Beranda > Catatan teman > PUISI UNTUK PALESTINA

PUISI UNTUK PALESTINA

Palestina, Bagaimana Bisa Aku melupakanmu (karya Taufik Ismail)
banner-palestine

Ketika rumahmu diruntuhkan buldozer dengan suara-suara gemuruh
menderu, serasa pasir dan batu bata di dinding kamar tidurku
bertebaran di pekaranganku, meneteskan peluh merah dan
mengepulkan debu yang berdarah
Ketika luasan perkebunan jerukmu dan pepohonan apelmu dilipat-lipat
sebesar sapu tangan lalu Tel Aviv dimasukkan dalam fail
lemari kantor agraria, serasa pohon kelapa dan kebun manggaku di kawasan
katulistiwa yang dirampas mereka
Ketika kiblat pertama gerek dan kerecaki bagai kelakuan reptilia bawah
tanah dan sepatu-sepatu serdadu menginjak tumpuan kening kita
semua, serasa runtuh lantai papan surau tempat aku waktu kecil
belajar tajwid Al Qur’an 40 tahun silam di bawahnya ada kolam ikan
yang air gunungnya bening kebiru-biruan kini ditetesi
air
mataku

Palestina, bagaimana bisa aku melupakanmu,

Ketika anak-anak kecil di Gaza belasan tahun bilangan umur mereka,
menjawab laras baja dengan timpukan batu cuma, lalu dipatahi
pergelangan tangan dan lengannya, siapakah yang tak menjerit serasa
anak-anak kami Indonesia jua yang didzalimi mereka– tapi saksikan
tulang mida mereka yang patah akan bertaut dan mengulurkan
rantai amat panjangnya, pembelit leher mereka, penyeret
tubuh si zalim ke neraka

Ketika kusimak puisi-puisi Fadwa Tuqan Samir Al-Qassem, Harun Hashim,
Jabra Ibrahim Jabra, Nizar Qabbani dan seterusnya yang
dibacakan di Pusat Kesenian Jakarta, Jantung kami semua berdegup
dua kali lebih gencar Lalu tersayat oleh sembilu bambu deritamu,
darah kami pun memancar ke atas lalu menuliskan guratan kaligrafi…

”Allahu Akbar!”
Dan
“Bebaskan Palestina!”
Palestina, bagaimana bisa aku melupakanmu,

Ketika pabrik tak bernama 1000 ton sepakan memproduksi dusta
menebarkannya ke media cetak dan elektronika, mengoyaki
tenda-tenda pengungsi ke padangpasir belantara,
membangkangi resolusi-reolusi majelis-majelis terhormat di dunia
membantai di Shabra dan Shatila, mengintai Yaseer Arafat
dan semua pejuang negeri Anda, Aku pun
berseru kepada khatib Dan imam shalat Jum’at sedunia: doakan
kolektif dengan kuat seluruh dan setiap pejuang yang
menapak di jalan-Nya yang ditembaki dan kini dalam penjara
lalu dengan kukuh kita bacalah
“Laa quuwwata illa bi-llah!”
Palestina, bagaimana bisa aku melupakanmu
Tanahku jauh, bila diukur kilometer, jumlahnya beribu-ribu,
Tapi adzan masjid Aqsha yang merdu
Serasa terdengar di telingaku
1989

MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) http://www.mer-c.org
a. Bank Muamalat Indonesia – No Rek. 301.00521.15
b. Bank Syariah Mandiri – No Rek. 009.0121.773
c. Bank Central Asia : No. Rek. 686.0153678
SMS Donasi: ketik MERC PEDULI kirim ke 7505
Rincian Tarif SMS Donasi:
Untuk Telkomsel, Indosat, Flexi, Esia, tarif sms adalah Rp 6.600,- sudah termasuk donasi Rp 5.000,- ditambah biaya operator dan PPn. Sementara untuk pengguna XL dan mobile-8 tarif sms adalah Rp 5.000,- sudah termasuk donasi Rp 3.750,- ditambah biaya operator dan PPn.

About these ads
Kategori:Catatan teman
  1. 22 Agustus 2014 pukul 2:45 pm

    Most doctors advise that the risk for complications shortly after fertilization. As well, such as medication and pregnant fertility.

    S market, the Dollar Tree brand can pregnant detect the hormone H-hCG.

    If you do the sonogram image and no lines will be read before or after abortion,
    or abortion. The ‘couple of months’ turned into a small amount of
    time. With this pregnancy, take the test marks appear in the morning, early home tests
    for about $25 a pop, but it will give them extra ammunition.

  2. 20 Agustus 2014 pukul 9:40 am

    always i used to read smaller artiles or reviews that as well clearr their motive, and
    that is also happening with this article which I am eading at this time.

  3. 19 Agustus 2014 pukul 5:06 am

    First off I want to say great blog! I had a quick question which I’d
    like to ask if you don’t mind. I was curious to find out how you center yourself and clear your head before writing.
    I have had trouble clearing my mind in getting my thoughts out there.
    I truly do enjoy writing however it just seems like
    the first 10 to 15 minutes are usually lost just trying to figure out how to begin. Any suggestions or tips?
    Kudos!

  4. 16 Agustus 2014 pukul 7:16 pm

    Hello, I reawd your blogs like every week. Yourr story-telling style is witty, keep uup thee good work!

  5. 14 Agustus 2014 pukul 4:39 pm

    Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet
    my newest twitter updates. I’ve been looking for a plug-in like this
    for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something
    like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your
    new updates.

  6. 9 Agustus 2014 pukul 3:32 pm

    Vitamin C to website C roll, but allowed. Additionally, the better.
    The frot sight and barrel, and she provided interpretation when needed, but lifter A.
    So, tto understand. And international brands use the training
    website load. And it’s gonna take the environment breeds conversation about sports and this decision very seriously and perform his duties as expected.
    Sport insurance typically covers a wide range of the trailer on possible, website have rid off this lump of green and orange juice have high calcium contents.

  7. 7 Agustus 2014 pukul 12:22 pm

    I’m really enjoying the design and layout of your site.
    It’s a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable for me to come here and visit more often. Did you hire out
    a developer to create your theme? Outstanding work!

  8. 6 Agustus 2014 pukul 12:24 pm

    Zavala: Huntington Beach backed down, but if you’re after something outside the usual three-match this might
    be even richer if we spend less than we budgeted boom beach hack for that
    product. Small: The first place on my list, of course, when you take risks, there are prostitutes.

  9. 6 Agustus 2014 pukul 6:18 am

    Good post. I learn something new and challenging on sites I stumbleupon every day.
    It will always be useful to read through content from other writers and practice a little something from their websites.

  10. 5 Agustus 2014 pukul 8:25 pm

    If you are going for best contents like I do, only pay a visit this web site daily
    because it presents quality contents, thanks

  11. 5 Agustus 2014 pukul 3:03 pm

    I’m not that much of a internet reader to be honest but your sites really nice,
    keep it up! I’ll go ahead and bookmark your
    website to come back in the future. All the best

  12. url
    5 Agustus 2014 pukul 4:27 am

    It’s hard to come by well-informed people about this subject,
    but you seem like you know what you’re talking about! Thanks

  13. 31 Juli 2014 pukul 11:17 pm

    I like the helpful information you provide in your articles.
    I’ll bookmark your weblog and check again here regularly.
    I’m quite sure I will learn a lot of new stuff right here!
    Good luck for the next!

  14. 31 Juli 2014 pukul 2:31 pm

    Hello there! I know this is kinda off topic but I was wondering which blog platform are you using for this
    site? I’m getting fed up of WordPress because I’ve had issues with hackers
    and I’m looking at alternatives for another platform. I would be
    fantastic if you could point me in the direction of a good platform.

  15. 30 Juli 2014 pukul 12:00 pm

    I savour, result in I discovered exactly what I used
    to be having a look for. You’ve ended my four day lengthy hunt!
    God Bless you man. Have a great day. Bye

  16. 30 Juli 2014 pukul 12:04 am

    I don’t even know the way I finished up here, but I thought this put up
    was good. I don’t realize who you are but certainly you are going to a
    well-known blogger when you are not already. Cheers!

  17. 29 Juli 2014 pukul 7:15 am

    This paragraph is in fact a fastidious one it helps new
    net visitors, who are wishing in favor of blogging.

  18. 15 Desember 2010 pukul 11:27 pm

    salam kenal mas

  19. 19 November 2010 pukul 8:09 am

    ISRAEL ANJING

  20. 10 November 2010 pukul 8:36 pm

    Ya alaah, Mengapa Penderitaan Bangsa Palestina Tidak Berhenti – Henti ? Sampai Kapan Penderitaan Bangsa Palestina Ini terus Berlanjut…??? Musnahkan Bangsa Israel ya Allah..!!!! Amien…!!! Salam Buat Bangsa Palestina Dari Ahmad Raihan

  21. hamba allah
    8 Oktober 2010 pukul 8:57 pm

    Ya Allah catatlah kami sebagai syuhadaMu….
    kamilah yang membutuhkan ladang jihad,,,untuk mendapatkan syurgaMU… dan salahsatunya adalah tanah palestina…. kami akan berusaha semampu kami untuk membebeskan palestina….. walaupun negeri kami jauh dari palestina…. walaupun kami hanya dapat berdo’a dan mengirimkan bantuan semampu kami… Sabarlah palestina…. yahudi ishael laknatullah pasti akan mendapatkan azab yang pedih didunia dan akhirat…….. ALLAHU AKBAR……!!!!!!!!

  22. 8 Juni 2010 pukul 5:30 pm

    Bunuh yahudi dan itu halal sesuai agama mu.

  23. aninda
    2 Juni 2010 pukul 10:50 am

    sampai tetes darah penghabisan.. kami akan prtahankan tanah PALESTINE…!!! ALLAHU AKBAR!

  24. dheloe
    6 April 2010 pukul 12:01 am

    palestina??
    akankah deritamu tiada henti??
    dan akankah kita sebagai sesama muslim akan terus diam saja ??

    Allahu akbar ….!!!
    Allahu akbar ….!!!
    Allahu akbar ….!!!

  25. 20 Januari 2010 pukul 9:00 pm

    save plestine

  26. reika
    14 Januari 2010 pukul 4:20 pm

    buat palestina aku turut berduka ya..ikhlaskan saja kejadian itu…jangan disesali,,sabar ya..kita semua juga ngerti perasaan dan keadaan di jalur gaza..jadi tetap sabar dan jangan putus asa ya..MAJU TERUS PALESTINE!!!!!

  27. 12 Maret 2009 pukul 12:42 pm

    Majulah terus teman-temanku…
    karena Dia slalu bersama kalian…
    bersamaku dan bersama kita…
    Dia yang akan memberi nikmat tiada henti padamu
    atas dirimu yang telah berjuang hidup untuk Islam kita
    Dia akan memberi syurga kepada kita…
    Dia adalah yang maha luhur…
    Ya Aziz bantulah kami atas ujian yang Kau berikan…..

  28. wyd
    3 Februari 2009 pukul 10:27 pm

    saya punya satu puisi tentang tragedi palestine akhir2 ini (maklum tragedi ini udah terjadi puluhan tahun).
    bedanya pak, puisi bapak banyak ‘marah’nya sedang puisi saya banyak tangisannya.
    somehow… save palestine!.
    .
    .
    @wyd:tapi bu Wyd gak suka menangis dan saya juga bukan pemarah… save palestine!!

  29. 31 Januari 2009 pukul 8:19 pm

    Ketahuilah wahai sobat… Allah pasti punya rencana dibalik itu. Dia lah plan master yang tiada dua.
    Janji Allah bagi korban…… surga.
    Tunjukkan kesedihan, murkalah dalam santun kata dan tulisan.
    Tabahkan hati, sabarkan amarah.
    Cucurkan setetes air mata jangan deras.
    Agar nampak oleh mata kita(moesleem) perkasa.
    Derita Palestina …. bawalah kami dalam berserah tiada berdaya.
    Agar kami ingat, ENGKAU maha kuasa.

  30. 26 Januari 2009 pukul 7:15 pm

    Allahu akbar.. mari tetap kita pnjatkan doa utk sodara kita, yaqin Allah tidak tnggal diam.

  31. 26 Januari 2009 pukul 1:03 am

    @usep :
    Jangan terlalu diperangi..
    soalnya kalo israel-palestina damai, dunia akan kiamat. sesuai janji Alloh SWT.

    • hamba allah
      8 Oktober 2010 pukul 9:04 pm

      yah,,,kan kalo kiamat tinggal orang-orang kafir aja…. kalo kita beriman dan tercatat sbg syuhada, insyaallah kita masuk surga dan nggak perlu takut mati….

  32. 25 Januari 2009 pukul 8:03 am

    Palestina menyadarkan kaum muslimin bahwa Yahudi adalah musuh utama untuk diperangi.

  33. 24 Januari 2009 pukul 8:50 am

    Alhamdulillah, masih ada saudara se-iman yang masih peduli pada Palestina Allahu Akbar.

  34. stars
    23 Januari 2009 pukul 1:12 pm

    ALLAHU AKBAR..

    semoga saudara-saudara kita di Palestina selalu berada dalam lindunganNYA, baik di dunia maupun di akhirat kelak.
    AMIN

  35. 22 Januari 2009 pukul 1:39 am

    salam hangat
    sehubungan dengan acara di Musium Trinil.
    kami menharap kehadiran sahabat Blogger Ngawi pada acara tersebut.
    sekian terima kasih

    baca di Selamat Datang Di Musium Trinil

  36. 20 Januari 2009 pukul 3:00 pm

    Israil memang nggemeske tenan….
    ketoke dia sengaja nunggu presiden ngamerika sing anyar, memanfaatkan kesempitan…
    .
    .
    @ndoro: pancene bongso walondo iku (londo ngemerika, londo ngisra’il) jan ra jowo blas, ra ngerti unggah ungguh. perang yo perang tapi ojo tenanan ngono lho…..hehehe

  37. 19 Januari 2009 pukul 2:19 pm

    semoga cepat damai…

  38. 18 Januari 2009 pukul 6:44 pm

    yang bisa kita lakukan hanya ber do`a semoga TUHAN melindungi umatNYA yng ter aniaya amia min amin

  39. 18 Januari 2009 pukul 8:22 am

    duka palestina adalah duka kita semua. meski baru sebatas doa dan sumbangan seadanya, mari kita tunjukkan empati kita ke sana!

  40. 17 Januari 2009 pukul 12:31 pm

    Allah maha besar…

    Mendengar tiap doa dari hambaNya..
    .
    .
    @azaxs: Allahuakbar…..

  41. 17 Januari 2009 pukul 11:01 am

    semangat aja yach buat palestina

  42. 17 Januari 2009 pukul 8:19 am

    Turut berduka atas air mata darah Palestina!! Allahu Akbar…
    .
    .
    @taufik:Allahu Akbar

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.737 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: