ANALISIS BUTIR SOAL MENGGUNAKAN EXCEL

Kegiatan menganalisis butir soal merupakan salah satu “kewajiban bagi setiap guru”. Dikatakan kewajiban karena setiap guru pada akhirnya harus dapat memberikan informasi kepada lembaganya ataupun kepada siswa itu sendiri tentang bagaimana dan sejauhmana penguasaan dan kemampuan yang telah dicapai siswa terhadap materi dan keterampilan-keterampilan mengenai mata pelajaran yang telah diberikan. Sejalan dengan pengertian di atas maka evaluasi berfungsi sebagai alat untuk mengetahui tercapai  tidaknya suatu tujuan pembelajaran, umpan balik bagi proses pembelajaran, sebagai dasar untuk menyusun laporan kemajuan belajar siswa, sebagai dasar merumuskan kriteria ketuntasan minimal  dan untuk mengetahui sejauh mana kualitas butir soal yang disusun. Alat evaluasi yang berupa tes tertulis harus memiliki karakteristik atau syarat-syarat sebagai alat evaluasi yang baik, diantaranya harus memenuhi syarat validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitas serta sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan diukur. Adapun fungsi tes (Suharsimi, 1986:138) meliputi tiga hal, yaitu fungsi untuk kelas, fungsi untuk bimbingan dan fungsi untuk administrasi. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa nilai-nilai yang diperoleh siswa dari hasil ulangan umum masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya nilai tersebut kemungkinan adalah kualitas alat evaluasinya. Oleh karena itu menganalisis butir soal harus merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran yang tidak dapat ditinggalkan. Pada postingan ini akan dibahas mengenai analisis butir soal menggunakan Excel. Dengan melakukan Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Menggunakan Ms. Excel ini, akan diperoleh informasi sebagai berikut :

  1. validitas suatu butir soal;
  2. tingkat kesukaran suatu butir soal;
  3. daya beda suatu butir soal;
  4. tingkat kesulitan siswa pada suatu konsep tertentu dan
  5. reliabilitas (tingkat keajegan) naskah soal.

Mengapa Excel?.

Kok bukan SPSS, SPS, Microsta, Anabut, Anates atau aplikasi lainnya khan lebih permanen dan bisa dipercaya? Halah kok bahasanya ganik-ganik nrithik seperti mau ujian saja. Metode Analisis Langkah-langkah yang ditempuh dalam analisis ini meliputi : pengumpulan data / lembar jawaban, koreksi, pemarkahan dan mengurutkan data serta menggolongkan data sesuai keperluan analisis. Jawaban yang benar diberi skor 1 dan jawaban salah diberi skor 0, selanjutnya siswa/data diurutkan berdasarkan perolehan skor. Siswa yang memperoleh Skor tertinggi ditempatkan pada urutan paling atas, skor terendah ditempatkan paling bawah. 1. Validitas Butir Soal Soal yang valid harus dapat mengukur apa yang akan diukur. Untuk mengetahui Validitas butir soal digunakan rumus product momment, sebagai berikut: keterangan: rxy = koefisien korelasi Pearson antara variabel X dan variabel Y N = Jumlah responden X = skor nilai tes tiap-tiap butir Y = skor total Untuk mengerjakan hal ini excel dapat mengerjakan dengan cepat dan mudah. Rumus yang digunakan adalah =PEARSON (data_hasil_ jawaban_siswa_pada_soal_no…, data_ jumlah_jawaban). Anda tidak perlu membuat tabel baru yang berisi kolom-kolom yang panjang dan banyak, cukup tabel hasil koreksi yang telah dibuat sebelumnya. Setelah didapat nilai (harga rxy), selanjutnya nilai tersebut kita bandingkan dengan konstanta/tetapan korelasi. Tetapan korelasi tersebut dapat diperoleh dari buku-buku serial statistik, atau dapat membuat sendiri tabel korelasi momen produk dengan excel.(pada postingan sebelum ini…red) Untuk penelitian sosial atau penelitian pendidikan, taraf signifikan yang digunakan adalah taraf signifikan 5%. Sedangkan pada penelitian ilmiah yang memerlukan validitas tinggi seperti ketepatan obat terhadap suatu penyakit, kandungan unsur-unsur dalam suatu zat menggunakan taraf signifikan 1%. Pada analisis ini menggunakan taraf signifikan 5%, artinya kebenaran atau dalam hal ini validitasnya mencapai 95%. Jika rxy rxy tabel maka soal tersebut tidak Valid dan jika rxy hitung rxy tabel, maka soal tersebut valid. 2. Tingkat Kesukaran Untuk menentukan tingkat kesukaran suatu tes (Suharsimi, 1986:198)dapat digunakan rumus: keterangan : P = indeks kesukaran B = banyaknya siswa yang menjawab soal itu dengan benar, JS = jumlah seluruh siswa peserta tes Untuk mengiterpretasikan tingkat kesukaran butir tes digunakan kriteria sebagai berikut: P antara 0,00 — 0,30 soal sukar; P antara 0,30 — 0,70 soal sedang; dan P antara 0,70 — 1,00 soal mudah. 3. Daya Beda Butir Soal Untuk membedakan antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai, siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok atas 33%, kelompok bawah 33% dan sisanya adalah kelompok tengah. Rumus yang digunakan adalah : keterangan:

D = daya pembeda

JA = banyaknya peserta kelompok atas

JB = banyaknya peserta kelompok bawah

BA = banyaknya peserta kelompok atas yang menjawab benar

BB = banyaknya peserta kelompok bawah yang menjawab benar

PA = BA / JA = proporsi peserta kelompok atas yang menjawab benar

JB = BB / JB = proporsi kelompok bawah yang menjawab benar

kriteria, jika D bernilai:

0,00–0,20 : soal jelek

0,20–0,40 : soal sedang/cukup

0,40–0,70 : soal baik

0,70–1,00 : soal baik sekali

4. Reliabilitas Suatu tes dapat dikatakan mempunyai taraf kepercayaan yang tinggi jika tes dapat memberikan hasil yang tetap. Jadi pengertian reliabilitas tes berhubungan dengan masalah ketetapan(keajegan) hasil. Rumus yang digunakan untuk menentukan reliabilitas pada tes obyektif adalah K-R.21 keterangan:

r11 = koefisien reliabilitas tes secara keseluruhan

n = banyaknya soal butir soal

M = Mean atau rerata skor soal yang valid

S = Simpangan baku

Untuk menginterpretasikan besarnya r11

r11 : 0,8–1,0 reliabilitas sangat tinggi

0,6–0,8 reliabilitas tinggi

0,4–0,6 reliabilitas cukup

0,2–0,4 reliabilitas rendah

0,0–0,2 reliabilitas sangat jelek

contoh hasil ulangan excel dapat diunduh di sini dan contoh pembuatan tabel produk momen dapat dilihat disini Postingan lain berkaitan dengan excel koreksi pilihan ganda dengan excel mencari hari lahir dan weton dengan excel ulangan harian mengirim jawaban ke hape guru diimpor/diekspor ke file excel persamaan parabola dengan excel mencetak ukuran kertas folio (33x 21,5 cm) di excel(setting printer) kartu perpustakaan dengan excel

83 thoughts on “ANALISIS BUTIR SOAL MENGGUNAKAN EXCEL

  1. Psychologists have also mooted several theories to explain the game’s immense appeal aat a cognitive level.
    If you own an i – Pad or i – Paad 2, you will be eaer too find somme slft case to protect your honey.
    It’s a great way to get them more interested in how the world works, aas well as
    studying harder for the science-based subjects at school.

  2. s Haiti Relief Bounty Tournament will match all bounty money won and donate the total relief efforts to Haiti up to $50,000 and also contribute all tournament fees collected.

    You are the one that controls your fate and the winning numbers are your
    fate. Learn to be aware of your intuition, and you will get better over time.

  3. bagus sekali. terima kasih. tapi ada yang perlu ditanyakan, di sheet ipa-ips, kolom baris BC104 disana ada rumus =average(jawab), dimanakah identitas (jawab) tersebut? Terima kasih.

  4. untuk input datanya gampang dan hasilnya
    hasil analisanya: analisa prosentase ==> bisa untuk cek pengecoh,
    analisa tingkat kesukaran dan daya pembeda ==> validitas soal
    analisa klasikal ==> cek ketuntasan
    dll.
    coba dulu aja nothing to lose to try
    hub. consultan_education@ymail.com

  5. Jika mencari efektivitas pengecohnya pakai excel bagaimana ya?????

    Salam dari kampoeng INGGIS KALBAR…

    konfirmasi secepatnya … ke 085822579593..
    bagai siap saja yang tau mohon beritahu ana.
    Syukron…

    • untuk mencari efektivitas pengecoh, kita bisa melihat dari jawaban siswa untuk tiap nomor soal, dari situ dapt diketahui berapa siswa menjawab A,B,C,D dan E sehingga kita bisa evaluasi pengecoh mana yang tidak bagus

  6. Nice artikel om buddi, but i still have a little confuse about daya beda. Mengapa sebuah soal harus ditolak gara-gara dia tidak bisa membedakan antara murid yang tergolong pandai di batas atas dan murid yang tergolong kurang pandai di batas bawah. Bukankah semua murid harus pandai sehingga bisa melewati KKM dan tuntas? hehehe

    • kalau dulu ada tes formatif untuk menguji TIK, biasanya untuk jenis ini tidak diadakan analisis butir soal, melainkan hanya analisis hasil tes
      tes yang dianalisis butir soalnya barangkali untuk jenis tes ulangan semester, ujian sekolah atau untuk mencari kualitas butir soal

      itu menurut saya lho… kalau kurang pas mohon maaf

  7. Blog yang sangat bagus,hebat pak..

    dari pencarian di mbah google dengan kata kunci analisa butir soal, hampir sebagian besar menggunakan excel, yang ingin saya tanyakan kepada teman2 di sini,

    apa kelebihan dan kekurangan analisa butir soal menggunakan excel dengan program ITEMAN/BIGSTEP bagi guru?

    Terima kasih

    • bagi saya sendiri alasan mengapa memilih excel
      1. dapat dikustomasi sesuai keperluan analisis
      2. untuk hasil di cetak untuk keperluan laporan dan sebagainya lebih cantik menggunakan excel
      3. input data di excel lebih mudah, bahkan saya beberapa kali menggunakan cara menjawab melalui SMS, langsung bisa diekspor ke excel
      4. tampilan software bigstep dan iteman JADUL,
      .
      .
      sekedar intermezo, saya sempat memarahi isteri saya, ketika mendapat pelatihan penilaian, ternyata materinya bigstep dan iteman… padahal pelatihannya di LPMP, katanya baru didapat dari jakarta…
      halah… lha wong saya tahun 1987/1988 pernah belajar sekilas ttg ini,

  8. Aku Nambah bingung sing praktis ngono lomas langsung nama sekolah dapat di edit termasuk memasukkan data bis siswa atau iden titas laian yang bisa digunakan oleh orang atau sekolah laian nuwun sewu mas nggih kolo meiko taksis blajar he…he..he

  9. yang mau Analisis, punya saya aja. Pakai excel TIDAK SAYA PROTEKSI biar teman-teman bisa mengembangkan lebih lanjut dengan kreasinya. Nampaknya teman lain memberi diproteksi dan suruh beli. Kelebihan punyaku :
    1. Ketik kelas langsung muncul nama anaknya
    2. Ranking otomatis nggak pakai makro-makroan
    monggo GRATIS ke m4570n@gmail.com

  10. terima kasih buat bapak yang telah membantu saya, tetapi program bapak perlu ditambah program remidi dan pengayaan

  11. inilah Pak guru yang cocok sebagai panutan krn selalu ingin berbagi ilmu walaupun lewat dunia maya, terus selalu berbagi.
    semangat terus Pak Budi.
    salam.
    .
    .
    @tidak pas Bun, saya disebut berbagi. justru saya menulis itu supaya mendapat masukan dari teman-teman di jawa, yang tentunya lebih berpengalaman

  12. Salam hormat. Wah…. begitu detail sekali penjelasannya, walau bagaimanapun secara jujurnya saya kurang mahir menggunakan perisian excel ini. Namun info di atas dapat membantu walau sukar juga memahaminya. Tahniah kerana telah membuka minda. Salam mesra buat sahabat guruku.

  13. Wah ini baru guru yang (smoga aja ) benar-benar ikhlas memberi dan rela berbagi lewat dunia maya, makasih pak saya mohon ijin ya tuk mencobanya andaikan nggak boleh waduuuh dah kebacuut, makasih

  14. mantap ilmunya nih Pak, saya perlu mempelajarinya juga. Terima kasih sekali :)

    Btw, mengenai pertanyaan di blog saya, semoga sore ini saya bisa posting Pak, barusan saya percobaan alhamdulillah berhasil.
    Terima kasih atas perhatiannya Pak.
    Salam hangat selalu :)

  15. ini dapat dicoba, tapi bisakah diberi tanda petik untuk “Kegiatan menganalisis butir soal merupakan salah satu kewajiban bagi ‘setiap’ guru”. He…he…he…
    .
    .
    @cuma ngasih tanda petik aja kok, mau,mau…

  16. excel adalah pelajaran yang sudah saya lupakan, mungkin dengan ini bisa memberikan pelajaran juga untuk digunakan dalam pembuatan soal yang berkualitas
    .
    @Ya…syukurlah kalau mau mengingat kembali, khan banyak manfaatnya

  17. wah ini fokus sekali sama dunia pendidikan, terutama di faktor penilaian dengan pemanfaatan teknologi exel
    semangat Pak. saya ga terlalu mengerti baca postingannya Pak hehehe
    .
    .
    @ yang penting silaturahmi ya kan,…makasih berkunjung

  18. sesekali pakai OpenOffice.org Calc, pak guru!
    sama kok! bedanya OOo itu free… :)
    tadi saya posting pakai open office org, terus kesulitan mau ngedit/nambah gambar, lalu tak restart ke jendela vista untuk nambahin gambar

  19. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Kemarin nganalisa butir soal bikin mumet. apalagi selalu tergiur sama blogging.

    @ya yang pertama dapat hadiah gelas cantik, supaya gak mumet

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s