Beranda > Catatan teman > PUISI UNTUK PALESTINA

PUISI UNTUK PALESTINA

Palestina, Bagaimana Bisa Aku melupakanmu (karya Taufik Ismail)
banner-palestine

Ketika rumahmu diruntuhkan buldozer dengan suara-suara gemuruh
menderu, serasa pasir dan batu bata di dinding kamar tidurku
bertebaran di pekaranganku, meneteskan peluh merah dan
mengepulkan debu yang berdarah
Ketika luasan perkebunan jerukmu dan pepohonan apelmu dilipat-lipat
sebesar sapu tangan lalu Tel Aviv dimasukkan dalam fail
lemari kantor agraria, serasa pohon kelapa dan kebun manggaku di kawasan
katulistiwa yang dirampas mereka
Ketika kiblat pertama gerek dan kerecaki bagai kelakuan reptilia bawah
tanah dan sepatu-sepatu serdadu menginjak tumpuan kening kita
semua, serasa runtuh lantai papan surau tempat aku waktu kecil
belajar tajwid Al Qur’an 40 tahun silam di bawahnya ada kolam ikan
yang air gunungnya bening kebiru-biruan kini ditetesi
air
mataku

Palestina, bagaimana bisa aku melupakanmu,

Ketika anak-anak kecil di Gaza belasan tahun bilangan umur mereka,
menjawab laras baja dengan timpukan batu cuma, lalu dipatahi
pergelangan tangan dan lengannya, siapakah yang tak menjerit serasa
anak-anak kami Indonesia jua yang didzalimi mereka– tapi saksikan
tulang mida mereka yang patah akan bertaut dan mengulurkan
rantai amat panjangnya, pembelit leher mereka, penyeret
tubuh si zalim ke neraka

Ketika kusimak puisi-puisi Fadwa Tuqan Samir Al-Qassem, Harun Hashim,
Jabra Ibrahim Jabra, Nizar Qabbani dan seterusnya yang
dibacakan di Pusat Kesenian Jakarta, Jantung kami semua berdegup
dua kali lebih gencar Lalu tersayat oleh sembilu bambu deritamu,
darah kami pun memancar ke atas lalu menuliskan guratan kaligrafi…

”Allahu Akbar!”
Dan
“Bebaskan Palestina!”
Palestina, bagaimana bisa aku melupakanmu,

Ketika pabrik tak bernama 1000 ton sepakan memproduksi dusta
menebarkannya ke media cetak dan elektronika, mengoyaki
tenda-tenda pengungsi ke padangpasir belantara,
membangkangi resolusi-reolusi majelis-majelis terhormat di dunia
membantai di Shabra dan Shatila, mengintai Yaseer Arafat
dan semua pejuang negeri Anda, Aku pun
berseru kepada khatib Dan imam shalat Jum’at sedunia: doakan
kolektif dengan kuat seluruh dan setiap pejuang yang
menapak di jalan-Nya yang ditembaki dan kini dalam penjara
lalu dengan kukuh kita bacalah
“Laa quuwwata illa bi-llah!”
Palestina, bagaimana bisa aku melupakanmu
Tanahku jauh, bila diukur kilometer, jumlahnya beribu-ribu,
Tapi adzan masjid Aqsha yang merdu
Serasa terdengar di telingaku
1989

MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) http://www.mer-c.org
a. Bank Muamalat Indonesia – No Rek. 301.00521.15
b. Bank Syariah Mandiri – No Rek. 009.0121.773
c. Bank Central Asia : No. Rek. 686.0153678
SMS Donasi: ketik MERC PEDULI kirim ke 7505
Rincian Tarif SMS Donasi:
Untuk Telkomsel, Indosat, Flexi, Esia, tarif sms adalah Rp 6.600,- sudah termasuk donasi Rp 5.000,- ditambah biaya operator dan PPn. Sementara untuk pengguna XL dan mobile-8 tarif sms adalah Rp 5.000,- sudah termasuk donasi Rp 3.750,- ditambah biaya operator dan PPn.

About these ads
Kategori:Catatan teman
  1. 15 Desember 2010 pukul 11:27 pm

    salam kenal mas

  2. 19 November 2010 pukul 8:09 am

    ISRAEL ANJING

  3. 10 November 2010 pukul 8:36 pm

    Ya alaah, Mengapa Penderitaan Bangsa Palestina Tidak Berhenti – Henti ? Sampai Kapan Penderitaan Bangsa Palestina Ini terus Berlanjut…??? Musnahkan Bangsa Israel ya Allah..!!!! Amien…!!! Salam Buat Bangsa Palestina Dari Ahmad Raihan

  4. hamba allah
    8 Oktober 2010 pukul 8:57 pm

    Ya Allah catatlah kami sebagai syuhadaMu….
    kamilah yang membutuhkan ladang jihad,,,untuk mendapatkan syurgaMU… dan salahsatunya adalah tanah palestina…. kami akan berusaha semampu kami untuk membebeskan palestina….. walaupun negeri kami jauh dari palestina…. walaupun kami hanya dapat berdo’a dan mengirimkan bantuan semampu kami… Sabarlah palestina…. yahudi ishael laknatullah pasti akan mendapatkan azab yang pedih didunia dan akhirat…….. ALLAHU AKBAR……!!!!!!!!

  5. 8 Juni 2010 pukul 5:30 pm

    Bunuh yahudi dan itu halal sesuai agama mu.

  6. aninda
    2 Juni 2010 pukul 10:50 am

    sampai tetes darah penghabisan.. kami akan prtahankan tanah PALESTINE…!!! ALLAHU AKBAR!

  7. dheloe
    6 April 2010 pukul 12:01 am

    palestina??
    akankah deritamu tiada henti??
    dan akankah kita sebagai sesama muslim akan terus diam saja ??

    Allahu akbar ….!!!
    Allahu akbar ….!!!
    Allahu akbar ….!!!

  8. 20 Januari 2010 pukul 9:00 pm

    save plestine

  9. reika
    14 Januari 2010 pukul 4:20 pm

    buat palestina aku turut berduka ya..ikhlaskan saja kejadian itu…jangan disesali,,sabar ya..kita semua juga ngerti perasaan dan keadaan di jalur gaza..jadi tetap sabar dan jangan putus asa ya..MAJU TERUS PALESTINE!!!!!

  10. 12 Maret 2009 pukul 12:42 pm

    Majulah terus teman-temanku…
    karena Dia slalu bersama kalian…
    bersamaku dan bersama kita…
    Dia yang akan memberi nikmat tiada henti padamu
    atas dirimu yang telah berjuang hidup untuk Islam kita
    Dia akan memberi syurga kepada kita…
    Dia adalah yang maha luhur…
    Ya Aziz bantulah kami atas ujian yang Kau berikan…..

  11. wyd
    3 Februari 2009 pukul 10:27 pm

    saya punya satu puisi tentang tragedi palestine akhir2 ini (maklum tragedi ini udah terjadi puluhan tahun).
    bedanya pak, puisi bapak banyak ‘marah’nya sedang puisi saya banyak tangisannya.
    somehow… save palestine!.
    .
    .
    @wyd:tapi bu Wyd gak suka menangis dan saya juga bukan pemarah… save palestine!!

  12. 31 Januari 2009 pukul 8:19 pm

    Ketahuilah wahai sobat… Allah pasti punya rencana dibalik itu. Dia lah plan master yang tiada dua.
    Janji Allah bagi korban…… surga.
    Tunjukkan kesedihan, murkalah dalam santun kata dan tulisan.
    Tabahkan hati, sabarkan amarah.
    Cucurkan setetes air mata jangan deras.
    Agar nampak oleh mata kita(moesleem) perkasa.
    Derita Palestina …. bawalah kami dalam berserah tiada berdaya.
    Agar kami ingat, ENGKAU maha kuasa.

  13. 26 Januari 2009 pukul 7:15 pm

    Allahu akbar.. mari tetap kita pnjatkan doa utk sodara kita, yaqin Allah tidak tnggal diam.

  14. 26 Januari 2009 pukul 1:03 am

    @usep :
    Jangan terlalu diperangi..
    soalnya kalo israel-palestina damai, dunia akan kiamat. sesuai janji Alloh SWT.

    • hamba allah
      8 Oktober 2010 pukul 9:04 pm

      yah,,,kan kalo kiamat tinggal orang-orang kafir aja…. kalo kita beriman dan tercatat sbg syuhada, insyaallah kita masuk surga dan nggak perlu takut mati….

  15. 25 Januari 2009 pukul 8:03 am

    Palestina menyadarkan kaum muslimin bahwa Yahudi adalah musuh utama untuk diperangi.

  16. 24 Januari 2009 pukul 8:50 am

    Alhamdulillah, masih ada saudara se-iman yang masih peduli pada Palestina Allahu Akbar.

  17. stars
    23 Januari 2009 pukul 1:12 pm

    ALLAHU AKBAR..

    semoga saudara-saudara kita di Palestina selalu berada dalam lindunganNYA, baik di dunia maupun di akhirat kelak.
    AMIN

  18. 22 Januari 2009 pukul 1:39 am

    salam hangat
    sehubungan dengan acara di Musium Trinil.
    kami menharap kehadiran sahabat Blogger Ngawi pada acara tersebut.
    sekian terima kasih

    baca di Selamat Datang Di Musium Trinil

  19. 20 Januari 2009 pukul 3:00 pm

    Israil memang nggemeske tenan….
    ketoke dia sengaja nunggu presiden ngamerika sing anyar, memanfaatkan kesempitan…
    .
    .
    @ndoro: pancene bongso walondo iku (londo ngemerika, londo ngisra’il) jan ra jowo blas, ra ngerti unggah ungguh. perang yo perang tapi ojo tenanan ngono lho…..hehehe

  20. 19 Januari 2009 pukul 2:19 pm

    semoga cepat damai…

  21. 18 Januari 2009 pukul 6:44 pm

    yang bisa kita lakukan hanya ber do`a semoga TUHAN melindungi umatNYA yng ter aniaya amia min amin

  22. 18 Januari 2009 pukul 8:22 am

    duka palestina adalah duka kita semua. meski baru sebatas doa dan sumbangan seadanya, mari kita tunjukkan empati kita ke sana!

  23. 17 Januari 2009 pukul 12:31 pm

    Allah maha besar…

    Mendengar tiap doa dari hambaNya..
    .
    .
    @azaxs: Allahuakbar…..

  24. 17 Januari 2009 pukul 11:01 am

    semangat aja yach buat palestina

  25. 17 Januari 2009 pukul 8:19 am

    Turut berduka atas air mata darah Palestina!! Allahu Akbar…
    .
    .
    @taufik:Allahu Akbar

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.709 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: