Agus : Pak Agus seneng sekali rasanya bertemu teman sejawat,apalagi jurusan sama, walaupun hanya lewat dunia maya, semoga menjadi persahabatan yang bermanfaat

  18. Salam Kenal Pak…

    Sedikit Comment yah.. Sebenarnya dari kecil cita2 saya ingin menjadi Guru (PNS)..Waktu itu yang ada dibenak saya kecil, bahwa Guru itu kehidupanya enak,makmur,dapat jatah beras buat makan keluarga.. Maklum,waktu itu saya hidup di Lingkungan yang ekonominya menengah kebawah termasuk keluarga saya. Seiring dengan bertambahnya Usia,semakin matang pula pola fikir saya,ternyata yang ada di fikiran saya kecil adalah SALAH.. menjadi Guru bukanlah karena Motifasi untuk ekonomi keluarga.. tetapi untuk pengabdian dengan Tulus dan Ikhlas.. mencerdaskan anak bangsa.. dan yang lebih utama adalah mencari Berkah dan Ridho dari Allah SWT dengan memberikan Ilmu yang bermanfaat untuk dunia.

    Reality : Saat ini saya merasa MIRIS dengan oknum para Guru.. yang Nota Bene (kebetulan saya baca comment diatas) guru tu enak,SK nya bisa buat cari DUIT.. memang ada benarnya tetapi ada juga salahnya.. karena dengan SK ditukar dengan DUIT alias sebagai jaminan banyak sekali sisi negatifnya.. Guru jadi nggak semangat lagi mengajar,karena motifasinya sudah lain.. yaitu DUIT. Sedangkan GAJI tinggal 25% karena banyaknya potongan, Guru jadi sering MAngkir karena cari Usaha sampingan.. Akhirnya Dana BOS pun banyak yang sampai ke yang berhak.. Dan banyak lagi kasus2 yang LAIN..

    Semoga Para GURU selalu Ingat.. Karena adanya Patriot Bangsa,Intelektual Bangsa,Cendekiawan,Ulama,Doktor,Profesor.. tidak Lepas dari peran seorang GURU.. Tetapi KORUPTOR pun juga karena hasil dari didikan seorang GURU..

    Dari
    Pengumpul Uang Receh

  19. Saya sadar bahwa pengabdian guru sungguh luar biasa besarnya bagi kemajuan anak didik dalam memperoleh ilmu bermanfaat untuk bekal hidupnya. Yang lebih mengharukan ketika melihat Pak Guru dan Bu Guru atau pun Pak Dokter Puskesmas yang bekerja di pedalaman Kalimantan Timur jauh dari fasilitas mengajar atau tersedianya cukup obat, tetapi mereka bekerja dengan tekun dan percaya diri. Jangankan berpikir untuk mengurus kenaikan pangkat, bekerja rangkap menggantikan rekan guru yang sakit pun dilakukan dengan semangat tinggi.
    Pengamatan ini saya lihat dan rasakan ketika melakukan liputan ke pedalaman Kalimantan Timur tepatnya di Talisayan dan Biduk-biduk tahun 1993 yang untuk sampai ke sana saja jalannya melewati derasnya Sungai Segah dan Kelay yang kata warga setempat masih banyak buayanya.
    Keluarga saya (kakak)ada juga yang jadi guru. Mereka mengajar di Kudus dan Karanganyar. Saya sendiri memilih jalur nyleneh jadi PNS tapi bekerja di media televisi.Jadi saya salut atas dedikasi Mas Budi dalam membagikan ilmunya untuk anak didik. Salam hangat untuk keluarga dan tetap semangat dalam pengabdian.
    Terima kasih atas kesediaan datang ke blog saya dan berkomentar. Insya Allah saya jawab apa yang ditanyakan.

  20. Saya sangat menaruh hormat kepada para guru karena jasa beliau2 yang tidak bisa saya balas dengan cara apapun kecuali mendoakan agar para guru tetap setiap kepada profesinya dengan penuh keikhlasan.Insya Allah pemerintah akan selalu mengupayakan agar kesejehteraan para guru semakin meningkat. Amin
    Salut setinggi-tingginya kepada mas Budi yang memilih guru sebagai lahan pengabdian kepada ibu pertiwi.
    Maju terus pak guru, jasamu tiada tara.
    Salam hangat dari Surabaya

  21. Analisis Pak Budi kalau di Jawa pasti pada pinter semua agaknya perlu suatu penelitian(?)
    Yang pasti, Meski dari pedalaman Kalimantan ternyata Pak Budi mampu menunjukkan suatu prestasi nyata yang tak terbantahkan. Mungkin Pak Budi tidak seperti sekarang ini jika berada di Jawa meski fasilitas ada (maksudnya lebih hebat lagi…hehe)
    Oya, gimana Pak tentang tukar link nya? link Pak Budi sudah saya pasang di blog saya, mudah-mudahan Pak Budi berkenan/diberi kelonggaran buat memasang link blog saya.
    NB:anchor teks saya : Rachmadwidodo’s weblog ya. Terimakasih Pak Budi….Salam hangat jabat erat dari blogger kota Rembang.

  22. Salam kenal Pak Budi…….
    Senang blog saya dikunjungi Pak Budi Santoso (jauuuh dari Barito ya).Blognya Pak Budi hebat,berbobot,salut saya….
    Sedangkan saya sih masih newbie, buat postingan aja masih sering copas..hehehe.
    Oya, boleh nggak saya belajar ngeblog sama Pak Budi?Serius nih.
    Terakhir, salam hangat jabat erat dariku blogger kota Rembang.Semoga pertemanan ini bermanfaat dan barokah.

  23. Minggu malam 27 Desember 2009 tepat pukul 22-22.30 WIB saya akan memberi attunement Kundalini Reiki level 1 dulu. Baca tata caranya dan ikuti petunjuknya. Mata merem selama proses attunement, pasrah, santai, rilek dan awali dengan doa kepada Tuhan YME dan akhiri juga dengan doa syukur kembali.
    Untuk latihan setelah attunement silakan niatkan energi Kundalini Reiki mengalir ke diri sendiri dengan menempelkan kedua telapak tangan ke kepala s/d kedua kaki secara urut. Latih penyaluran reiki kundalini ini setiap hari di waktu luang. Waktu menyesuaikan dengan Indonesia Bagian Barat.
    Saya mohon diberi tahu esok hari perihal sensasi attunement ini ke blog saya komentar postingan terbaru atau sebelumnya. Jadi saya bisa memberi arahan bila ada pertanyaan setelah attunement ini. Terima kasih.
    .
    .
    .Terima kasih, saya akan coba ikuti arahannya, semoga bermanfaat

  24. bravoo… ini dia mas guru all-round teladan, serba bisa! siapa gurunya, itu lho pak budies yang kimia tetapi senangnya olahraga, suka ngajar bahasa indonesia, tapi anak didiknya juara juara kesenian, TIK, fisika, kimia dan matematika, … halah, bingung!

    anak didiknya biar unduh kalender 2010 sendiri ya mas budies, nanti dijelaskan apa makan kata-kata di dalamnya…
    😀

  25. Sobat…..!
    Aku datang dengan sejuta harap
    Menanti setetes embun pagi
    tuk singkirkan keringnya hati
    tuk tautkan harap
    sambungan uluran tangan
    sembari teriakkan gempitanya torehan tinta

    Sobat…..!
    Kusambangi dikau
    dengan untaian kata tak bermakna
    ukirkan indahnya rumah megahmu
    semoga kamu teringat slalu
    tuk jenguk rentanya gubukku
    sekedar torehkan tinta emasmu
    dihalaman BULENTIN tak bermaknaku
    agar jadi penyejuk hatiku!

    Sobat…..!
    Salam knal buatmu slalu
    ku tunggu kunjungmu di http://guspur.wordpress.com/
    agar harapku tak lagi layu.

  26. Salam kenal ,Mas Guru.
    terima kasih sudah sudi mengunjungi blog saya yg seadanya.
    saya selalu kagum dgn seorang guru, dulu pernah bercita2 pingin jadi guru, namun ternyata nasib bicara lain, tapi tetap alhamdulillah, mensyukuri semua yg digariskan olehNYA.
    ada beberapa guru2 hebat yg saya kenal lewat blog ,seperti Pak Guru Mars , Pak Guru Wandi juga Pak Abdul Azis dan Mas Abifasya.
    senang rasanya bisa kenal dgn pahlawan tanpa tanda jasa ini.
    salam hangat utk keluarga Mas Guru.
    salam.

  27. Assalaamu’alaikum Sahabat Guru

    Salam kunjungan perdana dan salam kenal. Hadir untuk memaklumi bahawa laman saudara sudah saya addkan ke laman saya di ruang MENUJU DUNIA SAHABAT agar memudahkan jalinan silaturahmi pada masa akan datang. Terima kasih kerana terlebih dahulu linkkan laman saya di sini. Saya amat menghargainya. Salam mesra dari Malaysia.

  28. semoga nasib para guru benar-benar jadi diperhatikan juga yah,…..
    namun para guru yang sudah sertifikasi juga jangan LUPA……
    nanti cuma menganggap sebagai HAK saja… namun masuk saja jarang…. sehingga kasian para siswa yang menunggu hasil sertifikasi guru yang tidak ada perubagahn dan hanya menuntut hak saja , KEWAJIBAN LUPA……

    SALAM DARI SMA 1 TAMIANG LAYANG…

  29. Salam kenal. Terima kasih sudah singgah di blog saya. dulu saya pernah bertugas 2 tahun di Balikpapan. sempat tugas sebentar di Banjarmasin.

    Selamat berkarya.

  30. Salam kenal Pak Budi Santosa.
    Ternyata Bapak guru yang serba bisa, saya harus banyak belajar nih dari Bapak.
    Terima kasih sudah mampir di blog saya yang masih bayi….
    Sukses untuk anda Pak, sukses guru Indonesia….

  31. Assalamu,alaikum
    matur nuwun telah memberi spirit, meski terasa sulit , ya mudahan bisa dicoba sedikit demi sedikit, sing jelas yang ngasih spirit nggak boleh medit…(ora dink)
    di barsel temen serantau kita banyak potensi, tapi belum terinspirasi, jadi lingkungan nggak kondusi (kurang f),gimana ya caranya sosialisasi, wong kakawalan lebih suka maunjun bikin ikan asi….(n)

  32. kunjungan perdana dari saya di blog anda. saya kenalkan adalah Guru SMP Nurul Falah dan sebagai ADMIN blogsite SMP Nurul Falah. kunjungi juga ya blog saya. terima kasih

  33. Temukan Cara bagaimana Menambah penghasilan dari website anda bersama ads.kombes.com.

    Tayangkan Iklan Banner/Teks yang relevan sesuai dengan konten situs anda.

    Dapatkan penghasilan dari setiap klik iklan (60% untuk anda) oleh pengunjung melalui situs anda.

    Sistem Penyaring Iklan memungkinkan anda untuk menolak iklan dari pesaing situs anda.

    Anda dapat menampilkan iklan pada web/blog serta mesin pencari. Anda dapat memasang unit iklan kami bersama-sama dengan program iklan lainnya.

  34. Matur nuwun … atas kunjugannya ke blog saya, semoga silaturrahmi ini tetap terpelihara. BTW link blog bapak sudah saya tambahkan di daftar taut blog saya.
    Sukses selalu…
    .
    .
    @gusfdz: ah saya mau BTW juga..Biar Tambah Wan-kawan. makasih sodaraku

  35. Pak…. tidak apa-apa jadi ban serep…kalau ban serepnya merk brigdstone.. kan bagus !!!.
    waduh, berarti sudah sering digunakan valentino Rossi untuk balapan Moto GP donk..he…he..
    Salam kenal dari “orang yang tidak sengaja” masuk dalam “embrio’ partai yang ingin Pak Budi dirikan.!!

  36. Pak, sugeng pepanggihan and salam kenal dari saya yang juga guru di pekalongan. Saya seneng baca blog njenengan. Kapan-kapan kunjungi blog saya.
    .
    .
    @mursyid: wah saya juga seneng dapat temen guru…makin rame saja dunia perblogan guru

  37. makasih ya mas dah berkunjung ke blog saya..
    salam kenal ya mas…
    mas tukeran Link, boleh ga??🙂
    .
    .
    @bowo: bolehlah, monggo, biar tambah teman

  38. salam kenal pa’. saya juga di kalteng ni tepatnya di palangkaraya. saya juga dilingkungan kimia tapi sekarang masih jadi mahasiswa keguruan kimia. doain saya ya biar bisa jadi guru profesional.blog nya asik ni, saya jadi terinspirasi.
    .
    .
    @usu-may: wah ya.. jelas didoain lah…khan bakal dapat temen baru. makasih telah berkunjung di blog ini. bagus lagi kalau ngeblog juga. ngblog yukkk

  39. Hallo Mas Budi
    Salam kenal ya. Saya setuju dengan ide-ide yang mas Budi sampaikan dalam blog ini. Semoga blog ini semakin ramai selalu.

    wassalam, Armanto

  40. Assalamu’alaikum wr wb

    Salam kenal juga Pak,….weleh weleh mantabbbb habiszzzz
    kunjungan balasan sekaligus komen dikit.
    Smoga bisa jalin silaturahim en tukeran info

    Wasslm, wr wb
    .
    .
    @mazguru:ありがと ございます、lho kok gak sambung saya ni gimana to? oh anu cuma nyoba nulis jepang, berhasil gak instalannya. ehh ternyata berhasil. maturnuwun mazguru, kalau di ostrali dipanggil kangguru heheheh

  41. wah lawas banar,….
    ulun 5 thn di muara teweh, bahasa banjar ulun udah luntur lagi…dulu bisa bahasa banjar sama bhs bakumpai, sekarang hampir lupa. tapi masih ada sedikit-sedikit yang ingat sebagai kenangan. Ulun pindah tahun 2000. Dulu ulun juga sering mampir ke ampah. Kalou mau ke teweh kan berenti dulu di ampah. Senang bisa ngobrol sama teman di kalimantan, meskipun belum kenal. Coba klik di blog BKsmanci, pada cerita lama, ada foto ulun lagi di sungai barito.
    Salam.

  42. Terima kasih atas coment nya di BKsmanci.
    Ulun kangen lawan kawan-kawan ulun di Muara Teweh Barito Utara
    .
    .
    @KKS: wah masih inget bahasa banjar, berapa tahun tugas disana? dan tahun barapa pindah? saya di Ampah baru 18 tahun. hheehehehe

  43. Salam Kenal dari BKsmanci.
    Saya dulu pernah jadi guru BK di Muara Laung, itu adanya di Barito Utara, masih 5 jam pake klotok dari Muara Teweh.
    Salam Kenal sama yang punya Blog ini.

  44. salam kenal juga pak….!!!!
    sukses selalu…, kalo tdk ada aral bisa2 saya akan mampir nich ..
    .
    .
    @pakdhe: berarti ada rencana kunjungan ke bartim ya? wah bahabar lah…pabila?

  45. salam kenal yaaa..
    saya masih awam dalam dunia blog ini, namun kaloau berkenan pasang link saya , makasih.
    .
    .
    @Suryadi: halah pak kelalen tenan, padahal dah tak catet link teman.

  46. salam kenal pak budi…

    PGRI abadi.. tetap mempersatukan diri..
    *halah, jadi inget pernah ikut padus nyanyi lagu ini..*😀
    .
    .
    @menik: rasanya saya sering baca ..makasih lah dikunjungi

  47. Utak…, utik…,
    lumayan juga sih setelah dicoba sendiri, ketemu lagi satu untuk widgestnya….
    yang pasti ada hasil biar belajarnya sambil hujanan (gurunya gitu lho…)
    he..he..he..,
    oh, ya maaf doank klo tadinya itu keasyikan sampai lupa pesan snecknya,
    kata bosku dikasih minum ngak gurunya….
    ya… cuman minum air hujan jawabku.
    tank’ dulu ya…
    .
    .
    @jangan jadi pikiran…kalau dijalani dengan rasa senang.. bisa bekerja sudah senang…

  48. Yaap IPS right man,
    Jangan pernah putus asa untuk cari teman lama karna bisa dapat pasti bahagia
    ingat di pandu praja muda karana, ada jua kalasia, juga ada giat bersama

    ingat ya Pak Budi
    aku anak nakal yang jadi polisi masih belajar untuk lulus kurang ajar, kuminta nilai yang gak wajar

    remember it
    Sulung87
    .
    .
    @Sulung: oooo RIYANTO memang….diancuuuk… tak pisuhi..paling raiso mbedil aku…kwakakakak

  49. Tagar Sulistyawan temen aku, Anggoro kepala genk, Budi suryo winoto opo panjenengan, yen ora punopo panjenengan adik kakung ibu sari nuwun inggih,
    dalem tiyang ndeso ingkang remen bal-balan ugi damel ontran2 wonten kelas lan sekolahan saking AAA, mugi saged imutaken panjenengan

    salam hangat
    konco soko gunung
    Sulung87
    .
    .@sulung:gak iso mikir aku heri? sus? Hasan? tapi kan IPS to? coba saja daftar di sini $6.00 Welcome Survey After Free Registration!

  50. Pak Budi
    senang sambung rasa kembali dengan sahabat lama
    sorry yak, kita seangkatan pertama, bedanya panjenengan di sebelah kantor kepsek, kami di ruang pinggiran paling pinggir
    btw e-mailnya dimana karna sy ada di KALTIM

    tq
    Sulung87
    .
    .
    @Sulung:sopo yo… kok bikin penasaran, atau Riyanto? aku punya temen smp di sangata kaltim, punya temen kuliah di sma 4 blpp. kunjungi juga http://www.pawartalamat.co.nr. emailku pawartalamat@yahoo.com.sg. katanya kalau klik ini bisa jadi duit

  51. Pak Budi Kowe ki sopo, kok ngaku-ngaku angkatan mbarep SMA Pecangaan, opo durung ngerti sing mbaurekso, mengko tak kandhake karo pak Miyarto sing duwe anak ayu lan dadi penguoso nang kono
    salamku kanggo anak lan bojomu
    Sulung87 Budi soko slawi
    .
    .
    @sulung: sopo iki sugik Yo…. salam balik untuk keluarga

  52. BUd tolong kalo ada data temen-temen kita dulu. Oh Jadi ceritanya jebolan IKIP Malang, to. Seharusnya sama dong dgn saya IKIP Jogja. Tapi sayang aku DO (bandel, sih). Tapi gak pa pa namanya juga jalan hidup. Sekarang aku lg kul lagi di STIE semester IV (pamer) mudah-mudahan slamet (nanti bantu kalo nyusun skripsi, ya). Tks.
    .
    .
    @Aris: lah wingi kae mulih, tak takoni do seneng internet pora? malah do nyauri… raiso aku

  53. Wah mas Guru ya. Yo wis, salaman, kenalan ya. Biar ketok rukun gitu.. he..he..
    Salam anget, mas.:mrgreen:
    .
    .
    @hejis: wah terasa sekali hangat jabat erat dari tangan sahabat yang hebat seperti Anda. kroso langsung ijo royo-royo

  54. Mas ..
    Salam kenal dari saya …
    Terima kasih telah datang ke tempat saya

    NH18 aka The Trainer
    .
    .
    @nh18:mohon ditrining ya pak… salam kenal balik

  55. Terima kasih telah berkunjung ke tempat saya dan terima kasih pula atas keprihatinan Bapak terhadap carut-marutnya wajah kepengawasan kita dan saya berharap ke depannya, bisa merapatkan barisan antara, guru, kepala sekolah, pemegang kebijakan dan pengawas sekolah untuk bekerjasama membangun pendidikan pendidikan nasional ke arah yang lebih baik.
    Salam dan Sukses Anda beserta rekan-rekan di Barito Timur.
    .
    .
    @Akhmad : terima kasih pak Ahmad, sukses juga untuk anda sekeluarga

  56. Salam kenal,

    apa ini Budi yg dari Mtg dulu, yg pernah ke jogja, bawen trus ke malang,ngliyep, karangkates, dan sampai nyasar ke Bali.Waktu itu kalo gak salah masih SMP.
    Kalo betul berarti itu Budi-ku.

    Itu aja dulu, pak.
    Salam
    .
    .
    @aris: wah akhirnya datang juga.. aku rindu saat-saat kita malu dengan semut merah yang berbaris di dinding. satu lagi obsesi kita yaitu hiking ke danau Toba belum kesampaian…. kapan ya. Ris aku ada foto kita waktu SMP, lucu, imut.

  57. terimakasih bapak sudah mampir di blog saya..
    wah serem nih semua guru pada ngumpul..
    .
    .
    @Putri:Put.. jangan serem gitu ah. kok kayak hohor. hi…. sereeeeem

  58. Salam Kenal pak,
    Saya barusan dapat foto2 kondisi sekolah (SD, SMP, SMA) di Kutai Barat. Beberapa terkesan kurang terawat. Hmm .. gak tahu masalah sebenarnya apa.;.
    .
    @iwan:salam kenal juga.. masalahnya mungkin masih sedikit guru-guru yang ngeblog. nanti pada saatnya jika sebagian guru pada ngeblog, pasti hal-hal negatif tentang pendidikan akan kurang.. yuk kita ajak guru-guru lain pada ngeblog, agar informasi yang kita berikan dapat perhatian. selamat berjuang

  59. Terimakasih atas kunjungannya:-).Silahkan dicopy dari blog saya jika ada yang bermanfaat:-).
    Mohon dukungannya juga untuk terbentuknya Indonesian’s Friendship Blogger yang saya prakarsai:-).

    Salam hangat persahabatan selalu..

    Gusti Dana – Barsel

  60. @songkokguru : wah senang sekali jika mau diajak tukeran link, tambah teman gitu…

    @marsudiyanto: orang hebat seperti bapak memang sering merendah. hormat saya pak. mohon petunjuk…. makasih

  61. Selamat dululah, blognya Pak Budi ramene ora jamak. Nama Pak Budi paling terkenal, bahkan tak hanya Pak Budi seorang tapi lingkungannya. Tertulis di buku2:
    Ini Budi…
    Ini bapak Budi…
    Ini teman Budi…

    Makasih telah berkunjung ke tempat saya.
    Saya temannya Pak Sawali yg ahli Bahasa dan Pak Yossi yang ahli IT.

    Monggo Pak Budi…
    ;
    ;
    @mars: nggih pak, ternyata walaupun di kalimantan tetap banyak teman, banyak yang mengenal budi seperti yang sampean katakan, cuman saya termasuk orang yg tidak bisa balas budi (mosok balas diri sendiri..). bilang orangtua salah sulit dipegang (bocah kok budi terus…) hehehe

  62. salam kenal pak guru

    sya tertarik untuk tukeran link dengan bpak.. soalx skg lg rencana buat blog juga tentang guru…www.songkokguru.wordpress.com… tp masih under construction.. trima kasih

  63. salam kenal bapak Budi,
    makasih sudah mau mampir di blog saya,
    guru merupakan profesi yang mulia setiap hari mengamalkan ilmu dan semoga ilmu yang bapak Budi amalkan bisa manjadi bekal kelak di akherat nanti,
    aamin….
    .
    .
    @petruk: alhamdulillah, aamiin… sama-sama mas

  64. bikin web sebenarnya kan ngak perlu repot dan susah. apalagi mesti nyari cracknya hih ih i h ihi

    kenapa ngak mencoba XOOPS aja.
    bisa diintal di local, atau online, cara kerja dan instal juga sangat mudah. bisa jadi kawan-kawan di indonesia banyak yang belum kenal dengan yang satu ini.

    supportnya juga ada juga mampir aja ke http://xoopsindonesia.com

    silahkan mencoba.

    salam hangat

  65. salam kenal kemabali, makasih dah sempat mampir ke blog ku. senang sekali bisa ketemu dengan rekan2 guru di tanah air.
    .
    .
    @isrona:sama-sama pak mudahan silaturahmi kitan hangat sesama guru di tanah air. selamat berjuang pahlawan

  66. Didaerah emang biasa ya pak banyak mata pelajaran diajar oleh satu orang guru. Bukan kemaruk tapi gimana lagi kalo gurunya kurang. Salut buat bapak guru yang udah ngeblog. Saya pernah mampir ke Kelua, apakah Ampah jauh dari sana? Salam kenal, silahkan berkunjung ke blogku.

  67. selamat sukses pak budi.., berjuang adalah perbuatan,Kata Iklan, semoga segala perbuatan ,dan pengabdian yang akan memberikan warna dalam kehidupan..maaf bukan ceramah.. semoga perjuangan pak menjadi contoh…dan dihadapi dengan senyum..oh ya..saya ada tulisan tentang senyum.

  68. Wah rupanya dari Jatim ke Kalteng …
    Mungkin temennya pak Urip ya ?🙂
    Met berjuang pak, moga sukses selalu.
    .
    .
    @betul cak, saya mulai ngeblog juga gara-gara nemukan blognya kang urip. kami akrab, tapi belum pernah kenal darat.

  69. Makasih banget, telah ngunjungi blog saya yang sederhana.
    Semangat terus guru Indonesia.
    .
    .
    @sebenarnya sering aja pak, tapi gak pernah ningggali pesan karena di blogspot mesti login dulu

  70. wah pak budi itu boxnet-nya kok ever margin gitu sih…, jadi nganggu pandangan, coba di setting ulang ukurannya sesuai dengan side bar-nya pasti jadi lebih sasyik dipandang…
    .
    .
    @chehep: makasih pak, saya juga bingung, kok seperti itu.. tapi setelah sampean komen saya coba-coba eh.. bisa juga ya

  71. ah leyeh-leyeh bentar ah di weblognya pak budi…, makasih ya telah ngasih komentar di blog sma cepiring, salam buat rekan-rekan di sekolah bapak….

  72. salam kenal… orang ngawi ya pak😉 tetangga kota
    .
    .
    @alhakim:betul, saya lahir dan masa kecil di Ngawi, SMA di Jepara, kuliah di Surabaya, isteri Tulungagung, sekarang Di Kalimantan Tengah… saya senang di mana saja

  73. Terima kasih mas sudah berkunjung ke blog saya. salam kenal kembali. Dedikasi anda luar biasa, semoga bisa menjadi contoh bagi yang lain. terus berjuang mencerdaskan anak bangsa. maju terus pendidikan Indonesia
    .
    .
    @herman ;wuih jadi tersanjung aku..makaih kunjungan baliknya.

  74. mas terima kasih atas commentnya.. oh ya setuju tak kalau guru dibilang pahlawan tanpa tanda jasa…!!!

    @ikrar: kalau sudah lulus sertifikasi. akan berubah jadi GURU YANG SUDAH DIBERI TANDA JASA, ya.. upah gitu loh…

  75. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Salam kenal dariku pak Budi. Saya dapat info ini dari temanku di SMP Dayu namanya Abdul Hamid asli Magelang. Minta tolong dikasih tau caranya bikin “blog”. Pengetahuan sy ttg internet masih sgt minim. Matur nuwun.

    Wassalamu’alaikum wr.wb
    .
    .
    @faier :makasih telah berkunjung di blog sederhana ini, wah ini pasti hasil reuni lebaran beberapa waktu lalu. bikin blog itu gampang kok, yang susah itu merawatnya. syarat bikin blog
    cukup punya email, wedang kopi untuk cagak lek, trus mau coba-coba. banyak kok yang menyediain tutorial blog diantaranya di blog masfatih
    http://afatih.wordpress.com, dan lain-lain

  76. Kunjungan balik nih, Pak. Saya dari STKIP-PGRI Banjarmasin niiih… barangai ya kalo, papadaan PGRI nya hehehehe
    .
    .
    @puan : dasar bujur pang. paling tidak untuk menambah “dangsanak”.. siapa tahu kalau pas ke banjarmasin boleh singgah,,hehehehe

  77. Salam kenal Pak Budi, saya juga dari keluarga guru. Selain Bapak dan Ibu saya, kakak laki-laki saya dan semua Bupuh dan Pak Puh saya juga guru. Semoga suatu hari nanti kehidupan guru akan menjadi lebih baik dan terjamin. Btw kan gaji guru baru naik to Pak Njih..😉 terimakasih

    @yulism:matur sewu sembah nuwun (bhs inggrisnya apa?) bu ya kasih suport

  78. kayaknya kalau jadi partai, saya mengundurkan diri aja, pak. soalnya ngurusin rumah tangga, tugas dan PR anak2, serta kerjaan freelance saya udah cukup menyita waktu tidur. ntar kalau jadi partai, kita diminta ikutan demo, kampanye, wah… repot banget!

    @Wyd:ya nggak lah.. bu bagi-bagi dong pistolnya, bisa gak usul semua guru diberi pistol, biar serem hi….

  79. masih mending pak, SK PNS punya. Kalau SK dari yayasan saya kagak laku di bank manapun…
    tapi Insya ALLAH ikhlas mengajar anak2 ya Pak…

    @may:Insya Allah, doain aja ya semua guru ikhlas… seperti ibu

  80. sama2 mas budi…
    slm kenal, makasih dah mampir ke gubuk saya selanjutnya mhn sarannya…

    @hehe…saran yang gimana? lhawong saya ini orang pedalaman kalimnantan tengah. malah di beri dong saya masukan… atau ketemunya ya.. sama-sama saling mengingatkan gitu aja ya?

  81. salam kenal mas budi🙂
    makasih dah mampir ke saung saya🙂

    @menik :mau tanya nih, apasih arti SAUNG pada alamat blog itu, yang saya tahu SAUNG itu sering dipakai bapak-bapak kalau mau sholat, atau kalau di kalimantan SAUNG itu ADU, misalnya saung ayam

  82. thx udah mampir di blog sy pak. Salam kenal bt pak Budi. bolg nya keren, bs meningkatkan semangat belajar & wawasan

    @parah: makasih juga, sama-sama. kok komennya gak ditulis alamat blognya

  83. Pak Guru, ortu saya juga di Ampah lho🙂 …

    Tau bahasa maanyan puang, aku ulun maanyan …🙂

    @bisaku:kalau tidak salah puang=tidak ada, kosong. saya di Ampah baru 17 tahun kok, jadi maaf kalau belum lancar bahasa Ma’anyan. sering-sering mampir pak ya di blog saya

  84. salam kenal pak. maaf, mau numpang promosi.
    Smart Mark Reader (SMR) adalah software profesional terlengkap dan terakurat untuk mendesain dan membaca LJK (Lembar Jawab Komputer) menjadi data, serta memeriksa, menilai dan menyediakan laporan analisis, menggunakan scanner berbasis gambar digital.
    Telah terbukti sukses dalam berbagai ujian, seperti UAN, UASBN Jatim 2008, ujian CPNS dan ujian-ujian yang lain.
    Kunjungi kami di http://smartmarkreader.com

  85. pak budi hebat… anaknya jg hebat.. truz majuin dunia pendidikan pak….

    Wah gak tahu kalo ini Retnonya Pak Mukhtar, gimana kabarnya? dimana kuliah sekarang… sering-sering aja ya mampir di blog sederhana ini. makasih banget lho udah singgah dan kasih komen. kunjungi juga di http://pawartalamat.wordpress.com

  86. Saya menemukan blog Bpk tidak sengaja..maklum baru blajar drpd kalah ama anak. Bangga rasanya melihat guru yg seperti Bapak, saya yakin murid2 Bapak lebih bangga lagi akan gurunya. Terus berjuang Pak..demi tegaknya harga diri bangsa ini, krn guru adalah garda depan perjuangan bangsa untuk menumbuhkembangkan generasi yang lebih baik dpd kita sekarang. Apalagi Bapak tinggal di pulau kaya Indonesia yg jadi incaran negara2 lain yg serakah, kalau generasi mudanya tidak bermoral..entah apa yg akan terjadi di masa depan, sekarang aja udah ancur2an kaya gitu. Salam hormat dari kami

    terima kasih ibu/mbak, yuk ikutan bikin blog sekalian. mungkin dari hal-hal kecil kita memulai untuk ikut memajukan bangsa ini. viva pendidikan

  87. pak budi, ya benar.. bu tutuk itu adalah teman bapak saat kuliah. kalo mau menghubungi silahkan telp di no kantor 0353 881663

    untuk pak prawoto : makasih infonya, gak sengaja saya cari-cari info tentang bojonegoro, soalnya th 87 pernah tinggal bersama kakak di bojonegoro (wisma indah, ledok kulon)

  88. stelah kutanya katanya teman waktu penyetaran di Malang tahun 97/98. itupun gak sengaja. waktu aku ngopi hasil pelatihan ICT sapean. ndik situ ada data pelatihan dan hasil pelatihan sampean. salam balik saja dari kalimantan tengah

  89. Balasan Untuk Mas Budisan68

    Mas budi sebelumnya saya minta maaf, karena belum sempat memberi balesan, salam kenal untuk mas budi, o ya mas kalo saya ditanya apa masih ingat sama siti muyasaroh (istri mas budi) sekali lagi saya minta maaf, sebab setelah ku ingat-ingat rasanya koq udah lupa yaaa… , maklum saya kan anggota PDIP (Penurunan Daya Ingat Puoooollll). Mungkin untuk sekedar mengingatkan saja bahwa saya lulusan dari ITS angkatan 1987, setelah lulus tahun 1990 saya ditempatkan di Tarakan Kalimantan Timur, tahun 2001 mutasi ke SMA 11 Surabaya. Diantara teman-teman yang saya ingat adalah Dwi Eka di SMA 5 Balikpapan, Joko dan Pariyan di Sampit, Ikhwan di Tenggarong, dll.

  90. Nggak ada salahnya kalau guru bikin partai sendiri. Biar semakin rame partai yang ada di tanah air ini.

    Btw, kemarin ikut kongres PGRI di Palembang ya pak?

    Salam kenal dari saya…

  91. Pak Guru harus bicara dengan kepala tegak. ”Inilah saya, guru Indonesia.” Guru yang bangga pada profesinya. Jangan terlalu merendahlah, yang wajar-wajar saja. Salam kenal Pak Guru. Saya punya beberapa artikel tentang guru dan pendidikan. Monggo mampir di husnun.wordpress.com

  92. Salam kenal.Ironi SK Guru ‘disekolahkan di Bank’.

    Budi : bener lho, mulai CPNS dulu udah sekolahkan SK di bank untuk modal pulang kampung, dan itu berlangsung teruuuus sampe sekarang. Ironi sih enggak, cuma kasihan ya guru kalah dengan tukang bangunan

  93. oooo….pak guru tho…
    guru di sma mana pak…? SMA AMPAH? kantor dinas pendidikkan nya itu lho pak…. kurang bersahabat ya…he..he…

    senang ternyata ada guru di daerah sendiri yang kreatif…. saluuut pak……(walau bapk bukan asli dareah Bartim ya???)…. bpk 1 diantara 10 atau bahkan 100 guru yang oke punya di bartim ya…. (survey membuktikan dalam satu sekolah segelintir guru yang bisa dan kenal internet….)
    gimana pak….kalau kita usulkan ke PEMDA BARTIM (yang baru ya?) minimal di setiap kecamatan ada taman BACAAN Masyarakat atau bahkan ada internet lah…. masa kita berharap dari LP3AP yang dari Tanjung aja yang harus keliling ke Bartim…. PEMDA nya???? ich…cape dech….
    OK Pak???? saya dukung pak……..maju terus pak……

    budi: terimakasih, khan tidak harus orang yang lahir di Bartim yang boleh ikutan berpartisipasi dalam pembangunan. dimana kita tinggal di situ kita sama-sama membangun…. sekali lagi makasih. syukur kalau ada pelatihan di LP3AP saya diikutkan, biar tambah GRENG, MAK NYOS gitu

  94. asalamualaikum pak…salam buat ibu siti, si kembar , nohan juga yaaa…oiya pak, di semarang very hot lah, puanasnya mantap.salam juga ya buat pak britel.dias sedih nie pak masa dari sma kita gk ada yang mengikuti jejak dias n dianti kul di undip tahun ini cos dias udah liat pengumuman pssb di internet tapi gk ada yang dari sma kita.moga aja next year ada ya pak.

    @untuk diaz, makaci dah berkunjung di blog ini. bikin blog juga yo! Eh entar kalo ada pengumuman atau ada yg mau ditulis ditulis aja di bliog ini

  95. Pemikirannya ternyata tidak “katro” lho!
    Kumandangkan terus untuk “kebangkitan nasional” guru!

    Untuk Pak Bernard, terima kasih suportnya. saya mohon dukungannya untuk mempromosikan internet di kalangan guru dan pendidikan. Walaupun tidak sedikit yang beranggapan bahwa internet berkonotasi negatif, namun saya akan berusaha terus,terus dan terus

  96. Asslamu’alaikum Pak.. Aspahani
    Saya ada rencana untuk workshop tidak harus mengundang dari luar, saya pikir sebenarnya teman-teman kita di Bartim banyak yang potensial, namun tercerai berai dan tidak terkoordinir. Berkaitan dengan hal tersebut saya bermaksud untuk mengajak teman-teman yang potensial untuk bergabung dalam sebuah forum lintas jenjang (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK ) membicarakan masalah pendidikan.
    Rencana awal akan dimulai dari seminar “Pengembangan Bartim melalui Pendidikan.
    Adapun materi yang diseminarkan adalah :
    Penelitian Tindakan Kelas
    Analisi Data Statistik menggunakan SPSS
    Media Pembelajaran dengan Macomedia
    Internet
    Quantum Teaching.
    Teman-teman yang diperkirakan bersedia menyajikan sudah saya hubungi, tinggal menunggu waktu dan dukungan dari Dinas serta Pemda.
    Untuk itu mohon saran dan masukan dari semua pihak termasuk Bapak dan teman-teman di madrasah
    Wassalam

  97. Saya sangat mendukung kalau diadakan Work shop IT bagi guru-guru di Barito Timur, khususnya bagi kami guru Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah dan Ponpes

  98. mudah saja, Pak Budi.
    Tinggal klik kata `sunting` di sebelah nama pengirim biasanya, lalu nanti akan masuk ke halaman komentar pengirim. Tinggal tulis/nambahi komentar kita di bawah komentar pengirim.
    Kemudian setelah selesai, tinggal diklik bar di bawah yang bertuliskan
    ‘sunting komentar’

    semoga membantu.
    btw, terima kasih atas kesediaanya dihubungi japri.

    ee… ternyataaku bisa..yang masih belum bisa mungkin berperilaku santun seperti ibu dasar memang katrok. maklum ya bu tinggal di tengah hutan. “doozoyoroshiku onegaishimasu”

  99. Untuk BuMurni, silakan kalau ibu akan mengirim email ke saya. Namun sebelumnya saya mohon maaf kalau saya tidak dapat memberikan informasi yang barangkali ibu harapkan, mengingat saya tinggal di pelosok. Mudahan saya bisa banyak belajar dari keberhasilan ibu. Bu.. gimana sih menjawab komentar langsung di bawah pemberi komentar seperti di blog ibu

  100. salam kenal dan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.
    Semoga kehadiran blog Bapak bisa memperkaya sumber info tentang pelaksanaan pendidikan di daerah Bapak, insya Allah nanti saya akan tanya-tanya via email
    Terima kasih sebelumnya.

  101. Halo Pak. Salam kenal dari saya. Wah mudahan suatu saat kita bisa bertemu dan ngobrol ya pak. Selamat bekerja dan sukses untuk anda.

  102. Mantep mas..! Salam hormat saya untuk Anda dan keluarga. Ini adalah “kunjungan balasan” saya atas kesudian Anda mampir di blog saya. Semoga pertemanan kita tetap terjalin.
    Wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s