Berawal dari coba-coba akhirnya ketagihan maen-maen excel. Setelah ulangan selesai amplop menumpuk, ya kalau isinya duit, lha wong isinya lembaran jawaban siswa setelah ulangan umum semester 1. Ulangan kali ini menggunakan jenis soal pilihan ganda. Halah malah terpikir ganda kembang di kampung sebelah yang semlohe…(ck…,ck….,ck…., clegug)
OK, balik ke permasalahan. Gini…intinya jawaban di tulis kembali di excel kemudian kunci jawaban juga ditulis, maka excel bisa mengoreksi dengan cepat dan mudah. JAdi gak perlu menulis ulang ketika nanti harus menyetor nilai ke wali kelas. Agar mudah input datanya jawaban siswa yang ABCDE diubah ke angka 12345. Artinya jika siswa menjawab A, maka diketik angka 1, jawaban B diketik angka 2 begitu seterusnya.
Njlimet….? Lho nggak! pasalnya begitu kita selesai membaca jawaban siswa(sambil input tentunya), maka nilai sudah langsung muncul.
Kenapa kudu diubah ke angka? GIni… kalau huruf ABCDE letak/posisinya pada papan ketik kan berjauhan, sementara kalau angka 12345 khan berdekatan. Agar lebih mudah lagi sel pada excel dibuat 5 jawaban-5 jawaban. Jadi setelah mengetik jawaban 1 s/d 5 tekan tombol TAB untuk membaca/menginputkan nomor 6 s/d 10.
Untuk lebih gamblangnya bisa diUNDUH disini contoh koreksi jawaban pilihan ganda dengan excel.pengganti UNDUH disini.
setelah di ketik setiap 5 soal, pada sel berikutnya adalah menggabungkan menjadi seluruh jawaban siswa menggunakan rumus =&. selanjutnya diadakan pemarkahan dengan membandingkan dengan kunci jawaban yang telah ditulis diatasnya. JIka benar diberi skor 1 dan jika salah diberi skor 0(nol). RUmusnya pakai fungsi logika = IF. Sebenarnya pekerjaan ini telah dikerjakan sebelum menginputkan data, sehingga ketika input data praktis langsung melihat hasilnya. Selesai baca, selesai koreksi, enak to?
Keuntungan excel apa sih? Dengan koreksi dengan excel nantinya mudah untuk dilakukan analisis butir soal, sehingga bisa diketahui soal-soal mana yang sahih dan tidak,
Kepada excel mania, mohon petunjuk kalau ada yang lebih praktis.
Ping-balik: CARA KOREKSI SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL dENGAN EXCEL | mahyudiuchiha.NET
wah linknya mati pak, gag bisa downloadnya .. mohon di perbaikin dong
terima kasih… saya ganti dengan file lain… semoga berguna. file aslinya sudah gak ketemu
Hello there, You’ve done a fantastic job. I’ll certainly digg
it and personally recommend to my friends. I’m sure they’ll be benefited from this website.
matursuwun sanget pak, ijin share ya
Hello would you mind letting me know which
web host you’re working with? I’ve loaded your blog in
3 different internet browsers
and I must say this blog loads a lot faster
then most.
Can you recommend a good hosting provider at a fair price?
Kudos, I appreciate it!
ijin download pak,,, terima kasih info nya..
semoga bisa meringankan beban guru
matur suwun pak izin donlot
This piece of writing will assist the internet users for creating new blog or even a blog
from start to end.
However the issue that matters most is a range for temperature appraisal.
This may or may not knock the wind out of them, but it will
definitely bring you too close to them to allow them to punch you.
The focal point of a sound and balanced personality is this ego.
maksih pak atas ilmunya…bs membantu mepermudah penilaian ujian siswa
maaf, cara mengurutkan datanya gimana? membagi data menjadi kelompok atas, tengah dan bawah? trmkash
untuk rumus pemerkahan itu bagaimana detailnya, saya kog bingung, hehe
pemarkahan itu semacam kegitan pensekoran
untuk PG salah nol, benar 1
sedangkan untuk uraian tergantung indikator yang ingin dicapai dan tahapan yang ingin dinilai
Ping-balik: CARA KOREKSI SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL dENGAN EXCEL | BAITUL HIKMAH
Ping-balik: KOREKSI SOAL DAN ANALISIS SOAL DENGAN EXCEL « KHUSNUL HUDA
pak budi, analisis soale muantaap tenan. yang mau saya tanya, ttg validitas menggunakan person. kl ga salah rumuse gini “=PEARSON(BB3:BB62, jawab)”
nah yang “jawab” itu mengacu ke mana yach.
matur nuwun
Alhamdulillah. Terima kasih Pak Budi, saya sdh ngunduh program analisis pakai exel. Persoalannya, kalau soal saya 50, bagaimana nambah kolomnya?
untuk rumusnya sudah lumayan bagus, tapi untuk rumus hasil jawaban yang benar kenapa kok harus ditambah dengan 1?tolong dijelaskan, trims
wah, berarti sudah mengunduhnya, makasih,, itu karena ada satu soal yang tidak memiliki jawaban.. ada salah ketik di soal
trim’s bos aku dapat softwear koreksi soal mudah2an bermanfaat
nambah ilmu coy
Terima kasih, pak. programnya sangat membantu saya dalam ngoreksi lembar jawaban siswa.
pak izin nyobak ya
silakan pak, sengaja tidak diprotek supaya bisa dimodifikasi tampilannya sesuai keinginan dan keperluan
Sebenere enak juga pak, tapi yang membingung diakhir kolom kok ada DL3/0,4 itu maksudnya apa ya pak, kurang begitu jelas, tapi sedikit banyak dah agak dimengerti bari paling atas adalah kunci jawabannya, mohon pencerahan pak ?
saya lupa melihat filenya, mungkin itu untuk mengubah hasil benar menjadi nilai
berkunjung pak Budi…
nunut download filenya.
maturnuwun..
bingung, sulit yah
Bingung mas, aku coba berulang kali gagaaaaaaaaaal melulu. Tolong kasih contoh yg lebih jelas dong cara menerapkan rumusnya sekalian ….!
Ya sebenarnya kalau anak buahku kayak Pak Budi ya enak, tinggal modali langsung jadi. yang ada melempem semua.
ilmu yqang bermanfaat pak.makasih ya pak
semoga demikian
Ping-balik: Belajar Membangun SMS Center | www.budies.info
Mas coba pake formula array berikut: =SUM((E8:N8=E$5:N$5)*1)
atau =count(if(kunci jawaban=jawaban siswa,1)), hasilnya g terlalu ramai kan???
memang salah satu tujuan saya supaya menadapat masukan yang lebih praktis, makasih saya akan coba rumus usulan Anda ini
waduhhh. kurang pandai nich aku kalo pake exel..
saya setuju, dan lebih suka pake excel. dengan excel akan lebih mudah
dan akhirnya cuma sekali itu saya coba…selanjutnya kembali ke cara lama…hitung skor secara manual baru diketik ke excel…lebih cepat untuk jumalh kelas lebih dari 10…
Pada prakteknya yang telah saya lakukan, waktu yang saya butuhkan tenyata lebih lama daripada koreksi manual kemudian hasilnya (skor mentah) baru dimasukkan ke excel (bukan karna kecepatan ketik yang pelan, janganlah huruf latin, huruf arab pun saya mampu mengetik dengan cepat)… Kenapa? Karena jumlah kelas yang wajib saya koreksi setiap ulangan adalah 15 kelas… bayangkan bila cara di atas dilakukan (dan pernah saya lakukan) berarti jumlah karakter yang harus diketik= 15kelasX35siswaX5itemX30jumlah soal…..wow….
kalau banyak kelas memang terasa melelahkan, tapi ini sebernarnya lebih untuk analisis butir soal dan analisis hasil ulangan. tentu yang kita analisis adalah sampel dari sejumah kellas, adapun kelas yang hanya memerlukan analisis hasil ulangan, barangkali memang cepat manual.
terima kasih pak, masukannya
wah lumayan banget ilmune jadi ga lembur-lembur terus
Ping-balik: Fungsi Terbilang pada Excel | www.budies.info
Nyoba ah.
Ingin lebih praktis? tinggal ketik jwban ABCDBACDBACD, dst langsung bisa print nilai dan analisisnya? hub via email : abudimaz@yahoo.co.id
Terimakasih
Coba analisis saya di blog saya atau download dari sini
saya cuman mau ngasih tau bahwa blog saya alexa page rank nya udah 22 juta lebih… cihuuuuuuuuuuuuuuuuuyyyyyyyy… mas budi kalah…
@mister: ya gak papa lllllllllllllkhan kalau kalah dengan yang muda, justru itu seharusnya, berarti blog saya yang http://www.budies.info makin kalah dong mister
tq informasi ya cukup bermanfaat…
dulu saya juga punya program under web (Skripsi) untuk mengoreksi, menganalisis, melihat daftar nilai, tampil grafik dll.
dapat diakses di
http://fisika.unnes.ac.id/evaluasi/index.php?tf=guest_data
pak bisa minta file scriptnya :http://fisika.unnes.ac.id/evaluasi/index.php?tf=guest_data .
tolong saya dikirimi ke email .
sederhana tapi juga tepat guna….SALAM EKSPERIMEN….bagi pemilik blog, makasih dah mampir di blogku…
Maz,ada tmnq guru yg g pake 12345,pake abcde,malah lbh praktis hingga pd bntk analisis item. Maz bud coba lg dgn kombnasi formula lain. Ada yg lbh praktis kok!
kalo dikoreksi beneran siswanya bnyak yg tidak lulus. paling ujung2nya ya dikoreksi dg perasaan. ha..ha..ha… sorry pak guru..?
wah, benar2 Pak Budi ini guru yang patut di gugu dan ditiru.
salam hangat utk keluarga.
teruslah berbagi ilmu utk kami Pak Budi.
salam.
Repotnya Excel harus menginput secara manual butir soal.. 😀
Gimana persiapannya menjelang ITSF di Jakarta?
.
.
@ini baru dapet imel mau dikirim tiket Pepe
Ping-balik: ANALISIS BUTIR SOAL MENGGUNAKAN EXCEL « Tentang GURU
Pak Nar, nanti di koreksi atau ditambahi ya,
download sudah berhasil, ternyata masalah ada di program download saya pak, setelah saya delet pakai yang asli bawaan malah bisa
waa…..
IF bersarang, excel lagi. tobat pak. aku gak bisa IF nya EXCEl. ajarin ya?
.
.
@contohnya bisa didonlot untuk diutak-atik, saya juga masih banyak yang belum tahu, makanya saya posting supaya dapat masukan dari para excel mania
Mantab pak! Jadi pekerjaan jadi ringan ya!
salam dari pamekasan madura mas budies
.
.
@salam kembali dari kalimantan tengah
wuih tambah lagi ilmu disini
kreatif dan memang hebat pak guru ini
saya ambil filenya mas
@silakan, dan ditunggu masukannya
Waa, keliatannyah rumit ya pak 🙂
tapi makasih yah udah berbagi ilmu.
gak juga kok kalau rumit, kalau bukanguru memang rumit kali ya
@sunarno: saya baru saja coba bisa tuh pak
saya download dua kali gagal terus Pak
maju terus para guru,teruskan untuk mengajarkan anak tunas bangsa supaya pintar….salam sukses 😦
nice trick… sayang saya jarang pakai spreadsheet 🙂
btw dari excel bisa tahu ga kalo ada siswa yg nyontek he he he 🙂
Ping-balik: Pearson Product-moment Correlation Coefficient with Excel « Tentang GURU
ass ww, ….kunjungan balik neh: ..trims info nya?
makasih banget infonya Pak Guru 🙂
kuarang ahli soalnya sayah menggunakan Excel, jadi bisa kebantu nih 😀
sek sek sek…. tut…. ( Lagi loading mencerna sing diposting )
…
…
…
Oooo… ya ya ya…. Mmmmm…. ( Bingung mode on ) 😦
wah jos abis… cba saya guru pasti udah saya coba. sayang saya cuma seorang murid yang gak punya guru…. ehehe
Ping-balik: Mator Sakalangkong Tretan « CITRO MADURA
top markotop, mantap surantap, dont forget lets go to Astaga.com lifestyle on the net
dicoba dulu ah… pernah juga buat tapi untuk koreksi yang berupa skoring…
berguru dulu pada pak Budi, kalau semester satu sudah lewat bisa dipakai semester berikutnya
ganda kembang…? wow…
mau, mau, mau…?
Menarik sekali Pak, kebetulan Bapak saya juga seorang Guru dan sayang sekali tidak memahami komputer. Betapa mudahnya dengan komputer ini.
Terima kasih atas tutorialnya 🙂
Keren Pak Sastro… jadi pengen nyoba juga… pak..
sukses terus buat kang Bud 😀
kalo mau cepet meneh, gini pak, pas ulangan setiap lembar jawaban di beri lembar jawaban komputer, tinggal di OCR kan uenak, guru senang murid bahagia, piye, tapoi kemahalen
mumet mumet, wes tak komen mantap surantap, top markotop
Bagus. Salut. Meta tahun baru juga. Pakai anates yang gratis giman, Pak. Udah nyoba?
Kalau perlu tetap digabungkan dengan excel, memang. Lebih mantab.
.
.
@pernah sih pak pakai anates4…, tapi tampilan dan waktu edit agak ribet. selain itu ini memang diilhami dari anates tsb. lebih bisa dikustomasi
wah, mantab, kang bud. jadi pingin ikutan nyoba.
kalau saya seneng mengerjakan jenis soal
yg ada pilihan ganda kembangnya mas
tinggal pencettt.. (A,B,C)… hee..hee..
*bercanda
.
.
@lha memang saia nulis juga sambil canda, supaya yang bukan guru bisa komen yang lucu-lucu
Wah aku kudu belajar statisitik sosial lagi nih. Permutasi, kombinasi dan variasi sangat menyenangkan untuk dipelajari. Sayang aku sudah lama tidak kuliah dan sekolah jadi perlu membuka lagi bahan kuliah dulu.
Salamm sehat menjelang akhir tahun semoga murid-murid semakin nurut sama Pak Guru dan Bu Guru.
Mas pelajaran berhitung memakai sempoa diajarkan lagi di sekolah sini?
.
.
@sempoa? wah tidak diajarkan karena gak ada yang bisa. isteri saya ngajar matematika, sebenarnya pingin bisa…
ada Jalan?
Wew…
Enak ini.
Nginputnya kan biso kongkonan to Pak.
Sing hebat sing nduwe ide.
Aku yo nggawe sing nggo ngolah nilai sampai muncul komentar.
Outpute macam2, a.l Daftar Nilai (Buku), nilai nggo wali kelas, analisis.
Kalau nggak salah sudah saya upload di blog saya yg marsudiyanto.blogspot.com.
Nek masalah koreksi nggonaku wis nganggo opscan, dadi rada ngirit. Cuma tetep harus ntransver ke excel karena printout yg dari scaner ora bisa diotak-atik.
Padahal nek mbiji murid mesti kudu dan wajib ditambah perasaan. Misale KKM 65 kok ono bocah wis entuk 64. Lha disinilah peran perasaan. Dan itu bisa diotak-atik memang salah satunya yo nganggo Excel.
Sukses buat P. Budi!!!
.
.
@terima kasih pak, saya dah donlot…untuk saya belajar posting analisis nanti
inovasi baru tuh, nice info pak, sukses selalu
wow…emang patut digugu tapi ojok ditinggal turu
Siji meneh pak, ijink nyedot tak the lock ya? 😀
Itu yang dimasukkan kan huruf ABCDE nya kan bisa pak, dari pada ngeling-eling konversinya. Jadi dibuat 3 tabel ya:
1. Tabel jawaban asli (ABCDE)
2. Tabel konversi (12345) = skor
3. Tabel nilai
Jimana pak, kayane penak iki 😆
.
.
@kurang lebihnya ya…tapi bukan itu maksudnya. 12345 itu pengganti ABCDE, supaya enak entri datae
Iki berarti lak kaya nggawe penskoran angket wektu skripsi kae yo pak. Model skala Lickets kui lho 😆
A poor teacher complaints, an average teacher explains, a good teacher teaches, a great teacher inspires.. It is great!
.
.
@tengkyu…saya masuk mana ya….
mantap pak…semoga para guru Indonesia semakin terbantu. dan pelayanannya bisa lebih total lagi untuk anak bangsa
(maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
Wah menarik banget.
Sederhana, tepat guna dan ampuuuuh