SELAMAT DATANG UBUNTU

Selamat datang ubuntu kuucapkan bertepatan dengan hari ibu,

walaupun masih berdua bersanding dengan windows prita tapi biarlah lama-lama juga akan jatuh cinta padamu. Lantas gimana ya kalau sudah bener-bener jatuh cinta? sementara cara menambah fonts, cara install printer masih belom dong. Aku masih tetep kepingin nulis hanacaraka, anakku masih pingin maen empire, counter strick dan game-game windows lainnya.

Tulisan hanacaraka ku menjadi kode-kode yang gak bermakna. Lanjutkan membaca “SELAMAT DATANG UBUNTU”

PENCEMARAN NAMA BAIK ≠ PERBAIKAN NAMA CEMAR?

Siapa yang namanya baik lantas tercemar?

Siapa yang namanya tercemar lantas baik?

Menurut Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 (pasal 28 :3) Guru  sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan anak usia dini harus memiliki kompetensi yang meliputi: Kompetensi pedagogik; Kompetensi kepribadian; Kompetensi profesional; dan Kompetensi sosial. Yang dimaksud dengan kompetensi sosial adalah kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

Sekarang kita lihat jejak rekam Pak Sastro guru pada SMA Negeri 1 Dusun Tengah kaitannya dengan tuntutan kompetensi sosial di atas. Namun sebelumnya saya informasiken bahwa dia telah dinyataken sebagai guru proporsional profesional tahun 2007 oleh Rektor Universitas Palangkaraya. Pada bulan Juni tahun 2009 dinyatakan dengan terpaksa sebagai Juara I Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Barito Timur. Pada tanggal 19 November 2009 dinyatakan lulus seleksi proposal karya inovasi guru untuk mengikuti babak 15 besar di Jakarta yang diadakan oleh ITSF.

Dalam komunikasinya dengan siswa, Pak Sastro sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Kedekatannya dengan siswa bukan hanya disebabkan pada mata pelajaran yang diampunya saja (Kimia, Bahasa Indonesia, TIK). Namun pada sore hari Pak Sastro juga mengadakan kegiatan di sekolah untuk membimbing siswa-siwanya. Hari Selasa sore membina anak-anak pramuka. Hari Rabu sore membina kelompok Mading MWS untuk latihan menulis dan kegiatan jurnalistik lainnya. Hari Kamis memberikan pemantapan Kimia bagi kelas XII IPA untuk menghadapi UN. Hari Sabtu dan/atau Minggu membina tim olimpiade sains bidang komputer.

Dalam komunikasinya dengan sesama pendidik, Pak Sastro pernah menjadi fasislitator penyusunan KTSP Gugus VIII SD Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur. Fasislitator pada Workshop pembuatan Media Pembelajran berbasis ICT pada SMP Negeri 1 Dusun Tengah. Fasilitator MGMP TIK Kabupaten Barito Timur. Sekretaris Forum Ilmiah Guru Kabupaten Barito Timur.

Adapun komouikasi sosial dengan masyarakat Pak Sastro juga aktif di bidang keagamaan dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya. Pernah menjadi sekretaris Panwascam pda Pilkada Bartim. Pendiri dan sekaligus sebagai anggota dewan pakar pada Perkumpulan Warga Transmigran Laras Asri Muti Tama Barito Timur (Pawartalamat). Anggota balitbang pada pengurus Gamelan Barito Timur. Memandu pengoperasian komputer pada Polsek Ampah, Koramil 1012-07/Ampah, Puskesmas Ampah dan masih ada beberapa kegiatan lain yang bersifat insidentil.

Hal yang aneh dirasakan oleh Pak Sastro adalah ketika melihat nilai Kompetensi Sosial yang diberikan oleh dewan juri pada penilaian guru berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada Juni 2009. Dia sama sekali tidak menyangka kalau nilai kompetensi sosial yang diberikan untuknya adalah 62,33. Seandainya saja dia mendapat nilai 70,00 maka dia akan menjadi juara I guru berprestasi tingkat Provinsi karena selisih dengan juara teripilh hanya enam poin.

Keluhan ini baru disampaikan kepada redaksi jauh setelah pelaksanaan lomba guru berprestasi dengan maksud supaya tidak terkesan protes. Biasanya orang yang kalah itu suka protes, tidak terima keputusan. Padahal dalam setiap kegiatan penjurian selalu ada kalimat keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Selain itu Pak Sastro khawatir kalau langsung posting masalah ini bisa dikenakan pasal pencemaran nama baik sesuai UU ITE. Loh siapa yang tercemar…..?

Pak Sastro tidak merasa memiliki nama yang baik, sehingga walaupun mendapat nilai di bawah KKM (kriteria kompetensi minimal), dia tidak merasa namanya tercemar. Tanpa dicemaripun namanya sudah tercemar dimana-mana. Logikanya dia tidak lulus sebagai guru profesional karena nilai kompetensi sosialnya di bawah KKM  Kini Pak Sastro sedang berusaha membaiki namanya yang tercemar. Masuknya Pak Sastro sebagai 15 besar pada SCIENCE EDUCATION AWARD 2009 yang diadakan oleh Indonesia Toray Science Foundation (ITSF)adalah salah satu upayanya.

Semoga semuanya berjalan lancar……dan bisa menjadi juara. Selamat berjuang Pak Sastro.

Akhir-akhir ini, pengguna blog ekstra waspada. Pasalnya, jika materi blog dianggap menghina seseorang, pemilik blog tersebut bisa diancam pidana penjara enam tahun dan denda Rp 1 miliar. Adalah Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang menyebutkan ancaman itu. Secara lengkap, ayat itu berbunyi “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.” Selanjutnya, tercantum di Pasal 45 UU ITE, sanksi pidana bagi pelanggar pasal 27 ayat (3) yaitu penjara enam tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar. (http://www.unindra.ac.id/?q=node/70 )

PROPOSALKU MASUK ITSF

NARKAM, Narsis tapi kampungan. itulah saya. baru proposalnya masuk dah suenengnya minta ampun. GAk percaya? lha ini potongan proposalnya

PROPOSALkalau mau lihat aslinya, bisa langsung ke situs ITSF   Indonesia Toray Science Foundationyang diposting tanggal 23 Oktober 2009. Proposal tersebut diajukan untuk mendapat penghargaan bidang “science education award 2009“.

Pesimis sih enggak, cuman proposal itu dibuat ya asal-asalan, jadi rasanya peluangnya sangat kecil dibanding dengan proposal lainnya yang judulnya saja sudah kelihatan TOP.

Selain itu saya juga mikir, lha wong di sekolah saja nggak pernah dapet penghargaan kok, masak perusahaan besar seperti ITSF mau menghargai.

lah ndak usah nyalahkan orang lah, yang penting berkarya dan berpikir positif. Kalau aku sering ngajak anak-anak untuk berpikir positif kenapa aku tidak bisa menjalaninya?

ULANG TAHUN IBUNDA KE 78

Kami anak-anakmu : Wahyu Subakdiono, Isnaeni Sukyastuty, Sasmito Widodo, Sari Indriyani, Peni Saptaningsih, Budi Santosa, Retno Rahayu, beserta menantu-menantu, 14 cucu dan dua cicit mengucapkan selamat ulang tahun ke-78. Semoga Panjang umur, sehat selalu agar semakin banyak amal ibadahnya. aamiin

puisi dibawakan oleh cucu dari anak tertua, (anak Mas Wahyu Subakdiono) di Sidolaju, Widodaren Ngawi 22 September 2009

HUJAN ASAM

asam-hujn2Fenomena hujan asam erat kaitannya dengan kemajuan teknologi, pembakaran pada mesin-mesin berbahan bakar fosil penggundulan hutan/illegal logging. Pembicaraan mengenai hujan asam juga sering dikaitkan dengan efek rumah kaca/green house effect, isu pemanasan global/global warming issue. Secara kimia, asam bersifat korosif  yaitu mempunyai sifat merusak logam. Logam atau besi yang terkena larutan bersifat asam akan mudah mengalami perkaratan (tèyèng = B.Jawa, tagar = B. Banjar).  Pada postingan kali ini tidak dibahas bagaimana proses terjadinya hujan asam atau mengapa air hujan bisa bersifat asam.

Kalau baca tentang hujan asam dapat dibaca di sini( mas tris, sain anak, wikipedia ) atau di sini (kliping), tapi jangan baca di situ. Karena kalau anda tak bisa berenang tentu tak boleh main-main di situ.

Hujan asam, pileg, pilpres.

Biasanya hujan itu menyebabkan pilek bagi orang-orang yang kondisi kesehatannya tidak fit. Tetapi akhir-akhir ini yang terjadi justru kebalikannya. Pileg menyebabkan hujan asam terjadi dimana-mana, di seluruh penjuru tanah air. Fenomena hujan asam ini muncul semenjak kegiatan pencontrengan yang dilaksanakan tanggal 9 April lalu. Coba simak beberapa kalimat setelah pileg.

“Asam…………. Aku gak bisa duduk, padahal aku dah keluar duit buanyak”

“Asam……… perhitunganku meleset”

“Asem tenan,….. sodaraku sendiri saja gak milih aku”

“uuuAsam bener,…. Sudah kujadikan saksi, kuberi duit gak dapat suara satu pun”

“uuuuAsam,…. Partaiku gak laku koalisi”

“uasam,….gak ada yang mau jadi wakil presiden”

Bagaimana hujan asam ditempat sampean?

Hingga hari inipun hujan asam tidak pula reda, dan menurut BMG (Budies Memang Guru mbêling) hujan asam akan masih mengguyur negeri ini sampai pilpres nanti selesai. “Halah… dul, dul.. kamu kok posting tentang air lagi. Hari lahirmu itu Minggu dan pasaran Kliwon, gak cocok kamu hidup di air…kamu cocoknya jadi guru

UAN tersangka utama raibnya PAIKEM

(antarané=kira-kira-red) Paikem, begitulah kalangan guru menyebut gadis belia asli kelahiran Indonesia yang mempunyai nama panjang Maria Paikem Ozawa. Dia adalah sosok gadis yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan masih ditambah lagi bodinya yang semox dan semlohe. Gadis lincah yang sering menghiasi suasana kelas akhir-akhir ini dikabarkan raib.

Komblebespol Sastro ketika dihubungi menyatakan bahwa, Raibnya Paikem akhir-akhir ini diduga kuat ada kaitannya dengan seseorang berinisial UAN (Uan Ampunono Nggeladrah -red). Lebih lanjut Sastro menjelaskan bahwa semenjak Beenespe melahirkan Uan, dunia pendidikan banyak yang memprotes kelahirannya. Bahkan banyak sekali siswa dan para orangtua murid mengalami Syndromme Pecah nDase, semacam penyakit espede, ketika bertemu dengan seseorang yang bernama Uan. Permasalahan yang diberatkan kalangan guru adalah bahwa Uan telah menjadi tujuan, bukan alat untuk mengukur keberhasilan dan mutu pendidikan.

Pembelajaran yang Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenengkan (PAIKEM) bukan lagi menjadi kebiasaan guru dalam menyajikan pembelajaran. Hal ini terjadi karena guru dikejar target bahwa siswa harus bisa menjawab soal-soal UAN dengan baik cepat dan banyak benar. Akhirnya Paikempun raib dari atmosfer kelas. yang ada dril soal dan tambahan pelajaran untuk menjawab soal-soal. Yang penting siswa lulus. yang penting dapat nilai tinggi, demi gensi sekolah.

“Kami sedang mengadakan penyidikan, kalau memang dia (Uan-red) menjadi tersangka utama maka kami akan segera menyerahkan berkas ke kantor kejaksaan. Tolong hal ini jangan dibesar-besarkan terlebih dahulu”. Kita harus biisa mengembalikan Paikem ke tengah-tengah siswa. Jangan sampai siswa kehilangan gairah belajarnya gara-gara ketidakhadiran Paikem dalam suasana belajar.

ditulis dalam keprihatinan merebaknya wabah syndromme pecah ndase

KAMPANYE DAMAI PEMILU INDONESIA 2009

Kampanye damai, kampanye anti narkoba, kampanye aid dan kampanye-kampanye lainnya semua memerlukan media dan juru kampanye untuk memopulerkan hal-hal yang seharusnya diketahui orang banyak. Namun untuk kampanye damai pemilu Indonesia 2009 sebaiknya juru kampanye yang digunakan adalah dari golongan putih. Kenapa golongan putih?

Jika ada golongan putih tentu ada golongan hitam. Jika ada aliran putih, maka ada aliran hitam. Para blogger umumnya adalah dari golongan hitam. Eiiit…jangan marah dulu. Coba bayangkan, blogger2 lebih suka blogwalking pada malam hari ketimbang siang hari. Selain dikarenakan kesibukan rutinitas, malam hari terasa lebih leluasa. Apalagi jika ingin menulis sebuah postingan, malam hari terasa lebih mudah untuk mendapatkan inspirasi. Sukanya malam hari, minumannya kopi, makanan kesukaan rawon…lho kan semuanya hitam to…, makanya blogger itu termasuk aliran hitam.

Sebenarnya kampanye damai itu mudah, gitu aja kok repot. Setiap hari cukup bilang “damai, damai, damai…..”. atau peace man. Jadi gak perlu meneriakkan saya baik, kamu jelek, saya pantas dicoblos, kamu layak ditendang. Berbicara masalah damai, jadi inget lagunya Hetti kus endang “Damai tapi gersang”.

Sebagai orang hitam (artinya aku bukan golput), gak mungkin aku meneriakkan kata-kata, “makanlah makanan para petani,…” Ya iyalah… kalau makanan para petani kita makan, kan petani gak bisa makan. Lho kok mbulet, seperti yoyo. Terus nanti ujung-ujungnya ada yang bilang ke saya, “Le… hidupmu tak cocok di air karena kamu tidak bisa berenang”

Kembali ke jurkam, harus golongan putih karena golongan putih itu bersih. Tidak ada bad sector pada track recordnya. Kalau kampanye gak bawa trojan yang sering berbuat anarkhi. Gak pake plesdis yang penuh virus penghasut. Kelihatannya kecil tapi dampaknya besar. Kalau kampanye cukup pake infocus yang murahan, menerangi masyarakat dan memberi pendidikan politik. Menonjolkan performancenya tanpa menjelekkan rivalnya.

Oalah Le…jidupmu gak cocok jadi jurkam………………………………………selalu terbayang-bayang.s=by= .

.

LAPTOP Quantel e10 untuk sekolah penerima BOMM

quantel-e102Debat bahasa Inggris tingkat SMA se-Kalimantan Tengah, yang wajib diikuti oleh SMA penerima dana BOMM telah berhasil, Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh AAMI (Association for Awakening Multiple Intelligences) dari tanggal 4-8 november 2008 bertempat di LPMP

berhasil menjual subnotebook merek Quantel E10, tanpa OS, tanpa drive optik, tanpa driver kepada seluruh sekolah peserta dengan mematok harga Rp. 9.500.000. Padahal laptop murahan ini dipasaran tidak lebih dari Rp. 5.000.000

Barangkali ada kaitannya antara harga yang mahal tersebut dengan penjaminan mutu pendidikan. Untuk sekolah yang memiliki laptop ini pasti siswanya akan pintar bahasa inggris, pasti pintar berdebat, pasti akan menghasilkan kelulusan 100% pada uan 2009 nanti. atau karena kegiatan ini dimotori oleh seorang guru pelatih debat bersertifikat nasional.

Bagi saya dan anda yang tidak mempunyai sertifikat debat pasti tidak punya alasan, mengapa hal ini bisa terjadi. Jangankan mengkritik, bertanya saja sepertinya tidak punya alasan. Apalagi memperdebatkan masalah ini.

Hayo… siapa yang punya alasan,

KH-nisasi PLat Kendaraan Bermotor

Di beberapa sudut kota di wilayah Kalimantan Tengah banyak terdapat imbauan untuk mengubah plat kendaraan bermotornya menjadi plat KH. Imbauan tersebut ditujukan kepada pemilik kendaraan bermotor yang masih menggunakan plat/nomor polisinya masih belum berplat KH. KH-nisasi…meningkatkan pendapatan asli daerah? Lanjutkan membaca “KH-nisasi PLat Kendaraan Bermotor”

Perpustakaan Kabupaten Barito Timur

beberapa minggu yang lalu saya ke kantor Arsip Nasional, ya PERPUSTAKAAN KABUPATEN BARITO TIMUR beralamat di jalan nansarunai Tamiang Layang. waktu itu saya hanya pingin mengambil piagam anak saya yang kebetulan juara satu lomba pidato tingakat sma se kabupaten. setelah masuk ke ruang perpustakaan dan ketemu bagian penjaganya, saya tanya ” Ada katalog pengarang atau judul?” “saya mau lihat-lihat buku, bolehkan?” lanjutku

“Oh.. boleh pak silakan”

“Dimana katalognya”

“Wah lagi di bawa …….(disebutkan nama seseorang)”. jawabnya dengan mantab. Saya lantas berpikir, jangan-jangan dia tidak ngerti katalog itu apa, atau jangan-jangan memang gak ada katalog di perpustakaan ini. Langsung saja saya ngeloyor menuju rak-rak tempat buku, ……………………….. mau nambah pertanyaan lagi khawatir malah bingung.